Tuesday, December 19, 2017

10 Tips / Panduan Menjelajah Komplek Angkor di Siem Riep Kamboja

Keindahan matahari terbit dari Angkor Wat
Kamu sudah tahu tentang keindahan sunrise di Angkor Wat Cambodia yang mempesona atau betapa eksotisnya candi Ta Phrom yang menjadi latar pengambilan gambar game/ film Tomb Raider yang diperankan oleh Angelina Jolie?. Jika kamu hendak kedua tempat ini sebagai persiapan agar perjalananmu lebih menyenangkan catat 10 tips/panduan berguna ini ya sebagai referensi ketika menjelajah Angkor Wat di Kamboja.

1.       Pastikan tujuan kamu adalah kota Siem Riep
 Kota terdekat untuk menuju komplek Angkor  Archeological Park yaitu kota Siem Riep Apabila kamu memiliki waktu terbatas pastikan kamu mendarat di bandara Siem Riep. Namun apabila kamu mendarat di Phnom Penh  maka harus dilanjutkan perjalanan darat atau sungai selama 6-8 jam. Selain itu kota Siem Riep juga bisa diakses dari Thailand baik penerbangan internasional maupun melalui jalur darat. Apabila kamu hendak menyerbang ke Thailand dari Siem Riep bisa mempertimbangkan operator Giant Ibis yang melayani antar kota ke Kamboja dan melewewati perbatasan dari Thailand.

 2.      Waktu terbaik untuk berkunjung Komplek Angkor
Di Siem Riep memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Untuk musim kemarau  umumnya dimulai dari bulan desember sampai april. Musim hujan di Kamboja umumnya dimulai dari bulan May sampai November. Mengunjungi Angkor di musim kemarau adalah pilihan yang lebih tepat karena komplek Angkor didominasi area terbuka dan tanah berdebu. Namun pastikan bawalah tabir surya (buat wanita) dan air minum yang cukup karena ketika kemarau cuaca di Siem Riep sangat kering. Hal ini penting agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi.
Waktu terbaik mengunjungi komplek candi Angkor tentu saja di musim kemarau

 3.      Transportasi ke Komplek Angkor Archeological Park
Ada beberapa alternatif transportasi untuk menjelajah komplek Angkor di Siem Riep yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang kamu miliki Apabila kamu bepergian dalam kelompok kecil 2-4 orang bisa menyewa tuk-tuk untuk menjelajah komplek Angkor. Namun apabila hanya sendiri bisa mempertimbangkan untuk sewa sepeda karena selain bisa perpetualang, biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah. Sebagai pertimbangan harga sewa sepeda perhari berkisar 2-5 USD sedangkan sewa tuktuk itu 15-20 USD. Apabila dalam group kecil sewa tuk-suk cocok sehingga bisa patungan dan menekan biaya transportasi.  
Tuk-tuk bisa disewa untuk sekali naik, dalam hitungan jam atau harian, tergantung kebutuhan
Ada tour yang berkeliling Angkor dengan naik gajah. Siapkan kocek yang tebal
4.      Pilih tiket masuk Komplek Angkor Archeological Park yang sesuai.
Ada 3 kategori tiket yang dijual untuk masuk ke komplek Angkor Archeological Park diantaranya untuk pembelian tiket one day pass seharga 37 Dollar, three days pass seharga 62 Dollar dan seven days passseharga 72 Dollar.
Suasana pintu masuk ke komplek Angkor Archeological Park di waktu subuh.
3 kategori tiket tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika tujuan kamu hanya untuk melihat secara umum kemegahan Angkor melalui keindahan sunrise di Angkor dan menelusuri eksotisme candi Ta Phrom maka rasanya tiket yang 1 hari sudah cukup. Namun apabila kamu ingin menjelajah lebih banyak lokasi lainnya bisa mempertimbangkan untuk kategori  tiket yang 3 hari. Sedangkan untuk tiket yang berlaku hingga 7 hari umumnya untuk orang yang benar-benar menyukai sejarah dan budaya dari bangunan yang tersebar di komplek Angkor ini..

5.      Naik sepeda menjelajah Komplek Angkor?
Yang perlu diperhatikan jarak dari pusat kota Siem Riep ke kawasan komplek Angkor itu sekitar 6-7 kilometer. Kemudian area komplek Angkor itu sangat luas untuk dijelajahi. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk menjelajah Angkor dengan sepeda pastikan kamu memiliki kondisi fisik yang kuat.

6.      Sewa Tuk-tuk
Berkaitan dengan nomer 4 mengenai kategori tiket masuk ke Angkor, kamu bisa menyewa tuk-tuk untuk menjelajah Angkor. Pengalaman kami sopir tuk-tuk sudah punya daftar harganya sendiri seperti 1 full day trip mengunjungi komplek Angkor mulai dari Sunrise di Angkor Wat hingga sunset di candi Phnom Bakheng. 2 day trip umumnya 1 hari untuk menjelajah komplek Angkor kemudan 1 hari berikutnya menjelajah kota Siem Riep dan kota kecil di sekitarnya. Tipsnya agar tidak terkena scam atau penipuan, sewalah tuk-tuk dari tempat penginapan kamu tinggal sehingga bisa lebih dipercaya dan aman.
Naik tuk-tuk cocok untuk kamu yang memiliki budget terbatas karena biayanya lebih murah
7.      Minuman & Makanan halal
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal di kawasan Angkor Archeological Park, dari pengalaman kami sendiri kami tidak melihat adanya tempat makan yang benar-benar halal. Di jam makan siang sopir tuk-tuk yang kami sewa membawa kami ke deretan tempat makan yang semuanya adalah restoran Khmer tanpa logo halalnya. Tapi bagi kamu yang tidak mempermalasahkan tidak ada logo halal maka kamu bisa pesan menu yang aman seperti ikan goreng dan nasi. Jika kamu sangat strict sekali dengan perihal ke halalan maka bawalah bekal makanan sendiri seperti roti , buah serta bekal minuman yang cukup.
Oh iya kalau kamu bawa bekal makanan sendiri karena tidak ingin makan di restoran yang tidak terjamin ke halalannya namun jangan lupakan sopir tuk-tuknya ya (apabila kamu sewa tuk-tuk). Ini pengalaman kami sendiri yang merasa sangat bersalah dan berdosa karena kami sudah bawa bekal sehingga lupa untuk memberikan waktu istirahat untuk makan siang sopir. Akhirnya untuk menebus rasa bersalah kamipun menuruti rekomendasinya mau makan dimana serta mentraktirnya makan siang. Dan untuk menghormatinya kamipun ikut memesan minuman dingin di salah satu tempat makan/ restoran Khmer.

8.      Menikmati sunrise di Angkor Wat
Sudah melihat foto-foto keindahan matahari terbit di Angkor Wat? Ini adalah behind the scene nya. Ramai? Banget!. Ya namanya juga tempat wisata favorit khususnya setelah film Tomb Raider main di kompleks Angkor Wat yang super besar ini. Terus gimana cara bisa menikmatinya? Atau gimana bisa foto Angkor Watnya? Satu tips dari saya usahakan kalau datang jangan telat agar bisa dapat posisi yang bagus karena sebagian besar orang tentunya memilih untuk menanti sunrise di tempat yang sama yaitu di sisi Barat Angkor Wat.  
Behind the scene, beginilah ramainya suasana turis di Angkor Wat

Behind the scene, beginilah ramainya suasana turis di Angkor Wat
Namun jika kamu mau menikmati sisi lain yang jauh dari keramaian bisa berjalan berkeliling ke sisi lain. Selain bisa menikmati dengan suasana yang damai kamu juga bisa mendokumentasikan keindahan Angkor Wat saat matahari terbit dengan sisi atau sudut perspektif yang berbeda. 
Menikmati keindahan matahari terbit di Angkor Wat dari sisi lain
Menikmati keindahan matahari terbit di Angkor Wat dari sisi lain

 9.      Rekomendasi Itinerary menjelajah Angkor.
Angkor Wat adalah spot favorit yang banyak dikunjungi wisatawan untuk mengejar sunrise nya. Di siang harinya jelajahi lah eksotisme candi Ta Phrom yang semakin dikenal karena menjadi latar pengambilan gambar game dan film Tomb Raider yang diperankan oleh Angelina Jolie. Selebihnya bisa berkunjung ke candi-candi lainnya yang ada di kawasan ini. Untuk sunset nya umumnya wisatawan akan dibawa ke candi Phnom Bakheng yang menjadi spot favorit banyak orang. Dengan candinya yang besar dan tinggi menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di tengah hamparan candi-candi di komplek Angkor Wat yang luas. 
Rombongan turis yang tidak ada habisnya, bergantian berfoto di candi Ta Prohm
Itu adalah waktu favorit para wisatawan ketika menjejalah Angkor. Jika kamu tidak suka keramaian maka acaklah jadwal tersebut dengan jadwal yang berlawanan sehingga kamu bisa mengagumi kemegahan arsitekurnya dengan tenang dan menyelami kedamaian Angkor di Kamboja disaat hening.
Candi Phrom Bakheng, salah satu spot terbaik di Angkor untuk menikmati senja

 
Menikmati senja dari candi Phrom Bakheng di Angkor
10.  Ikut Tour atau Independen?
Apabila kamu menyewa tuk-tuk umumnya sopir tuk-tuk tersebut juga merangkap sebagai pemandu yang akan mengantarkan kamu ke beberapa destinasi favorit yang direkomendasikan.Kekurangan dari sewa tuk-tuk tentu saja sopirnya hanya mengantar dari satu candi ke candi lain tanpa bisa memberikan penjelasan yang rinci mengenai tempat yang dikunjungi.
Salah satu candi di komplek Angkor, Cambodia
 Apabila kamu mengikuti open trip/ tour dengan bus umumnya dilengkapi dengan pemandu yang akan menjelaskan tentang destinasi wisata yang dituju. Inilah bedanya antara naik tuk-tuk dengan mengikuti open trip, jadi bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Apabila kamu suka yang fleksibel sewalah tuk-tuk atau sepeda sendiri. Namun apabila kamu  tidak mau repot dan ingin mendengarkan pemandu menjelaskan setiap lokasi yang dikunjungi rasanya open trip adalah cara yang sesuai.
Kendaraan mini van dan bus open trip dan private trip yang terlihat di pelataran parkir candi Angkor

Semoga 10 tips jalan-jalan di Komplek Angkor Kamboja bermanfaat. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Angkor di Kamboja, yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.