Tuesday, April 10, 2012

Berakhir pekan di Kepulauan Seribu dari Tanjung Pasir

Siluet Senja di Tanjung Pasir

     Masalah klasik untuk sebagian besar orang untuk berlibur yaitu karena budget dan waktu. Atau bisa juga untuk sebagian orang sudah mulai bosan dengan tempat berakhir pekan yang itu-itu saja, sebagai contoh sudah sangat umum orang yang tinggal di sekitar Jabodetabek akan menghabiskan waktu weekend nya untuk pergi kedaerah Bogor, Puncak, Ancol atau pantai Anyer.
    Bagi kamu yang tinggal disekitar Jabodetabek yang hanya memiliki waktu 1 hari untuk berlibur dengan budget tak lebih dari 100 ribu rupiah, tak ada salahnya untuk mencoba menuju kepulauan seribu yang terdekat melalui tanjung pasir.
    Tentunya untuk sebagian orang akan muncul pertanyaan seperti : Loh? Memang bisa, bukannya untuk ke kepulauan seribu harus menginap? bukannya budgetnya lebih dari 200 ribu? dan mungkin puluhan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Perahu yang bersandar di Tanjung Pasir
    Umumnya untuk menuju Kepulauan Seribu, para wisatawan melalui pintu gerbang dermaga Muara Angke atau Marina Ancol dengan tujuan utama yaitu Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa dan Pulau Untung Jawa yang detailnya akan saya ceritakan di artikel selanjutnya dimana untuk kali ini akan saya ceritakan bagaimana menuju Kepulauan Seribu melalui Tanjung Pasir.
    Untuk menuju tanjung pasir dapat dicapai dengan kendaraan roda dua atau roda empat dari Jakarta atau Tangerang dapat melalui jalan dari Daan Mogot menuju Kamal kemudian menyelusuri jalan menuju Kampung Melayu dan Tanjung Pasir. Alternative lain yaitu melalui  Jalan raya Salembarang dari belakang Bandara Soekarno Hatta menuju Jalan raya Tanjung Pasir, Teluk Naga.
    Dalam perjalanan menuju Tanjung Pasir, anda juga akan melalui penangkaran buaya dan beberapa tempat pemancingan yang bisa dimasukan dalam list kunjungan jika memiliki waktu lebih. Di Tanjung Pasir telah disediakan tempat parkir untuk kendaraan yang letaknya tak jauh dari tempat perahu-perahu bersandar dimana ditempat ini tak ada dermaga, sehingga kita perlu naik jembatan yang disiapkan anak buah kapal untuk naik ke perahu, jadi siap-siap untuk sedikit basah jika laut sedang pasang.
 
 

    Pulau terdekat dari Tanjung Pasir yang umumnya dikunjungi yaitu pulau Untung Jawa dan pulau Rambut dengan ongkos kurang lebih 15,000 rupiah pulang pergi dimana anda akan di drop dipulau dan akan dijemput ketika anda berencana untuk kembali. Untuk bersandar ke pulau Rambut perlu perizinan terlebih dahulu dikarenakan ini merupakan pulau yang dilindungi untuk pelestarian burung, sedangkan pulau Untung Jawa anda hanya dikenakan biaya retribusi kurang lebih 2000 rupiah per orang saat masuk ke pulau ini untuk mengunjungi hutan taman bakau.

    Jika punya waktu lebih, bisa juga menginap di pulau Untung Jawa dimana beberapa rumah warga dijadikan homestay untuk bermalam. Selain dua pulau ini, masih ada beberapa pulau-pulau lain disekitar yang patut anda kunjungi diantaranya pulau Onrust yang bersejarah, pulau Kelor Cipir yang terdapat bangunan tua ditengah pulau kecil ini serta pulau Bidadari yang terdapat benteng kuno. Untuk ketempat ini, tentu saja butuh tambahan ongkos yang dapat dinegosiasi ke anak buah kapal untuk mengantarkan anda kepulau-pulau ini. Umumnya jika saya kesini untuk keperluan photo prewed client saya. Selamat berakhir pekan.

Follow me on twitter : @travelographers


4 comments:

  1. Wahh... Thanks banget bro infonya, pas banget lagi butuh bantuan mencari wisata murah ke pulau seribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.. semoga informasinya bermanfaat.. indahnya saling berbagi :)
      selamat liburan..

      Delete
  2. Oh ya kalo masalah biaya semua, berapa duit yg anda keluarkan, thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena waktu kesana naik motor, biaya buat bensin PP sekitar 20ribuan. parkir motor 10 ribu, biaya menyebrang PP utk saat ini kurang lebih 30 ribu, beli makanan disana mulai dari 15 ribu perporsi.
      kalau dengan mobil lebih enak dan tidak cape, supaya murah bisa pergi rame" untuk share cost bensinnya.. hehe

      Delete