Wednesday, October 2, 2013

Banyuasin, Perkampungan Kecil Di Tepi Sungai Musi Sumatera Selatan



Salah Satu Perkampungan di Tepi Sungai Musi Daerah Banyuasin

Siapa yang tak kenal dengan kota Palembang di Sumatera Selatan? Rasanya hampir semua orang yang pernah mengunjungi Bumi Sriwijaya pastinya tahu akan Jembatan Ampera yang menjadi lansekap utama ciri khas kota Palembang. Namun, jika ditanya tahukan anda dengan Banyuasin? Rasanya jawaban terbanyak untuk sebagian besar pendatang umumnya belum tahu atau belum pernah berkunjung kesana.
Banyuasin merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Jika ditelisik namanya daerah ini memiliki arti banyu yang berarti air dan asin merujuk pada tempat kabupaten ini yang terletak dialiran sungai yang bermuara ke laut dan pantai. Jika disusuri sungai musi ini hingga muaranya kita akan dapat melihat pulau Bangka yang letaknya diseberang laut.
Ditepian sungai musi sekitar satu hingga dua jam perjalanan dengan perahu speed boat menyusuri sungai musi, kita dapat melihat kehidupan diperkampungan kecil yang bersahaja dengan lingkungan sekitar. Sebagian rumah disini berupa rumah panggung yang menjorok kebadan sungai, terdapat tangga yang terbuat dari kayu sebagai dermaga tempat mereka naik perahu yang merupakan satu-satunya alat transportasi untuk menuju ketempat lain atau ke kota.



Kondisi Perkampungan di Banyuasin Yang Didominasi Rumah Panggung

Mayoritas penduduk disini memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, petani, wiraswasta atau pekerja industri disalah satu perusahaan swasta yang mengelola hutan produksi. Banyuasin memiliki potensi berkembang dalam hal perdagangan dan industri yang berperan sebagai pusat industri hilir, jasa distribusi hasil sumber daya alam pertanian, perikanan, kelautan serta potensi besar disektor kehutanan. Dengan letak geografis nya yang demikian menempatkan Kabupaten Banyuasin pada posisi potensial dan strategis dalam hal perdagangan dan industri, maupun pertumbuhan sektor-sektor pertumbuhan baru.
Senyum Ramah Penduduk Setempat Yang Sedang Naik Speed Boat
Sehari-harinya masyarakat disini mengandalkanmoda transportasi sungai dengan perahu speed boat
 Pengalaman menyusuri sungai musi menuju perkampungan banyuasin memberikanku wawasan akan keseimbangan hayati dan kearifan masyarakat lokal dalam mengelola alam. Sepanjang jalan menyusuri sungai sesaat masuk daerah pedalaman, dikedua sisi anda akan menikmati hutan alami dan hutan produksi yang menghampar luas. Jika beruntung dapat melihat berbagai jenis burung, biawak hingga sekawanan kera yang bermain-main dipepohonan ditepi sungai.

Refleksi Keindahan Hutan dan Sungai Yang Masih Alami
Perahu Speed Boat, Alat Transportasi Satu-satunya Untuk Mencapai Tempat ini
Menyusuri Sungai Menuju Pedalaman Hutan di Sumatera Selatan dengan Perahu Speed Boat

 Follow my instagram & twitter account : @travelographers
Baca artikel lain terkait mengenai Banyuasin, Sungai Musi dan Sumatera Selatan :

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.