Sunday, March 1, 2015

#CrossBorder Cara Hemat Melintasi Perbatasan Singapura ke Malaysia Dengan Angkutan Umum



melintasi perbatasan singapura ke malaysia, woodsland, causebay, johor bahru, larkin, MRT, imigrasi, cross border
Halte Bus di Causeway Untuk Menuju Perbatasan Singapura - Malaysia

Suatu ketika pada saat pertama kalinya menjejakan kaki ke Negara Malaysia dalam rangkaian perjalanan Asia Overland kami menyebrang ke Negeri Jiran ini melalui kota Johor Bahru lewat jalur darat. Sebenarnya ada beberapa moda transportasi untuk menyebrang ke Malaysia, bisa dengan kereta api, bisa dengan bus eksekutif dan dengan ngeteng MRT dan bus umum. Sebagai pejalan yang kere dan berbudget terbatas tentu saja alternatif yang kami ambil yaitu dengan ngeteng MRT dan bus umum karena biayanya jauh lebih murah dibanding lainnya.
Untuk mencapai perbatasan Singapura dan Malaysia, kami mengambil jalur merah menuju Jurong East dan turun di stasiun Woodlands. Tepat di bawah stasiun ini di Causeway terdapat halte bis untuk menuju perbatasan tepatnya Johor Bahru yang merupakan salah satu pintu masuk menuju negeri Jiran, Malaysia.

melintasi perbatasan singapura ke malaysia, woodsland, causebay, johor bahru, larkin, MRT, imigrasi, cross border
Penumpang di Stasiun MRT Woodslands
melintasi perbatasan singapura ke malaysia, woodsland, causebay, johor bahru, larkin, MRT, imigrasi, cross border
 MRT Tiba di Stasiun Woodsland
  Setibanya di halte bus di Causeway tampak antrean calon penumpang bus umum yang terbilang cukup ramai memadati namun semuanya tertib berbaris ke belakang mengikuti jalur besi yang telah disediakan. Kamipun ikut mengantre barisan untuk bus umum SMRT bernomor 950 Tujuan ke Kotaraya II terminal Kota Johor Bahru. Bus tiba dalam kondisi yang sudah separuh terisi. Ketika giliran kami masuk kondisinya sudah penuh sesak oleh orang-orang yang akan menyebrang ke perbatasan. Seluruh kursi telah terisi, terpaksa kamipun harus berdiri. 
melintasi perbatasan singapura ke malaysia, woodsland, causebay, johor bahru, larkin, MRT, imigrasi, cross border
Tepat di Bawah Stasiun MRT Woodsland Terdapat Halte Bus Yang Akan Mengantarkan ke Woodsland Check Point
 Ketika bus melewati perbatasan di Woodlands Point setiap penumpang bus diwajibkan turun dan masuk ke bagian Imigrasi Woodlands Point untuk pemeriksaan keluar Singapura. Kamipun terdorong untuk turun, cepat-cepat kuangkat tas ranselku dan keluar dari bus ini. Semua barang wajib dibawa turun dari bus kemudian kami mengikuti arah keramaian menuju eskalator sampai akhirnya di proses di bagian imigrasi untuk diberikan stempel paspor keluar Singapura.
Proses imigrasi untuk keluar dari perbatasan Singapura ini cukup lancar. Satu persatu orang yang berada dihadapanku telah berhasil mendapatkan stempel paspor dari imigrasi Singapura tanpa adanya kendala. Setelah selesai mendapatkan stempel imigrasi pada lembar paspor kami kembali turun melalui eskalator menuju halte yang telah ditentukan untuk naik bus yang sama yang melewati The Johor Singapore Causeway yaitu jalan penghubung antara Negara Singapura dengan Malaysia yang membentang sepanjang 1 kilometer diatas laut. Selang beberapa menit kemudian bus tersebut membawa kami menuju gedung imigrasi Malaysia di ujung jalan ini.
Bus terus bergerak, menyuguhkan pemandangan laut dari balik jendela kaca. Antrean kendaraan yang hendak keluar masuk perbatasan ini terlihat cukup ramai di kedua arah. Tak lama kemudian bus tiba di Bangunan Sultan Iskandar yang merupakan tempat imigrasi Malaysia di Johor Bahru berada. Memasuki bangunan ini tanpa ragu aku berjalan di antara kerumanan orang yang tampak tergesa menuju imigrasi. Sebagaian dari mereka berjalan lebih cepat agar mendapatkan antrean yang lebih pendek. Untuk memudahkan pengecekan petugas imigrasi meminta setiap orang disini agar memperhatikan paspor sebelum berjalan menuju antrean imigrasi.
melintasi perbatasan singapura ke malaysia, woodsland, causebay, johor bahru, larkin, MRT, imigrasi, cross border
Kondisi Perbatasan Woodsland Checkpoint Antara Singapura Dengan Malaysia
Kembali kuayunkan langkah mengikuti arah keramaian untuk naik eskalator dan kemudian mengisi kartu imigrasi sebelum diproses ke bagian imigrasi Malaysia. Kerumunan orang kian banyak, mereka datang dari berbagai penjuru membuat antrean semakin mengular panjang. Kuayunkan langkah secepat yang kubisa bersama kerumunan orang hingga tiba di dalam antrean menunggu giliranku untuk berhadapan langsung dengan petugas imigrasi.
melintasi perbatasan singapura ke malaysia, woodsland, causebay, johor bahru, larkin, MRT, imigrasi, cross border
Gedung Imigrasi di Johor Baru, Malaysia
Ketika giliranku telah tiba, petugas imigrasi dihadapanku memandang sejenak, menyamakan wajahku dengan foto yang tertera dalam paspor hijau. Setelah dianggap cocok kemudian ia membubuhkan stempel pada pasporku. Plok.. Plok.. Stempel imigrasi dan tanggal masuk negara Malaysia sudah kami dapatkan yang berarti kami lolos pemeriksaan dan diperkenankan masuk dan berjalan menuju halte bus yang akan membawa kami ke Terminal Larkin Johor Bahru. Selamat Datang ke Malaysia! Ungkapku girang, maklum baru pertama kalinya menginjakan kaki ke negeri ini :D

 Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers 
 and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

9 comments:

  1. Pernah juga ke woodland chekpoint, tapi waktu itu mau naik kereta dan petugas immigrasi kedua negara itu berada berdekatan :D Yang paling lama itu kalau masuk dari malaysia, antriannya panjaang~

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya betul fahmi, karena banyak yang mau berlibur atau memperpanjang izin tinggal untuk visa run. hehe

      Delete
  2. wahhh kereen nih tips bertraveling nya, boleh dicba :D, ditunggu tips liburan ke bali nya

    ReplyDelete
  3. ih kereen kapan kapan berwisata di malang dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Insya Allah pengen balik ke Malang lagi nih.

      Delete
    2. Kalau ke malang jangan lupa beli wedang jahe nya gan

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.