Thursday, March 17, 2016

Mempromosikan Wisata Indonesia Dengan Cara Traveling Ke Luar Negeri


Souvenir Gantungan Kunci Bali, Indonesia

            “Ngga salah nulis tuh judulnya?”
“Bukankah kalo mau promosi Indonesia seharusnya keliling semua provinsi Indonesia dulu baru keluar negeri?”
 Judul yang barusan kamu baca bukanlah karena salah ketik/ typo namun memang seperti itulah tema yang akan kami tulis di artikel ini. Pertanyaan imaginer itulah yang kami bayangkan yang mungkin saja terbesit bagi beberapa orang yang membaca tulisan ini. Jujur kami bukanlah tipe pejalan yang memiliki idealisme dan prinsip tidak akan pernah ke luar negeri apabila belum tuntas berkeliling Indonesia. Kami sadar Indonesia memiliki 17,000 pulau yang tersebar dari Sabang hingga Marauke Negeri, bahkan apabila kita 1 hari menjelajah 1 pulau seumur hiduppun belum tentu bisa mengunjungi semuanya dan mengenal lebih jauh bumi pertiwi. Okay balik lagi ke topik karena bukan disana pointnya di tulisan ini.

Salah satu alasan kami terkadang traveling ke luar negeri jujur saja karena ada kalanya biaya/ budgetnya terkadang jauh lebih murah (relatif) dibanding mengunjungi beberapa destinasi di Indonesia khususnya daerah-daerah yang cukup jauh dengan infrastruktur yang terbatas. Belum lagi waktu tempuh yang terkadang membutuhkan waktu yang panjang sehingga terpentok oleh keterbatasan cuti tahunan khas orang kantoran seperti kami.
Alasan lain bagi kami traveling itu bak hidup dalam bermasyarakat, setelah cukup mengenal dengan baik rumah kita sendiri Indonesia, kemudian berkunjunglah terlebih dahulu ke tetangga terdekat untuk dapat melihat lebih dekat lingkungan kita. Karena terkadang kita perlu keluar rumah sejenak untuk lebih mengenal sekitar dan menjadi lebih cinta dengan rumah sendiri.
Dengan traveling ke luar negeri membuat kita menjadi lebih sadar betapa besarnya potensi yang dimiliki negara kita Indonesia sehingga akan memupuk rasa cinta dan kebanggan kita menjadi orang Indonesia mulai dari keindahan alamnya, keberagaman sukunya, keberagaman hidangan kulinernya serta beragam alasan positif yang timbul setelah membandingkan dengan negeri tetangga. Dengan kesadaran diri, hal yang baik dari mereka coba kita adopsi dan diterapkan di negeri ini untuk menjadikan negeri ini lebih baik.
Sampul Paspor Kami Yang Di Desain Dengan Peta Dan Identitas Indonesia
Walaupun Traveling Ke Luar Neger Namun Tetap Bangga Menggunakan Identitas Indonesia
 Kemanapun kaki ini melangkah kami senantiasa dengan bangga membawa identitas diri sebagai orang Indonesia. Apabila kami backpacking ke negeri tetangga tidak jarang kami memakai kaos bertuliskan Indonesia serta lewat paspor cover yang kami custom dengan gambar peta Indonesia. Ya kami bangga akan itu. Minimal petugas imigrasilah yang sering kali mengomentari tentang Indonesia sesaat melihat passport cover kami yang tertulis Indonesia. Dan minimal orang-orang yang kami temui di perjalanan yang menyadari keberadaan Indonesia dari tulisan di kaos yang kami kenakan. 

Salah Satu Souvenir Yang Kami Bagikan Ke Orang-Orang Asing Yang Kami Temui Di Jalan

 Tidak hanya itu biasanya kami juga membawa souvenir berupa gantungan kunci Indonesia atau pembatas buku batik Indonesia yang akan kami bagikan sebagai kenang'an kepada setiap orang atau pejalan yang kami temui dalam rangka mempromosikan Indonesia. Jika souvenir yang kami miliki sudah habis tidak jarang akan kami bagi lemabran uang rupiah kepada mereka untuk kenang-kenangan. Misalnya kita bisa membagikan kepada orang asing yang kita temui di perjalanan, orang lokal yang membantu kita di tengah pejalanan, tour leader yang mengantar trip kita, supir taksi yang mengantar kita, supir tuktuk yang kita sewa, pemilik hostel tempat kita menginap dan tentu saja para turis/ wisatawan asing yang kita temui di perjalanan.
Tidak jarang loh banyak turis/backpacker mancanegara yang kami temui tidak memasukan nama Indonesia di dalam itinerary mereka bahkan parahnya lagi ada yang ngga tau dimana negara Indonesia, masih untung mereka ada yang cuma tahu Bali saja. Itupun ada sebagian yang masih tidak tahu kalo Bali itu ada di Indonesia. 

Menjelajah Kota Phnompenh dan Siem Riep di Cambodia bersama Omar Dari Marocco
Traveling Bersama Mr Branco dan Dione dari Meksiko Menjelajah ChiangMai bersama-sama
Menjelajah Angkor Wat Bersama Yayan Dari Indonesia, Raseed dari Maroko dan Oman dari Prancis
Bersama teman-teman baru dari berbagai benua saat berlayar di Halong Bay, Vietnam

Bisa kita bayangkan efek nya apabila kita yang traveling keluar negeri melakukan hal yang sama yaitu membawa souvenir khas Indonesia atau brosur tentang pariwisata Indonesia dan membagikan kepada orang yang kita temui di jalan untuk mempromosikan keindahan negeri kita. Walaupun sebagian besar pejalan yang kita temui tidak langsung pergi ke Indonesia setidaknya mereka menjadi tahu Indonesia dan tidak sedikit orang yang kemudian merencanakan untuk pergi ke Indonesia. Positifnya selain kita bisa mempromosikan Indonesia kita juga bisa menjalin keakraban dengan mereka. Selain menjadi kenang-kenangan kepada mereka kita pun bisa menjadi orang yang diakan diingat yang pernah ditemui di perjalanan bahkan bisa menjalin pertemanan yang akrab. So, mari kita buat gerakan 1 juta pejalan membagikan souvenir khas Indonesia kepada semua orang yang kita temui di perjalanan, *eeeh ini bukan group facebook :D
Mengunjungi negara tetangga bukan berarti kurang nasionalis namun kita bisa mempromosikan Indonesia melalui cara yang berbeda. Selain itu kita bisa studi banding mempelajari bagaimana pariwisata di negeri orang bisa jauh lebih maju dibandingkan negeri kita dengan begitu kita bisa berbenah memperbaiki diri. Terkadang sesekali memang kita harus pergi jauh agar bisa memaknai arti pulang, memaknai arti rumah, serta menyadari betapa indahnya negeri kita. INDONESIA.


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

14 comments:

  1. memang untuk memperkenalkan wisata yang ada di indonesia kita harus memberi souvenir kepada touris agar turis tersebut penasaran dan berkunjung ke wisata yang sesuai sovenir tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu adalah salah satu cara sederhana yang bisa kita lakuin utk membantu mempromosikan negeri kita tercinta indonesia ya. hehe, salam pejalan

      Delete
  2. Suka sebel sama teman yang sering komentar "ngapain sih traveling keluar negeri? gak cinta amat ama indonesia"
    dia gak tau aja kita justru sedang dalam misi memperkenalkan daerah2 yang indah di Indonesia kepada dunia luar, biar gak melulu kenal bali doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah setuju.. malah dengan traveling ke luar negeri kita malah jadi sadar betapa besarnya potensi negeri Indonesia ya. Masya Allah indahnya Indonesia kalau di maksimalkan dengan baik.

      Delete
    2. iyaa.. kalau liat betapa bagusnya fasilitas dan akomodasi di tempat wisata luar negeri yang menurut kita masih bagusan Indonesia, sering sedih sendiri jadinya betapa pemerintah kita belum memaksimalkan potensi wisata daerah yang tak terhitung ituu..

      Delete
    3. iya betul, cobtohnya di luar negeri padahal tempanya biasa tapi krn ada kereta gantung dan fasilitas lain jadi tempat populer. klo indonesia bisa memaksimalkan potensi menggunakan teknologi modern yang ramah lingkungan pastinya bakal bisa mendorong peningkatan pariwisata di suatu daerah ya

      Delete
  3. Banyak cara untuk memperkenalkan indonesia, semoga usaha kita ngak akan pernah sia2 yaaa kak :-) #kecup

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas cum ada banyak cara memperkenalkan Indonesia, begitu juga dengan ada banyak cara memperkenalkan calon pasangan ke orang tua. *eeaa

      Delete
  4. Ih samaa bener, gue biasa beli pembatas buku yg wayang kulit (beli di batik keris) buat oleh-oleh orang yang ketemu di jalan atau jadi teman perjalanan.

    Kali ini ke Sydney gue sampe bawa dvd video pariwisata Indonesia yg dari kemeparekraf loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mantab nih bisa smape ke sydney kk :D

      Delete
    2. wah mantab banget niat mempromosikan. kalo kami semisal lagi punya akses internet langsung tuh di google images dan youtube tentang keindahan destinasi indonesia utk meracuni orang" yang ketemu di jalan supaya tau dan mau berkunjung ke indonesia. good job, lanjustkan :D

      Delete
    3. wah sip mantab dah semoga lancar deh xD

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.