Wednesday, July 11, 2012

Seruuu! Berenang Bersama Hiu di Karimun Jawa



Pulau yang memiliki julukan Mutiara di Laut Jawa ini memang benar adanya. Pulau Karimun Jawa memiliki keindahan yang begitu memanjakan mata dari setiap pengunjung yang datang kesini. Banyak orang baik wisatawan lokal maupun asing terpesona dengan keindahan alamnya yang masih relatif terjaga ini.
Untuk menjaga kelestarian alamnya, Karimun Jawa telah ditetapkan sebagai Taman Nasional yang dilindungi dengan memiliki pulau berjumlah 27 dan luas daratan sekitar 7120 Hektar. Penduduk terbesar dikepulauan ini yaitu berada di Pulau Karimun Jawa, sedangkan pulau lainnya umumnya berupa pulau kosong untuk konservasi dan beberapa diantaranya dijadikan sebuah resort pribadi.
Keindahan Kepulauan Karimun Jawa dapat dilihat dari keanekaragaman ikan yang berwarna-warni menghiasai disebagian besar terumbu karang yang cantik dan masih relatif terjaga kelestariannya dengan baik.  Pasirnya yang putih, Jernihnya air laut serta pulau-pulau yang indah begitu mempesona.
Untuk menjelajahi kepulauan Karimun Jawa/ Hopping Island dapat dilakukan dengan menyewa perahu nelayan kemudian mengunjungi ke pulau-pulau sekitar karimun jawa yang indah untuk melakukan snorkeling atau diving dibeberapa spot yang bagus. Tentu saja disaat kapal merapat disebuah pulau, anda dapat menikmati pantai dengan pasir putih dan bersih, air laut yang jernih serta terumbu karang yang indah dibibir pulau. 

Atraksi utama di pulau Karimun Jawa tentu saja berenang bersama Hiu putih dan Hiu hitam dikolam penangkaran hiu yang sayang untuk dilewatkan. Untuk memberanikan diri, ada baiknya anda mencoba masuk ke kolam penangkaran Hiu yang kecil terlebih dahulu baru kemudian dapat pindah ke kolam lain tempat penangkaran Hiu yang besar.
Hal yang anda harus perhatikan yaitu ketika masuk ke kolam Hiu ini, usahakan tetap dalam kondisi tenang dan tidak panik, atau melakukan gerakan tiba-tiba yang dapat menggangu ketenangan Hiu tersebut. Selain itu bagi anda yang sedang dalam kondisi terluka/ berdarah atau untuk wanita yang sedang datang bulan, untuk menghindar resiko diserang Hiu disarankan untuk tidak masuk ke kolam tersebut dikarenakan indra penciuman Hiu dikenal sangat tajam untuk mencium bau darah.
Berani mencoba berenang dengan Hiu? Sensasinya luar biasa loh dan sayang jika dilewatkan, karena tak banyak penangkaran Hiu di Indonesia selain di Karimun Jawa. Seruuuuu!

 Follow me on twitter : @travelographers







2 comments:

  1. Keren bangettt Karimun jawa.. jadi pengen kesanaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, u should visit karimun jawa.. mumpung hiu nya belum sebesar paus.. hehe..
      yg pasti selain masih alami, suasana sunsetnya selalu terasa magis bagi gw.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.