Wednesday, May 9, 2018

20 Tips dan Panduan Liburan ke SEA Aquarium di Resort World Sentosa Singapura



SEA Aquarium di Resort World Sentosa Singapura
Selain Gardens By The Bay dan kebun binatang Singapore Zoo, River Safari, Night Safari dan Jurong Bird Pak di Singapura terdapat satu lagi tempat wisata edukasi yang cocok untuk menjadi destinasi liburan keluarga dan anak. Tempat ini dikenal dengan nama SEA Aquarium yang berlokasi di Pulau Sentosa tepatnya di seberang pintu masuk Universal Studio Singapura. Disini kamu bisa melihat salah satu aquarium terbesar di dunia yang berisi beragam jenis binatang, ribuan ikan dan beragam biota laut yang berasal dari berbagai jenis habitat berbeda.

    Apabila kamu memang sudah merencanakan untuk liburan keluarga ke SEA Aquarium  Singapura khususnya tanpa travel agent atau mengikuti paket wisata dari Indonesia, mengingat area disini cukup luas dan terdapat beberapa atraksi maka baca dan pelajari terlebih dahulu tips dan panduan kami berikut ini agar liburan kamu ke SEA Aquarium Singapura lebih terencana dan menyenangkan.






1.      Tentukan Tujuan dan Susun Itinerary

Sebagai informasi SEA Aquarium Singapura ini berada di area Resort World Sentosa di dalam Pulau Sentosa. Apabila kamu berencana hendak kesini rekomendasi kami aturlah atau jadwalkanlah di hari yang sama dengan rencana kamu untuk berkunjung ke Pulau Sentosa. Di pulau ini selain ada beberapa pantai dan tempat wisata alam juga terdapat wahana rekreasi dan wisata keluarga lainnya seperti Universal Studio, Dolphin Island, arena bermain air di Adventure Cover Waterpark dan The Maritime Experiental Museum. 
Salah satu Aquarium terindah dan terbesar di kawasan Asia Tenggara

2.  Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah SEA Aquarium

Dari pengalaman kami untuk berkeliling dan menikmati keindahan biota laut di SEA Aquarium Singapura waktu yang dibutuhkan yaitu minimal 3 jam hingga setengah hari. Kamu bisa lebih lama di dalam sini apabila niatnya khusus untuk wisata edukasi kepada anak dan melihat setiap detail aquarium dan mengamati  hewan laut yang ada di dalamnya. Jadi ketika kamu menyusun itinerary ke tempat ini maka minimal luangkan waktu setidaknya 3 jam ya.
Tunnel di dalam SEA Aquarium Singapura


3.  Rekomendasi area yang harus di jelajahi di SEA Aquarium

Dari pengalaman kami hampir semua bagian di SEA Aquarium patut untuk dikunjungi karena menampilkan beragam binatang laut yang sebagian besarnya baru pertama kita lihat secara langsung dan lebih dekat. Dari beberapa spot berikut adalah beberapa daftar tempat favorit kami yang bisa dilihat di SEA Aquarium mulai dari Discovery Touch Pool dimana kita bisa menyentuh atau melihat lebih dekat beberapa binatang laut, Ocean Journey dimana kita bisa melihat keindahan ubur-ubur, Ocean Dome, Moral Eey, Shark Sea, Reef manta Ray, shark tunnel dan tentu saja aquarium yang berukuran sangat besar yang didalamnya terdapat ribuan ikan salah satunya hiu paus.

Akuarium yang dipenuhi ikan hiu di SEA Aquarium Singapura
Ikan hiu di SEA Aquarium, Singapura
Ada ribuan jenis ikan dan terumbu karang di SEA Aquarium Singapura
Keindahan aquarium yang berisi beragam ubur-ubur, salah satu spot yang wajib untuk kamu kunjungi di SEA Aquarium Singapura




4. Harga Tiket Masuk dan Masa Berlaku Tiket Masuk ke SEA Aquarium Singapura

Apabila kamu hendak membeli tiket masuk SEA Aquarium Singapura berikut harga tiketnya yang dapat kamu pesan secara online.

a.Tiket standard untuk masuk ke SEA Aquarium Singapura untuk dewasa :39 SGD

b.Tiket standard untuk masuk ke SEA Aquarium Singapura untuk anak-anak 4-12 tahun : 29 SGD

c. Apabila kamu membawa serta anak-anak dibawah 4 tahun, anak dibawah 4 tahun gratis masuk ke SEA Aquarium Singapura.

d. Kamu bisa mendapatkan harga tiket lebih murah jika membeli paketan bundle / Combo dengan tiket masuk lainnya seperti ke Maritime Experiential Museum atau Guardians of the SEAA. Untuk lebih lengkapnya kunjungi website resminya Resort World Sentosa.


Shark tunnel di SEA Aquarium Singapura
Tiket masuk ke SEA Aquarium Singapura berlaku untuk satu hari. Jadi apabila kamu memutuskan untuk keluar sejenak misalnya berkeliling Pulau Sentosa atau keluar untuk mencari makan maka nanti kamu masih diperbolehkan untuk masuk kembali.



5.  Cara Beli tiket masuk SEA Aquarium Singapura  Lebih Murah dan Hemat

Dari pengalaman kami usahakan belilah atau lakukanlah pemesanan tiket masuk SEA Aquarium Singapura  lebih awal. Cara paling mudahnya belilah secara online di website resmi SEA Aquarium Singapura, jika ada promo maka kamu akan mendapatkan harga lebih murah dibanding beli secara langsung di loket penjualan. Namun dari pengalaman kami setelah kami membandingkan beberapa website agen perjalanan atau aplikasi pemesanan online ternama terkadang menawarkan harga tiket lebih murah dibandingkan website resminya loh. Yang terpenting belilah tiket di website atau agen terpercaya, karena apabila tidak resmi bisa saja tiket tersebut sudah tidak valid atau palsu sehingga kamu nanti tidak bisa masuk ke dalam SEA Aquarium atau harus beli tiket masuk lagi.
Beberapa orang yang terlihat sedang menikmati keindahan aquarium di SEA Aquarium Singapura
Cara lainnya umumnya di hotel atau hostel tempat kamu menginap ada yang juga menjual tiket-tiket masuk ke tempat wisata di Singapura dengan harga yang lebih murah dan terjamin keasliannya. Setidaknya dua cara tersebut bisa menghemat budget liburan kamu dibanding beli langsung on the spot di pintu masuknya. Kelebihan lain kamu tidak perlu ikut mengantre lama ketika membeli tiket sehingga tentunya bisa hemat waktu juga.






6. Bawalah identitas diri atau paspor khususnya anak di bawah 4 tahun.

Bawalah paspor sebagai identitas diri khususnya apabila kamu membawa anak dibawah 3 tahun. Hal ini penting untuk verifikasi oleh petugas penjaga loket untuk menunjukan kebenaran bahwa anak kecil yang kita bawa benar berusia dibawah 4 tahun sehingga gratis atau tidak dikenakan biaya masuk. Jangan sampai terjadi karena kamu tidak membawa identitas diri untuk anak dibawah 4 tahun sehingga kamu diharuskan untuk membayar harga tiket masuk untuk anak diatas 4 tahun. Karena hal ini juga janganlah coba-coba untuk mengakali umur anak ya agar bisa gratis.
Untuk kamu yang liburan dengan keluarga, anak-anak usia di bawah 4 tahun tiket masuknya masih gratis


7. Waktu terbaik untuk berkunjung

    Dari pengalaman kami bisa dikatakan SEA Aquarium Singapura ini cocok untuk dikunjungi kapan saja atau sepanjang hari. Berhubung tempat ini juga berada di dalam ruangan kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan kondisi cuaca diluar baik sedang hujan maupun panas. Dari pengalaman kami jika tujuan kamu adalah wisata edukasi di dalam SEA Aquarium maka datanglah pagi ketika suasananya belum terlalu ramai sehingga kamu bisa menikmatinya dengan suasana yang lebih tenang. Kelebihan datang diawal juga kamu bisa berfoto di terowongan hiu dan aquarium utama yang paling besar dengan kondisi yang belum terlalu ramai pengunjung.
Sangat sulit untuk berfoto dengan kondisi shark tunnel dalam kondisi kosong seperti ini. Harus menunggu waktu yang pas



8. Ambil Brosur dan denah lokasi SEA Aquarium

Agar tidak ada area yang terlewatkan ketika kamu menjelajah SEA Aquarium ada baiknya kamu mengambil peta atau brosur mengenai denah lokasi SEA Aquarium. Jika tidak ada juga bisa download peta digitalnya untuk jadi panduan dan bahan bacaan untuk menambah pengetahuan dan wawasan kamu tentang keragaman hayati dan biota laut khususnya binatang dan habitat yang ada di SEA Aquarium ini.
Kamu bisa mendapatkan brosur ini secara gratis di pusat informasi atau tempat pembelian tiket SEA Aquarium





9. Stroller di area The SEA Aquarium Singapura

Apabila kamu berwisata bersama keluarga dan membawa anak kecil sebaiknya bawa stroller sendiri sehingga anak bisa beristirahat ketika lelah. Alasan kenapa kamu harus membawa stroller sendiri karena disini tidak ada fasilitas penyewaan stroller untuk pengunjung.
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak




10. Pakaian

        Karena lokasinya adalah di area Indoor dalam ruangan yang dilengkapi dengan pendingin udara rata-rata suhu dalam indoor SEA Aquarium berkisar 23 hingga 25 derajat namun bisa terasa lebih dingin apabila kamu datang di saat pengunjungnya tidak terlalu ramai. Apabila kamu membawa serta anak kecil khususnya balita saran kami persiapkanlah jaket atau sweater untuk menghangatkan agar anak anda tidak kedinginan.
Beberapa pengunjung yang sedang menikmati keindahan aquarium di SEA Aquarium Singapura




11. Taati peraturan di area SEA Aquarium

    Negara Singapura dikenal dengan negara yang patuh dan tertib terhadap hukum. Maka ketika kamu berkunjung ke negara Singapura maka taatilah peraturan tersebut diantaranya tidak boleh merokok di area SEA Aquarium, jangan membuang sampah sembarangan, jangan merusak fasitas yang ada disini dan mentaati peraturan lainnya yang dapat kamu baca di petunjuk dan peraturan yang ada.
Nemo, Clown fish di SEA Aquarium Singapura



12. Rekomendasi tempat penginapan

Apabila kamu berencana untuk ke SEA Aquarium Singapura, jika kamu berencana mengunjungi beberapa tempat wisata di Pulau Sentosa seperti Universal Studio, Dolphin Island, arena bermain air di Adventure Cover Waterpark dan The Maritime Experiental Museum maka jika kamu memiliki budget yang cukup kami bisa rekomendasikan untuk menginap di hotel yang ada di Resort World Sentosa yang bisa kamu pilih sesuai budget dan kesukaan. Pilihannya diantaranya Beach Villas, Crockfords Tower, Equarius Hotel, Festive Hotel, Hard Rock Hotel Singapore, Hotel Michael, Ocean Suite atau Treetop Loft.
Pulau Sentosa di Singapura

Namun jika budget kamu terbatas berhubung Pulau Sentosa mudah diakses transportasi umum seperti MRT dan monorail maka kami bisa sarankan carilah penginapan yang berada di tengah kota yang harganya lebih murah dibandingkan di dalam pulau Sentosa.

Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Singapura, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan.

Secara lokasi dan budget untuk menginap di apartemen lewat airbnb ini sangat cocok apabila kamu liburan bersama keluarga dan membawa serta anak-anak atau orang tua yang sudah lansia. Karena ukuran apartemennya bisa mencari yang lebih besar jadi satu unit dengan beberapa kamar bisa menampung semua anggota keluarga jadinya kalau dihitung-hitung biaya menginapnya per keluarga jadi terbilang terjangkau. Untuk bisa lebih hemat lagi kamu bisa daftar airbnb dan pakai kode referral kami ya untuk mendapatkan voucher diskon hingga 40 USD!

baca Info, review dan tips lengkap tentang airbnb disini : 30 Tips dan Review lengkap menginap di Airbnb, Ini Kelebihan dan kekurangannya



13. Alamat SEA Aquarium dan waktu beroperasi

 SEA Aquarium terletak di dalam Pulau Sentosa tepatnya di seberang Universal Studio. Aquarium ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 7 malam waktu Singapura.

Suasana di dalam SEA Aquarium, Singapura




14. Cara menuju ke SEA Aquarium

Ada 4 untuk menuju ke SEA Aquarium yang terletak di Pulau Sentosa ini diantaranya yaitu:

a. Naik MRT dari pusat kota kemudian turun di Vivo City. Dari Mal Vivo City kemudian naiklah ke lantai 3 menuju stasiun monorail Sentosa Express. Harga tiketnya yaitu 4 SGD untuk pulang pergi sudah termasuk tiket masuk ke Sentosa Island sebesar 1 SGD. Tiketnya dapat dibeli di konter Sentosa Express.
Monorel dari Vivo City ke Pulau Sentosa

b. Selain naik Sentosa Express alternatif lainnya yaitu dengan naik bus dari Vivo City atau Merill Lynch Building. Carilah bus umum nomer RWS 8 yang melayani rute langsung ke dalam area Resort World Sentosa dan Casino. Ongkos busnya yaitu sebesar 2 SGD dan tidak perlu membayar tiket masuk ke Sentosa Island sebesar 1 SGD.
Bus yang sedang melaju diatas jembatan menuju Pulau Sentosa Singapura
c. Apabila kamu menggunakan kendaraan atau mobil kami bisa masuk melalui RWS B1. Lewat jalur ini kamu tidak perlu membayar tiket masuk 1 SGD hanya dikenakan biaya sewa parkir saja.

d. Alternatif terakhir yang paling hemat dan sehat yaitu kamu dapat berjalan kaki selama 10 menit saja sembari menikmati pemandangan di sepanjang Sentosa Broadwalk. Apabila kamu masuk ke Pulau sentosa dengan berjalan kaki kamu hanya perlu membayar tiket masuk ke Pulau Sentosa sebesar 1 SGD perorang.




15.Membawa Makanan dan Minuman dari luar dan Tempat makan/ Restoran di dalam SEA Aquarium

Hampir semua tempat wisata pasti harga makanan di dalam arena permainan lebih mahal dibanding beli di luar. Namun pada umumnya hampir semua arena taman bermain ada peraturan tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar, begitu halnya juga dengan SEA Aquarium yang memberlakukan peraturan yang sama. Dari pengalaman kami setibanya di SEA Aquarium ketika hendak masuk para petugas akan memeriksa secara umum apakah kita membawa makanan atau minuman dari luar atau tidak.

Kalau kami sendiri berhubung liburan bersama keluarga yang membawa balita tentunya kami membawa makanan dan minuman untuk anak, sedangkan untuk kami dalam rangka menghemat pengeluaran kami membawa bekal air putih/mineral. Tipsnya agar bisa lolos atau diperbolehkan saat pemeriksaan jangan bawa dalam bentuk botol air kemasan ya namun bawalah dalam air botol tupperware. Untuk cemilan bawalah dalam jumlah yang wajar, jadi kalaupun ditemukan pada saat pemeriksaan mereka akan tetap memperbolehkan.
Area di dalam SEA Aquarium di Singapura

Apabila kamu lapar atau hendak mengemil jangan khawatir karena di dalam area SEA Aquarium terdapat tempat makan yaitu OCEAN Restaurant yang menjual makanan berat dan SEA Side Snack yang menjual cemilan atau makanan ringan. Sebagai informasi untuk kamu yang beragama islam kedua tempat makan ini tidak ada sertifikasi halalnya ya, jadi kalau kamu lapar sebaiknya ditahan dulu dan cari makan di luar atau di kawasan Pulau Sentosa yang ada tempat makan halalnya. Yang perlu kamu ingat jangan makan sembarangan ya, namun ikutlah peraturan dengan makanlah di area yang diperbolehkan saja.






16. Apakah ada jadwal pemberian makan ikan?

Tidak seperti di Singapore Zoo, Jurong Bird Park dan River Safari di SEA Aquarium ini tidak ada jadwal pertunjukan untuk memberi makan binatang yang ada di aquarium ini. 
Aquarium terbesar di SEA Aquarium Singapura



17.  Apakah ada ruang menyusui untuk bayi?

Dari pengalaman kami liburan ke SEA Aquarium membawa balita, kami tidak melihat adanya ruang menyusui disini. Jadi apabila kamu membawa bayi yang masih menyusui ASI maka persiapkanlah penutup menyusui dan carilah tempat yang tidak terlalu ramai atau area tempat makan apabila anak kamu hendak menyusui.
SEA Aquarium di Resort World Sentosa, Singapura



18.  Loker Penyimpanan Barang/ Tas

Satu hal yang perlu kamu ketahui tentang SEA Aquarium yaitu disini tidak ada fasilitas loker untuk menyimpan barang. Jadi apabila kebetulan kamu hendak berencana membawa koper atau ransel bawaan maka sebaiknya dititipkan di tempat lain saja semisal di loker yang ada di area stasiun MRT atau di hotel tempat kamu menginap.

Area di dalam kawasan SEA Aquarium Singapura




19. Apakah boleh foto dan merekam video?

Pengelola SEA Aquarium memperbolehkan setiap pengunjung untuk mengabadikan momen kebahagiaan disini baik foto maupun video. Namun satu peraturan yang wajib patuhi yaitu jangan pernah gunakan lampu flash kamu ya khususnya apabila objek yang kamu foto adalah binatang laut yang ada di dalam aquarium karena hal itu dilarang dan bisa membuat binatang laut tersebut terganggu bahkan buta karena kilatan cahaya flash tersebut.
Beberapa pengunjung terlihat sedang mendokumentasikan keindahan SEA Aquarium Singapura



20. Membeli Souvenir

Sebagai kenang-kenangan selain mengabadikan dalam gambar dan video kamu juga bisa membeli souvenir atau cenderamata yang dijual disini. Untuk budgetnya kisaran 5 SGD hingga ratusan SGD tergantung jenis souvenir dan jumlah yang hendak kamu beli. Saran kami belilah souvenir yang otentik yang bertemakan Gardens By The Bay Singapura yang tentunya hanya dapat ditemukan disini diantaranya video edukasi tentang taman, tanaman atau bibit bunga atau merchandise pada umumnya seperti tshirt, topi, tas, gelas, gantungan kunci atau magnet kulkas.

Tempat membeli souvenir di dalam SEA Aquarium Singapura

Semoga tips jalan-jalan liburan keluarga di SEA Aquarium di Singapura bermanfaat. Untuk tips dan panduan liburan di tempat-tempat wisata di Singapura akan kami sharing di artikel terpisah ya agar lebih rinci dan lengkap. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang SEA Aquarium Singapura yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. 



Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.