Friday, May 9, 2014

Mie Tangse Meulaboh Aceh, Sekali Anda Coba Pasti Ketagihan


Mie Tangse Kepiting Ukuran Standar
            Pada saat dinas di Meulaboh Aceh Barat, aku diajak oleh beberapa client saya untuk mampir mencicipi Mie Tangse

“Sama seperti kalau belum minum kopi terbalik di pantai Suak Ribee, belum sah ke Meulaboh juga kalau belum mencicipi Mie Tangse” Ucapnya.

Kami melalui jalan kecil bernama Jalan Syiah Kuala – Suak Ribee Meulaboh Aceh Barat untuk menuju Warung Mie Tangse. Setelah melalui sebuah jembatan kecil, kami segera menepi ke kiri tepat disebelah warung Mie Tangse yang kami tuju. Suasana sore itu tampak ramai dipadati para pelanggan setia warung ini.

“kalau kita datang kesorean suka habis atau tutup, karena  warung ini sebelum magrib tutup” Ucapnya.

“Dan pembuatan mie tangse itu lumayan lama karena ngantri” tambahnya.

Kami segera bergegas masuk ke warung untuk mencari tempat duduk. Mataku memandang ke plang nama warung mie tangse yang dibawahnya bertuliskan “slogan sekali anda coba pasti ketagihan”
Warung Mie Tangse Selalu Ramai Dikunjungi Pelanggan


“Serius nih bisa bikin ketagihan?”

“Jangan-jangan ada ganjanya nih” Candaku.

“Hahaha, ya engga lah. Ini pakai bumbu yang khas dan dagingnya besar dan enak”

“Rasanya aja sendiri kelezatannya” Tambahnya.

Kami langsung memesan mie tangse dengan tingkat kepedasan sedang kepada juru masak. Client saya memesan mie tangse udang sedangkan saya ingin mencicipi mie tangse kepiting ukuran standar. Di warung ini ada beberapa menu yang ditawarkan diantaranya mie tangse kepiting standar, mie tangse kepiting jumbo, mie tangse  udang standar, mie tangse udang jumbo, mie tangse daging sapi, mie tangse  daging ayam, mie karang, mie bakso dan mie aceh biasa. 

Seperti yang diberitahu client saya sebelumnya butuh waktu beberapa menit untuk menunggu pesanan kami datang karena menunggu giliran antrian untuk dimasak.

Mie Tangse Dapat Disajikan atau Di Bungkus Untuk Dibawa Pulang Sesuai Pesanan
Penantian kami akhirnya telah tiba, semangkuk mie tangse disajikan dihadapan kami.

“Wah gede bener udang dan kepitingnya!” Aku terkejur dengan porsi yang disajikan dihadapan mataku.
Mie Tangse Udang Ukuran Standar
“Padahal ini ukuran standar ya, gimana ukuran jumbo!” aku menambahkan.

“Ukuran ini masih tergolong kecil, biasanya udang dan kepitingnya bisa lebih besar dari ini” terang clientku.

“Oh God!, Ini aja kepitingnya satu piring sendiri gedenya. Sama kayak makan kepiting pake Mie! Hahaha” kelakarku.

“Tuh juga udangnya dapat tiga besar-besar begitu” Ucapku melihat piring pesanan client ku yang memesan mie tangse udang standar.

Rasa mienya begitu nikmat dengan kuah rempah yang menebarkan aroma mie aceh yang menggugah selera. Daging kepiting dan udangnya pun terasa empuk dan matang sempurna dengan tingkat kekenyalan mie yang pas. Dugaanku kepiting dan Udang telah dimasak sebelumnya sebelum disatukan sehingga kondisi mie tidak menjadi terlalu matang atau sebaliknya.

Dengan diberikan pencapit pemecah cangkang kepitin aku begitu khusyu menikmati setiap daging kepitingnya hingga ke sela-sela cangkang. Tanganku berlumuran bumbu kuah mie tangse yang terasa begitu nikmat paduan bumbu rempahnya. Walau terasa pedas namun mie tangse ini terus membuatku ketagihan untuk disantap hingga benar-benar habis.

Rasanya bagi pecinta mie aceh, Mie tangse ini patut dicoba khususnya ketika kamu sedang berada di Meulaboh. Slogannya memang tepat “Sekali anda mencoba pasti ketagihan”. Tertantang untuk ketagihan mie tangse ini? 

Follow my instagram @travelographers & twitter account @travelographers 

 

3 comments:

  1. Ngiler, itu mie ama kepiting dan udang yaaa bikin nelen ludah.
    Selalu jatuh hati dengan mie aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cum. untuk ukuran standard aja lebih banyak kepiting atau udangnya dibanding mie nya. hehe..

      Maknyus lah rasanya :D

      Delete
  2. Halo jika Anda pengusaha makanan dan membutuhkan Box Makanan Anda dapat mencoba menghubungi Greenpack.

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.