Thursday, November 29, 2012

Lezatnya Sate Kambing Pak Lemans




Mataku tertuju pada sebuah plang sebuah tempat makan di jalan Buah Batu, Bandung.  Pada plang berwarna dasar putih tersebut tertulis Sate dan Gule Kambing “Lemans”. Ya.. inilah tempat makan sate kambing  yang enak di Bandung, “Ucap Ranys kepadaku”. Tempat ini telah menjadi langganan keluarganya ketika hendak menyantap hidangan sate. Akupun penasaran untuk mencoba rasa dagingnya yang katanya dagingnya tidak bau amis tetapi tanpa mengurangi kelezatan rasa daging kambing.
Bangunannya  cukup sederhana dengan lebar kurang lebih empat meter tetapi memanjang kebelakang. Terdapat lima meja untuk pelanggan yang datang dengan kapasitas ruang kurang lebih dua puluh orang dengan empat kursi di setiap meja tersebut. Sebagian dindingnya terbuat dari bata merah tanpa diplester semen, sebagian lagi ditutupi  anyaman bambu dengan beberapa pajangan dipasang dikedua sisi dinding tersebut. Untuk tempat pembakaran satenya terdapat didepan warung pada bagian luar sehingga asapnya tak mengepul ketempat makan.
“Pak pesan satenya ya untuk dua orang.“ Ucapku ke pelayannya.
“Mau pakai bumbu apa?” beliau bertanya kepadaku.
“satu bumbu kacang satunya lagi bumbu kecap ya Pak.” seraya ku menjawab.

Kebetulan saat kami datang waktu baru menunjukan pukul 11:30 siang, baru ada 2 pelanggan dimeja sebelah sehingga pesanan kamipun cepat datang. Menjelang jam makan siang barulah beberapa pelanggan baru datang, ada yang datang dengan pasangannya ada juga satu keluarga yang makan siang disini. Suasanapun jadi berubah menjadi begitu ramai hampir semua meja terisi penuh oleh pelanggan yang datang.
 
Penyajian sate di tempat ini dihidangkan pada sebuah hot plate untuk menjaga kehangatan sate yang sudah dibakar dengan arang. Sedangkan nasinya dihidangkan pada bakul sesuai dengan porsi pesanan. Untuk bumbunya selain ada bumbu kacang dan kecap dilengkapi juga dengan irisan cabe rawit, cabe merah dan bawang merah sebagai acar untuk menambah kelezatan satenya.


Pesanan datang, akupun langsung mengambil satu tusuk sate yang terlebih dahulu ku lumuri bumbu kacang untuk dikecap. Yuuummm,  Memang benar adanya tentang kelezatan sate pak Lemans ini. Tekstur daging yang empuk dan gurih dengan bumbu kacang yang enak menambah kelezatan sate ini. Kecapan kedua aku mencicipi daging sate yang ku lumuri dengan bumbu kecap. Bumbu yang meresap pada dagingnya berkombinasi dengan kecap hitam manis menjadi rasa yang nikmat untuk disantap bersama nasi.
Selain sate kambing sebagai menu unggulan, terdapat menu lain yang dihidangkan diantaranya gule kambing, tongseng kambing, sate sapi, sate ayam serta sop buntut. Jam buka warung ini mulai dari pukul sepuluh pagi dan tutup jam sepuluh malam. Untuk harganya relatif terjangkau untuk kocek anda yaitu mulai dari harga 15,000 rupiah perporsi.
Anda salah satu penggemar kuliner sate? Tentunya anda wajib untuk mencicipi kelezatan Sate Kambing Pak Lemans ini. Selamat Makan!


Follow me on twitter : @travelographers

2 comments:

  1. hmmmm yummy, sate kambing kayak nya enak nich ama tongseng buat dingin2 begini xixiixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. direkomendasikan untuk diicip klo lagi mampir ke bandung mas, xixixixi :)

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.