Monday, March 21, 2016

Pengalaman Menyebrang Ferry Dari Penang Ke Butterworth Malaysia, Gratis!


Pemandangan Kota George Town Dari Atas Ferry


       Di setiap petualangan yang kami lakukan tentunya akan kami manfaatkan untuk mencoba berbagai moda transportasi lokal yang ada di tempat tersebut, terlebih lagi banyak yang mengatakan hidup cuma sekali. You Only Live Once, katanya. Jadi ketika perjalanan pulang dari Penang kamipun mencoba moda transportasi lain yaitu naik Ferry dari Pulau Pinang menyebrang menuju stasiun Butterworth mengingat pada saat keberangkatan kemarin kami menggunakan moda transportasi bus dari kota Kuala Lumpur.  
       Dari Jetty di Pulau Pinang (Penang) kami berjalan mengikuti arah petunjuk menuju menuju pelabuhan, tempat dimana perahu Ferry bersandar. Sore itu walaupun dalam suasana libur panjang kondisi di ruang tunggu masih terbilang tidak terlalu ramai dan tidak ada penumpukan baik untuk kendaraan bermotor maupun penumpang. Ada satu hal yang membuat kami bertanya-tanya, dimana kah tempat loket pembelian tiket ferry untuk menyebrang dari Jetty Pulau Pinang ke Butterworth berada?


Suasana Terminal Bus di Jetty George Town, Pulau Pinang
Arah Jalan Menuju Dermaga Ferry
Berjalan Menuju Dermaga, Sebalah Kanan Jalur Pejalan Sedangkan di bagian Bawah Jalur Kendaraan Bermotor



Sebelum masuk ke ruang tunggu kamipun berinisiatif bertanya ke seseorang yang sedang menunggu ferry. Dari penjelasannya ternyata apabila kita menyebrang dari Penang ke Butterworth tidak dikenakan biaya alias gratis, namun apabila kita menyebrang dari Butterworth ke Penang barulah setiap penumpang wajib membeli tiket seharga 1,2 Ringgit. Sebuah harga yang sangat terjangkau untuk mencoba sebuah pengalaman hidup baru. Jadwal keberangkatannya pun terbilang sangat banyak yakni setiap setengah jam sekali dan melayani dari subuh hingga tengah malam.
Mengantre Masuk Ke Perahu Ferry
Berjalan Dari Dermaga Menuju Naik Ke Atas Perahu Ferry
 Mendengar hal itu kamipun memilih untuk masuk ke ruang tunggu. Belum sempat duduk di ruang tunggu terlihat ada perahu Ferry yang bersandar. Semua orang yang di dalam ruang tunggu mulai berdiri dan berbaris mengantre di depan pintu masuk menuju ke pintu dermaga. Ketika kapal ferry tersebut elah selesai menurunkan semua penumpang dari seberang Butterworth giliran kami yang berada di Pulau Pinang yang bersiap-siap untuk masuk ke Ferry tersebut.
Suasana Di Atas Ferry
Suasana Di Atas Perahu Ferry Dari Penang Ke Butterworth, Malaysia



Seperti inilah situasi di dalam Ferry yang membawa kami menyebrang dari pulau Pinang menuju Butterworth, kota tujuan berikutnya yang hendak disinggahi sebelum kembali ke Kuala Lumpur dengan kereta api dari Stasiun Butterworth. Tempat kendaraan bermotor dan penumpang berada di lantai yang sama. Di bagian tengah terdapat sederetan kursi yang bisa dipergunakan untuk duduk bagi setiap penumpang yang hendak duduk, sebagian besar diantaranya lebih memilih untuk berdiri di pinggir pagar perahu ferry agar bisa menikmati pemandangan laut yang tersaji dalam perjalanan ini. 
Pemandangan Jembatan Penang Dari Atas Ferry
Menikmati Pemandangan Dari Jendela Ferry
 

Seiring kapal ferry mulai merapat ke dermaga Butterworth kecepatan nya pun berangsur berkurang. Ketika proses docking telah selesai semua penumpang yang berjalan kaki mulau merangsek maju mendekati pintu dermaga, sedangkan yang membawa kendaraan harus mengantre hingga semua penumpang yang tanpa kendaraan telah turun. Sesampainya di Pelabuhan Butterworth kami melewati Butterworth Sentral, sebuah terminal besar yang merupakan pelabuhan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi mulai dari kereta api, bus antar kota, bus umum, taksi serta pelabuhan international. Melihat hal tersebut kami pun salut dengan pemerintah Malaysia yang terlihat memiliki perencanaan tata kota yang sangat baik.
Dari Sisi Butterworth Apabila Hendak Menyebrang ke Pulau Pinang dikenakan Ongkos 1.2 Ringgit
Stasiun Kereta Butterworth Yang Terintergarasi Dengan Terminal Bus Butterworth

Setelah perjalanan berakhir kami merasakan ada sensasi yang berbeda ketika menyebrang dengan ferry yaitu kami dapat menikmati pemandangan Georgetown dan Pulau Pinang serta menikmati keindahan jembatan Penang yang terlihat begitu megah dari atas perahu ferry. Hal inilah yang kami cari yaitu sebuah pengalaman hidup yang berkesan dalam setiap pejalanan yang dilakukan. Lihat video lengkapnya disini

==============================================================

Bagi kalian yang mau berobat ke Penang, sebelum berangkat ke kota ini kamu bisa mencari informasi tentang berobat ke Penang di website berobatkepenang.com. Mereka adalah perwakilan resmi dari rumah sakit di Penang seperti Island Hospital, Gleneagles Penang, Loh Guan Lye, Pantai Hospital Penang, dan Mount Miriam.  

Yang perlu kamu ketahui tentang berobat ke Penang. 
1. Di website Berobat ke Penang memiliki team yang profesional dimana kamu bisa berkonsultasi mengenai keluhan detil kesehatan kamu dan tim dokter umum mereka bisa memberikan rekomendasi dokter spesialis yang tepat serta rekomendasi paket medical check up yang sesuai dengan kebutuhan kamu

2. Tim Berobat ke Penang bisa membantu kamu untuk membuat appointment dengan rumah sakit serta mengecek jadwal dokter untuk memastikan di tanggal kamu berangkat ke Penang dokternya tidak sedang cuti atau sedang ada jadwal operasi. Dengan telah membuat appointment tentunya memastikan kamu sudah terdaftar dalam giliran untuk bertemu dokter/ booking slot medical check up dan tidak perlu datang lebih awal bahkan subuh-subuh untuk mengantre demi mendapatkan slot bertemu dokter.

3. Tim Berobat ke Penang bisa membantu kamu untuk mengatur akomodasi dan transportasi menuju ke Penang dan selama kamu di Penang mulai dari membantu pemesanan hotel dan tiket pesawat, mengatur jemputan dari bandara ke Rumah Sakit.

4. Tim Berobat ke Penang memiliki layanan untuk membantu pasien dalam transfer dana dari Indonesia  dimana berobatkepenang.com telah bekerja sama dengan Bank Mandiri International Remittance (Bank Mandiri cabang Malaysia) untuk membantu pasien dalam transfer dana dari Indonesia ke rekening rumah sakit tentunya dengan rate yang bagus dan dalam 1 hari uang nya langsung masuk. Dengan layanan tersebut tentunya mengurangi resiko kamu dan memudahkan kamu untuk tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak untuk pembayaran berobat ke rumah sakit.
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

33 comments:

  1. Murah banget yaaa cuman 1,2 ringgit dan gratissss. Kalo di indonesia pasti dah carut marut kalo gratisss hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha.. iya apalagi ada kata gratis pasti banyak yg mau gratisan wkwkwkwk

      Delete
  2. lumayan ya gan kalau murah dan gratis ,, hh

    ReplyDelete
  3. Selamat sore, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....

    Regard
    Danang Sefdyanto
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. Waahhh...menyenangkan sekali
    Nice info neh gan....

    ReplyDelete
  5. Beneran itu ngratis ya? #mupeng #banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, untuk penyebrangan dari pulau pinang ke butterworth gratis, yang bayar arah sebaliknya dari butterworth ke penang.

      Delete
  6. Kak, mau nanya sebaiknya jika dari Singapore mau ke KL lewat darat baiknya alurnya seperti apa..

    Sebenernya pengen juga ke Hatyai..
    Mohon bantuannya kak, terimakasih ^^

    ReplyDelete
  7. Dari KL ke Penang bs pake transport apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa naik kereta ETS ke butterworth atau naik bus. ada juga banyak jadwal penerbangan ke penang

      Delete
  8. mas, tanggal 24 AGUSTUS 2018 saya menyeberang dari George Town ke Butterworth, dan setelah proses docking kam terus berjalan sehingga sampai di tempat penjemputan shuttle bus, lalu diangkut oleh Bus Rappid menuju terminal bus. Saya tidak menemukan stasiun Keretaapi disana, dan akhirnya perjalanan ke Kl dengan Bus. Mohon penjelasan dimana letak stasiun Kereta Api di Butterworth. Tks penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas hartono, mohon maaf komennya terlewat dan baru terbalas. namun kami tetap berusaha untuk membalas agar para pembaca yang kebetulan mencari informasi yang sama bisa membaca jawabannya. untuk posisi stasiun kereta api hanya 3 menit jalan kaki dari terminal bus, tidak jauh dari posisi docking perahu ferry di pelabuhan butterworth juga. posisinya menempel kok dengan terminal busnya. ada tangga dan lift utk menuju ke stasiunnya.

      Delete
  9. Replies
    1. kurang lebih 15-30 menit dengan waktu tunggu. kalau peak hour mungkin bisa sampai 1 jam dengan waktu tunggu khususnya kalau menyebarang dengan membawa kendaraan sendiri

      Delete
  10. Halo, saya ingin minta saran, jika saya berpergian dari KL ke Penang menjelang natal dan membawa koper besar, apakah memungkinkan untuk naik bus ditambah ferry? saya akan menginap di georgetown. Saya ingin tahu apakah hal tersebut cukup ribet/tidak disarankan atau tidak, jika memang agak merepotkan maka akan jadi pertimbangan saya untuk membawa barang bawaan dengan tas lain :) dan dimana letak loket ferry jika saya sudah sampai di butterworth? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi felicia, sudah kami balas di instagram ya.
      untuk ferry dari penang ke butterworth gratis jadi tidak ada loket ferrynya, yg ada loket ferrynya untuk penyebrangan dari butterwoth ke Penang,. Untuk membawa barang bawaan tidak terlalu report krn jalannya landai.

      Delete
  11. Meski gratis keliatannya tetap tertib ya. Bener ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tertib antreannya. baik antrean kendaraan maupun orang.

      Delete
  12. Nice info, jadi ingin mencoba….

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sang nanang, kalo ke butterworth dan ke penang bisa coba ferry ini ya.

      Delete
  13. Pembahasan menarik, Penang dan Butterworth naik ferry gratisan

    ReplyDelete
  14. Kalau dari komtar, naik bus rapid no berapa menuju pelabuhannya mas?? Atau ada alternatif lain?? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  15. Komtar menuju pelabuhan jety nya naik bus rapid no brp mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lupa nomer busnya, tapi bisa juga naik bus kode CAT yang gratis utk sampai ke pelabuhan.

      Delete
  16. Terima kasih atas infonya. Mau tanya kalau dari bandara penang ke pelabuhan feri yg menuju butterword rekomended naik grab atau bus ya? Kondisi jam 11 malam apakah masih beroperasi bus dan ferrynya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sudah malam sebaiknya naik grab aja, karena klo ngga salah bus hanya beroperasi sampai jam 9 atau 10 malam.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.