Monday, June 9, 2014

10 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Sailing Trip ke Pulau Komodo



sailing trip, living on board, live aboard, lombok, sumbawa, dompu, komodo, flores, labuan bajo
Kapal Yang Membawa Kami Untuk Sailing Trip dari Lombok Menuju Pulau Komodo

        Dari pengalaman ku berlayar dari Lombok ke Taman Nasional Komodo sampai Labuan Bajo, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat perjalanan di laut lebih menyenangkan.

1.      Obat anti mabuk.
Bagi kamu yang memiliki riwayat suka mabuk perjalanan, tentunya sangat dianjurkan membawa obat anti mabuk perjalanan untuk mengurangi dampak mual maupun pusing karena terombang-ambing gelombang laut Flores. Untuk kamu yang tahan mabuk perjalananpun tak ada salah nya untuk membawa just in case dibutuhkan.

2.      Sleeping bag
Bermalam dan berlayar di Perahu tentunya akan menghadirkan suasanya tidur yang berbeda dalam kehidupan keseharian kita. Angin laut yang berhembus kencang terutama kapal sedang berlayar disaat kita tidur dapat menyebabkan masuk angin bagi siapa saja yang tubuhnya tidak kuat diterpa angin. Walaupun pihak kapal umumnya menyediakan selimut, namun ada baiknya membawa sleeping bag untuk menghangatkan tubuh dan mencegah masuk angin serta membuat tidur lebih nyaman.

3.      Jacket
Hembusan angin laut begitu terasa menggigil khususnya pada  saat pelayaran malam hari. Untuk mengurangi dampak angina tersebut ada baiknya membawa jacket yang dapat kita pergunakan untuk melindungi tubuh dari tamparan angina laut yang kencang.

4.      Minuman & Makanan kecil
Sailing Trip dilakukan selama 4 hari 4 malam (atau tergantung paket yang dipilih), kita hidup didalam kapal yang terus melaju. Walau pihak operator tur memberikan makan 3 kali sehari untuk sarapan, makan siang dan makan malam, sebaiknya bagi kita yang hendak sailing trip membawa beberapa persediaan minuman dan makanan kecil mengingat tidak akan ada warung, supermarket atau restoran di tengah laut.

5.      Sirup Herbal Tolak Angin
Sirup herbal ini tentunya cocok untuk dibawa saat Sailing Trip untuk mencegah dan mengobati masuk angina dengan gejala perut kembung, mual karena terombang-ambing gelombak laut, sakit perut, pusing karena mabuk perjalanan serta baik diminum sat perjalanan, kecapaian atau kondisi kurang tidur.

6.      Alat Snorkeling
Saat Sailing Trip dari Lombok ke Taman Nasional Komodo, selama 4 hari itu kita akan berhenti di beberapa spot untuk melakukan snorkeling. Walaupun biasanya operator menyediakan alat snorkeling namun umumnya hanya menyediakan google dan snorkel saja, itupun jumlahnya terbatas. Jika mau snorkeling dengan lebih puas tidak ada salahnya jika kamu memiliki fin/ sepatu katak dapat membawanya agar snorkelingnya lebih menyenangkan.

7.      Kamera Underwater
Keindahan kehidupan bawah laut di Sumbawa dan Flores masih relative terjaga dan alami. Dengan keanekaragaman hayati yang hidup didalamnya memanjakan setiap mata yang melihatnya. Jika kebetulan kamu memiliki kamera underwater, jangan lupa membawa serta kamera tersebut untuk mengabadikan keindahannya.

8.      Sun block
Walau sudah dapat dipastikan kulit akan bertambah hitam karena terpaan panasnya matahari dan air laut saat snorkeling, namun tetap dianjurkan menggunakan sun block agar kulit tidak terlalu gosong terbakar. Walau kulit tetap hitam setidaknya tidak dapat mengurangi rasa perih jika kulit kita terbakar.

9.      Power bank
Di kapal yang disediakan operator tur umumnya memiliki sedikit energi listrik yang dihasilkan dari mesin genset. Untuk tetap dapat mengabadikan setiap momen khususnya bagi kamu yang mengabadikan moment dengan gadget kamera dari ponsel, sebaiknya membawa power bank untuk merecharge batere ponsel mengingat pelayaran akan berlangsung selama 4 hari di atas laut.

10.  Kartu Telkomsel
Jika kamu ingin tetap eksis di dunia maya dengan gadget atau ponsel atau memiliki kepentingan untuk akses internet, ada baiknya pastikan kartu yang kamu gunakan adalah Telkomsel. Karena sepanjang perjalanan dari Lombok sampai Labuan Bajo, hanya Telkomsel lah yang memiliki sinyal yang kuat hingga daerah terpencil seperti Pulau Komodo. Namun jika kamu tidak bermasalah dengan itu, rasanya akan lebih menyenangkan ketika dalam perjalanan kita lebih menikmati alam yang disajikan dan berbaur dengan teman baru dari berbagai negara ketimbang lebih sibuk dengan gadget untuk tetap eksis.

11.  Gaple Domino, Uno atau Kartu Remi.
Terkadang pelayaran tidak hanya berlangsung selama beberapa jam saja. Pelayaran terpanjang yaitu ketika dari Pulau Satonda Dompu menuju Pulau Gili Laba yang memakan waktu selama 18 jam mengarungi samudera. Untuk mengisi waktu diatas kapal, kita bisa memanfaaatkan bermain kartu dengan sesama pesarta lain dari kelompok lain atau negara lain atau bahkan dengan anak buah kapal untuk menjalin keakraban dan pertemanan baru.

Kamu punya tips lain yang harus dipersiapkan untuk Sailing Trip? Mari saling berbagi cerita dan pengalamannya di comment. Dan bagi kamu yang hendak melakukan sailing trip, selamat mempersiapkan beberapa hal tersebut. Selamat Berlayar.

Bersambung.

Baca Episode Sebelumnya :
 
Baca Episode Selanjutnya
   
Follow my instagram @travelographers & twitter account @travelographers 


Berikut adalah beberapa foto keindahan alam yang dapat kita nikmati selama Sailing Trip khususnya yang Living on board dari Lombok melewati Sumbawa, Dompu, Taman Nasional Komodo hingga ke Labuan Bajo.

Memulai Sailing Trip Dari Pulau Lombok
Makan Malam Bersama Diatas Perahu Dengan Para Petualang Dari Berbagai Belahan Dunia

Menikmati Mentari Dari Atas Perahu Pinisi
Berendam di Air Terjun Pulau Moyo, Sumbawa

Berenang di Danau Air Asin Pulau Satonda, Dompu
Menikmati Keindahan Bawah Laut Di Setiap Pulau Yang Dilalui



Menikmati Sunrise di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur
Mendaki Bukit Untuk Menikmati Keindahan Gili Laba Yang Mempesona

Pink Beach atau Pantai Merah Yang Memiliki Pasir Pantai Berwarna Merah Muda
Menikmati Sunrise di Taman Nasional Pulau Komodo
Trekking di Savana Pulau Rinca Komodo
Melihat Binatang Purba Komodo di Habitat Aslinya
Menikmati Keindahan Pulau Kelor
Menikmati Hidup Dengan Berani Menerima Tantangan Melompat Dari Atas Perahu Pinisi

Tidur Diatas Geladak Kapal Yang Terus Melaju 





Mau melihat foto-foto lainnya untuk melihat betapa serunya Sailing Trip dari Lombok Menuju Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo yang menjadi salah satu keajaiban dunia kategori alam yang baru? bisa kunjungi www.shu-travelographer.com  


1 comment:

  1. terima kasih min atas infonya
    cekpaket sailing tripkomodo
    www.tripinto.co.id

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.