Friday, November 15, 2013

Tidak Hanya Palembang, di Jambi Juga Punya Empek-Empek Enak



Beberapa Menu Yang Disajikan di Pempek Sum-Sel
Menyambung artikel Perjalanan dari Kota Jambi Menuju Hutan Sungai Tapa, terpikirkan untuk menuliskan bagian ini.
“Sebelum masuk ke hutan, kita makan enak dulu” Ujar salah satu temanku.
“Makan dimana kita?” Tanyaku singkat.
“Disini yang enak itu Pempek nya”
“Ada tempat makan pempek yang enak namanya Pempek Sumsel” Tambahnya.
“Loh, perasaan kita lagi di Jambi deh bukan di Palembang.. Hehehe” Tanyaku dengan ekspresi wajah bercanda.
Pekerjaanku kali ini dilokasikan kesebuah hutan di pedalaman provinsi Jambi sekitar 3 jam dari pusat kota yang dilalui dengan jalur darat. Kondisi disana tidak banyak tempat makanan selain warung-warung dari warga setempat yang tinggal didaerah pedalaman itu. Dengan kondisi itu seringkali sesaat kami tiba di kota ini tentunya dimanfaatkan untuk mencari makan yang enak terlebih dahulu sebelum berminggu-minggu menikmati makanan rumahan disana.
Ini merupakan pengalaman pertamaku datang ketempat ini. Tak sabar rasanya mencicipi pempek yang terkenal lezat itu ditempat ini. Papan Plang Nama bertuliskan Pempek Sumsel berdiri kokoh dipinggir jalan tepat didepan ruko. Tepatnya di Jalan Orang Kayo Hitam nomor 7 yang terdapat sederatan toko lain dikedua sisinya.  Suasana parkiran tampak ramai terlihat dari beberapa mobil dan motor telah parkir memadati area parkiran yang cukup sempit. Beberapa diantaranya parkir ditepi jalan karena sudah tidak cukup ruang untuk parkir, termasuk kami yang baru datang.

Plang Pempek Sum-Sel di Jambi, Sumatera.
Kami masuk menyeruak kedalam keramaian orang yang sedang memesan pempek dibagian kasir depan.
“Berapa orang?” tanya Seorang pelayan toko dengan ramah menghampiri kami.
“Delapan orang” ucap kami singkat.
Diantarkanlah kami kesebuah meja panjang yang masih kosong untuk kami menyantap pempek tersebut. Karena kami datang beramai-ramai, menunya disajikan diatas meja dan kami bebas memilih sesuka hati. Penyajiannya seperti halnya dirumah makan padang yang mengeluarkan semua makanannya dan kita hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah pempek yang kita makan.
Suasana di Pempem Sum-Sel Yang Dipadati Pengunjung
 Ada beberapa jenis pempek yang tampak begitu menggugah selera. Mulai dari pempek kapal selam, lenjer, adaan, kulit serta otak-otak yang menjadi favorit pengunjung yang mampir ke tempat ini.
“Pempeknya rasanyo ngigit nian kato wong kito, terasa nian pokoknya iwaknyo.” Terdengar sayup-sayup percakapan dari meja sebelah yang memuji kelezatan pempek ini.
Akupun mulai mencicipi satu persatu jenis pempek yang disajikan. Kress.. Kress.. kupotong-potong bagian pempek menjadi beberapa bagian agar lebih mudah untuk disantap. Kucicipi satu persatu jenis pempeknya mulai dari pempek kulit yang terasa begitu garing dengan rasa ikan yang mantap begitu juga halnya dengan pempek jenis lain.
Pempek Sum-Sel
Kekentalan cukanya pas tidak terlalu cair tidak terlalu kental dengan aroma bumbu yang khas dan menambah kelezatan pempek yang dinikmati. Rasanya ingin terus mengunyah saja mencoba semua jenis pempek yang ada.
Terdengar suara gesekan sendok dan piring. Disusul suara air yang dituang kedalam gelas. Melirik seberapa detik ke teman-temanku yang lain mereka begitu menikmati pempek itu terlihat dari cara mereka menyantap setiap potong pempek dengan lahap.
“Gimana bro? Enak kan?” Seorang teman bertanya kepadaku mengenai pempek rekomendasi mereka.
“Iya enak banget, ga kalah sama empek-empek yang ada di Palembang” Jawabku.
Selain pempek, di tempat ini juga menyediakan es kacang merah khas Palembang, tekwan dan beberapa jenis kerupuk ikan yang garing.  Dengan letak geografis Jambi dan Palembang yang berdampingan, tak heran jika makanan pempek ini tidak hanya digemari di Sumatera Selatan saja, namum wilayah tetangganya seperti Jambi, Pulau Bangka serat Belitung juga menggemari makanan yang satu ini. Jika kamu sedang berada di Jambi dan ingin mencicipi pempek yang lezat, luangkan sejenak waktu anda untuk mencicipi sajian pempek yang lezat ini.


Follow my instagram & twitter account : @travelographers

Baca artikel lain terkait mengenai Provinsi Jambi dan Pempek :

4 comments:

  1. Uah jadi kangenmakan mpek2, tapi kalo gw selain kapal selam ngakbegitu suka jadikemanapun kalo makan mpek2 pasti hanya kapal selam sama krupuk nya itu nikmat banget :-0

    ReplyDelete
    Replies
    1. beuh.. keupuk kemplang pake sambal teri terasi?.. maknyus tuh.. nyamm.. hehehe

      Delete
  2. tidakkkk! aku masuk jebakan Betmen :(
    Lagi di luar indo trus ngidam mpek2 dan kerupuk kemplang gara2 baca artikel ini *nangis guling2*

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah skrg sudah balik ke Indo kan, jadi bisa makan pempek yang enak. hehe *edisi telat reply karena kesibukan*

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.