Thursday, November 29, 2012

Syarat lengkap, Visa China mudah didapat




Dalam penjelajahanku untuk berpetualang di Asia tenggara dan Asia Timur, negara China masuk dalam daftar impianku untuk dikunjungi. Dari total sepuluh negara yang saya lewati dengan waktu lebih dari 6 minggu, hanya dataran China yang membutuhkan visa yang  harus diajukan dari negara asal dalam hal ini Indonesia, sedangkan negara lain bebas visa serta sudah dapat dilakukan visa on arrival ketika kedatangan ke negara tersebut.
Di artikel ini saya akan berbagi kepada anda yang hendak mengajukan visa China yaitu bagaimana prosedurnya serta apa saja persyaratan yang harus disiapkan untuk dilengkapi. Untuk mengurus pemohonan visa China, saya melakukannya sendiri tanpa calo ataupun agen perjalanan, hal ini saya lakukan untuk merasakan sebuah proses yang tentunya menjadi pengalaman dan kenikmatan tersendiri dalam mempersiapkan perjalananku.
Berbeda dengan pengajuan visa untuk negara lain, aplikasi permohonan visa ke China dilakukan bukan di kantor kedutaan besarnya melainkan di kantor PT. China Visa Services yang dipercaya untuk menanganinya.  Kantornya terletak di The East Building lantai 2, Jalan Lingkar Mega Kuningan Jakarta yang kebetulan satu gedung dengan kantorku, jadi bisa langsung meluncur ke lantai bawah tanpa harus izin keluar kantor. Bagi anda yang tidak tau daerah ini patokannya bisa melalui mal ambassador, kuningan city ke arah Hotel Marriot dan Ritz Carlton.

Alamat lengkapnya yaitu :
PT. China Visa Services Indonesia (PT. China VSI)
The East Building 2nd Floor
JI, Lingkar Mega Kuningan Blok E.3.2 Kav 1 Jakarta 12950, Indonesia
Tel:021-579-38655 Fax:021-579-38659
Jam Operasional :
Senin – Jumat.
Untuk penyerahan aplikasi permohonan visa      :  9:00 – 15:00
Untuk pembayaran dan pengambilan                 :  9:00 – 16:00

Sebelum mengajukan visa, pelajari dulu mengenai visa china sesuai dengan kebutuhan perjalanan anda yang dapat dibaca pada dokumen berikut :
  1. TentangVisa China 
  2. Visa Instruction 

Persyaratan dokumennya antara lain :

  1.  Mengisi formulir dengan lengkap yang dapat anda lakukan online  atau melalui form online  yang dapat didownload kemudian di input data anda dengan menggunakan adobe acrobat (PDF) yang dapat anda save dan print.
  2. Persiapkan paspor dengan masa berlaku minimum 6 bulan sejak tanggal pengajuan visa.
  3. Pas foto terbaru dengan ukuran 4x6 dengan background/ latar bewarna putih atau biru.
  4. Foto Copy KTP yang masih berlaku 1 lembar.
  5. Surat undangan yang dikeluarkan baik oleh teman/ anggota keluarga anda yang berdomisili di China, atau surat undangan yang dikeluarkan oleh perusahaan China (contoh: agen perjalanan China)
  6. Jangan khawatir dulu jika anda tidak memiliki point ke-5 atau undangan, anda hanya diwajibkan melampirkan semua dokumen berikut:
    • Agenda perjalanan yang berisi rincian dari tujuan kunjungan dan kota yang dituju menurut urutan waktu
    • Agenda perjalanan tersebut harus dibubuhi tandatangan baik oleh pemohon maupun kurir, tidak memerlukan materai.
    • Group atau kelompok perjalanan dapat berbagi saru agenda perjalanan dengan mencantumkan nama dari kelompok tersebut jika berpergian bersama
    • Melampirkan lampiran bukti reservasi pemesanan hotel online atau voucher hotel atas nama pemohon
    • Melampirkan bukti cetak pemesanan tiket online atau copy tiket.
Untuk bukti pemesanan tiket online, dalam pengalaman saya yang masuk ke China melalui jalur darat dan keluar juga melalui jalur darat, saya hanya melampirkan rencana perjalanan saya serta tiket pesawat pulang ke Jakarta melalui negara lain dalam hal ini yaitu tiket saya dari negara Hongkong. Karena saat itu saya masuk ke China dari Vietnam melalui jalur darat kemudian keluar dari China juga lewat jalur darat menuju Hongkong. Dalam hal ini saya tidak memiliki satu lembar pun tiket pesawat atau tiket kereta untuk masuk ke negara China, selama syarat yang lain lengkap visa pun akan kamu dapatkan.
Sedangkan untuk bukti pemesanan hotel, bagi anda yang rencana backpacking seperti saya dengan jadwal itinerary yang flexible tanpa mengikuti travel agent, tips dari saya yaitu booking lah minimal 1 malam untuk setiap kota yang dikunjungi sebagai syarat. Tetapi jika anda sudah memiliki agenda perjalanan yang tetap, tentu tidak ada salahnya langsung memesan semua penginapan yang anda butuhkan.
Untuk biaya aplikasi Visa China tergantung dari kebutuhan anda diantaranya kebutuhan 1 kali masuk atau single entry, 2 kali masuk atau double entry, beberapa kali masuk dalam 6 bulan serta beberapa kali masuk untuk 1 tahun. Begitu juga halnya dengan proses pembuatannya terdapat tiga pilihan diantaranya proses 4 hari kerja, proses kilat 2 hari kerja serta super kilat 1 hari kerja. Berikut detailnya :

Biaya aplikasi visa china
 Untuk prosesnya mudah, yaitu anda datang kemudian mengambil nomor antrian yang akan diberikan oleh petugas.  Customer Services akan memberikan form pengambilan dan pembayaran visa sesuai dengan jenis visa yang anda ambil. Selama persyaratan diatas telah lengkap, tentunya visa China pun anda dapat, terlebih lagi hubungan diplomatik negara Indonesia dan China yang terjalin baik tentunya menjadi keuntungan bagi kita warga negara Indonesia yang hendak ke China, begitu juga dengan sebaliknya.

 Suasana diruang tunggu pengajuan aplikasi visa china

 Kamu ada pertanyaan atau punya pengalaman lain saat mengajukan permohonan visa China? Mari kita berbagi disini.

Follow me on twitter : @travelographers

49 comments:

  1. Saya ingin bertanya, VISA china itu apakah bergantung pada tempat dari negara keberangkatan?
    karena rencana saya, saya akan mengurus VISA di Indonesia, namun berangkat dari Taiwan..
    karena setelah pengurusan VISA china sudah selesai, saya akan langsung kembali ke Taiwan..
    apakah dalam ini akan membedakan negara penyetak visa?


    Terimakasih banyak atas informasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali ya telat sekali responenya..
      sedang ada kesibukan luar biasa yang membaut tidak update blog ini.

      bisa kok.. saya pun pada saat ke China tidak berangkat dari negara keberangkatan, saya masuk dari Vietnam melalui Jalur darat menuju China. yang paling penting tipe Visanya sesuai peruntukan.

      menurut pengalaman saya, proses pengajuan Visa yang termudah yaitu Visa China. kalo visa lain harus diajukan di kantor kedutaan besar yang proses pengajuannya melewati beberapa pintu dan proses. ;)

      Good Luck,,

      Delete
  2. untuk aplikasi visa ke China gak pake copy rekening selama tiga bulan seperti syarat aplikasi visa ke negara lainnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pengalaman saya sih tidak dibutuhkan copy rekening..
      dan dari pengalaman, pengajuan visa china lebih mudah dan lebih bersahabat dalam pelayanannya dibanding pengajuan visa negara lain.

      utk informasi dan persyaratan terkini bisa contact mereka di

      PT. China Visa Services Indonesia (PT. China VSI)
      The East Building 2nd Floor
      JI, Lingkar Mega Kuningan Blok E.3.2 Kav 1 Jakarta 12950, Indonesia
      Tel:021-579-38655 Fax:021-579-38659
      E-mail: jakartacentre@visaforchina.org

      Delete
  3. hai,

    Khan saya booking hostel via Hostelbooker (ala Backpacker) konfirmasi darisana hanya berupa email. Bisakah email konfirmasinya saja yang diprint?
    Yang saya denger per 1 september visa China dipersulit ya? benarkah?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali baru baca.. notifikasinya ada comment ini ga masuk di email :(
      iya bisa kok erika.. saya juga lampirin bukti booking dari hostelbooker, penginapannya di hostel semua pada saat pengajuan visa china.. dan itu berhasil..
      mungkin bahasanya bukan dipersulit, tapi persyaratannya ditambah dengan booking penginapan. dan tidak seperti visa lain, di china paling enak pengajuan visanya, tempatnya khusus dan ga perlu bukti rekening :)

      Delete
    2. Mas kl bikinya tnpa ktp bs g yah??

      Delete
    3. terkahir kali kami buat sih tanpa diminta KTP, yang diminta sebagai identitas diri itu Paspor dengan masa berlaku tidak kurang dari 6 bulan.

      Delete
  4. ya visa china di persulit , aku juga gak mudah sekarang pdhl udah sering kesana sebelumnya bahkan pernah extended sekali di china

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ponti.. persyaratannya pengajuan visa china ditambah tidak seperti beberapa tahun sebelumnya..
      kali ini perlu dilengkapi bukti penginapan. tetapi hal ini bisa disiasati dengan melakukan reservasi di booking.com yang tidak perlu bayar dimuka dan bisa cancel tanpa biaya pembatalan..

      Delete
  5. Saya tinggal di luar Jakarta. Rencana ke Cina bulan Januari akhir. Bisa tidak ya mengurus visanya via online atau pos?
    Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya harus mengurus ke kantor perwakilan yang telah ditentukan, dan hnaya kota besar tertentu saja yang ada (kalau tidak salah ada di jakarta dan surabaya)..
      Mungkin jika terhambat kendala waktu dan tidak bisa mengurus sendiri, tak ada salahnya menggunakan jasa travel untuk mengurus administrasi pengurusan visa ini. untuk lebih detailnya bisa konfirmasi ke Tel:021-579-38655 untuk informasi pastinya..

      semoga di approve ya..

      Delete
  6. Bisa bantu info? Jika saya mohon visa dari Medan dan berangkat dari Jakarta, apa memungkinkan visa bisa dikeluarkan di Medan, dan bisa digunakan ke China? Dan mengenai rekening terakhir apa benar tidak dibutuhkan saat memohon Visa, sebab beberapa agen travel yg membantu pengurusan visa mengharuskan hal tersebut, Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya mau berangkat dari mana saja sama saja karena pengecekan visa itu pada saat kita hendak memasuki china di bagian imigrasinya. jadi seharusnya tidak masalah diurus di medan tetapi berangkat dari jakarta.

      Delete
  7. Selamat petang,

    Saya Jumardi Singare ingin mendapatkan maklumat berkenaan dengan permohonan visa China. Saya kini berada di malaysia (Negeri Sabah) dan bercadang untuk melancong ke China pada 7 April 2014. Namun begitu, saya tidak bisa memohon visa China di Malaysia kerana terlalu banyak dokumen yang diperlukan.

    Justeru, saya ingin bertanyakan tentang cara memohon Visa China melalui firma P.T China Visa Service. Saya cuba menghubungi firma anda tetapi tidak berjaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba contact via email mas?
      jakartacentre@visaforchina.org

      Selama dokumennya lengkap rasanya visa bisa diajukan dikota terdekat, tetapi memang amannya diurus dinegeri sendiri jika memungkinkan.

      Delete
  8. ada yang bisa bantu saya urus visa 1 hari jam kerja untuk pelaut ga? kalo ada tolong call saya ke no. ini yah 082147706644

    Trims
    By Agus

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada paket super kilat kok mas dalam 1 hari jadi, seperti tertera pada blog saya pad agambar biaya aplikasi visa china. selama persyaratannya lengkap visa dapat diproses cepat.

      Delete
    2. Sejak oktober 2013 sudah tidak da proses 1 hari kerja. Adanya 2 hari, 3 hari dan 4 hari kerja.

      Delete
    3. terima kasih untuk informasinya.. nanti akan segera kami cek dan update di blog agar tetap memberikan informasi yang aktual untuk sesama.

      Delete
  9. Kalau dari batam trus lewat singapore baru ke china, bisa urus visa di batam aja nggak? Gimana caranya soalnya baru punya paspor masih bingung.
    tolong dibantu, trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sekali baru membalas, say abaru kembali dari perjalanan selama satu bulan dengan keterbatasan akses internet dan telepon.

      sebaiknya pengajuan visa diurus di tempat domilisi terdekat. semisal kita tinggal di sekitar jabodetabek di ajukan di jakarta, jika kita di sekitar jawa timur bisa diurus di surabaya. kalau dibatam saya kurang tau, selama ada kantor perwakilan untuk pengajuan visanya seharusnya bisa. Untuk informasi detail dan benarnya bisa contact Tel:021-579-38655 Fax:021-579-38659 atau E-mail: jakartacentre@visaforchina.org telebih dahulu
      semoga membantu

      Delete
  10. bisa gak urus visa urgent untuk foreigners..
    aku udah coba ke ke surabaya tp gak bisa.. apa di jakarta bisa??
    atau ada gak yang bisa bantuin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari informasi commnetnya gemesgenit diatas, Sejak oktober 2013 sudah tidak ada proses 1 hari kerja. Adanya 2 hari, 3 hari dan 4 hari kerja. Jadi rasanya paling cepat untuk pengajuan visa 2 hari.

      Delete
  11. kalau nginap di hostel terus bawanya koper gitu, pas jalan2 itu koper bisa dititipkan di hostel? apa harus dibawa juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di hostel atau hotel umumnya disediakan tempat penyimpanan barang dan penitipan barang.
      semisal kita mau jalan" sesudah check out kita bisa menitipkan barang selama jalan-jalan. semisal kita masih menginap, usahakan semua barang berharga dibawa. jika tidak memungkinkan dibawa ada baiknya dititip di loker pada bagian resepsionis.

      semoga membantu.

      Delete
  12. Beneran ga pake laporan keuangan nih mas?? Saya lihat di google katanya minimal 20juta ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali baru balas. anehnya tidak ada notofikasi ke email kalau ada comment ini atau mungkin masuk folder lain.

      waktu itu pada saat saya ke china 2012 tidak diperlukan. kalau sekarang saya blm tau pastinya mungkin saja ada perubahan. bahkan akan ada rencana mau jd bebas visa loh.. *doa khusyuk amiin* :D

      Delete
  13. Apa perlu bukti Medical test , jika saya mau berkunjung ke China selama 1 tahun ??
    terima kasih ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali baru balas. anehnya tidak ada notofikasi ke email kalau ada comment ini atau mungkin masuk folder lain.

      waktu itu pada saat saya ke china 2012 tidak diperlukan untuk medical test. kalau sekarang saya blm tau pastinya mungkin saja ada perubahan. mungkin utk updatenya bisa contact petugas terkait di Tel:021-579-38655 Fax:021-579-38659 atau E-mail: jakartacentre@visaforchina.org

      Delete
  14. malam mas mau tanya,
    maksud dr single entrance dan double entrance itu apa ya?
    kalau saya dr jakarta ke senzhen lalu ke hongkong dan balik lagi ke senzhen itu ambilnya visa yg mana ya?
    terima kasij.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo krys.
      untuk single entrance itu maksudnya hanya diperbolehkan satu kali masuk ke china. jika ingin lebih 1 kali dan sudah ada jadwalnya lebih baik apply yang multiple entry.
      untuk kasus krys yang mau ke shenzen terus ke hongkong dan balik lagi ke shenzhen itungannya lebih dari 1x masuk. jadi baiknya jangan apply yang 1 kali masuk. kecuali klo kebalikan berangkat dari hongkong terus masuk ke shenzhen terus balik lagi ke hong kong, itu hitungannya 1x masuk.

      semoga penjelasan ini bisa memberikan pencerahan ya.

      Delete
  15. Siang pa....menurut info terakhir sekarang voucher hotel seperti agoda atau booking.com tidak bisa diterima lagi sebagai dokumen pengajuan visa china ya? harus voucher fisik. betulkah demikian pa?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali baru sempat terbaca komennya. boleh kok selama tanggal yang tertera serta destinasinya sesuai dengan itienrary yang kita ajukan di dalam persyaratan visa. :)

      Delete
  16. Bagaimana untuk China Visa for pelaut. Apakah ada syarat khusus, dan berapa lama visanya bisa keluar? Thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sekali baru balas.Untuk syarat khusus buat pelaut saya kurang tahu mas/mba. mungkin utk updatenya bisa contact petugas terkait di Tel:021-579-38655 Fax:021-579-38659 atau E-mail: jakartacentre@visaforchina.org
      semoga membantu.

      Delete
  17. selamat malam mas, untuk from online nya koq ndak bisa dibuka yah? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh maaf, ternyata sekarang sudah diupdate link nya menjadi ini.
      http://www.visaforchina.org/JKT_EN/generalinformation/downloads/269841.shtml

      terima kasih :)

      Delete
  18. Kalau mau ke china dan taiwan pakai visa sayratnya bener harus pake bukti buku rekening dnegn saldo minial 50 juta bukan ya?ini perjalanan kantor bisnis bukan pribadi. mohon pencerahannya ya . makasih

    ReplyDelete
  19. menurut informasi terbaru di berita taiwan bakal / sudah memberlakukan bebas visa untuk WNI. kalo untuk perjalanan ke china masih perlu mengajukan visa namun rasanya tidak ada standar minimal berapa saldo minumunnya kok karena petugasnya akan mengecek kelengkapan dokumen, akomodasi serta tiket pulang pergi sebagai tanda bukti bahwa kita tidak akan bekerja dan akan kembali ke negeri sendiri. kalo perjalanan dari kantor baiknya disertakan juga surat keterangan atau rekomendasi dari kantor untuk memudahkan proses persetujuan visanya.

    ReplyDelete
  20. malam mas saya ada rencana mau travel keliling dunia, terdorong karena sensasi perjalanannya yg seru dan banyak pelajaran yg saya dapat, sebelumnya saya sudah pergi ke malaysia-singapur-malaysia dari malaysia ke singapur by sleeptrain, balik ke malaysia lagi by sleeptrain juga, dari malaysia ke RI naek pesawat. saya rencana travel keliling dunia jilid I dari RI ke Malaysia naek pesawat lanjut ke Thailand naek kereta lanjut ke Kamboja lanjut ke Vietnam finish di Tembok China, dari China balik ke RI naek pesawat, yg saya mau tanyakan berapa lama masa berlakunya visa? terus kalo andaikan saya mau lanjut dari china ke india, itu kan perlu visa juga, gimana caranya buat dapet visa india? apa bikinnya di RI sebelum keberangkatan atau pas waktu di china pas mau masuk india? terus satu lagi sebenarnya apa sih manfaat visa buat turis? kayanya malah bikin ngejelimet deh, ada ngga visa yg bisa dipake buat ke semua negara? sama terakhir dan yg sangat penting nih mas, menurut mas budget 10 juta cukup ngga mas? terus minta sarannya juga mas, terima kasih, gracias, arigato, thank you :):):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masa berlakunya visa tergantung negara yang mengekuarkan dan tipe visa itu sendiri apakah single entry, multiple entry atau visa jenis lain.

      ada ngga visa yg bisa dipake buat ke semua negara? >> ada beberapa negara yang membebaskan visa untuk orang Indonesia, ada negara yang memberlakukan visa on arrival untuk orang indonesia (bayar pas mendarat di negara itu) ada ada juga yang memang harus mengajukan visa terlebih dahulu dari negara asalatau tempat tinggal baru bisa masuk. tapi khusus eropa mereka memberlakukan 1 visa untuk bisa mengunjungi ke negara" eropa, kecuali england.

      menurut mas budget 10 juta cukup ngga mas? >> semua tergantung berapa hari, berapa kota dan berapa negara mas. sebenarnya bisa dicukup'an tipsnya nginepnya di hostel dorm yang murah, makan di street food yang murah, atau memanfaatkan perjalanan malam jadi selain hemat waktu juga hemat biaya pengeluaran.

      semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

      btw kapan rencananya keliling dunia nih? semoga lancar ya.

      Delete
  21. Kalau saya tinggal di Taipei, apply visa china terdekat dimana yah?mohon informasinya, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kalvinus laguna, coba datang ke bagian kedutaan besar china di taipei ada ngga? karena biasanya untuk mengajukan visa selain dari kantor pelayanan visa juga di kedutaan besar china.

      Delete
  22. Kalau saya tinggal di Taipei, apply visa china terdekat dimana yah?mohon informasinya, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kalvinus laguna, coba datang ke bagian kedutaan besar china di taipei ada ngga? karena biasanya untuk mengajukan visa selain dari kantor pelayanan visa juga di kedutaan besar china.

      Delete
  23. Saya mau tanya kalau orosedur pake undangan bikin visa china nya bagaimana ya ?

    ReplyDelete
  24. Saya mau tanya kalau orosedur pake undangan bikin visa china nya bagaimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sekali baru sempat online kembali dan membalas satu persatu komen dan pertanyaan yang masuk. dan pertanyaan ini baru terbaca tertutup notofikasi yang lain. apabila dapat undangan lampirkan saja saat proses submit visanya hal ini menjadi surat sakti yang dapat memperkuat peluang untuk diterima visanya.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.