Friday, July 21, 2023

10 Cara Melewati Perbatasan Singapura ke Malaysia Lewat Johor. Melalui Jalur Darat, Kereta Api dan Laut.

 


    Dalam beberapa tahun terakhir banyak orang Indonesia yang berlibur ke dua negara sekaligus yaitu dari Singapura kemudian melanjutkan perjalanan ke Malaysia lewat kota Johor Bharu. Ada banyak alasan mengapa rute ini begitu populer dinikmati bagi wisatawan Indonesia baik untuk yang backpacking maupun untuk berwisata atau liburan keluarga bersama ke dua negara. Alasan pertama yaitu karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dan mudah diakses. Dengan adanya dua pintu perbatasan yang menghubungkan Singapura dan Malaysia lewat jalur darat memudahkan siapa saja untuk melewati perbatasan kedua negara ini.

    Alasan kedua yaitu akses transportasi yang mudah dan terdapat banyak alternatif pilihan yang bisa dipilih oleh wisatawan sesuai dengan waktu dan budget yang tersedia. Alasan ketiga negara Singapura dan Malaysia adalah dua negara terdekat dari Indonesia yang ramah anak dan cocok menjadi destinasi liburan keluarga. Alasan lainnya cocok untuk para backpacker yang hendak mencoba petualangan menjelajah luar negeri dimulai dari Singapura ke Malaysia. 



    Alasan terbesar orang melewati perbatasan dari Singapura ke Malaysia tentu saja karena hendak ke kota Johor Bahru yang dalam beberapa tahun terakhir terus berkembang menjadi salah satu destinasi wisata keluarga. Dengan dibangunnya tempat bermain berkelas internasional mulai dari Legoland Themepark, Legoland Waterpark, Sealife serta Angry bird Activity park yang menjadi impian anak-anak untuk bermain disana. Apabila kamu memiliki rencana traveling dari Singapura ke Malaysia lewat Johor Bahru tanpa travel agent atau mengikuti paket wisata berikut kami informasikan beberapa alternatifnya mulai dari yang paling murah hingga yang paling nyaman yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu.


1.   Cara Backpacker 1.

Alternatif pertama yaitu untuk mencapai perbatasan Singapura dan Malaysia, dari pusat kota Singapura bisa naik MRT jalur merah menuju Jurong East dan turun di stasiun Woodlands. Tepat di bawah stasiun ini di Causeway terdapat halte bis untuk menuju perbatasan tepatnya Johor Bahru yang merupakan salah satu pintu masuk menuju negeri Jiran, Malaysia.

Setibanya di halte bus di Causeway tampak antrean calon penumpang bus umum yang terbilang cukup ramai memadati namun semuanya tertib berbaris ke belakang mengikuti jalur besi yang telah disediakan. Ikutilah  barisan untuk bus umum SMRT bernomor 950 Tujuan ke Kotaraya II terminal Kota Johor Bahru. Setelah melewati perbatasan dan masuk Johor Bahru kemudian setelah melewati perbatasan kemudian bisa melanjutkan bus ke Johor Bahru atau sesuai dengan tujuan kamu misalnya Legoland, Hello Kitty Town atau Johor Bahru Premium Outlet.


2.   Cara Backpacker 2.

Dari Pusat kota Singapura kamu bisa naik MRT kemudian turun di stasiun MRT berikut yaitu MRT Kranji, MRT Queen Street dan MRT Newtown Circus. Dari MRT ini terdapat bus Causeway Link yang beroperasi melayani rute ke bandara internasional Senai di Johor Bahru. Bus ini bisa kamu manfaatkan apabila hendak terbang dari Johor Bahru melalui Singapura. Bila dihitung dari pusat kota waktu tempuhnya sekitar 1-3 jam tergantung kondisi jalan raya dan antrean di perbatasan Singapura ke JB Sentral Malaysia. Untuk ongkos busnya yaitu apabila kamu naiknya dari MRT Kranji yaitu sebesar 1 SGD sedangkan apabila kamu naiknya dari MRT Queen Street dan MRT Newtown Circus ongkos ke perbatasan sebesar 3.3 SGD. Setelah melewati perbatasan kemudian bisa melanjutkan perjalanan beberapa tempat wisata seperti Legoland dan Sanrio Hello Kitty dengan bus dengan nomer LM1.

Apabila kamu ke Johor Bahru hendak ke terminal busnya yang perlu kamu ketahui di Johor ada 2 terminal bus, saran kami setelah melewati pintu imigrasi Johor Bahru di Malaysia bergantilah bus dengan tujuan ke Larkin Sentral bukan ke Kotaraya II Johor Bahru. Hal ini dari pengalaman pribadi kami yang salah naik bus sehingga sempat tersesat di kota Johor Bahru ketika hendak melanjutkan perjalanan ke kota lain dimana bus-bus antar kota di Johor semuanya ada di Larkin Sentral.


3.  Cara Backpacker 3.

Alternatif lainnya dari Singapura ke Johor Bahru bisa lewat perbatasan  CIQ 2nd Link yaitu dari pusat kota Singapura naik MRT ke Jurong East atau Boon Lay kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus ke perbatasan CIQ 2nd Link. Setelah melewati perbatasan ganti dengan bus Causeway Link berwarna kuning dengan nomer JPO2 kemudian bisa melanjutkan perjalanan beberapa tempat wisata seperti Legoland, Sanrio Hello Kitty atau berbelanja di Johor Premium Outlet (JPO).



4.  Cara Backpacker 4.

Salah satu cara paling seru untuk melewati perbatasan dari Singapura ke JB Sentral Malaysia adalah dengan naik kereta yang melewati perbatasan. Dalam seharinya hanya ada beberapa kali keberangkatan saja dengan ongkos sebesar 5 Dollar Singapura namun apabila naiknya dari Singapura sedangkan dari arah Malaysia ongkos keretanya hanya 5 Ringgit Malaysia.

        Untuk menuju stasiun Woodsland CIQ tempat stasiun kereta berada kamu bisa naik MRT sampai stasiun MRT Woodsland kemudian naik bus SMRT nomer 903, 913 atau 950. Kemudian di stasiun inilah kamu harus segera ke loket imigrasi untuk melewati custom dan pengecekan paspor untuk keluar dari Singapura. Yang perlu kamu ingat usahakan datang lebih awal mengingat terkadang antrian imigrasi cukup panjang dan pintu masuk ke peron kereta akan ditutup sekitar 5 sampai 10 menit sebelum keberangkatan kereta.

        Perjalanan keretanya sendiri hanya sektiar 5 menit karena bebas macet. Sesampainya di stasiun JB sentral kemudian dilanjutkan untuk berbaris ke loket imigrasi Johor Bahru untuk masuk ke negara Malaysia. Dari JB sentral kamu dapat naik bus melanjutkan perjalanan ke destinasi yang ingin kamu tuju baik naik bus maupun dengan taksi atau transportasi onine grab.


5.  Alternatif lainya yaitu Transportasi Bus dengan Travel.

Ini bisa kamu pilih apabila kamu hendak dari Singapura menuju ke Legoland Malaysia. Merujuk point sebelumnya cara dengan naik angkutan umum hanya cocok untuk kaum backpacker yang memiliki keterbatasan budget dan waktu yang fleksibel. Jika kamu bersama keluarga khususnya membawa anak dan lansia kami sangat merekomendasikan untuk naik WTS travel yaitu naik bus dari Singapore Flyer dengan pilihan jadwal keberangkatan jam 9 pagi dan 10.30 pagi. Pilihan lain yaitu naik WTS travel dari BigBox Jurong East dengan pilihan jadwal keberangkatan jam 9 pagi dan 11 pagi. Saran kami karena tempatnya terbatas lakukan pemesanan dari beberapa hari sebelumnya untuk memastikan kamu dapat bus ini. Ongkosnya yaitu mulai dari 24 SGD perorang untuk pulang pergi dari Singapura ke Legoland dan kembali lagi ke Singapura di hari yang sama. Lama perjalanan dari Singapura ke Legoland yaitu sekitar 1-2 jam tergantung kondisi jalan dan perbatasan Singapura ke Johor Bahru Malaysia.



6.  Alternatif selanjutnya yaitu transportasi dengan Taksi dari Singapura ke Johor Bahru Malaysia.

Apabila kamu berencana naik taksi dari pusat kota Singapura ke Johor Bharu Malaysia kamu bisa naik Taksi malaysia yang berwarna kuning yang ada di temapt pemberhentian taksi resmi salah satunya di Ban San Street di Bugis. Ongkosnya untuk sekali jalan dari Bugis Singapura tergantung destinasi yang kamu pilih. Sebagai contoh untuk ongkos taksi dari Singapura ke Legoland yaitu sekitar 70 Dollar Singapura. Lama perjalanan dari Singapura ke Legoland yaitu sekitar 1-2 jam tergantung kondisi jalan dan perbatasan Singapura ke Johor Bahru Malaysia.




7.  Alternatif selanjutnya yaitu dengan Mobil Sewaan dari Singapura ke Johor Bahru.

Ini adalah cara ke Johor Bahru Malaysia dari Singapura yang lebih nyaman jika kamu memiliki budget yang lebih yaitu dengan sewa mobil yang bisa kamu pesan melalui website-website resmi. Biaya sewa kendaraannya sudah termasuk supir yang akan mengantarkan kamu sekeluarga ke Legoland yaitu sekitar 100 sampai 150 Dollar Singapura tergantung jenis mobil dan jumlah orang. Mobil sewanya ada yang bisa sampai kapasitas 10 orang. Cara ini lebih hemat dan nyaman apabila kau liburan bersama keluarga dengan jumlah orang antara 5 sampai 10 orang sehingga perhitungannya bisa lebih hemat dibandingkan naik bus travel.



8.   Bus Langsung dari Singapura ke Melaka Malaysia

Jika kamu hendak dari kota Melaka langsung ke Malaysia ada beberapa bus eksekutif yang dapat kamu pilih. Rute Favorit adalah dari Singapura tujuan ke Melaka serta dari Singapura tujuan ke Kuala Lumpur. Untuk bus tujuan ke Melaka kamu dapat naik dari City Plaza (Payar Lebar MRT), Beach Road, Bugis Queen Street bus terminal (Bugis), Orchard atau Marine Parade Katong V dengan waktu tempuh sekitar 4 jam tergantung kondisi perbatasan. Ongkos bus dari Singapura ke Melaka yaitu sekitar 13-15 Dollar Singapura.



9.  Bus Langsung dari Singapura ke Kuala Lumpur Malaysia

Jika kamu hendak dari kota Kuala Lumpur langsung ke Malaysia ada beberapa bus eksekutif yang dapat kamu pilih. Rute Favorit adalah dari Singapura tujuan ke Kuala Lumpur. Untuk bus tujuan ke Melaka kamu dapat naik dari City Plaza (Payar Lebar MRT), Grand Mile Complex/ Grand Mile Tower Beach Road, Bugis Queen Street bus terminal (Bugis), Orchard atau Marine Parade Katong V dengan waktu tempuh sekitar 6-7 jam tergantung kondisi perbatasan. Ongkos bus dari Singapura ke Kuala Lumpur yaitu sekitar 20-50 Dollar Singapura tergantung tipe bus apakah kelas ekonomi sampai super executive.



10.  Ferry dari Singapura ke Malaysia

Ada cara melalui jalur laut untuk menyebrang dari Singapura ke Malaysia yaitu naik ferry dengan rute dari Changi Malaysia ke Tanjung Belukor Malaysia. Dalam satu harinya ada beberapa kali jadwal keberangkatan dengan waktu tempuh dari Singapura ke Tanjung Belukor sekitar 30 menit. Ongkosnya mulai dari 25 Dollar Singapura untuk sekali jalan. Operatornya adalah Limbongan Maju sendirian berhad.

Cara ini cocok apabila kamu hendak ke Johor Malaysia untuk ke daerah pinggirnya bukan untuk ke kota. Kalau ingin ke kota maka pilihlah naik bus, travel atau kereta api ke JB Sentral.



Catatan penting pada saat melewati imigrasi Singapura dan Malaysia persiapkan semua dokumen pendukung seperti paspor, itinerari perjalanan seperti bukti pemesanan tiket pesawat serta penginapan untuk persiapan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Hal ini penting agar proses imigrasi berjalan lancar tanpa kendala atau dipersulit. Jika kamu terkena pemeriksaan acak dan harus masuk ke ruang detensi imigrasi untuk diperiksa akrena dicurigai maka hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap tenang dan menjawab setiap pertanyaan dengan jujur. Tunjukan dokumen-dokumen perjalanan mu untuk menunjukan kalau kamu keluar Singapura atau masuk Malaysia untuk hal yang baik seperti liburan bukan menjadi pekerja ilegal. Semoga perjalananmu dari Singapura ke Malaysia berjalan lancar.


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and tiktok @travelographers 
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.