Wednesday, March 5, 2014

Kemegahan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh Aceh

Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh - Provinsi Aceh

           Di Negeri Serambi Mekah Provinsi Aceh tepatnya di kota Meulaboh Aceh Barat terdapat sebuah masjid besar yang masuk dalam daftar 100 Masjid terindah di Indonesia. Masjid ini merupakan salah satu saksi bisu yang selamat dari terjangan Ombak tsunami yang memporak-porandakan kota Meulaboh di tahun 2004 silam. Allah hu’alam masjid ini tetap berdiri kokoh diantara puing-puing bangunan kota yang hampir rata dengan tanah pada saat bencana tsunami itu terjadi. Diwaktu bencana dan paska bencana, masjid ini menjadi tempat mengungsi dan evakuasi para korban yang selamat.
Masjid yang terletak di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan ini bernama Masjid Agung Baitul Makmur yang merupakan salah satu lansekap dan ikon kota Meulaboh seperti halnya Masjid Baiturrahman di Banda Aceh. Masjid ini berdiri diatas tanah seluas 5,2 hektar dengan luas bangunan 3500 meter yang diperkirakan dapat menampung 7000 jemaah umat muslim untuk beribadah disana.
Masjid ini dibangun dengan arsitektur perpaduan Aceh, Timur Tengah dan Asia dengan warna coklat yang mendominasi keseluruhan bangunan masjid ini yang dipadupadankan dengan warna merah bata pada kubah masjid. Dari bentuk arsitekturnya yang kental dengan nuansa Timur Tengah bangunan ini mengingatkan pada kita pada bangunan di dongeng 1001 malam yang bertebaran di seantero kota Bagdad. 
Penampakan Eksterior Bangunan dari Sebelah Kanan Masjid
Yang menjadi ciri khas masjid ini yaitu kubah utama yang besar yang diapit oleh dua buah kubah besar bulat berujung lancip serta dua buah kubah menara air yang berada disisi kanan dan kiri. Dan bangunan ini dipercantik dengan dua buah menara masjid disisi mihrab dengan kubah kecil diatasnya yang menjulang tinggi ke langit.
Interior Desain Yang Megah
Detail Setiap Ornamen Yang Menghiasi Interior Masjid
            Interior desainnya pun tak kalah menarik. Bangunan dua lantai ini dihiasi dengan mozaik ornamen perpaduan akulturasi budaya dan pengaruh Timur Tengah pada setiap sisi dan dinding masjid membuat penampilan masjid ini tampak mewah. Hal ini ditambah lagi dengan pilar-pilar beton yang bermotif marmer berwarna coklat yang membuat bangunan ini tampak kohoh dan megah.
Masjid ini selain sebagai tempat ibadah shalat juga berfungsi sebagai sarana pendidikan islam lengkap mulai dari TK Alquran untuk pendidikan dini hingga Madrasah Tsanawiyah,Ibtidaiyyah dan Dinniyyah. Masjid Agung Baitul Makmur ini merupakan masjid terbesar dan termegah di kawasan pantai barat Kabupaten Aceh Barat, provinsi Aceh, Indonesia.
Jadi jika kamu sedang datang ke Provinsi Aceh Khususnya kota Meulaboh, bersujudlah di masjid ini bagi kamu yang beragama islam dan rasakan ketenangan dan kedamaian didalamnya.

follow my instagram @travelographers & twitter account @travelographers 

1 comment:

  1. Temukan berbagai macam informasi wisata yang ada di Indonesia beserta makna/arti/cerita tentang wisata tersebut yang ada di indonesia
    Dan juga artikel-artikel tentang wisata di wisataIndonesiaraya.com dan like page facebook wisataIndonesiaraya.com

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.