Saturday, March 14, 2015

Mengintip (Booth Indonesia di) Matta Travel Fair di Kuala Lumpur



Booth Wonderful Indonesia di Matta Fair, Kuala Lumpur - Malaysia

 Ketika sedang berada di Kuala Lumpur kami menyempatkan diri ke salah satu pameran travel terbesar di Malaysia yang dikenal dengan event Matta Fair. Untuk tahun 2015 event ini diadakan pada tanggal 13 sampai 15 maret di Putra World Trade Center, Kuala Lumpur Malaysia. Kedatangan kami ke acara ini selain untuk mencari informasi tentang destinasi wisata yang dapat kami jelajahi di Malaysia maupun mendapatkan referensi tempat menarik di belahan dunia lainnya yang kelak akan menjadi pemberhentian kami berikutnya. (amiin *doa khusyuk*)
Dengan berjalan kaki dari stasiun kereta KTM Putra kami menuju Putra World Trade Centre, salah satu gedung konferensi terbesar di Kuala Lumpur yang kerap menjadi tuan rumah event-event besar. Selain mudah diakses dengan kereta komuter KTM gedung inipun dapat diakses dengan LRT dengan stasiun terdekat yaitu PWTC. Salah satu kekurangan gedung ini mungkin kapasitas parkirannya kurang besar, hal ini dapat kulihat dari panjangnya mobil yang parkir yang mengular di sepanjang jalan dari stasiun hingga ke gedung PWTC. Atau bisa saja karena memang event ini begitu menggoda sehingga menarik banyak orang untuk datang ke acara ini untuk mencari penawaran paket tur yang menarik.

Konter Penjualan Tiket Masuk Matta Fair
Gedung PWTC, Tempat Diadakannya Matta Fair
 Tidak seperti event-event besar lainnya yang pernah kami kunjungi di Kuala Lumpur Malaysia, untuk event ini semua pengunjung yang masuk dikenakan tarif sebesar 4 Ringgit Malaysia. Namun setidaknya dengan uang tersebut kami dapat memperoleh satu tas jinjing yang berisi beberapa brosur wisata dan dapat kami gunakan kelak untuk menampung semua brosur yang akan kami kumpulkan di event ini.
Setelah selesai membayar tiket masuk kamipun bergegas masuk ke dalam area pameran yang sudah begitu ramai dikunjungi orang. Dikarenakan dalam event ini terdapat beberapa hall yang dikelompokan sesuai dengan destinasinya, kamipun mulai menjelajahi satu persatu hall yang ada di mulai dari destinasi lokal Malaysia yang langsung menyambut kami sesaat melangkahkan kaki masuk melalui pintu utama.
Booth Resmi Perwakilan Wilayah Melaka, Malaysia
Booth Resmi Perwakilan Wilayah Selangor
Suasana Keramaian Matta Fair di PWTC Kuala Lumpur Malaysia
Booth-booth besar dan kecil tersebar di ruangan Hall 4 ini. Jika kami amati booth dari department pariwisata masing-masing Negeri Persekutuan Malaysia lah yang paling besar, selebihnya adalah travel agent dan booth tempat wisata yang menyebar brosur-brosur paket wisata dengan penawaran menarik. Hal ini dapat kuamati dari banyaknya orang yang sedang melakukan transaksi atau sekedar bertanya-tanya untuk mencari informasi mengenai destinasi impian mereka. Setidaknya ada beberapa booth yang menarik perhatian kami mulai dari booth visit Selangor, booth Negeri Sembilan, booth Melaka, booth Kuala Trengganu, booth Serawak, Lego Land dan ratusan booth lainnya.

Booth Travel Agent di Matta Fair, PWTC Kuala Lumpur Malaysia
Booth Travel Agent di Matta Fair, PWTC Kuala Lumpur Malaysia
Dari ratusan booth travel agent yang ada di hall ini sebagian besar dari mereka menjual paket wisata ke Indonesia, hal ini dapat kulihat dari daftar wisata yang mereka tawarkan ke setiap pengunjung yang datang ke event ini. Melihat animo penduduk Malaysia yang besar untuk mengunjungi keindahan Indonesia kamipun tertarik untuk mencari booth perwakilan resmi dari Indonesia untuk melihat secara langsung bagaimana negara kita mempromosikan negeri kita sendiri yang indah itu.

Booth Resmi Perwakilan Negara Philippines di Matta Fair, Kuala Lumpur Malaysia

Booth Resmi Perwakilan Negara Nepal di Matta Fair, Kuala Lumpur Malaysia
Goodie Bag Dan Materi Promosi Yang Diberikan Oleh Booth Resmi Nepal dan India di Matta Fair, Malaysia

Booth Resmi Perwakilan Negara Cambodia di Matta Fair, Kuala Lumpur Malaysia
Booth Resmi Perwakilan Negara Turkey di Matta Fair, Kuala Lumpur Malaysia
Booth Resmi Perwakilan Negara Korea Selatan di Matta Fair, Kuala Lumpur Malaysia
Goodie Bag Dan Materi Promosi Yang Diberikan Oleh Booth Resmi South Korea di Matta Fair, Malaysia
 Kami terus berkeliling melihat lebih dekat booth-booth yang tampak menarik. Selain untuk mengumpulkan brosur dan informasi tentunya sekaligus mencari penawaran wisata yang mungkin saja menarik perhatian kami. Di Hall 1 dan 2 adalah tempat destinasi international yang banyak memberikan rekomendasi tempat wisata di luar negeri. Satu persatu booth perwakilan resmi pariwisata negara-negara tetangga kami kunjungi mulai dari negara Jepang, Korea, Philippines, Thailand, India, Cambodia, Turkey, Nepal hingga Australia membuka booth disini untuk mempromosikan pariwisata mereka. 
Booth Resmi Negara Jepang di Matta Fair, Kuala Lumpur Malaysia
Goodie Bag Dan Materi Promosi Yang Diberikan Oleh Booth Resmi Jepang di Matta Fair, Malaysia
Dari negara tersebut dapat kami nilai Booth Jepang adalah yang terbaik karena mereka benar-benar niat mempromosikan pariwisata mereka dengan cara membuka booth khusus untuk tiap daerahnya sehingga lebih fokus dalam mempromosikan potensi wisata yang mereka miliki. Selain itu booth pamerannya pun didesain dengan tema yang cantik yang merepresentasikan keindahan Negeri Sakura tersebut sehingga menarik banyak orang untuk berkunjung. Tak main-main merekapun memberikan goodie bag yang berisi peta wisata, buku paduan serta majalah wisata tentang keindahan Jepang ke setiap pengunjung yang datang ke booth mereka.
Booth Resmi Australia di Matta Fair, Kuala Lumpur Malaysia
Goodie Bag Dan Materi Promosi Yang Diberikan Oleh Booth Resmi Australia di Matta Fair, Malaysia
Booth pariwisata lainnya yang menurut kami terbaik yaitu perwakilan dari Australia. Walaupun boothnya tidak semeriah booth pameran negara Jepang namun goodie bag yang mereka siapkan untuk semua pengunjung yang datang sungguh luar biasa bahkan bisa dibilang materinya lebih baik dari Booth Jepang. Tak main-main untuk mempromosikan pariwisata negeri kangguru tersebut memberikan buku paduan yang tebal, lengkap dan informatif untuk masing-masing negara bagian dengan kualitas kertas dan warna yang baik. Mendapatkan bingkisan dari Australia seperti ini tentunya dengan senang hati kami terima untuk disimpan, kelak dapat menjadi referensi kami ketika berkunjung ke Australia.
Brosur Hasil Hunting di Matta Fair, Kuala Lumpur - Malaysia
Goodie Bag Dan Materi Promosi Yang Diberikan Oleh Booth Resmi Thailand di Matta Fair, Malaysia
Booth Wonderful Indonesia di Matta Fair 2015, Kuala Lumpur - Malaysia
 Setelah berkeliling akhirnya kami menjumpai booth resmi Wonderful Indonesia yang mempromosikan pariwisata Indonesia. Tanpa ragu kamipun menghampiri booth tersebut untuk mengetahui materi apa saja yang mereka promosikan ke pengunjung disini untuk mengenalkan keindahan Indonesia. Dilihat dari boothnya ukurannya cukup besar dan panjang dibanding booth lainnya. Namun sayangnya menurut kami materi yang dipromosikan kurang detail layaknya booth negara lain yang memang lebih niat mempromosikan potensi wisata negara mereka. Informasi yang diberikan hanya luarnya saja yang bersifat umum. Menurut kami pribadi sebagai orang Indonesia, materi yang diberikan di booth resmi tersebut kurang mempesona dan memikat hati para pengunjung untuk datang ke Indonesia. Bisa kami katakan malah booth travel agent lokal Malaysia yang menjual paket wisata ke Indonesia lah yang lebih ramai dan menarik perhatian pengunjung disini dibanding booth perwakilan resmi Wonderful Indonesia. 

Materi Promosi yang Diberikan Booth Resmi Indonesia Berupa Tourist Map
Materi Promosi yang Diberikan Booth Resmi Indonesia Berupa Tourist Map
Namun kelebihan 2 brosur yang kami peroleh dari booth pemeran Wonderful Indonesia ini mereka memberikan sebuah peta wisata yang berisi highlight tempat-tempat favorit untuk dikunjungi di Indonesia serta gambaran singkat mengenai destinasi tersebut yang dirangkum dalam brosur mini yang ringkas dan dapat dimasukan dalam kantung celana. 

 Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :) 

2 comments:

  1. Booth design dan tata letaknya kelihatan rapi, antrian pengunjungnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya walaupun bayar dan rame pengunjung bisa dibilang para pengunjung yang datang disini tertib dan rapi jadi tetap nyaman ketika hunting paket" wisata dan brosur" wisata hehe

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.