Friday, February 6, 2015

Blusukan di Pasar Chow Kit, Tempat Berkumpulnya Imigran Indonesia



bazar baru chow kit, kuala lumpur, pasar basah, pasar tradisional, tki, imigran, indonesia
Pasar Basah Chow Kit di Kuala Lumpur, Malaysia

Karena di Negeri Jiran ini begitu banyak pendatang dan pekerja dari Indonesia akupun berpikir tentunya ada daerah tertentu tempat berkumpulnya kaum imigran dari Indonesia. Seperti halnya Victoria Park di Hongkong yang menjadi tempat berkumpulnya kaum imigran dari Indonesia di Kuala Lumpur akupun menemukan terdapat suatu kawasan yang menjadi tempat favorit berkumpulnya para imigran dari Indonesia yang dikenal dengan nama Chow Kit. Khususnya diakhir pekan atau di hari libur dengan mudah kutemui saudara sebangsa dan setanah air yang sedang menghabiskan waktu liburnya untuk sekedar berkumpul untuk sedikit melepas rindu akan tanah air maupun berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga.
Chow Kit adalah sebuah area di Kuala Lumpur dengan pasar tradisional basah yang dikenal sebagai Bazaar Baru Chow Kit yang merupakan pasar pagi terbesar di Kuala Lumpur. Dengan memiliki ratusan kedai dan warung yang menawarkan pilihan berbagai macam bahan masakan mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan serta berbagai macam daging yang segar. Tak hanya itu di pasar ini juga dengan mudah ditemui berbagai produk Indonesia mulai dari pakaian, kosmetik hingga makanan atau bahan masakan yang jarang ditemui di tempat-tempat lain di kota ini.
bazar baru chow kit, kuala lumpur, pasar basah, pasar tradisional, tki, imigran, indonesia
Penataan Pasar Basah di Bazaar Baru Chow Kit, Kuala Lumpur - Malaysia


Untuk pasar basahnya di tata cukup rapih dan bersih. Bagian los dan warung yang menjajakan sayur-sayuran dan buah-buahan dipisahkan letaknya dengan area los dan waung yang menjual berbagai jenis daging dan tangkapan laut. Walau beberapa bagian cukup becek khususnya di area penjualan daging dan ikan namun secara umum pasar ini dapat dikatakan bersih dan nyaman untuk berbelanja kebutuhan bahan masakan sehari-hari. Sebagai kaum imigran setiap akhir pekannya tentunya pasar ini menjadi salah satu tempat favoritku untuk membeli bahan masakan setidaknya untuk persediaan satu minggu. Hal ini kulakukan tentunya agar bisa memasak menu masakan dengan cita rasa Nusantara yang setidaknya dapat mengurangi rasa rindu akan masakan rumah di tanah air.



Los Yang Menjajakan Sayuran dan Berbagai Macam Bumbu Dapur di Pasar Chowkit
Los Yang Menjajakan Sayuran dan Berbagai Macam Bumbu Dapur di Pasar Chowkit

Jika kamu juga sebagai imigran di Kuala Lumpur yang mencari bahan makanan yang segar dan murah di pasar ini dengan mudah kita jumpai beragam sayuran mulai dari bayam, kangkung, terong, oyong, kacang panjang, buncis, kol, wortel, tomat, cabe, bawang, daun bawang selederi, kentang, tempe, tahu, berbagai jenis bumbu dapur bahkan daun katuk yang dikenal sebagai daun pucuk manis yang umumnya dicari oleh kaum ibu mengandung dan yang sedang menyusui untuk memperlancar air asinya. Untuk buahnya pun terdapat beragam jenis mulai dari pisang, mangga, rambutan, alpukat, nangka, durian, delima, kedongdong, jeruk, kelapa, buah naga, semangka, pepaya, kesemek yang disajikan dalam kondisi segar dan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga di supermarket. 
bazar baru chow kit, kuala lumpur, pasar basah, pasar tradisional, tki, imigran, indonesia
Suasana di sekitar pasar Chow Kit yang selalu ramai
Los Yang Menjajakan Buah-buahan Segar Dengan Harga Yang Murah



Untuk los basah terdapat berbagai jenis daging yang disajikan di pasar ini mulai dari daging sapi, daging ayam, berbagai jenis ikan serta tangkapan laut lainnya seperti udang, cumi, pari dan kerang. Untuk kamu yang pertama kali ke pasar ini tak perlu ragu mengenai harga di pasar ini karena sebagaian besar penjualnya telah menyertakan harga barang yang dijual sesuai dengan porsi yang telah ditakar baik dalam bentuk ikat, ditampung pada sebuah wadah piring atau sudah ditimbang sebelumnya. Jadi tak perlu ada tawar menawar harga karena sebagian besar adalah harga tetap sesuai dengan takarannya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

bazzar baru chow kit, kuala lumpur, pasar basah, pasar tradisional, tki, imigran, indonesia
Lot Basah Untuk Daging Sapi, Daging Ayam dan Ikan di Pasar Chowkit

bazzar baru chow kit, kuala lumpur, pasar basah, pasar tradisional, tki, imigran, indonesia
Lot Basah Untuk Daging Sapi, Daging Ayam dan Ikan di Pasar Chowkit
bazar baru chow kit, kuala lumpur, pasar basah, pasar tradisional, tki, imigran, indonesia
Kawasan Pasar Chow Kit Dilihat Dari Atas Monorail

Kedai martabak ayam dan daging di sekitar kawasan pasar Chow Kit

bazar baru chow kit, kuala lumpur, pasar basah, pasar tradisional, tki, imigran, indonesia
Penjual bunga di sekitar kawasan pasar Chow Kit
Sebagian besar kaum imigran, setelah berbelanja mereka akan nongkrong dan berkumpul dengan sesama orang Indonesia sambil menikmati berbagai hidangan masakan Nusantara di beberapa warung Indonesia yang tersebar di kawasan Chow Kit. Untuk mengetahui ada warung Indonesia apa saja yang menjadi favorit orang-orang Indonesia dapat membaca tautan link berikut. Daftar Warung Indonesia Favorit di Chow Kit, Kuala Lumpur
Salah satu warung makan di kawasan Chow Kit yang menyajikan menu masakan Indonesia
Monorail yang melewati kawasan Chow Kit, Kuala Lumpur.
Bus GoKL yang melewati kawasan Chow Kit
Bus RapidKL yang melewati kawasan Chow Kit



Untuk mencapai kawasan Chow Kit dengan transportasi umum dapat menggunakan Monorail turun di stasiun Chow Kit. Selain Monorail juga terdapat bebagai pilihan bus umum RapidKL diantaranya nomor U618 dan U20, Bus GoKL jalur merah serta bus tingkat wisata Hop On and Hop Off yang juga melewati kawasan ini. 

 
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak
Follow my instagram @travelographers , twitter account @travelographers and google plus account +shuTravelographer

5 comments:

  1. Wah Fotonya bagus bagus dan reportasenya lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ko acong, smeoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

      Delete
  2. Maaf Saya Tidak Bisa bhs Inggris Maklum Sekolah 3 SD Dan Gaptek

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gpp ko, yang penting kita bisa berbahasa Indonesia. bahasa pemersatu indonesia, bahasa kebanggaan negara kita. salam.

      Delete
  3. Seatu tempat yg wajib di kunjungi oleh orang Indonesia jika ke KL suana nya seperti di Indonesia banget...

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.