Monday, March 2, 2015

Perjalanan Bus Dari Johor Bahru ke Melaka, Malaysia



Salah Satu Operator Bus Yang Melayani Rute Johor Bahru - Melaka

“Kuala Lumpur, Melaka, Kuala Lumpur!” Para calo terdengar sedang beraksi di terminal bus Larkin yang tampak ramai. Kondisinya tak berbeda jauh dengan suasana di terminal di negeri kita, di Terminal bus Larkin Sentral pun kedatangan kami langsung disambut oleh beberapa calo yang mengerubung. Entah sudah ada berapa calo yang menghampiri kami dan mencoba menawarkan jasanya namun tak cukup membuat kami tertarik untuk meladeninya
“Tidak Terima Kasih” Jawabku mengelak karena ingin membeli dari loket resmi saja, mencari bus yang paling murah tujuan Melaka. Kondisinya cukup teratur, walau banyak calo berkeliaran kami tetap merasa aman walau berada di negeri orang. Kondisi yang berlawanan malah ketika berada di terminal bus di negeri sendiri seperti di Terminal Bus Pulogadung dan Kampung Rambutan di Jakarta atau Terminal Bungurasih di Surabaya yang seringnya calo tidak segan-segan menarik paksa calon penumpang untuk masuk ke bus yang memberikan dia komisi untuk mencari penumpang.

Suasana di Kota Johor Bahru


Salah Satu Loket Penjualan Tiket Bus di Terminal Larkin
Suasana Di Terminal Bus Larkin, Johor Bahru Malaysia
Suasana Di Terminal Bus Larkin, Johor Bahru Malaysia
        Sambil berjalan pelan mataku sibuk mengamati satu persatu daftar harga di tiap-tiap loket penjualan tiket bus yang terhampar di terminal ini. Akhirnya kami memilih bus 707 Travel Grup yang memiliki destinasi ke Melaka dengan waktu pemberangkatan terdekat dan harga yang terjangkau. Bus yang didominasi warna kuning dan putih ini melaju sesuai jadwal walau penumpangnya tidak sampai setengahnya. Tempat duduknya nyaman dan luas dengan konfigurasi satu kursi di sebelah kiri dan dua di sebelah kanan. Dengan kondisi bus yang kosong membuat kami lebih fleksibel untuk memilih tempat duduk paling belakang. Tiga jam perjalanan menuju Kota Melaka menjadi terasa menyenangkan dengan kondisi bus yang nyaman ini.

Konfigurasi Tempat Duduk Di Dalam Bus 1 - 2 dengan Kursi Yang Nyaman
Pemandangan Sepanjang Jalan Tol Dari Johor Bahru Ke Kota Melaka
Terminal Bus Melaka Sentral

Salah Satu Bus Umum Yang Beroperasi di Melaka

        Sesampainya di Terminal Melaka Sentral kami harus segera mencari bus dalam kota untuk mencapai pusat kota tua tempat penginapan yang kami cari. Karena dari info yang kami peroleh bus umum tidak beroperasi sampai malam, pilihan lainnya yakni naik taksi yang tidak pakai argo dengan tarif yang lumayan mahal untuk kocek kami yang terbatas. Tentu saja karena budget terbatas bus umum dalam kotalah yang kami pilih untuk menuju kawasan kota tua Melaka. Bersambung.

 Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :) 

4 comments:

  1. Oalah, di belahan dunia manapun yang namanya calo selalu eksis yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. khususnya belahan Asia tenggara profesi calo sepertinya menguntungkan. *menuju terminal bus* :D

      Delete
  2. siang mau tanya ni..
    dari johor ke malaka berapa jam yaa.dan bus dari johor sampai jam brapa yaa.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo jakgung. untuk perjalanan dari johor ke melaka estimasinya 2,5 jam - 4 jam tergantung kondisi jalan yang lagi rame karena liburan panjang atau hari biasa. sama luanging waktu juga buat nunggu jadwal bus semisal ngga langsung dapet busnya. tapi tenang aja jadwal bus dari johor ke melaka ada banyak pilihan jam keberangkatan

      semoga bermanfaat dan menginspirasi

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.