Tuesday, December 4, 2018

Asia Overland. Kereta malam dari Ha Noi ke Lao Cai Menuju ke Sa Pa Vietnam



Kereta Api Yang Melayani Rute Ha Noi - Lao Cai di Vietnam
“Ga” means chicken, as in “Pho Ga” – chicken noodles. I gather “Ga” also means “station". Dalam bahasa vietnam Ga bisa berarti ayam juga bisa berarti stasiun. Kalau di kedai makanan penjual mie vietnam Pho kata Ga berarti ayam, sedangkan kata Ga Ha Hoi di bangunan yang didominasi warna kuning mangga/ gading dan warna putih khas Vietnam ini artinya stasiun Ha Noi, bukan ayam Ha Noi, dan bukan ayam kampus. Eeh.
Di Ha Hanoi ada 3 stasiun kereta, mereka membaginya berdasarkan tujuan. Untuk jalur kereta bagian selatan yang menghubungkan Saigon Ho Chi Minh City sampai Ha Noi letaknya ada di kawasan Old Quarter. Dan beberapa ratus meter dari stasiun itu ada stasiun ini yang menghubungkan Vietnam utara dari Ha Noi ke Lao Cai. Ada lagi 1 stasiun lagi yang letaknya agak ke pinggir kota stasiun itu menghubungkan Vietnam Utara dengan Daratan China. 

Stasiun Ha Noi untuk rute ke Selatan, Vietnam
Stasiun Ha Noi untuk rute ke Selatan, Vietnam
Stasiun Ha Noi untuk Rute ke Lao Cai, Vietnam


Suasana di sekitar stasiun Ha Noi, Vietnam
Suasana di sekitar stasiun kereta Ha Noi, Vietnam
 Kebiasaan kurang baik dalam perjalanan itu terkadang ngegampangin sesuatu. Salah satunya kebiasaan ku membeli tiket transportasi seperti bus atau kereta dadakan dengan alasan agar jadwal perjalanan lebih fleksibel tidak diburu waktu dan bisa menikmati perjalanan tanpa dihantui itinerary yang mengikat. Akibatnya pada saat perjalanan dari kota Ha Noi ke kota Lao Cai dengan kereta api niat awalnya ingin sekali mencoba naik kereta kelas sleeper yang ada tempat tidur dalam kompartemen gerbong keretanya namun apa daya yang tersisa hanya tiket kereta kelas ekonomi kasta paling bawah yang tentunya paling murah. Satu hal yang perlu aku syukuri yaitu dengan masih mendapatkan tiket ini tentunya perjalananku masih bisa berjalan sesuai rencana awal.

Loket pembelian tiket di stasiun Ha Noi, Vietnam
Suasana di dalam ruang tunggu stasiun kereta Ha Noi tujuan ke Lao Cai, Vietnam
Berjalan menuju gerbong kereta di Stasiun Kereta Api Ha Noi, Vietnam
Untuk kelas ekonomi walaupun kursinya dari kayu kesan pertama naik dari stasiun pertama sih terlihat nyaman karena gerbongnya sepi dan tidak dijejalji banyak penumpang. Namun di stasiun berikutnya gerbongpun penuh dijejali berbagai rupa manusia, sayur dan binatang unggas yang dimasukan dalam gerbong yang sama membuatku menjadi mati rasa, sulit bergerak bahkan untuk meluruskan kaki mengingat ada beberapa orang yang tidak di lantai kursi ku berada. Sama seperti tiket ekonomi di Indonesia zaman dulu gerbong kereta dijejali penumpang hingga ke lorong-lorong, di sela-sela kaki dan kursi penumpang, di sambungan gerbong hingga ke pintu toilet. Walaupun dalam kenyataannya waktu tempuh dari Ha Noi ke Lao Cai terhitung 8 jam perjalanan kereta api namun ini menjadi salah satu perjalanan yang terasa lama bagiku. Namun dibalik semua itu selalu ada cerita dalam sebuah perjalanan.

Kursi kereta kelas ekonomi, Vietnam
Pemandangan disisi kiri kereta api dalam perjalanan dari Ha Noi ke Lao Cai pada pagi hari


Di tengah perjalanan kondisi kaki yang mati rasa ini aku sempat membayangkan untuk tidur di tiket kereta kelas hard sleeper yang di dalam 1 kompartemen di gerbong kereta terdapat 6 buah kasur yang disusun bertingkat. Untuk yang ingin mencoba pengalaman tidur di dalam gerbong kereta sleeper seperti ini namun budget terbatas bisa dicoba yang kelas hard sleeper train seperti ini yang harga tiketnya masih terjangkau.
Ini adalah gambar gerbong kereta kelas soft sleeper kelas 2 di Vietnam. Dalam 1 kompartemen di gerbong kereta terdapat 4 buah kasur yang disusun bertingkat seperti ini. Untuk penumpang yang memiliki budget lebih dan ingin kenyamanan umumnya memilih tiket kereta kelas soft sleeper yang masing-masing kompartemen dalam gerbong keretanya hanya ada 4 kasur empuk dan dilengkapi fasilitas penunjang lainnya.
Ini Gerbong Kelas Sleeper di Kereta Vietnam
Ini lorong di dalam gerbong kereta kelas sleeper di Vietnam


Menariknya Di Vietnam ada beberapa perusahaan yang mengoperasikan gerbong kereta 'mewah' ini yang menawarkan fasilitas tidur yang nyaman selama perjalanan. Beberapa pilihan diantaranya yaitu Livitrans, Victoria Express, Orient Express, King Express, Tulico Express, Capa Express, Sapaly Express, Hoa Phuang, Hara Express, Fansipan Express,TSC Express train dan operator lainnya. Untuk kenyamanan maksimal jika kamu punya budget lebih bisa ambil tiket kereta api kelas 1 soft sleeper yang dalam 1 kompartemennya hanya ada 2 kasur (tidak bertingkat) dengan interior yang elegan dan mewah.
Ini gerbong kelas mewah yang bisa dinikmati para wisatawan di Vietnam

Kereta malam yang melayani rute Ha Noi - Lao Cai, Vietnam
Ps: Tips dari kami kalau perjalanan panjang dengan hard sleeper train ada baiknya pilih kasur yang paling bawah jadi kalo lelah rebahan kasurnya bisa buat tempat duduk sambil menikmati pemandangan, mengemil atau baca buku. Karena apabila kasur tingkat 2 dan 3 nya cukup sempit dan kurang nyaman untuk duduk karena kondisi kaki akan menggantung, jadi mau tidak mau sepanjang perjalanan tiduran aja. Untuk perihal bagasi disarankan koper atau ransel yang dibawah tidak lebih dari 20 kilogram untuk memudahkan mobilisasi pada saat naik dan turun kereta. Untuk harga tiketnya tergantung kelas tiket dengan harga termurah yaitu hard/soft seat sekitar 100-150,000 Vietnam Dong, tiket kereta Soft Sleeper yaitu seharga 250-400,000 Vietnam Dong sedangkan kereta turis yang dikelola swasta bisa mencapai 1-2,000,000 Vietnam Dong. 
Suasana stasiun kereta api Lao Cai, Vietnam
Gerbang Stasiun kereta api Lao Cai, Vietnam


Untuk tiket anak-anak sendiri sedikit ambigu, dari pengalaman kami naik yang jalur selatan dalam peraturan tertulis anak dibawah 5 tahun gratis, namun apabila melihat di website pemesanan tiket online swasta anak diatas 3 tahun sudah harus membayar sekitar 50 persen harga tiket dewasa. Jadi tips kami pakailah website resmi nya (http://vr.com.vn) agar bisa lebih murah. Pastikan kamu telah mengubah setinggan bahasa pada website tersebut dari Vietnam ke English, karena jika tidak bisa dipastikan kamu akan tersesat dalam bahasa. Wkwkwk
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland yang menceritakan kisah perjalanan darat menjelajah 13 negara melewati 13 perbatasan darat dari negara Singapura hingga ke Daratan Cina. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak
Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

2 comments:

  1. Jadi untuk perjalanan menginap di kereta api di Vietnam emang sebaiknya membeli jauh-jauh hari ya Mas. Membayangkan duduk di gerbong berhimpit-himpit sepertitu itu, baca saja sudah capek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba evi, khususnya peak season atau pas weekend baiknya pesan dari jauh-jauh hari karena umumnya sold out baik dibeli oleh wisawatan maupun orang lokal. untuk pengalaman berhimpit"an saya ceritakan lebih detail di dalam buku overland saya.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.