Saturday, May 26, 2018

Review Keripik Telur Asin Irvins Vs The Golden Ducks, Enak Mana?



Irvins Salted Egg Versus The Golden Ducsk Salted Egg Yolgk, Enak mana?
     Sebenarnya keripik dengan telur asin ini sudah viral dan menjadi favorit penduduk setempat dan para wisatawan yang berkunjung ke Singapura sejak beberapa tahun yang lalu, namun ternyata keripik telur asin ini bukan sekedar trend sesaat semata karena di tahun 2018 ini keripik telur asin masih digemari dan semakin mudah ditemukan di beberapa sudut kota di Singapura. Kami yang saat itu lewat Orchard Gateway ketika melihat sebuah toko Irvins Chips Salted Egg yang dijejali puluhan orang sedang berdiri mengantre membuat kami pun penasaran untuk membeli dan mencicipi keripik telur asin tersebut.
    Selanjutnya ketika kami sedang menjelajah Vivo City, sebuah pusat perbelanjaan besar yang menjadi pintu masuk menuju Pulau Sentosa disini kami tidak sengaja melihat sebuah produk pesaingnya yaitu The Golden Ducks yang dijual di salah satu supermarket disana yaitu Cold Storage. Produk ini pun belum pernah kami coba sebelumnya jadi tentu saja kamipun akhirnya juga membeli keripik telur asin ini untuk kami coba saat di penginapan nanti, dengan demikian kami bisa membandingkan antara Irvins dan The Golden Ducks secara bersamaan. Sesampainya di penginapan akhirnya untuk pertama kalinya kami berkesempatan untuk mencoba 2 cemilan hits ini. Untuk kamu yang belum mencicipi kedua cemilan yang sangat populer di Singapura ini berikut kami berikan reviewnya.





1. Halal kah?
Dari updatean terbaru kedua produk ini sudah dapat sertifikasi halal. Tapi baru The Golden Ducks saja yang ada logo halal di bungkusnya. Dari informasi yang kami peroleh Irvins baru saja mendapatkan sertifikasi halal sehingga pengumuman mereka sudah halal baru bisa kita ketahui di website resminya namun belum di bungkus makanannya.
Ada pengumuman resmi di tahun 2018 bahwa Irvins kini mendapatkan sertifikasi halal


2. Ada varian keripik apa saja?
Kedua produk ini memiliki 3 varian yaitu Potato chips (keripik kentang), casava (keripik singkong), sama fish skin (kulit ikan). Untuk potato chips kami lebih suka Irvins karena lebih terasa telor asinnya (micinnya lebih banyak wkwkwkwk). Utk fish skin kalo kamu suka pedas kami merekomendasikan untuk mencoba The Golden Ducks karena lebih terasa rempahnya seperti aroma kari dan cabenya. Sedangkan untuk keripik singkongnya pas kami coba sebenarnya rasanya biasa saja, yang ada overprice karena kalo di Indonesia harga keripik singkong bisa dijual lebih murah hahaha. Kini Irvins mulai terus beinovasi dengan menjual produknya dengan bumbu rasa yang lebih pedas.
Varian rasa The Golden Duck Salted Egg, Singapura
Varian rasa The Golden Duck Salted Egg, Singapura



3. Irvins lebih eksklusif dan lebih sulit didapatkan.
Irvins menurut kami lebih eksklusif karena jumlahnya sedikit jadi sekali pembeliannya dibatasi maksimal 5 bungkus. Hal inilah yang kami alami ketika membeli Irvins di salah satu outlet mereka. Kalau kamu datangnya sore umumnya beberapa varian produknya suidah terjual habis khususnya cemilan fish skin dan potato chipnya. Dari informasi yang kami dapat Irvins masih konsisten untuk memproduksi cemilan ini dengan cara handmade agar kualitas dan rasa tetap terjaga, itulah mengapa kuantitas produksi Irvins belum terlalu banyak sehingga mereka perlu membatasi setiap konsumen yang mau beli hanya diberi 5 bungkus per orangnya. Rasanya alasan lainnya yaitu mencegah terlalu banyak produk mereka dijual kembali oleh reseller di marketplace dengan harga yang jauh diatas harga pasar.
Pengalaman kami saat melihat antrean pembeli irvins di Orchard Gateway
Sedangkan untuk produk The Golden Ducks kamu bebas borong dalam jumlah banyak dan umumnya lebih mudah ditemukan beragam variannya. Melihat produksinya sudah dalam skala besar sepertinya The Golden Ducks sudah memproduksi dengan bantuan mesin juga untuk bisa memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar yang tinggi akan cemilan telor asin.




4.  Bagaimana dengan harganya?
The Golden Ducks sedikit lebih murah dibanding Irvins. Kisaran harganya 7-8 SGD untuk bungkus kecil sedangkan untuk ukuran bungkus yang besar 14-16 SGD. Selisihnya yaitu The Golden Ducks lebih murah 1 SGD dibandingkan Irvins. Ini harga resminya ya, karena kalau kamu beli di market place atau reseller online shop atau jastip pastinya harganya bisa 1.5 kali lipat dari harga normalnya.
Varian rasa The Golden Duck Salted Egg, Singapura
Varian rasa The Golden Duck Salted Egg, Singapura
Varian rasa The Golden Duck Salted Egg, Singapura




5. Daya tahan dan masa kadaluarsa
    Kedua produk ini secara umum memiliki masa kadaluwarsa 1 tahun dari tanggal produksi. Namun setelah dibuka disarankan agar cemilan ini segera dihabiskan maksimal 1 minggu setelah bungkus dibuka. Namun kalo kami sih setelah dibuka ngga perlu disimpan lagi dan pasti tidak akan kadaluwarsa karena sekali buka langsung ludes isinya wkwkwk. Seriusain micinnya bikin nagih, enak banget cemilan ini. Jika nanti kelak di surga boleh minta cemilan enak pastinya kami akan memohon dan berdoa kepada Tuhan untuk menyediakan cemilan ini.
Mencoba langsung irvins di Orchard Gateway



6. Fakta menarik tentang Irvins dan The Golden Ducks
Tahukah kamu jika produk The Golden Ducks dimiliki oleh 2 orang bernama Shen dan Hwang asal Singapura sedangkan Irvins dimiliki oleh 3 bersaudara asal Indonesia yaitu Ivan, Ircahn, dan Irvin Gunawan. Mereka bertiga khususnya Irvin telah lama menetap di Singapura untuk berbisnis restoran dan kuliner. Kedua produk ini kabarnya bisa laku terjual rata-rata 10,000 bungkus perminggunya.
Varian rasa The Golden Duck Salted Egg, Singapura



7. Di Singapura Irvins dan The Golden Ducks bisa dibeli dimananya?
Untuk Irvins hanya bisa dibeli di beberapa outlet resminya seperti di vivo city, Orchard Gateway, etc sedangkan produk-produk The Golden Ducks bisa dibeli di supermarket-supermarket seperti Coldstorage dan beberapa minimarket seperti 711. Bisa dibilang distribusi The Golden Ducks lebih luas dan lebih mudah untuk dijumpai. Untuk kamu yang hendak membali kedua produk ini berikut kami informasikan outlet resminya
Salah satu toko Irvins Salted Egg di Singapura



a. Outlet Resmi Irvins VivoCity B2-K25 di seberang Texas Chicken. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.
b. Outlet Resmi Irvins Orchard Gateway L1-K3 dekat dengan Noodle Place. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.
c. Outlet Resmi Irvins Raffles Xchange B1-59 dekat dengan Polar Bakery. Untuk senin sampai jumat buka dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam, sedangkan di hari sabtu buka hanya sampai jam 3 sore saja.
d. Outlet Resmi Irvins Plaza Singapura L6 di seberang Foodcourt Kopitiam. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.
e. Outlet Resmi Irvins Westgate #02-K3 di seberang Benefit. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.
f. Outlet Resmi Irvins Changi Airport T2 #026-10703 di Departure Transit Area. Buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam.

Sedangkan untuk produk The Golden Ducks kamu bisa membeli di beberapa outlet atau supermarket dibawah ini.
Varian rasa The Golden Duck Salted Egg, Singapura




a. Outlet Resmi The Golden Ducks TGD Changi Airport Terminal 3. Buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.
b.  Outlet Resmi The Golden Ducks TGD Chevron House. Buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam.
c. Outlet Resmi The Golden Ducks 30 Raffles Place,  Basement 1. Buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam.
d. Outlet Resmi The Golden Ducks TGD Chinatown Point #B1-10. Buka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 8 malam.
e. Outlet Resmi The Golden Ducks TGD ION  #B3-K2A. Buka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 10 malam.
f. Outlet Resmi The Golden Ducks TGD JEM Jurong Gateway #B1-K18. Buka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 9 malam.
g. Outlet Resmi The Golden Ducks TGD NEX Serangoon Central #04-K16. Buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.
h. Outlet Resmi The Golden Ducks TGD Parkway Parade #01-K22. Buka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 9 malam.
i. Outlet Resmi The Golden Ducks TGD Raffles City North Bridge Road #B1-K15A. Buka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 9 malam.
j. Outlet Resmi The Golden Ducks TGD Tampines 1 B1-A. Buka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 9 malam.
h. Selain outlet resmi ada juga beberapa toko retail atau supermarket yang sudah bekerja sama menjual produk-produk the Golden Ducks diantaranya Adler Luxury Hostel, MO Cafe, COURTS Megastore Level 2 50 Tampines North Drive, Pasarbella Suntec, Shinnpark, Two Wheels Good, Supermarket Cold Storage dan beberapa 711 tertentu.




Semoga review dan informasi yang kami berikan tentang Irvins dan The Golden Ducks Singapura bisa bermanfaat dan membantu kamu untuk menentukan produk mana yang hendak kamu coba ketika berkunjung ke Singapura. 

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan. 

3 comments:

  1. rasanya mau beli chips aja kayak beli apaaa gitu, mengingat si irvins "ekslusif" ya, mesti ngantri dan pembelian dibatasi. Jika produksinya di Singapure, maka di Indonesia ga ada dong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngga ada. kalaupun ada biasany ayang jastip atau di marketplace yang sudah ngambil untung tentunya karena memang niat dibawa ke indonesia untuk dijual lagi.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.