Tuesday, July 23, 2019

20 Tips dan Panduan Lengkap ke Kota Ipoh, Malaysia. Kota Asalnya White Coffee!


Stasiun kereta/ KTM Ipoh Perak

Pernah minum white coffee? Kalau kamu suka kopi putih yang perlu kamu ketahui dari kota Ipoh di Malaysia inilah awalnya berasal. Racikan biji kopi yang dipanggang dengan margarin kelapa sawit dan susu membuat cita rasa kopinya begitu khas. Cara paling mudah untuk mencicipi white coffee ya bisa di Old Town White Coffee yang gerainya ada ada dimana, tapi kalo mau cobain yang benar-benar cita rasa lokal bisa datang ke kedai-kedai kopi di kota Ipoh.
Tidak hanya kopi putihnya yang melegenda, kota Ipoh juga dikenal sebagai salah satu destinasi menarik untuk kamu yang suka menjelajah kota tua yang dihiasi beragam mural penuh warna. Tidak hanya itu kota ini juga dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner untuk kamu yang suka mencoba makanan dengan citarasa Negeri Perak. Untuk kamu yang hendak berlibur ke kota Ipoh Malaysia, berikut Tips dan Panduan yang bisa kamu baca sebagai referensi.

1.     Cara menuju ke kota Ipoh dari Bandara KLIA
Apabila kamu hendak langsung ke kota Ipoh dari bandara KLIA1 atau KLIA2 dapat kamu temui loket penjualan tiket yang melayani rute dari bandara Kuala Lumpur International Airport ke terminal Amanjaya Bus di kota Ipoh. Dalam satu harinya terdapat 8 kali keberangkatan mulai dari jam 2 pagi hingga jam 11:30 malam. Untuk ongkos bus perorang sekali jalan yaitu sebesar 42 Ringgit jika kamu membeli secara online diantaranya di busonlineticket dot com atau redbus dot com, namun jika kamu membeli secara go show umumnya lebih mahal sekitar 10 ringgit dari harga online. Keuntungan membeli online kamu bisa mendapatkan harga lebih murah namun resikonya jika penerbangan kamu ada delay maka ada kemungkinan tertinggal bus. Jadi apabila kamu mau beli online pastikan sudah diperhitungkan waktu landing, proses imigrasi, ambil bagasi jika ada serta alokasi waktu lebih untuk antisipasi semisal pesawat kamu delay.





Apabila kamu tidak bisa memesan online dari pengalaman kami bisa dikatakan cukup aman untuk memesan langsung di loket penjualan tiket setibanya di bandara, resikonya harga tiket lebih mahal dan bisa saja kehabisan tiket dan harus menunggu jadwal keberangkatan berikutnya jika kamu bepergian di peak season. Kamu dapat memperhatikan jadwal keberangkatan bus terkini di website tersebut  sehingga dapat disesuaikan dengan kedatanganmu di bandara. Untuk keberangkatan dari bandara KLIA atau KLIA2 yang melayani rute ke Ipoh yaitu hanya ada 1 pilihan bus operator yaitu Star Shuttle Express. Lama perjalanan dari bandara KLIA 1 atau KLIA2  ke Ipoh sekitar 3,5 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

2.         Cara menuju ke kota Ipoh dari Kuala Lumpur dengan bus
Apabila kamu datang dari Kuala Lumpur maka kamu dapat mencari bus umum yang menuju kota Ipoh dari Terminal Bersepadu Selatan di Bandar Tasik Selatan. Dari Tengah kota kamu dapat naik LRT Jalur Putra Heights dengan tujuan stasiun Bandar Tasik Selatan kemudian berjalanlah ke arah Terminal Bus Bersepadu Selatan yang terintergrasi dengan stasiun LRT, stasiun KTM/ Komuter Train dan stasiun KLIA Transit.
Dalam satu harinya terdapat sekitar 17 kali keberangkatan dari beberapa bus operator diantaranya Etika Express, Ekspres Kesatuan, Kejora Mansyur dan Plusliner dengan harga tiket mulai dari 20 ringgit hingga 30 ringgit tergantung kelas tiket atau operator bus yang kamu pilih. Lama perjalanan dari Kuala Lumpur  ke Ipoh sekitar 3 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

3.        Cara menuju ke kota Ipoh dari Penang Komtar/ Sungai Nimbong



Untuk kamu yang hendak naik dari Penang bisa di pick up dari terminal bus Penang Komtar atau Terminal bus Sungai Nimbong yang berada di Pulau Pinang dengan harga tiket mulai dari 25 Ringgit tergantung operator bus dan kelas tiket yang kamu pilih. Ada kelas tiket normal dengan konfigurasi tempat duduk 2-2 ada juga bus dengan konfigurasi tempat duduk 2-1 yang tentunya lebih nyaman dan lebih luas untuk perjalanan darat. Untuk bus operator dari  terminal bus Penang Komtar atau Terminal bus Sungai Nimbong menuju terminal bus Aman Jaya di kota Ipoh hanya ada 2 pilihan yaitu Billion Star Express dan Unititi Express.

4.        Cara menuju ke kota Ipoh dari Penang Sentral bus terminal/ Butterworth
Apabila kamu hendak naik bus dari Penang Sentral bus terminal yang lokasinya berada di Butterworth dan terintegrasi dengan Penang Ferry terminal dan stasiun kereta Butterworth kamu bisa memiliki pilihan yang lebih banyak bus operator dengan total sekitar 10 kali keberangaktan setiap harinya. Pilihan bus operatornya diantaranya adalah Season Pacific Express, Konsortium Bas Express, Arwana Express, Unititi Express, Ekpress Kesatuan, Kejora Mansyur, Maraliner dan Cepat Ekpress. Untuk ongkos busnya sekali jalan perorang mulai dari 15 Ringgit hingga 20 Ringgit tergantung jenis bus dan kelas tiket yang kamu beli. Untuk jadwalnya mulai dari jam 8:45 pagi hingga jam 11:30 malam. Lama perjalanan dari Penang ke Ipoh sekitar 2.5 jam, tergantung kondisi lalu lintas.




5.        Cara menuju ke kota Ipoh dengan Kereta Api dari Kuala Lumpur
Alternatif transportasi umum yang nyaman dari kota Kuala Lumpur ke kota Ipoh yaitu dengan naik kereta ETS Gold. Dalam satu harinya ada 3 jadwal keberangkatan dari Kuala Lumpur ke kota Ipoh menggunakan kereta ETS Gold yaitu jam 8:35 pagi, jam 9:50 pagi dan jam 11:50 siang. Untuk harga tiketnya perorang yaitu 36 Ringgit untuk dewasa dan 22 Ringgit untuk anak-anak. Untuk kamu yang hendak membeli tiket ETS Gold ada baiknya melakukan pembelian dari beberapa hari sebelumnya agar rencana perjalanan dapat berjalan sesuai itinerary. Untuk pemesanan online dapat klik di website ini https://eticket.ktmb.com.my dan apabila kamu hendak membeli langsung konter/loket penjualan tiket dibuka dari jam 7 pagi sampai jam 9:30 malam.
Exterior kereta ETS Gold tujuan ke Ipoh
Dalam perjalanan kami mengamati fasilitas yang ada di dalam kereta ETS Gold ini. Pada setiap baris kursinya masing-masing berisi 4 kursi dengan konfigurasi 2+2 di kedua sisi lorong kereta. Semua kursinya reclining berwarna merah yang dapat disesuaikan sudut kenyamanannya. Sama halnya dengan tiket kelas ekonomi di pesawat, kelas ini juga dilengkapi dengan meja lipat di belakang setiap kursi dan dapat dilipat untuk memberikan keleluasaan.
Interior kereta ETS Gold tujuan ke Ipoh


Kereta ETS Gold melaju dengan cepat. Dengan teknologi yang dimiliki kereta ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 160 km/jam, dengan kecepatan tersebut kereta ini dikatakan masuk dalam kategori kereta cepat berkelajuan tinggi. Dengan naik kereta ETS Gold waktu tempuh yang dibutuhkan dari Kuala Lumpur untuk sampai ke kota Ipoh hanya 2 jam 40 menit saja.
Selain di Malaysia kamu bisa naik kereta ETS Gold, kamu juga bisa mencoba kereta ETS Platinum yang lebih cepat dan futuristik. Tonton videonya disini ya.


6.        Sampai di Stasiun Kereta Api Ipoh
Apabila kamu ke kota Ipoh dengan kereta api maka kamu akan tiba di stasiun kereta api Ipoh. Dari stasiun ini apabila kamu hendak mencari transportasi umum yang bisa engantarkan kamu ke penginapan atau langsung ke tempat wisata di sekitar kota Ipoh maka kamu dapat memanfaatkan transportasi online/daring yaitu Grab. Alternatif lainnya yaitu taksi umum yang bisa kamu pilih dengan kualitas kendaraan yang umumnya lebih buruk dan sebagian besar tidak pakai argo dimana kamu harus bernegosiasi dulu sebelum taksi jalan dan mengantarkan kamu ke tempat tujuan.
Suasana stasiun kereta api KTM Ipoh di siang hari

7.         Sampai di Terminal bus kota Ipoh
Perjalanan bus ke terminal Amanjaya di Ipoh kurang lebih 2-4 jam tergantung dari kondisi jalan raya dan dari kota mana kamu berangkat. Sesampainya di teminal bus terminal Aman Jaya apabila kamu tidak berencana menginap di kota ini ada baiknya segera membeli tiket bus pulangnya agar rencana perjalananmu dapat berjalan lancar. Namun apabila kamu menginap rasanya tidak perlu membeli tiket bus lebih awal karena jadwal busnya cukup banyak yang dioperasikan beberapa operator bus.
Bangunan tua di kota Ipoh, Perak


Sebagai informasi lokasi terminal bus Amanjaya cukup jauh dari kota tua dan stasiun kereta Ipoh yaitu sekitar 10 kilometer. Apabila kamu hendak menuju kota tua Ipoh maka transportasi yang kamu gunakan adalah bus dalam kota, transportasi daring Grab atau taksi reguler.

8.         Bandara di Ipoh, Perak
Walaupun sebagian besar orang berkunjung ke Ipoh melalui jalur darat namun yang perlu kamu ketahui di Ipoh juga ada sebuah bandara yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Bandara Sultan Azlan Shah yang belum lama telah dinaik taraf/ upgrade kini telah memiliki beberapa penerbangan rutin mulai dari Johor Bahru ke Ipoh dengan Malindo Air serta penerbangan langsung ke Singapura dengan maskapai TigerAir dan FireFly.

9.        Transportasi umum di kota Ipoh
Apabila kamu hendak berkeliling kota Ipoh dengan bus umum maka kamu dapat menggunakan Perak Transit atay My Bus untuk berkeliling. Bus ini memiliki rute ke bangunan dan area yang populer di sekitar kota Ipoh. Total ada 16 rute bus yang beroperasi di kota ini diantaranya bus T30a yang melayani rute dari stesen Bas Medan Kidd sampai ke Terminal Amanjaya, bus T30b dengan rute dari stesen Bas Medan Kidd sampai ke Terminal Amanjaya sampai Chemor, bus T31a dengan rute dari stesen Bas Medan Kidd - Tasik sampai ke Chemor, bus F100 yang melayani rute ke Ipoh Town dan belasan rute lainnya yang info detailnya dapat kamu lihat di website resminya yaitu peraktransit .com
Bus umum yang melayani rute dalam kota di Perak, Malaysia

10.       Sewa Kendaraan/ Motor/ Sepeda
Salah satu alternatif untuk menjelajah kota Ipoh di Perak adalah dengan menyewa kendaraan. JIka kamu bepergian dengan kelompok kecil dan suka berpetualang maka sepeda motor adalah alternatif yang bisa kamu pilih. Namun jika kamu bersama keluarga dengan jumlah personel sekitar 3-4 orang maka sewa mobil bisa jadi pilihan juga. Apabila kamu hendak menyewa mobil ada aplikasi online seperti SOCAR atau GOCAR yang bisa jadi pilihan. Untuk sewa mobil umumnya perhari sekitar 100-150 Ringgit tergantung jenis dan brand mobilnya. Kalau kamu hendak menyewa sepeda motor maka budgetnya adalah mulai dari 35 Ringgit sehari tergantung jenis motor yang hendak kamu sewa.
Suasana kota tua Ipoh, Malaysia


Apabila kamu hendak berkeliling dengan sepeda kayuh maka kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi online untuk sepeda salah satunya Obike yang beroperasi di Ipoh. Namun untuk sewa sepeda melalui aplikasi online per tahun 2019 ini harus dicek kembali apakah masih ada atau tidak karena di kota lainnya seperti Kuala Lumpur sudah ditarik peredarannya karena perusahaan tersebut mengalami banyak kerugian.

11.        Grab/ taksi di kota Ipoh
Dikarenakan interval waktu menunggu bus yang cukup lama dan tidak semua destiansi bisa dicapai dengan bus umum dari pengalaman kami untuk lebih efesien waktu maka kamu bisa menggunakan transportasi daring Grab untuk berkeliling kota Ipoh dan menunjungi beberapa destinasi di sekitar kota Ipoh dan kawasan Perak.
Pelataran halaman stasiun kereta api/ KTM Ipoh Perak
12.       White coffee di kota ipoh
Kalo kamu suka kopi, bangunan bersejarah di kota tua dan kulineran rasanya kota Ipoh di Perak Malaysia patut kamu masukan dalam salah satu destinasi saat kamu berkunjung ke negeri jiran Malaysia. Namun dari beberapa alasan tersebut yang menjadi daya tarik utama tentu saja mencoba white coffee nya, karena dari kota Ipoh di Perak inilah asal mulanya. Racikan biji kopi yang dipanggang dengan margarin kelapa sawit dan susu membuat cita rasa kopinya begitu khas. 
Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia
Ada beberapa kedai kopi yang sangat populer di kalangan warga setempat yang bisa kamu coba diantaranya yaitu Kedai Kopi Ah Chow yang beralamat di Jalan Bandar Timah No.31, Kedai Kopi Chang Jiang yang beralamat di Jalan Pasir Puteh No 171, Kedai kopi Nam Chau yang beralamat di Jalan Bandar Timah No 54, Kedai Makanan Nam Heong di Jalan Bandar Timah No.2 serta Kedai kopi Sin Yoon Loong yang beralamat di Jalan Bandar Timah No 15A. Untuk kamu yang muslim sebagaian besar kedai kopi disini tidak bersertifikat halal ya guys, jadi sebaiknya hindari makan disini.
Salah satu sudut bangunan di kota tua Ipoh, Malaysia.


13.     Bangunan bersejarah di kota tua Ipoh
        Ada cukup banyak bangunan bersejarah peninggalan kolonial Inggris yang menarik untuk dikunjungi di kota ini. Jika kamu berkunjung ke kota Ipoh dengan moda transportasi kereta api maka bisa memulai dari sekitar kawasan Stasiun Kereta Api Ipoh yang masuk dalam salah satu Jejak Warisan/ Heritage Trail yang ada di kota Ipoh. Di kawasan tersebut terdapat beberapa bangunan bersejarah lainnya dengan arsitektur yang menarik untuk diselami dan instagramable untuk berfoto. 

Salah satu masjid tua di kota Ipoh, Perak

Clock tower, salah satu destinasi kota tua di Ipoh, Perak Malaysia

Berikut adalah beberapa rekomendasi kami mengenai bangunan bersejarah apa saja yang bisa kamu kunjungi di kota Ipoh.
[1]  Ipoh Railway Station
[2]  Cenotaph
[3]  Town Hall and Old Post Office
[4]  High Court
[5]  Perak Library
[6]  Royal Ipoh Club
[7]  Ipoh Padang
[8]  St. Michael’s Institution
[9]  Masjid India
[10]  F.M.S. Bar & Restaurant
[11]  Hongkong & Shanghai Bank
[12]  Residence & Law Office of The Seenivasagam Brothers
[13]  Perak Hydro Building
[14]  Municipal Car Park
[15]  Mercantile Bank
[16]  Straits Trading Building (OCBC)
[17]  The Chartered Bank
[18]  Chung Thye Phin Building
[19]  S.P.H. De Silva Building
[20]  Kin Kwok Daily News
[21]  Perak Ku Kong Chow Association
[22]  Han Chin Pet Soo
[23]  Panglima Lane (Concubines Jee Lai Hong Lane)
[24]  Ipoh Kong Heng Coffeeshop
[25]  Mikasa Photo Shop
[26]  Jan Sahib’s Office
[27]  Birch Memorial
Bangunan tua di kota Ipoh, Perak
Bangunan tua Dewan Bandaraya Ipoh di kota Ipoh, Perak

Bangunan tua di kota Ipoh, Perak
Beberapa spot instagramable di kota tua Ipoh, Malaysia
Bangunan tua di kota Ipoh, Perak
Salah satu spot untuk dikunjungi ketiga heritage trail di kota tua Ipoh, Malaysia

Suasana kota tua dan stasiun kereta api Ipoh di malam hari.
    Untuk menjelajah Jejak Warisan ini kamu bisa melihat peta heritage trail ini sebagai referensi kamu ketika berkeliling dan menjelajah kota tua Ipoh.




14.      Mural di kota Ipoh
Di kota Ipoh selain kamu mencoba kenikmatan white coffee dimana tempat kopi ini berasal juga bisa menjelajah kota tuanya yang punya banyak gambar mural yang unik salah satunya kakek tua yang sedang menikmati secangkir white coffee ini. Sama halnya dengan kota tua di Penang dan Melaka gambar mural juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke kota ini. Walaupun tidak sepopuler mural di kota Penang dan Melaka, mural di kota tua Ipoh juga menarik untuk dikunjungi. 

Mural-mural yang bisa kamu jelajahi di kota tua Ipoh, Malaysia

Mural-mural yang bisa kamu jelajahi di kota tua Ipoh, Malaysia

Mural-mural yang bisa kamu jelajahi di kota tua Ipoh, Malaysia
 Awal mulanya mural yang ada di kota Ipoh dibuat oleh salah satu artis bernama Ernest Zacharevic, namun kini mural hasil karya artis lainnya juga bisa kamu temukan di berbagai sudut kota baik di kota tua Ipoh maupun di New Town Ipoh. Total ada puluhan karya seni mural yang bisa kamu nikmati dan dijadikan sebagai latar belakang foto yang bagus untuk mendokumentasikan diantaranya A Paper Plane (4.598776 N, 101.077827 E), An Old Uncle Drinking Coffee (4.59843 N, 101.078542 E), A Yellow Hummingbird (4.596715 N, 101.078483 E), A 'Kopi' Break (4.596771 N, 101.078612 E), A Bag Of Coffee (4.595918 N, 101.078195 E), Girl On A Wall In Bandar Timah (4.59691 N, 101.078152 E), Old Town Relives Nostalgia With Trishaw (4.59531 N, 101.078511 E),  Tin Mining Town With Chinese-Style Painting (4.5964 N, 101.079252 E) dan belasan mural kece lainnya.
Mural-mural yang bisa kamu jelajahi di kota tua Ipoh, Malaysia
Mural-mural yang bisa kamu jelajahi di kota tua Ipoh, Malaysia
Untuk menjelajah mural tersebut kamu bisa mengikuti peta yang bisa kamu dapatkan di pusat informasi pariwisata kota Ipoh atau bisa mengikuti rute berikut ini.

15.      Kuliner di kota Ipoh
Selain mengunjungi kedai-kedai kopi di kota Ipoh seperti Kedai Kopi Ah Chow yang beralamat di Jalan Bandar Timah No.31, Kedai Kopi Chang Jiang yang beralamat di Jalan Pasir Puteh No 171, Kedai kopi Nam Chau yang beralamat di Jalan Bandar Timah No 54, Kedai Makanan Nam Heong di Jalan Bandar Timah No.2 serta Kedai kopi Sin Yoon Loong yang beralamat di Jalan Bandar Timah No 15A di sekitar kota tuanya terdapat beberapa cafe dengan beragam pilihan kuliner serta memiliki suasana yang asik untuk nongkrong.

Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia


Untuk kamu yang non muslim rasanya kota Ipoh bisa menjadi salah satu surga kuliner untuk kamu karena ada banyak restoran atau tempat makan yang otentik disini diantaranya Restaurant Lou Wong Tauge Ayam Kuetiau, Aun Kheng Lim, Sin Eng Heong, Big Tree Foot Roadside Hawker, Kedai Makanan Nam Heong,  Ipoh Pasir Pinji 5 Chee Cheong Fun, Foh San Restaurant, Restoran Wong Koh Kei atau Ming Court Hong Kong Dim Sum. 

Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Untuk kamu yang muslim rasanya bisa mengikuti cara kami yang lebih mencari makanan halal seperti makan nasi kandar ayam merah atau yang dikenal dengan nasi Ganja di Kedai Kopi Yong Suan 2 yang terletak di Jalan Yang Kalsom, Taman Jubilee. Selain nasi ganja ada juga menu halal lainnya yaitu nasi briyani yang bisa kamu coba di Restoran M. Salim Nasi Briyani, restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1985 dan menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi di Ipoh. Menu otentik lainnya di Iph yaitu kembang tahu dan susu kacang yang bisa kami beli di beberapa kedai yang ada di Ipoh salah satunya Funny Mountain Soya Bean. 

Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia
Untuk kamu yang suka nongkrong ada beberapa cafe yang bisa kamu coba disini diantaranya Nelly Cafe, Patisserie Boutique, Bits & Boons, Plan B atau Burps Giggles.

Suasana tempat makan di gang-gang kecil di kota tua Ipoh, Malaysia

Salah satu interior cafe yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia
Salah satu interior cafe yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Salah satu interior cafe yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Salah satu interior cafe yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Salah satu interior cafe yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Salah satu cafe yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Salah satu interior yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Salah satu interior cafe yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia
Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

Cafe-cafe dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di kota tua Ipoh, Malaysia

16.      Rekomendasi penginapan di kota Ipoh
Apabila kamu traveling ke kota Ipoh tanpa tour dan memiliki rencana menginap di kota tua Ipoh kami sarankan carilah hotel yang berada di pusat kota tuanya atau yang letaknya strategis sehingga memudahkan kamu untuk menjelajah kota ini. Dengan begitu kamu dapat memaksimalkan waktu yang ada serta dapat berkeliling kota dan menjelajah baragam kulinernya hingga malam hari.
Hotel tempat kami menginap yang tidak jauh dari stasiun kereta api KTM Ipoh
Penginapan kami saat di kota Ipoh, Malaysia
Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Melaka, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini.

17.      Tempat yang patut dikunjungi di sekitar Ipoh
Selain heritage trail menjelajah bangunan kuno dan mural-mural di kota tua Ipoh, destinasi lain  yang bisa kamu kunjungi di sekitar kota Ipoh diantaranya Kellie’s castle dan Han Chin Pet Soo Museum untuk kamu yang suka menjelajah bangunan bersejarah, The Haven Luxury Resort & Lost World of Tambun untuk kamu yang suka ke wahana bermain atau menginap di resort yang nyaman dan mewah, caving ke Gua Tempurung serta menjelajah beberapa bangunan kuil seperti KeK Lok Tong Cave Temple, Sam Poh Tong Cave Temple, Ling Sen Tong Temple dan Kwan Yin Tong Temple. Untuk kamu yang suka pemandangan alam rasanya Gunung Lang Recreational Park bisa kamu masukan dalam salah satu destinasi yang kamu kunjungi ketika berada di Ipoh.

18.      Cuaca di Ipoh Perak
Untuk cuaca di kota Ipoh hanya ada 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan. Ini tergantung dari kapan waktu kedatangan kamu ketika ke kota ini.
Suasana kota tua Ipoh, Perak
19.      Open Trip
Pengalaman kami menjelajah kota Ipoh kami tidak menemukan adanya Open trip seperti halnya di Thailand atau Vietnam. Namun jangan khawatir jika kamu seorang independent traveler yang mengatur perjalanan sendiri maka bisa memanfaatkan transportasi daring Grab yang bisa mengantarkan kamu ke semua destinasi populer di Ipoh dengan tarif grab yang terbilang terjangkau karena secara jarak lokasi-lokasi wisata di Ipoh dan Perak jaraknya tidak terlalu jauh.

Salah satu bangunan tua yang dilindungi di kota Ipoh, Malaysia

20.      Oleh-oleh dari kota Ipoh
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di kota yang dikunjungi dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk kamu yang non muslim bisa membawa oleh-oleh berupa makanan khas dan otentik di Ipoh diantaranya biskuit yang bisa dibeli di Ching Han Guan Biscuit Shop atau Guan Heong Biscuit Shop. Beberapa kuliner lain yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang yaitu Egg Tarts dari Choy Kee serta Kaya Puffs dari Sin Eng Heong yang juga otentik hanya ada di kota Ipoh. Untuk kamu yang muslim salah satu oleh-oleh yang bisa kamu beli yaitu kopi putih dari Ipoh yang umumnya halal dan bisa kamu dapatkan di kedai-kedai runcit atau supermarket yang ada di kota Ipoh.
Belanja di kedai runcit di kota Ipoh, Malaysia
Salah satu toko untuk membeli oleh-oleh di Ipoh, Malaysia
Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu hendak pergi ke kota Ipoh di Malaysia bermanfaat. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang kota Ipoh yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.



Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya. 
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.