Friday, October 26, 2018

20 Tips dan Panduan Jalan-Jalan Liburan ke Johor Bahru Malaysia



Johor Bahru, Malaysia
Negara Malaysia masih menjadi salah satu negara favorit bagi keluarga Indonesia untuk berlibur ke luar negeri. Selain faktor banyaknya tiket penerbangan dengan harga promo ke Malaysia juga karena ada banyak pilihan destinasi wisata keluarga yang bisa dikunjungi. Faktor lainnya karena masih serumpun rasanya wisatawan yang berkunjung ke Malaysia tidak akan mengalami banyak kesulitan baik dari segi bahasa yang hampir sama, cita rasa makanan yang juga sama serta biaya hidup yang terbilang lebih terjangkau dibanding negara tetangga terdekat Singapura.
Kota favorit di Malaysia yang banyak dikunjungi tentu saja ibukotanya Kuala Lumpur, menyusul kota Johor Bahru yang banyak dikunjungi wisatawan dari Indonesia khususnya bagi sebagian orang yang menyebrang perbatasan ke Malaysia lewat jalur darat dari Singapura. Ada banyak alasan mengapa sekarang banyak orang Indonesia yang berkunjung ke Johor Bahru diantaranya ada Legoland Theme Park dan Sanrio The Hello Kitty Land yang menjadi destinasi favorit liburan di luar negeri bagi sebagian keluarga orang Indonesia. Ada tempat wisata menarik lain apa saja di kota Johor Bahru ini? Apabila kamu termasuk orang yang hendak pertama kali mau berlibur ke Johor Bahru Malaysia khususnya yang pergi tanpa travel agent berikut beberapa informasi penting beserta tips yang dapat kami berikan agar liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana.





1.      Tentukan Tujuan
Langkah pertama yang perlu kamu putuskan yaitu melalui kota mana kamu hendak ke Johor Bahru, apakah lewat darat yaitu setelah mengunjungi Kuala Lumpur atau Melaka, ataukah lewat jalur darat dari Singapura, atau mendarat langsung di bandara Johor Bahru.
Destinasi mana yang akan kamu inginkan sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke destinasi tersebut baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Ingatlah bahwa jarak perjalanan darat dari ibu kota Kuala Lumpur ke Johor Bahru tidaklah dekat, dan waktu tempuh dari pusat kota Singapura ke Johor Bharu juga cukup menyita waktu khususnya apabila kamu melewati perbatasan di jam sibuk atau akhir pekan. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya ya.
Johor Premium Outlet di Johor Bahru Malaysia

2.  Buat Itinerary Rencana Perjalanan
Untuk mempersiapkan perjalananmu ke Johor Bahru ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dari 1 destinasi wisata di Johor Bahru ke destinasi wisata lain yang hendak kamu tuju dan jelajahi. Point ini kami tulis karena kami sendiri memiliki pengalaman dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus melewati sebuah tempat yang awalnya hendak kami tuju dengan alasan waktu yang tidak cukup. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, waktu yang diperlukan untuk menunggu taksi atau transportasi online serta kondisi lalu lintas ke destinasi yang kita tuju.

3.  Hunting Tiket Pesawat
Apabila kamu sudah membuat rencana perjalanan dan telah menentukan tujuan/ kota mana yang dikehendaki hal yang harus kamu lakukan tentu saja mencari tiket pesawat. Ada beberapa alternatif penerbangan dari Indonesia ke Johor Bahru pilihan pertama yaitu pesawat penerbangan internasional yang terbang langsung dari Indonesia ke Johor Bahru. Sejauh ini hanya ada penerbangan langsung Air Asia dari Jakarta dan Surabaya dengan tujuan ke Senai International Airport di Johor Bahru, namun yang perlu kamu ketahui jadwal penerbangan tersebut tidak reguler ada setiap harinya melainkan hanya 2 hari sekali, terlebih lagi khusus untuk penerbangan langsung dari Jakarta jadwal penerbangannya kurang bersahabat yaitu tiba di Johor Bahrunya tengah malam.
Untuk kota lain di Indonesia atau alternatif untuk kamu yang hendak transit terlebih dahulu bisa mencari penerbangan ke Kuala Lumpur terlenoh dahulu kemudian bisa meneruskan perjalanan dengan naik pesawat kembali dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru atau melalui jalur darat yaitu naik bus, kereta atau sewa kendaraan. Alternatif lain banyak juga orang yang masuk ke Johor Bahru melalui negara Singapura yaitu perbatasan Woodsland. 
Bandara Internasional Johor, Malaysia.
Berapa budget untuk tiket pesawat ke Johor Bahru? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal.  Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Johor Bahru Malaysia. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.




4.   Mencari Penginapan
Jika kamu backpackeran ke Johor Bahru dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Malaysia yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki. 
Hotel Legoland Resort yang berada di kawasan Legoland Johor Bahru Malaysia

Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Johor Bahru baiknya carilah yang dekat dengan pusat kota, tempat wisata yang dituju atau akses ke transportasi umum seperti bus Causeway Link. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Johor Bahru, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. 
Salah satu penginapan Airbnb yang kami tempati ketika berlibur ke Johor Bahru
Airbnb yang kami tempati di Johor Bahru


5.    Rekomendasi Penginapan di Johor Bahru
Menyambung point sebelumnya mengenai rekomendasi penginapan di Johor Bahru yaitu carilah lokasi penginapan sesuai dengan tujuan kedatangan kamu. Misalnya tujuan kamu adalah untuk liburan keluarga di Legoland atau Sanrio Hello Kitty Land maka carilah penginapan di sekitar Medini atau Puteri Harbour. Apabila kedatangan kamu untuk transit menuju Singapura atau sebaliknya masuk ke Malaysia melalui Johor Bahru maka carilah penginapan di sekitar pusat kota Johor atau Larkin.
Legoland Resort yang ada di kawasan Legoland Johor Bahru, Malaysia
Penginapan Airbnb kami di Johor Bahru di Infinity Residence
Di penginapan airbnb tersebut terdapat infinity pool,lokasinya tepat diseberang Medini Mall dan Legoland
  

6.   Persiapkan mata uang MYR (Ringgit Malaysia)
Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli MYR (Ringgit Malaysia) di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara Indonesia karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Sebaiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Malaysia karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Penang Malaysia saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan. Kartu ATM dari Bank Indonesia yang umumnya bisa dipakai yaitu CIMB Niaga dan Maybank.




7.   Bagaimana dengan Visa?
Sesama anggota Asean untuk mengunjungi Johor Bahru Malaysia adalah bebas visa terhadap warga negara Indonesia yang hendak berkunjung untuk berwisata atau berobat. Bebas visa yang berlaku untuk orang Indonesia apabila kamu masuk melalui jalur darat maka kamu akan mendapatkan izin tinggal dengan batas maksimum 30 hari namun jika kamu masuk melalui jalur darat mendapatkan izin tinggal yang lebih pendek yaitu dengan batas maksimum 15 hari saja.




8.   Mendarat di Senai International Airport Johor Bahru?
Apabila kamu ke Johor Bahrunya naik pesawat maka sudah dapat dipastikan kamu akan turun di bandara internasional Senai di Johor Bahru. Sebagai gambaran umum untuk bandara ini letaknya tidak di tengah kota Johor Bahru dan cukup jauh dari tempat wisata seperti Legoland dan Sanrio Hello Kitty Land serta jauh juga dari perbatasan Singapura. 



  

Alternatif transportasi dari bandara Senai ke tengah kota, perbatasan, Johor Premium Outlet atau tempat wisata seperti Legoland dan Sanrio Hello Kitty Land  bisa naik bus umum Causeway Link, Taksi atau transportasi online Grab yang bisa ditunggu di area pick up and drop off pada bagian pintu keluar bandara internasional  Senai.

Area Drop Off di Bandara Internasional Johor, Malaysia


9.   Bus Dari Bandara Senai International Airport Johor Bahru ke Singapura
Dari bandara Senai Internasional Airport ada bus Causeway Link yang melayani rute dengan tujuan ke perbatasan Singapura. Bus ini bisa kamu manfaatkan jika hendak ke Singapura lewat  kota Johor Bahru sebagai kota transit. Waktu tempuhnya sekitar 1-3 jam tergantung kondisi jalan raya dan antrean di perbatasan Malaysia dan Singapura. Untuk ongkos busnya yaitu 8 Ringgit dengan rute Senai International Airport sampai JB Sentral. Kemudian dari JB Sentral bus akan melanjutkan perjalanan ke Malaysia CIQ (1st Link) sampai ke Singapura yaitu MRT Kranji, MRT Queen Street dan MRT Newtown Circus dengan tambahan ongkos masing-masing sebesar 1.5 Ringgit ke MRT kranji dan 3.4 Ringgit ke stasiun MRT Queen Street dan MRT Newtown Circus. Dari stasiun MRT ini kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan naik bus atau MRT ke pusat kota Singapura.

Bandara Internasional Johor, Malaysia
Tempat pemberhentian bus Causway Link di Bandara Internasional Johor, Malaysia



10. Bus Dari ke Singapura ke Bandara Senai International Airport Johor Bahru
Dari Pusat kota Singapura kamu bisa naik MRT kemudian turun di stasiun MRT berikut yaitu MRT Kranji, MRT Queen Street dan MRT Newtown Circus. Dari MRT ini terdapat bus Causeway Link yang beroperasi melayani rute ke bandara internasional Senai di Johor Bahru. Bus ini bisa kamu manfaatkan apabila hendak terbang dari Johor Bahru melalui Singapura. Waktu tempuhnya sekitar 1-3 jam tergantung kondisi jalan raya dan antrean di perbatasan Singapura ke JB Sentral Malaysia. Untuk ongkos busnya yaitu apabila kamu naiknya dari MRT Kranji yaitu sebesar 1 SGD sedangkan apabila kamu naiknya dari MRT Queen Street dan MRT Newtown Circus ongkos ke perbatasan sebesar 3.3 SGD. Setelah melewati perbatasan bus akan melanjutkan perjalanan ke Senai International Aiport dengan tambahan ongkos sebesar 8 Ringgit Malaysia.  

"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak

11. Bus Umum dari Singapura Menuju Pusat Kota Johor Bahru
Langkah pertama apabila kamu dari arah Singapura maka hal yang harus kamu lakukan yaitu menyebrang perbatasan menuju ke Johor Bharu. Untuk mencapai perbatasan Singapura dan Malaysia, dari pusat kota Singapura bisa naik MRT jalur merah menuju Jurong East dan turun di stasiun Woodlands. Tepat di bawah stasiun ini di Causeway terdapat halte bis untuk menuju perbatasan tepatnya Johor Bahru yang merupakan salah satu pintu masuk menuju negeri Jiran, Malaysia.
Bus Causeway Link Yang Melayani Rute dari Bandara Internasiona Johor ke Johor Premium Outlet hingga perbatasan Singapura
Setibanya di halte bus di Causeway tampak antrean calon penumpang bus umum yang terbilang cukup ramai memadati namun semuanya tertib berbaris ke belakang mengikuti jalur besi yang telah disediakan. Ikutilah  barisan untuk bus umum SMRT bernomor 950 Tujuan ke Kotaraya II terminal Kota Johor Bahru. Pada saat melewati imigrasi Singapura dan Malaysia persiapkan semua dokumen pendukung seperti passport, itinerary perjalanan seperti bukti pemesanan tiket serta penginapan untuk persiaoan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Hal ini penting agar proses imigrasi berjalan lancar tanpa kendala atau dipersulit.



Yang perlu kamu ketahui di Johor ada 2 terminal bus, saran kami setelah melewati pintu imigrasi Johor Bahru di Malaysia bergantilah bus dengan tujuan ke Larkin Sentral bukan ke Kotaraya II Johor Bahru. Hal ini dari pengalaman pribadi kami yang salah naik bus sehingga sempat tersesat di kota Johor Bahru ketika hendak melanjutkan perjalanan ke kota lain dimana bus-bus antar kota di Johor semuanya ada di Larkin Sentral.

12. Bus Umum Menuju Kota Johor Bahru dari Bandara KLIA/KLIA2
Apabila kamu hendak ke kota Johor Bahru dari bandara KLIA1 atau KLIA2 dapat kamu temui loket penjualan tiket yang melayani rute dari bandara Kuala Lumpur International Airport ke Terminal Larkin Sentral. Kamu dapat memperhatikan jadwal yang ada sehingga dapat disesuaikan dengan kedatanganmu di bandara.
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Loket Pembelian Tiket Bus Antar Kota di Bandara KLIA 2
Konfigurasi Tempat Duduk Bus Transnational Dari Bandara KLIA ke Johor Bahru

13. Bus Umum Menuju Johor Bahru dari Pusat Kota Kuala Lumpur
Apabila kamu datang dari Kuala Lumpur maka kamu dapat mencari bus umum yang menuju kota Melaka dari Terminal Bersepadu Selatan di Bandar Tasik Selatan. Dari Tengah kota kamu dapat naik LRT Jalur Ampang dengan tujuan stasiun Bandar Tasik Selatan kemudian berjalanlah ke arah Terminal Bus Bersepadu Selatan yang terintergrasi dengan stasiun LRT, stasiun Komuter dan stasiun KLIA Transit. Kamu dapat memperhatikan jadwal yang ada sehingga dapat disesuaikan dengan kedatanganmu di terminal bus atau melakukan pemesanan tiket secara online sebelumnya. Setiap harinya ada puluhan jadwal keberangkatan bus dari beberapa operator bus dengan jam keberangkatan mulai dari pagi hingga tengah malam.
Salah satu bus yang melayani rute Johor Bahru ke Kuala Lumpur





14. Bus Umum Menuju Kota Johor Bahru dari Melaka
Apabila kamu hendak ke kota Johor Bahru dari kota Melaka kamu dapat naik dari terminal bus Melaka Sentral. Kamu dapat memperhatikan jadwal yang ada sehingga dapat disesuaikan dengan kedatanganmu di terminal bus atau melakukan pemesanan tiket secara online sebelumnya. Setiap harinya ada puluhan jadwal keberangkatan bus dari beberapa operator bus dengan jam keberangkatan mulai dari pagi hingga tengah malam.



Salah Satu Bus Yang Melayani Rute Johor Bharu - Melaka


15. Sampai di Terminal bus Larkin Sentral
Perjalanan bus ke Larkin Sentral dari Kuala Lumpur yaitu kurang lebih 4-6 jam tergantung dari kondisi jalan raya. Perjalanan bus dari kota Melaka ke Larkin Sentral kurang lebih 3 jam tergantung kondisi jalan. Sedangkan perjalanan dari pusat kota Singapura ke terminal bus Larkin Sentral sekitar 4 jam tergantung kondisi antrean imigrasi di perbatasan Singapura dan Johor Bahru. Apabila kamu tiba di terminal bus ini untuk keliling Johor Bahru kamu bisa memanfaatkan bus umum Causeway Link yang melayani beberapa rute. Apabila hendak menggunakan transportasi umum yang lebih nyaman semisal kamu membawa barang bawaan yang cukup banyak atau membawa keluarga maka kami sarankan naiklah tranportasi online seperti grab/ uber yang lebih murah dan aman.
Terminal Bus Larkin Sentral
Bus Causway Link yang melayani Rute Johor Bahru ke Singapura atau ke Tengah kota

16. Taksi di Johor Bahru
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup terjangkau argonya, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan argo taksi di Indonesia. Untuk scam atau penipuan taksi tanpa argo bisa terjadi kapan saja terantung ada peluang maka pada saat naik pastikan kamu telah deal dengan pengemudi taksi bahwa taksi yang kamu tumpangi menggunakan argo/ meter kalaupun tidak menggunakan argo baiknya sudah sepakat di ongkos yang dikenakan. Jika kamu menggunakan aplikasi Grab/ Uber rasanya bisa jadi pilihan lain mengingat lebih aman karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi.
Tempat drop off dan pick up taksi di Johor Premiunm Outlet, Malaysia


17. Colokan Listrik
Di Malaysia umumnya menggunakan colokan listrik kaki 3 sedangkan di Indonesia umumnya menggunakan colokan listrik kaki 2. Jadi agar charger atau gadget kamu seperti camera, handphone, dll bisa di charge disini maka sebaiknya bawalah converter dari kaki 2 ke kaki 3. Apabila kamu tidak memilikinya bisa juga beli yang universal converter jadi bisa digunakan ke berbagai negara.




18. Rekomendasi Kuliner di Johor Bahru
Salah satu sajian kuliner yang dicari di kota Johor ini yaitu Laksa Johor, Nasi Briyani Johor, nasi lemak pandan serta beberapa pilihan menu lainnya. Menu ini dapat kamu coba di warung-warung makan atau food court yang kami jumpai di ktoa Johor Bahru

19. Rekomendasi Tempat Wisata di Johor Bahru
Ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Johor Bahru diantaranya State Mosque, arena bermain Danga Bay, Kuil tua di Johor Bahru, Istana Besar Johor Bahru, Bangunan Sultan Ibrahim, Kebun binatang Johor, Angry bird activity park, Dataran Bandaraya Johor Bahru dan tentu saja ke Legoland Theme Park and Waterpark serta Sanrio The Hello Kitty Town.
Hello kitty Town & Thomas and Friends cocok menjadi tujuan wisata keluarga bersama anak
Legoland jadi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Johor Bahru


20. Wisata Belanja dan Oleh-oleh
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di Johor Bahru dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk yang hendak berwisata belanja khususnya barang-barang branded maka kamu wajib mengunjungi Johor Premium Outlet (JPO). Untuk detail tips mengenai JPO silahkan baca artikel kami di blog ini yang khusus membahas tips tentang JPO ya.
Salah satu toko oleh-oleh di Bandara Johor Internasional, Malaysia
  Untuk belanja souvenir seperti gantungan kunci, tempelan magnet, kaos dll kami sarankan carilah di pusat perbelanjaan di pusat kota Johor Bahru Sentral atau di bandara karena pilihannya lebih lengkap dan harganya lebih murah dibandingkan beli di tempat wisata seperti Legoland.

Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Kota Johor Bahru Malaysia bermanfaat. Untuk tips dan panduan liburan di tempat-tempat wisata di Johor Bahru akan kami sharing di artikel terpisah ya agar lebih rinci dan lengkap. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Johor Bahru Malaysia secara umum yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. 


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan. 


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.