Tuesday, December 19, 2017

Asia Overland, #CrossBorder Menyebrang perbatasan Kamboja ke Thailand


Berjalan melewati pintu perbatasan Kamboja ke Thailand lewat pintu Poipet - Aranyaprathet

 Sulit memiliki teman seperjalanan dengan waktu dan tujuan yang sama tidak menjadi penghambat niat untuk berpetualang, karena Tuhan akan selalu punya cara untuk mempertemukan orang-orang yang memiliki langkah dan irama yang sama, bagaimanapun caranya. Seperti halnya kami yang harus berpisah dengan salah satu rekan seperjalanan di Siem Riep namun di perjalanan selanjutnya saat hendak menyebrang melewati perbatasan Cambodia - Thailand ini saya di pertemukan dua backpacker muda yang sama-sama berasal dari Indonesia. Mereka adalah Nesia dan Tika yang berpetualang di Indochina disela' waktu liburnya saat menjadi pengajar muda. Berjalanlah, Semesta senantiasa akan mempertemukan kita dengan orang-orang baru.
Untuk yang berminat cross border melewati perbatasan dari Cambodia ke Thailand atau sebaliknya, ada 6 perbatasan yang dapat dilalui diantaranya Chong Sa Ngam - Anglong Veng, Chong Jom - O'Smach, Ba Laem - Duan Lem, Ban Pakard - Pailin, Koh Kong - Had Lek dan yang paling populer dikalangan backpacker yaitu lewat Poipet - Aranyaprathet. Dan ini adalah gerbang perbatasan Cambodia di Poipet - Aranyaprathet.


Beberapa pintu perbatasan Kamboja dengan Thailand
(courtesy)

Bus yang kami tumpangi untuk mengantarkan kami ke perbatasan Cambodia - Thailand
Minivan dan bus yang transit senejak di area peristirahatan sebelum melanjutkan perjalanan ke perbatasan Thailand
Semua orang memanfaatkan waktu transit untuk ke toilet atau membeli makanan dan minuman
Sesampainya bus di perbatasan Poi Pet, semua orang harus turun berjalan kaki menuju kantor imigrasi

Dan ini adalah kantor imigrasi dan gerbang perbatasan Cambodia di Poipet - Aranyaprathet. 
Semua orang mulai berbaris untuk masuk ke kantor imigrasi negara Kamboja
Setelah melewati imigrasi kemudian harus berjalan kurang lebih 1 kilometer menuju kantor imigrasi Thailand
Sepanjang perjalanan bisa ditemukan penjual souvenir, makanan hingga kasino yang berada di antara dua negara ini

Jembatan yang menghubungkan dua negara Kamboja dan Thailand
Pintu gerbang masuk dan keluar negara Kamboja melalui perbatasa Poi Pet

Kalau di foto sebelumnya gerbang perbatasan di sisi negara Cambodia, ini adalah gerbang perbatasan di sisi Thailand. Di perbatasan Poipet - Aranyaprathet ini kondisi kantor imigrasi Thailand lebih bagus. 

Gerbang perbatasan di Arranaprathet, Thailand
Di perbatasan Aranyaprathet dengan Poi Pet
Setibanya di Thailand kami diberi waktu untuk beristirahat dan makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi yang dipilih. Untuk kami tujuan berikutnya adalah kota Bangkok
 Dan bagi kamu yang merencanakan menjelajah negara-negara di Indochina lewat jalur darat ada beberapa operator bus, minivan dan travel yang melayani jalur perbatasan ini yang menghubungkan beberapa destinasi populer antara Thailand dan Siemriep diantaranya Siemriep (cambodia) - Bangkok (Thailand), Siemriep (cambodia) - Pattaya (thailand), Siem Riep (cambodia) - Poipet (border), Siemriep (cambodia) - Vientiane (Laos) dan beberapa destinasi lainnya. 
Beberapa pilihan alternatif destinasi yang bisa dipilih dari kota Siem Riep
Setelah makan siang kami dipindahkan dari bus ke mini van untuk diantar ke kota Bangkok. Penumpang dipisahkan sesuai destinasi yang dipilih

Apabila kamu hendak menyerbang ke Thailand dari Siem Riep bisa mempertimbangkan operator Giant Ibis atau Hang Tep Travel yang melayani antar kota di Kamboja dan melewewati perbatasan ke Thailand dan Vietnam. Sedangkan apabila kamu hendak menyebrang perbatasan ke Vietnam yaitu menuju kota Ho Chi Minh City kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan operator Mekong Express yang melayani rute penyebrangan ke negara Ho Chi Minh City Vietnam.



Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.