Sunday, May 6, 2018

30 Tips dan Review Lengkap Menginap Di Airbnb, Ini Kelebihan dan Kekurangannya


Pengalaman Menginap dengan Airbnb
    Di zaman now ini ketika teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dan dunia industri membuat beberapa aspek dalam kehidupan kita mulai berubah. Di era revolusi industri yang berbasis teknologi ini kita bisa melihat bagaimana perusahaan seperti Uber, Grab atau Gojek yang tidak memiliki kendaraan kini menjelma menjadi perusahaan transportasi terbesar di sebuah negara bahkan dunia. Kita bisa juga melihat bagaimana website marketplace seperti alibaba, tokopedia, traveloka atau bukalapak yang tidak memiliki barang / stock menjadi perusahaan retail terbesar. Kita bisa melihat bagaimana facebook menjadi perusahan media terbesar di dunia dimana konten isinya di buat sendiri oleh para penggunanya.
Untuk dunia pariwisata dan bisnis penyediaan akomodasi di era internet ini khususnya penggunaan telpon genggam membuat semuanya hal bisa dilakukan dalam genggaman tangan salah satunya yaitu keberadaan Airbnb yang menyediakan akomodasi penginapan yang umumnya tidak biasa dan berbeda dari yang ditawarkan hotel pada umumnya. Airbnb adalah sebuah marketplace yang juga mengguncang dunia yang menjadi provider akomodasi terbesar di dunia walaupun mereka tidak memiliki property, hotel atau penginapan. 




Tampilan website Airbnb yang memiliki fasilitas Homes, Experiences dan Restaurants
AirBnb yang memiliki kepanjangan dari air bed and breakfast ini memiliki model bisnis seperti Uber, Grab atau gojek bedanya jika Uber, Grab atau gojek memfasilitasi pemilik kendaraan untuk ‘menyewakan’ kendaraannya dan menawarkan jasa antar maka untuk Airbnb sebagai tempat yang memfasilitasi pemilik properti yang ingin menyewakan tempat tinggalnya baik berupa rumah, apartemen, losmen, guesthouse, kastil, villa, pulau pribadi, rumah pohon hingga glamping di sebuah tenda yang tentunya dapat memberikan pengalaman menginap di sebuah kota atau negara yang kita kunjungi dengan sensasi yang berbeda dari hotel pada umumnya. Bagi para wisatawan atau petualangan yang hendak mencari pengalaman menyatu lebih dekat dengan orang lokal maka Airbnb adalah jawabannya. Hal inilah yang membuat kami @travelographers dalam beberapa tahun terakhir lebih memilih menggunakan Airbnb dibanding penginapan biasa pada umumnya.
Salah satu penginapan yang kami tumpangi di Vietnam yang merupakan apartemen penduduk setempat
 Jika kamu tertarik ingin mencoba Airbnb kamu dapat daftar menggunakan link referral kami berikut untuk mendapatkan potongan diskon/voucher/ kredit hingga 40 USD di pemesanan pertama kamu menggunakan Airbnb. Besar nominal voucher yang akan kamu terima tergantung dari nilai pemesanan/ booking penginapan kamu ya. Caranya tinggal daftar dan klik link Daftar Airbnb ini ya. Apabila kamu sudah pernah daftar namun tidak ada memiliki vouchernya bisa juga daftar dengan email lain dengan cara klik link Daftar Airbnb ini ya.
Untuk kamu yang belum tahu apa Airbnb melalui artikel ini kami ingin berbagi review kami secara jujur dari pengalaman-pengalaman kami menginap di beberapa kota dan negara melalui Airbnb mulai dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Melbourne hingga Sydney Australia. Berikut penjelasannya yang disertai kelebihan serta kekurangan dari Airbnb dibanding penginapan hotel pada umumnya.

1.     Cara mendaftar Airbnb sebagai Guest
 Apabila kamu belum memiliki akun Airbnb maka sebelum bisa melakukan reservasi melalui website ini kamu diwajibkan untuk mendaftar. Untuk daftarnya bisa klik link berikut Daftar Airbnb ini agar kamu bisa mendapatkan potongan diskon/ voucher/ kredit hingga 40 USD di pemesanan pertama kamu menggunakan Airbnb. Untuk faktor keamanan kamu akan diminta untuk mengisi biodata lengkap yang disertai verifikasi alamat email, verifikasi foto ataupun paspor, data kartu kredit hingga verifikasi nomer telpon yang kamu gunakan. Verifikasi ini wajib dan penting sekali demi keamanan bersama karena Airbnb ingin memastikan bahwa setiap orang yang daftar telah melengkapi biodata asli. Dengan verifikasi awal yang cukup lengkap tentunya Airbnb ingin mencegah adanya akun-akun palsu dan mencegah adanya penipuan baik yang dilakukan oleh tamu maupun host.




2.     Beda Hotel dengan Airbnb
   Secara umumnya hotel umummya memiliki sebuah jaringan atau management yang profesional yang mengelola sebuah properti untuk menyewakan akomodasi penginapannya. Untuk Airbnb umumnya adalah perseorangan atau agen property yang menyewakan sebagian atau seluruh bangunan/ huniannya untuk disewakan dalam periode tertentu di Airbnb.
Penginapan airbnb kami di salah satu apartement Kuala Lumpur, Malaysia
3.       Apakah Airbnb itu Legal atau Ilegal?
 Jawabannya bisa iya atau tidak tergantung dari kota atau negara yang kamu kunjungi. Di beberapa negara keberadaan Airbnb masih diperdebatkan karena masalah pajak penghasilan atau faktor keamanan. Dari pengalaman yang kami tahu di Singapura, Jepang, Taiwan semua properti yang disewa wajib dilaporkan ke pemerintah setempat agar mendapatkan status legal, menjadi ilegal apabila host Airbnb tersebut tidak mendaftarkan hunian mereka ke pemerintah setempat. Jadi sebelum memesan baca dulu review-review akomodasi yang hendak kami pilih ya.




4.     Pilihan Kamar Airbnb
Pilihan kamar pada akomodasi di Airbnb pada umumnya yaitu Entire place, private room dan share room. Untuk entire place maksudnya kamu akan menyewa seluruh kamar atau bangunan sehingga tidak ada orang lain selain kamu dan orang-orang yang bersama denganmu saat menginap disini. Contoh Entire place itu satu unit apartement yang terdiri dari 1 atau 2 kamar yang dapat kamu sewa secara 1 unit penuh. 
Kamu bisa memfilter pilihan kamar di Airbnb sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu
Contoh lain Entire place itu seperti sebuah Villa atau bungalow yang dapat kamu sewa selama periode tertentu. Entire place cocok bagi kamu yang menginginkan privasi khususnya apabila kamu traveling bersama keluarga, anak atau orang tua.
Contoh pilihan kamar shared room dengan tipe dormitory
Contoh private room yaitu semisal kamu menginap di sebuah bangunan seperti rumah atau apartment yang besar yang terdiri dari beberapa kamar namun dalam Airbnb ini kamu hanya menyewa salah satu dari kamar tersebut. Untuk kamar lain bisa jadi disewakan oleh pemiliknya kepada tamu lain atau pemilik tersebut memang tinggal di bangunan yang sama. Untuk private room umumnya kamu akan sharing fasilitas bersama misalnya fasilitas dapur, fasilitas ruang makan maupun fasilitas ruang tamu untuk menonton TV. Private room cocok untuk kamu yang menginginkan privasi namun tidak masalah untuk berbagi fasilitas umum di dalam bangunan hunian yang kamu sewa.
    Untuk shared room umumnya adalah hunian Airbnb yang menawarkan akomodasi berupa Sebuah kamar yang besar yang berisi dormitory yang berupa kasur bertingkat atau yang kini sedang kekinian yaitu akomodasi berupa kapsul atau kontainer. Untuk tempat tidurnya adalah private namun fasilitas lainnya yaitu harus berbagi termasuk kamar mandinya. Untuk shared room cocoknya bagi kamu yang solo traveler atau pergi sendiri ke sebuah kota atau negara dan hendak bertemu dengan banyak orang baru.

5.   Cek fasilitas dan amenties nya
    Sebelum memesan akomodasi sebaiknya bac dengan teliti fasilitas dan amenties yang ada di akomodasi yang kamu incar. Misalnya kamu hendak mencari sebuah apartemen karena ingin penginapan yang memiliki dapur untuk memasak. Jadi sebelum memesan cek kembali apakah di dalamnya terdapat fasilitas tersebut. Misalnya kamu berencana mau membawa barang atau koper yang besar, cek kembali apakah akomodasi yang hendak kamu pesan memiliki lift atau harus naik tangga. Ini penting karena dari pengalaman kami memang ada beberapa penginapan khususnya hunian orang lokal yang sudah memberitahukan bahwa di penginapan mereka tidak ada fasilitas lift sehingga harus naik tangga. 
Cek amenties dan fasilitasnya sebelum melakukan pemesanan
Misalnya kamu membutuhkan wifi maka cek kembali apakah akomodasi tersebut memiliki fasilitas wifi gratis. Ada banyak fasilitas lainnya yang bisa kamu cek misalnya kolam renang, gym/ tempat fitness, pendingin udara, lemari es, mesin cuci, setrikaan, hairdryer, handuk, perlengkapan mandi ataupun fasilitas lainnya yang mungkin kamu butuhkan ketika menginap di akomodasi tersebut. Umumnya apabila kamu memilih di apartemen khususnya yang service apartement fasilitasnya lebih lengkap, namun apabila menginap di rumah warga atau akomodasi lainnya tentunya ada fasilitas yang memang tidak ada.
Bisa merasakan fasilitas infinity pool di salah satu apartemen yang disewa oleh banyak Host Airbnb
Ini pengalaman kami menginap di apartemen di area KLCC dan Menara kembar petronas, harga apartemennya terbilang terjangkau dibanding hotel-hotel di sekitarnya yang terbilang mahal
6.   Cek Lokasi Akomodasi sebelum memesan
Salah satu perbedaan hotel dengan akomodasi Airbnb adalah tidak semua penginapan di Airbnb akan memberikan alamat lengkapnya di halaman profile mereka. Umumnya mereka akan memberikan alamat lengkap setelah kamu telah konformasi memesan atau beberapa hari sebelum hari kedatangan. Ada juga akomodasi airbnb yang sudah memberikan nama apartemen atau bangunan di halaman profile mereka sehingga dengan mudah kita bisa tahu dimana lokasi akomodasi tersebut. Trik kami sebelum melakukan pemesanan pastinya akan kami cek terlebih dahulu lokasinya apakah sesuai dengan lokasi yang kami kehendaki. 
Cek dengan teliti dimana lokasi property yang hendak kita sewa, pastikan lokasinya strategis atau sesuai dengan kebutuhan kamu
Walaupun Airbnb tidak memberikan lokasi tepatnya tapi kita bisa melihat ada di jalan atau kawasan mana tempat penginapan kita tersebut. Ada alasan mengapa sebagian akomodasi tidak memberikan alamat secara terbuka salah satunya yaitu untuk keamanan bersama baik kamu sebagai tamu maupun mereka sebagai host.




7.     Cek foto-foto dari akomodasi Airbnb sebelum memesan
 Untuk memiliki gambaran yang lebib baik mengenai seperti apa akomodasi airbnb yang hendak dipilih luangkan waktu untuk melihat foto-foto yang disediakan host. Jika host nya memberikan banyak foto dari beragam sudut hingga fasilitas serta lingkungan sekitar akomodasi tersebut tentunya akan menambah keyakinan kita sebagai calon tamu untuk memesan akomodasi tersebut. Jika kamu lihat fotonya sedikit, kurang update dan kurang meyakinkan maka saran kami jangan pesan akomodasi di tempat tersebut.
Sebelum memesan cek foto-foto property Airbnb yang hendak kamu sewa khususnya fasilitas dan bagian dalam kamarnya

8.     Baca Reviewnya sebelum memesan
Setelah mengecek harga, lokasi, fasilitas dan foto-foto sempatkan juga untuk membaca setiap review dari tamu-tamu yang telah menginap di akomodasi tersebut. Review-review tersebut adalah saran dan testimoni jujur yang umumnya menceritakan kondisi akomodasi airbnb tersebut berdasarkan pengalaman mereka. Dengan membaca review tersebut kamu bisa mendapatkan masukan serta informasi yang lebih banyak mengenai seperti apa akomodasi yang hendak kamu pesan ini. Jika reviewnya bagus maka jangan ragu untuk segera memesan sebelum terlambat, jika ada review yang jelek atau keseluruhannya kurang bagus maka baiknya segera cari alternatif lain agar tidak menyesal kemudian.
Baca reviewnya dengan teliti sebelum melakukan pemesanan

9.       Jika Ragu Hubungi Host
Jika ada beberapa informasi atau hal yang kurang jelas dari deskripsi akomodasi yang kamu cari maka jangan ragu untuk private messages atau japri ke host nya. Umumnya host-host Airbnb memiliki respon yang cepat untuk menganggapi setiap pertanyaan yang masuk.




10.    Apa itu superhost?
Jika kamu ingin memiliki pengalaman menyenangkan ketika menginap di akomodasi Airbnb maka pesanlah di sebuah akomodasi dengan profile Superhost. Arti dari superhost yaitu Airbnb memberikan gelar tersebut kepada host-host Airbnb yan memiliki rating dan review yang bagus dari para tamu-tamunya. Dengan begitu kita bisa berekpektasi bahwa host tersebut akan memberikan respon yang cepat dan layanan yang baik ketika kita memesan hingga saat kita menginap di properti mereka.
Kamu bisa mengetahui rating host Airbnb dari contact atau the host. ini adalah salah satu contoh Superhost yang bisa kita lihat dari informasi yang diberikan Airbnb terhadap host ini

11.    Apa itu Instant booking?
Sebelum kamu memesan sebuah akomodasi di Airbnb kamu dapat melihat status properti tersebut apakah instant booking atau membutuhkan persetujuan/ approval. Sebagian besar akomodasi di Airbnb kini umumnya instant booking jadi ketika kita telah konfirmasi memesan maka kita akan langsung dapat bukti pemesanannya, namun ada sebagian kecil akomodasi yang saat kita booking masih memerlukan approval atau persetujuan dari host nya. 
Disini kamu bisa memfilter penginapan berdasarkan instant booking atau yang harus menunggu persetujuan hostnya terlebih dahulu
Umumnya properti yang memerlukan approval ini hostnya cukup strict untuk menerima sembarang tamu, ketika kita bisa melihat review mereka sebaliknya merekapun bisa mengecek review/ rating kita sebagai tamu. Alasan lain umumnya akomodasi yang masih membutuhkan approval ini yaitu host yang perlu mengecek terlebih dahulu ketersedian kamar semisal mereka juga menyewakan penginapan mereka melalui website lain.
Jika tertulis Book seperti diatas maka tipe pemesanan Airbnb ini adalah instant booking dimana setelah kita klik Book maka otomatis pemesanan kita sudah langsung di konfirmasi
Contoh salah satu contoh property di Airbnb yang harus disetujui hostnya terlebih dahulu sebelum bisa menginap di property milik mereka

12.      Cek harga final sebelum memesan
Sebelum kamu memutuskan untuk memesan sebuah akomodasi kami bisa klik book/ pesan untuk mengecek kembali harga menginapnya karena ada sebagian host yang membebankan tambahan biaya seperti cleaning fee ke tamu. Cek juga total biaya menginapnya setelah ditambah dengan service fee nya. Apabila kamu traveling bersama dengan anak kecil cek kembali apakah harganya menjadi lebih mahal karena ada sebagian host yang mebebankan biaya menginap per jumlah tamu. 
Dari awal pencarian kamu dapat memfilter penginapan berdasarkan interval budget kamu yang tersedia
Dari pengalaman kami ada juga host yang tidak menghitung jumlah orang yang akan masuk ke properti mereka yaitu dengan cara memberikan harga fix permalam di kamar atau properti yang mereka sewa.




13.    Metode Pembayaran Airbnb
 Sampai artikel ini dibuat untuk saat ini metode pembayaran Airbnb hanya bisa melalui kartu kredit seperti Visa, MasterCard, Amex, Discober, JCB serta paypal. Untuk metode pembayaran dengan google wallet baru bisa di negara tertentu saja. Ketika kamu sudah melakukan konfirmasi pembayaran akomodasi yang hendak kamu pilih atau airbnb experience yang hendak kamu ikuti maka di proses pembayaran kamu diwajibkan untuk memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit yang mana jika misalnya pada saat mendaftar kamu mengisi lebih dari 1 metode pembayaran. Untuk saat ini belum bisa membayar melalui debit card, ATM atau melalui minimarket.
Kelebihan dari metode pembayaran di Airbnb semisal kamu menginap bersama orang lain maka jumlah tagihannya dapat langsung di bagi sejumlah orang yang ikut serta dalam trip kamu. Jadi dengan demikian perhitungan untuk share costnya adil dan tidak membebani satu orang saja. Hal ini tentunya menjadi kabar baik khususnya bagi kamu yang hendak traveling bersama teman. Karena jujur dari beberapa pengalaman teman kami ada saja kan orang yang hobi minta talangin eh ternyata pada saat tagihan kartu kreditnya keluar teman tersebut belum juga membayar talangan tersebut yang tentunya bisa saja membebani keuangan seseorang.

14.  Airbnb tidak hanya akomodasi
    Kini Airbnb tidak hanya menawarkan akomodasi, dengan fitur barunya Airbnb juga menawarkan experience/ pengalaman baru dalam hal menjelajah sebuah kota atau negara seperti orang lokal. Jadi di setiap kota atau negara ada beragam host yang juga telah menawarkan jasanya atau mengelola sebuah tur/open trip yang dapat dibeli di marketplace Airbnb. 

 

 
Beragam pilihan Airbnb Experience, mulai dari belajar dan huntin foto bersama, belajar masak, wisata kuliner, belajar menjahit, ikut cruise, balapan di tengah jalan, belajar make up, nonton stand up comedy, bersepeda bersama dan beragam Airbnb Experience lainnya
   Dari pengalaman kami kamu dapat membeli paket perjalanan yang tidak biasa misalnya kursus memasak bersama orang lokal, wisata kuliner ke pasar-pasar tradisional dan street food, hunting photography bersama dengan photographer lokal sehingga kamu dapat ditunjukan tempat terbaik untuk mendapatkan foto atau video dari sebuah kota yang kamu kunjungi, kursus mengenai drone photography, kursus menjahit atau merangkai bunga, mencoba flyboard di danau atau pantai, hingga menjelajah sebuah kota dengan sepeda motor atau sepeda bersama pemandu orang lokal. Kami sendiri pernah membeli paket Airbnb Experience di Hanoi Vietnam untuk menjelajah Halong Bay dengan perahu Cruise. 
Kami juga pernah memesan Airbnb di Vietnam untuk ikut trip ke Halong Bay
Kami juga pernah memesan Airbnb di Vietnam untuk ikut trip ke Halong Bay
Jadi selain menguntungkan pemilik properti yang bersedia menawarkan penyewaan tempatnya untuk mendapatkan penghasilan kini juga bisa menguntungkan bagi kamu yang ingin menjadi host untuk menawarkan jasa/ pemandu seperti hal-hal diatas. Kalau kamu punya bisnis yang berkaitan dengan pariwisata tentunya bisa daftar untuk memberikan experience yang baru bagi para wisatawan. 
Sudah banyak restoran di dunia yang bergabung dengan Airbnb, jika kamu ingin mempromosikan usaha tempat makan kamu bisa segera join!
Kini Airbnb pun telah bekerja sama dengan banyak restoran di dunia untuk menjual paket makan mereka di Airbnb yang tentunya bisa memberikan alternatif serta rekomendasi bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke sebuah kota atau negara. Karena kini di beberapa kota kami telah melihat mulai banyak pemilik restoran yang menawarkan paket makan sepuasnya atau menawarkan paket hidangan makanan lokal melalui airbnb experience. Apabila kamu tertarik untuk menjadi host Airbnb daftar melalui link berikut ini untuk mendapatkan kredit/Voucher yang dapat kamu gunakan buat liburan.

15.  Daftar sebagai Host Airbnb
    Merujuk pada point sebelumnya jika kamu berminat untuk menjadi host Airbnb maka kamu dapat juga daftar dari link Daftar Airbnb berikut ini untuk mendapatkan kredit/ Voucher yang dapat kamu gunakan buat liburan. Kamu cocok jadi host misalnya kamu memiliki hunian atau property yang ingin kamu sewakan. Properti bisa berupa kamar private di rumah, bisa berupa seluruh satu rumah, kamar private di apartement, satu unit apartement, sebuah villa yang terdiri dari beberapa kamar, bungalow, guesthouse, kamar kosan, mobil caravan, tenda beserta tempat untuk glamping atau bahkan menginap di sebuah perahu atau cruise yang kamu miliki. 
Apabila kamu ingin menjadi host Airbnb, bisa mencari inspirasi dari host-host kota lainnya untuk membuat experience yang unik, khas dan berbeda di kota kamu sendiri
Jika kamu tidak memiliki hunian atau akomodasi untuk disewa kamu juga bisa menjadi host Airbnb Experience yang bisa menawarkan jasa/ service yang berkaitan dengan pariwisata misalnya menjadi guide wisata kuliner, menjadi guide di open trip untuk hunting foto, menjadi guide untuk menjelajah sebuah kota dengan sepeda atau sepeda motor bersama, membuka kursus memasak hidangan khas kota kamu, membuka kursus menjahit atau menenun sebuah kain khas kota kamu, membuka kursus singkat untuk memberikan pengalaman belajar membuat kerajinan khas kota kamu atau skill apapun yang bisa memberikan pengalaman baru baik wisatawan yang hendak berkunjung ke kota kamu. Di era teknologi ini jika kita kreatif maka kita bisa mendapatkan banyak penghasilan tambahan salah satunya menjadi host Airbnb Experiences ini. Ayo segera daftar menjadi host Airbnb Experience disini.




16.  Apakah Pemesanan airbnb bisa di cancel? Adakah biaya pembatalannya?
Di dalam deskripsi akomodasi Airbnb terdapat informasi mengenai kebijakan pembatalan/ cancellation dimana setiap host bisa memberikan kebijakan yang berbeda-beda. Pilihannya adalah apabila kamu melihat free cancellation/ flexible maka pemesanan Airbnb bisa di cancel dimana refund untuk cleaning fee dan service fee nya juga akan dikembalikan secara full. Ada juga host yang memberikan kebijakan moderate dimana boleh di cancel asalkan masih dibatas periode tertentu. Misalnya cancellation dilakukan melewati batas waktu tersebut maka akan dikenakan pemotongan biaya seperti hanya bisa di refund sebesar 50 persen dari biaya nominal biaya pemesanan. 
Baca Ketentuan untuk Pembatalan sebelum melakukan pemesanan Airbnb
 Ada juga host yang strict yang akan memberlakukan ada biaya untuk cancellation sekitar 50 persen dari biaya pemesanan. Jadi saran kami apabila kamu sudah pasti berangkat atau menginap di tempat tersebut rasanya tidak masalah mengenai kebijakan yang dipilih oleh host, namun apabila ada kemungkinan kamu cancel misalnya butuh kode booking pemesanan untuk pengajuan visa sebuah negara dan untuk mengurangi resiko tidak jadi berangkat karena visa ditolak maka saran kami carilah penginapan yang memberikan kebijakan flexible atau moderate untuk perihal pembatalan.

17.    Apa yang perlu dilakukan jika host cancel?
Kami punya pengalaman dengan Airbnb di Macau yaitu beberapa hari menjelang hari H host kami tiba-tiba membatalkan pemesanan kami. Host kami dengan sopan menghubungi kami lewat private messages bahwa dia harus membatalkan karena mereka harus pergi ke luar kota karena orang tuanya sedang sakit parah sehingga tidak bisa menghost kami. Kebetulan pada saat itu kami memesan Airbnb yang private room dimana sang host/ pemilik tinggal di bangunan atau apartemen yang sama.
Jika hal ini terjadi juga dengan kamu maka mintalah host nya yang melakukan pembatalan agar kamu tidak dikenakan biaya pembatalan yang bisa berlaku. Setelah conform sudah dibatalkan maka Airbnb secara otomatis akan merefund ataiu mengembalikan seluruh uaag yang telah kita bayar untuk memesan Airbnb tersebut. Refund bisa berupa masuk ke kredit untuk pemesanan berikutnya atau langsung di kembalikan ke kartu kredit yang kamu gunakan. Jika ada masalah dengan pembatalan ini jangan ragu untuk menghubungi customer service Airbnb. Dari pengalaman kami mereka responnya cepat dan sangat membantu. Bahkan dari pengalaman kami pertama kali dibatalkan seperti ini kami diberikan credit/ bonus sebesar 200 USD secara cuma-cuma sebagai permintaan maaf mereka karena pada saat itu ada sedikit keterlambatan saat refund uang kami.

18.      Bagaimana cara cancel pemesanan Airbnb?
Jika kondisi sebaliknya yaitu kamu yang hendak membatalkan pemesanan Airbnb maka hal yang perlu kamu lakukan yaitu untuk masuk ke airbnb dan klik ke bagian kode booking yang hendak kamu batalkan. Cek kembali kebijakan dari host nya apakah akan ada potongan biaya untuk pembatalan atau tidak. Untuk menjaga rating yang bagus sebaiknya japri juga mengenai alasan mengapa kamu harus membatalkan pesanan tersebut. Setelah terkonformasi uang refund akan kamu terima dalam kredit Airbnb/ kartu kredit yang kamu gunakan setelah dipotong biaya pembatalan jika ada.




19.      Prosedur untuk check in
Dari pengalaman kami setiap host memiliki cara yang beda untuk memberikan prosedur untuk check in. Pengalaman kami di Kuala Lumpur Malaysia kami bisa self check in sendiri dengan cara melapor ke security bahwa kami akan menginap terus kemudian berjalan ke arah loker dimana kunci itu disimpan. Host nya akan memberi tahu kami nomer kamar dan nomer loker ternasuk kode password untuk mengambil kunci lift dan kamar tersebut. Sedikit berbeda dengan Airbnb kami di Johor Bahru yang prosedur keamanannya sedikit lebih ketat dimana kami harus mendaftar diri ke security kemudian di data lengkap setelah itu security akan memberikan kunci akses ke kamar. Hal ini bisa terjadi karena pemilik/ host sudah bekerja sama dengan management dan security untuk mendaftarkan tamu yang menginap di properti mereka.
Penginapan kami selama di Johor Bahru saat hendak ke Legoland untuk satu keluarga dan orang tua.
Dengan memiliki 2 kamar dan 1 open space kami berenam bisa tinggal di apartemen ini dengan nyaman dan murah dibanding harus menginap di hotel lain khususnya hotel Legoland resort yang terbilang mahal.

Dengan memiliki 2 kamar dan 1 open space kami berenam bisa tinggal di apartemen ini dengan nyaman dan murah dibanding harus menginap di hotel lain khususnya hotel Legoland resort yang terbilang mahal.
Ada fasilitas infinity poolnya, di seberang apartemen ini terlihat Legoland yang sangat dekat jaraknya dengan apartemen ini
Lain lagi dengan pengalaman kami menginap Airbnb di Vietnam dimana host nya menunggu kedatangan kami untuk check in dan menyerahkan kunci secara langsung sekaligus menjelaskan kepada kami fasilitas apa saja yang ada di properti mereka hingga rekomendasi tempat makan dan belanja yang ada di sekitar penginapan. Kalau pengalaman kami di Melbourne Australia karena hostnya tidak bisa bertemu maka kunci tersebut diberikan oleh agen yang dipercaya untuk memberikan kunci kamar kepada kami.
Ini pengalaman kami menginap di apartemen di Taipei Taiwan yang merupakan rumah warga setempat. Pada saat check in kami terus berkomunikasi lewat Line dan karena kami baru tiba tengah malam host memberikan kode kunci untuk membuka kamar yang menggunakan kunci pintu digital otomatis.
Penginapan kami di Taipei, Taiwan
Suasana sekitar penginapan Airbnb kami di Taipei, Taiwan
 Secara garis besar kesamaan dari prosedur untuk check in di akomodasi Airbnb adalah setelah kamu melakukan pemesaanan umumnya host akan memberitahukan kepada kamu mengenai detail bagaimana prosedur check in. Ada host yang akan memberikan nomer hp, nomer whatsapp atau line ID untuk memudahkan berkomunikasi ketika hendak check in, ada host yang mengirimkan alamat dan denah yang lengkap diserta cara menuju ke tempat mereka, ada juga host yang memberikan kode password untuk masuk ke dalam kamar maupun apartemen mereka. Jadi setelah booking atau

20.    Apakah Dapat Sarapan pagi?
Dari pengalaman kami bisa dikatakan sebagian besar properti di Airbnb tidak menyediakan fasilitas sarapan. Kalaupun ada umumnya yang menginap di hunian private room atau share room dimana pemiliknya tinggal di bangunan yang sama. Bisa dikatakan ini adalah salah satu kekurangan Airbnb bagi sebagian orang yang menginginkan adanya fasilitas sarapan dari tempat menginap, namun sebaliknya bisa jadi kelebihan bagi seseorang yang tidak memerlukan sarapan di penginapan sehingga harga menginapnya bisa menjadi lebih murah.



Sebagian besar Airbnb tidak menyediakan sarapan buffee seperti halnya hotel-hotel ternama. kelebihannya biaya menginapnya jadi lebih murah
Salah satu pengalaman menyenangkan saat menginap di Airbnb yaitu pada saat berada di kota Saigon, Ho Chi Minh City. Kami memesan penginapan melalui website airbnb yang menawarkan pengalaman menginap di rumah orang local yaitu menginap di rumah Ton yang berada di jalan 95 Pasteur yang berada di pusat kota dan sangat dekat dengan spot-spot wisata di kota Saigon. Host kami Ton ini bekerja sebagai freelance desain interior dan sudah go international. Ngga heran desain penginapannya dibuat sangat apik dengan perpaduan style Saigonese dan French dengan suasana klasik. Orangnya ramah dan asik diajak ngobrol untuk menyelami kehidupan orang' lokal serta mendapat rekomendasi tempat' mana yang patut dikunjungi selama di Ho Chi Minh City. 
Bersama host kami Mr. Ton di Ho CHi Minh City, Vietnam
 Kami menyewa salah satu kamar di apartemen milik Mr Ton di Ho Chi Minh City, Vietnam
Salah satu bagian terbaiknya Mr Ton merekomendasikan sebuah kedai kopi ternama Highlands Coffee yang memang khas Vietnam plus kita dikasih juga voucher potongan harga untuk menikmati kopi tersebut. Sebuah pengalaman menginap yang sangat menyenangkan di kota ini yang tentunya belum tentu bisa didapatkan klo menginap di hotel pada umumnya. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan klo liburan bisa mencari di Airbnb dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk lokal, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya.
    Semoga review kami tentang Airbnb dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kamu. Jika kamu hendak menjadi host untuk mendapatkan penghasilan bisa daftar melalui tautan link ini Daftar Airbnb. Jika kamu tertarik ingin mencoba Airbnb kamu dapat daftar menggunakan link referral kami berikut untuk mendapatkan potongan diskon/voucher/ kredit hingga 40 USD di pemesanan pertama kamu menggunakan Airbnb. Besar nominal voucher yang akan kamu terima tergantung dari nilai pemesanan/ booking penginapan kamu ya. Caranya tinggal daftar dan klik link Daftar Airbnbini ya.



Untuk review detil penginapan-penginapan dan airbnb experience yang pernah kami coba di beberapa kota dan negara akan kami posting di artikel terpisah ya. Apabila kamu juga punya pengalaman dengan Airbnb bisa saling berbagi di kolom komentar. Terima kasih

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

2 comments:

  1. Ya ampun lengkap banget review-nya, makasih sudah bersedia menulis. Jadi inget temenku yg kena calo di apartemen KL gegara host gak bisa dihubungi. Pernah mengalami juga gak?
    Btw, salam kenal yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo tika. sejauh ini alhamdulillah belum pernah. karena sebelum booking umumnya kami coba contact host nta terlebih dahulu untuk mengetest apakah responnya cepat. selain itu tentunya baca review-review orang sebelum memesan. umumnya minimal 1 minggu sebelum keberangkatan kami akan kirim pesan lagi utnuk mengingatkan bahwa kami jadi datang, tapi biasanya malah host nya yang email duluan untuk kasih tau prosedur check in. intinya tetap jaga komunikasi dengan hostnya dari sana kita bisa tahu apakah hostnya fast respon atau tidak kemudian sebelum ke unit airbnbnya kita sudah tahu dengan lengkap alamat, nomer unit serta prosedur check in nya.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.