Tuesday, December 19, 2017

Asia Overland, Dibalik Eksotisme Candi Ta Prohm (Tomb Raider) di Kamboja



Candi Ta Prohm, salah satu candi yang bisa dijelajahi di komplek Angkor, Cambodia

Seorang gadis kecil tampak tertawa renyah dan berlari di antara reruntuhan batu candi, dikala itu ada seorang arkeolog wanita berambut panjang yang dikepang satu sedang menyusuri jalan yang sama. Seketika arkeolog itu mulai tersadar ada orang selain dirinya di tempat ini, ia berusaha mengejar dan menghampiri asal suara itu untuk menjawab rasa penasarannya. Arkelog itu menatap luas ke sekeliling reruntuhan candi tua untuk mencari gadis itu dan berjalan mengikutinya.
Dinding batunya yang semula hitam kini sebagian menjadi hijau karena diselumuti lumut. Pohon-pohon besar tumbuh rindang dengan untaian akar-akar besar seperti ular anaconda yang menjulur mencengkeram sebagian dasar dan dinding memberi terkesan misterius. Pohon-pohon  besar seperti pohon Bayan, pohon Randu dan pohon Fig yang tumbuh di sekitar candi menghadirkan kesan tua dan mistis pada candi ini. Secara mengejutkan tiba-tiba gadis itu hadir di belakangnya dan memberi petunjuk ke arah pepohonan yang berbunga putih yang dihinggapi banyak kupu-kupu liar berterbangan disana.

Eksotisme candi Ta Phrom di Angkor Archeological Park
Eksotisme candi Ta Phrom di Angkor Archeological Park

Secara mengejutkan arkeolog yang bernama Lara Croft itu terperosok masuk ke dalam tanah yang merupakan pintu masuk ke makam tersembunyi yang hendak ia pecahkan misterinya. Sepenggal kisah di candi tua yang eksotis yang bernama Ta Prohm dalam adegan film Tomb Raider ini telah sukses menyihir jutaan orang untuk mengunjungi Angkor di Cambodia seperti halnya kedatangan kami saat ini.
Tahukah kamu salah satu game yang melegenda Tomb Raider yang juga diadopsi menjadi film Hollywood. Ini adalah di salah satu candi yang dijadikan latar pengambilan gambar yaitu candi tua eksotis Ta Prohm. Pohon-pohon besar seperti pohon Bayan, pohon randu dan pohon fig yang tumbuh di sekitar candi menghadirkan kesan tua dan mistis pada candi yang berada di kompleks Angkor Wat, Siemriep Cambodia ini.
Namun sayangnya bayangan kami tentang candi Ta Prohm yang mistis dan eksotis saat Lara Croft (Angelina Jolie) menjelajah candi ini dalam film Tomb Raider langsung buyar sesaat sampai di candi ini. Jumlah turis (termasuk kami) yang memadati candi ini sungguh luar biasa seperti tidak ada habis-habisnya terus berdatangan khususnya rombongan berbendera. Salah satu tantangan untuk dapat foto candi ini dalam keadaan alaminya butuh kesabaran dan mau menunggu puluhan menit untuk dapet moment itu. Tips agar bisa foto di candi Ta Prohm ini dengan hasil yang sesuai keinginan hanya satu, yaitu sabar tunggu sepi. Tidak perlu tergesa-gesa dikejar waktu ketika menjelajah Angkor Wat, nikmatilah setiap detiknya seakan waktu bergerak melambat.

Salah satu spot yang kosong di area candi Ta Prohm
Rombongan turis yang tidak ada habisnya, bergantian berfoto di spot ini
Rombongan turis yang tidak ada habisnya, bergantian berfoto di spot ini
Dari pengalaman kami setelah menjelajah Ta Prohm dan komplek Angkor Wat yang luas dengan ratusan candi didalamnya kami dapat menduga pastinya agak sulit untuk mengingat semua nama candi disini. Seperti halnya kami yang tidak tahu beberapa nama candi di bawah ini. 

Di dalam Angkor Wat, Kamboja
Di dalam Angkor Wat, Kamboja
Di dalam Angkor Wat, Kamboja

Ada tour yang berkeliling Angkor dengan naik gajah. Siapkan kocek yang tebal
Bayon Temple?
Patung Buddha dan persembahan dari umatnya
The face.
Salah satu candi di komplek Angkor, Cambodia
Salah satu candi di komplek Angkor, Cambodia

Salah satu candi di komplek Angkor, Cambodia


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya. Salam Pejalan. 
 

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.