Wednesday, May 9, 2018

15 Tips dan Panduan Jalan-Jalan Liburan ke Sentosa Island & Resort World Sentosa Singapura


Pulau Sentosa, Singapura
    Untuk kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Singapura selain berkunjung ke kawasan Marina Bay untuk melihat Patung Merlion, Marina Bay Sands dan Gardens By The Bay serta ke Jalan Orhard untuk berbelanja rasanya kurang lengkap jika kamu tidak mengunjungi Pulau Sentosa yang merupakan salah satu surganya untuk berlibur di Singapura. Dengan memiliki beragam destinasi wisata keluarga disana mulai dari wisata alam seperti pantai, wisata edukasi seperti SEA Aquarium hingga taman bermain untuk semua kalangan seperti Universal Studio Singapore tentunya Pulau Sentosa ini jangan sampai kamu lewatkan dalam rencana perjalananmu saat berkunjung ke Singapura.
Apabila kamu memang sudah merencanakan untuk liburan keluarga ke Singapura dan hendak memasukan Pulau Sentosa sebagai salah satu destinasi, khususnya untuk kamu yang ke Singapura tanpa travel agent atau mengikuti paket wisata dari Indonesia, mengingat area disini cukup luas dan terdapat beberapa atraksi maka baca dan pelajari terlebih dahulu tips dan panduan kami berikut ini agar liburan kamu ke Pulau Sentosa Singapura lebih terencana dan menyenangkan.

1.   Tentukan tujuan
Di pulau Sentosa ini terkenal sebagai sebuah kawasan resort yang terdapat hotel mewah dan wahana rekreasi untuk wisata keluarga diantaranya Universal Studio, SEA Aquarium, Dolphin Island, Maddame Taussads, Kids club, Trick Eye museum, Mega bounce, Crane Dance, Lake of Dream, arena bermain air di Adventure Cover Waterpark dan The Maritime Experiental Museum. 
Universal Studio, Singapura
SEA Aquarium di Pulau Sentosa, Singapura
Dolphin Island di Pulau Sentosa Singapura (pic: rwsentosa.com)
Selain terdapat wahana permainan juga ada beberapa tempat wisata alam seperti pantai atau menikmati panorama keindahan Pulau Sentosa dari atas cable car/ gondola. Maka ketika kamu merencanakan liburan ke Singapura dan memasukan Pulau Sentosa dalam salah satu daftar tempat yang hendak kamu kunjungi maka tentukan terlebih dahulu tujuan utamamu kesini.
Pantai di Pulau Sentosa, Singapura
Lake of Dream di Pulau Sentosa, Singapura
2. Susun Itinerary
Mengingat begitu banyak atraksi wisata disini maka tentukan terlebih dahulu tempat mana saja yang hendak ingin kamu kunjungi. Karena hal ini akan berpengaruh dengan budget dan waktu yang perlu kamu luangkan untuk liburan di Pulau Sentosa ini.
Magnet terbesar pengunjung datang ke Pulau Sentosa yaitu berkunjung ke wahana permainan Universal Studio Singapura yang merupakan Universal Studio pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara. Dengan memiliki puluhan acara dan atraksi wisata di dalamnya membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.
Pulau Sentosa cukup luas dan tidak bisa dijelajahi hanya dalam waktu 1 hari
 Alasan lain banyak pengunjung datang ke Pulau Sentosa yaitu untuk wisata edukasi ke S.E.A Aquarium yang di dalamnya terdapat puluhan ribu binatang laut dari berbagai habitat mulai dari hiu, ubur-ubur, ikan badut nemo, bintang laut serta beragam spesies biota laut lainnya.
Keliling Pulau Sentosa dengan mobil shuttle
3. Budget yang dibutuhkan untuk menjelajah Pulau Sentosa
Budget yang perlu kamu siapkan untuk ke Pulau Sentosa tergantung dari lokasi wisata mana saya yang hendak kamu kunjungi. Pertama kali saya ke Pulau Sentosa dengan cara backpacker karena tujuan saya hanya ingin berkeliling ke tempat wisata alam yang gratisnya dan berfoto di depan gerbang/ ikon globe Universal Studio saat itu saya hanya mengeluarkan uang untuk transport Sentosa Express dan tiket masuk Sentosa Island saja yaitu sebesar 4 SGD.
Gerbang pintu masuk Universal Studio, Singapura
Kemudian di kedatangan saya berikutnya untuk lliburan keluarga karena hendak berkunjung ke tempat wisata dan arena permainannya tentu saja budget yang perlu dipersiapkan bertambah khususnya untuk membeli tiket masuk ke tempat wisata tersebut. Sebagai gambaran kamu untuk mempersiapkan budgetnya berikut saya informasikan harga tiket masuk untuk tempat wisata dan wahana permainan yang ada di Pulau Sentosa.
    a. Harga tiket masuk Universal Studio. Untuk tiket standard one day ticket untuk masuk ke Universal Studio Singapura untuk dewasa :76 SGD, tiket standard untuk masuk ke Universal Studio Singapura untuk anak-anak 4-12 tahun : 56 SGD. Untuk lansia diatas 60 tahun harga tiketnya yaitu 38 SGD. Apabila kamu membawa serta anak-anak dibawah 4 tahun, anak dibawah 4 tahun gratis. Kunjungilah website resminya atau lakukan pemesanan online untuk penawaran tiket promo dengan harga tiket masuk yang lebih murah. 
Universal Studio, Singapura
    b. Harga tiket masuk S.E.A Aquarium. Untuk tiket standard untuk masuk ke SEA Aquarium Singapura untuk dewasa :39 SGD, tiket standard untuk masuk ke SEA Aquarium Singapura untuk anak-anak 4-12 tahun : 29 SGD. Apabila kamu membawa serta anak-anak dibawah 4 tahun, anak dibawah 4 tahun gratis masuk ke SEA Aquarium Singapura. Kunjungilah website resminya atau lakukan pemesanan online untuk penawaran tiket promo dengan harga tiket masuk yang lebih murah. 
SEA Aquarium di Pulau Sentosa, Singapura
SEA Aquarium di Pulau Sentosa, Singapura
    c. Harga tiket masuk Kids Club. Untuk tiket standard yaitu 12 SGD perjam.
Kids Club di Pulau Sentosa, Singapura (pic rwsentosa.com)
    d. Harga tiket masuk Trick Eye Museum.  Untuk tiket standard untuk masuk ke Singapura untuk dewasa :25 SGD, tiket standard untuk masuk ke Singapura untuk anak-anak 4-12 tahun : 20 SGD. Untuk lansia diatas 60 tahun harga tiketnya yaitu 20 SGD. Apabila kamu membawa serta anak-anak dibawah 4 tahun, anak dibawah 4 tahun gratis. Kunjungilah website resminya atau lakukan pemesanan online untuk penawaran tiket promo dengan harga tiket masuk yang lebih murah. 
Trick Eye Museum
     e. Harga tiket masuk Mega Bounce dan Mega Air yaitu 15 SGD dengan waktu 5 menit untuk bermain trampolin di Mega Bounce dan 5 menit untuk bermain Mega Air
Megabounce di Pulau Sentosa, Singapura (pic youtube.com)
    f. Pertunjukan Crane Dance di Pulau Sentosa gratis.
   g. Harga tiket masuk Adventure Cove Waterpark. Untuk tiket standard untuk masuk ke Adventure Cove Waterpark Singapura untuk dewasa :38 SGD, tiket standard untuk masuk ke Adventure Cove Waterpark Singapura untuk anak-anak 4-12 tahun : 30 SGD. Untuk lansia diatas 60 tahun harga tiketnya yaitu 30 SGD. Apabila kamu membawa serta anak-anak dibawah 3 tahun, anak dibawah 4 tahun gratis. Kunjungilah website resminya atau lakukan pemesanan online untuk penawaran tiket promo dengan harga tiket masuk yang lebih murah. 

Bermain air di Adventure Watercove Singapura (pic visitsingapore.com)
    h.Harga tiket masuk Maritime Experiental Museum. Untuk tiket standard untuk masuk ke Maritime Experiental Museum Singapura untuk dewasa :9 SGD, tiket standard untuk masuk ke Maritime Experiental Museum Singapura untuk anak-anak 4-12 tahun : 6 SGD. Untuk lansia diatas 60 tahun harga tiketnya yaitu 5 SGD. Apabila kamu membawa serta anak-anak dibawah 4 tahun, anak dibawah 4 tahun gratis. Kunjungilah website resminya atau lakukan pemesanan online untuk penawaran tiket promo dengan harga tiket masuk yang lebih murah.
    i. Wisata pantai di Pulau Sentosa seperti Pantai Siloso, Pantai Palawan dan Pantai Tanjong gratis.
Bermain voli pantai di Pulau Sentosa, Singapura
4. Waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah Pulau Sentosa
Dari pengalaman kami liburan/ jalan-jalan di Pulau Sentosa waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah Universal Studio Singapura yaitu idealnya satu hari penuh dari pagi hingga tutup karena tentunya sayangkan sudah bayar tiket masuk yang cukup mahal namun hanya sebentar saja bermain di dalamnya. Dari pengalaman kami walaupun sudah meluangkan waktu seharianpun belum tentu dapat mencoba semua wahana permaianan yang ada disini khususnya bagi kamu yang membeli tiket standard bukan tiket express.
Universal Studio, Singapura
Untuk kamu yang berencana liburan keluarga ke SEA Aquarium waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah S.E.A Aquarium idealnya minimal 3 sampai 5 jam karena areanya cukup luas dengan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa lebih lama di dalam sini apabila niatnya khusus untuk wisata edukasi kepada anak dan melihat setiap detail aquarium dan mengamati  hewan laut yang ada di dalamnya. Jadi ketika kamu menyusun itinerary ke tempat ini maka minimal luangkan waktu setidaknya 3 jam ya.
SEA Aquarium di Singapura
SEA Aquarium di Singapura
 Untuk berkeliling pulau Sentosa mengujungi wisata alamnya seperti pantai atau berkeliling dengan naik cable car luangkan waktu minimal setengah hari. Waktu yang oerlu kamu luangkan apabila kamu hendak masuk ke Maddame Taussads, Trick Eye Museum, Kids Club yaitu minimal 1 jam untuk masing-masing tempat tersebut. Jadi jumlah tempat yang dapat kamu kunjungi di Pulau Sentosa tergantugn dari ketersediaan waktu kamu untuk berlibur di pulau ini ditambah budget yang kamu miliki khususnya untuk membayar tiket masuk. 
Bisa berkeliling Pulau Sentosa dengan shuttle seperti ini
5. Transportasi Umum MRT ke Pulau Sentosa
Untuk menuju ke Pulau Sentosa bisa naik MRT dari pusat kota kemudian turun di Vivo City. Dari Mal Vivo City kemudian naiklah ke lantai 3 menuju stasiun monorail Sentosa Express. Harga tiketnya yaitu 4 SGD untuk pulang pergi sudah termasuk tiket masuk ke Sentosa Island sebesar 1 SGD. Tiketnya dapat dibeli di konter Sentosa Express.
Dari Vivo city Ke Pulau Sentosanya bisa naik Monorel ini
Ini dia wujud kereta dari VivoCity ke Pulau Sentosa, Singapura

6. Transportasi Bus Umum Ke Pulau Sentosa
Untuk menuju ke Pulau Sentosa selain naik Sentosa Express alternatif lainnya yaitu dengan naik bus dari Vivo City atau Merill Lynch Building. Carilah bus umum nomer RWS 8 yang melayani rute langsung ke dalam area Resort World Sentosa dan Casino. Ongkos busnya yaitu sebesar 2 SGD dan tidak perlu membayar tiket masuk ke Sentosa Island sebesar 1 SGD.
Salah satu bus yang sedang melintasi jembatan menuju Pulau Sentosa, Singapura

7. Ke Pulau Sentosa dengan Cable Car
Untuk menuju Pulau Sentosa kamu juga bisa naik cable car dari Faber Peak atau Harbour Front Station yang lokasinya tidak jauh dari Vivo City dan Harbour front  Center. Apabila kamu hanya hendak ke Pulau Sentosa saja kamu bisa memilih untuk membeli tiket cable car kategory Mount Fiber Line seharga 29 SGD untuk dewasa dan 18 SGD untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk anak usia dibawah 3 tahun gratis atau tidak dikenakan biaya.
Cable car di Pulau Sentosa, Singapura
8. Ke Pulau Sentosa dengan Mobil/ Kendaraan Pribadi
Untuk menuju ke SEA Aquarium yang terletak di Pulau Sentosa apabila kamu menggunakan kendaraan atau mobil kami bisa masuk melalui RWS B1. Lewat jalur ini kamu tidak perlu membayar tiket masuk 1 SGD hanya dikenakan biaya sewa parkir saja.

9. Ke Pulau Sentosa dengan Berjalan Kaki Lewat Sentosa Broadwalk
Alternatif terakhir yang paling hemat dan sehat yaitu kamu dapat berjalan kaki selama 10 menit saja sembari menikmati pemandangan di sepanjang Sentosa Broadwalk. Apabila kamu masuk ke Pulau sentosa dengan berjalan kaki kamu hanya perlu membayar tiket masuk ke Pulau Sentosa sebesar 1 SGD perorang.

10. Cable Car Keliling Pulau Sentosa
Di Pulau Sentosa terdapat 2 rute cable car/ gondola yang saling terhubung, untuk rute pertama yaitu dari Faber Peak - Harbour Front Station - Sentosa Island serta rute cable car kedua yaitu dari stasiun Sentosa kamu dapat menyambung cable car ke Imbiah Lookout, Siloso Point atau ke Merlion Sentosa. Tiket naik cable car nya dengan paket combo ini yaitu 33 SGD untuk dewasa dan 22 SGD untuk anak-anak usia 3-12 tahun.  Cable car ini beroperasi dari jam 8:45 pagi hingga jam 10 malam.
Cable car untuk keliling Pulau Sentosa, Singapura
11. Bawalah identitas diri atau paspor khususnya anak di bawah 4 tahun.
Bawalah paspor sebagai identitas diri khususnya apabila kamu membawa anak dibawah 3 tahun. Hal ini penting untuk verifikasi oleh petugas penjaga loket untuk menunjukan kebenaran bahwa anak kecil yang kita bawa benar berusia dibawah 4 tahun sehingga gratis atau tidak dikenakan biaya masuk. Jangan sampai terjadi karena kamu tidak membawa identitas diri untuk anak dibawah 4 tahun sehingga kamu diharuskan untuk membayar harga tiket masuk untuk anak diatas 4 tahun. Karena hal ini juga janganlah coba-coba untuk mengakali umur anak ya agar bisa gratis.
Salah satu tempat bemain anak di Pulau Sentosa

12. Hotel atau Resort di Pulau Sentosa
Di Pulau Sentosa terdapat beberapa hotel dan resort yang bisa kamu pilih sesuai budget dan kesukaan. Pilihannya diantaranya Beach Villas, Crockfords Tower, Equarius Hotel, Festive Hotel, Hard Rock Hotel Singapore, Hotel Michael, Ocean Suite atau Treetop Loft.
Deretan Hotel dan Resort di Pulau Sentosa, Singapura
13. Pertunjukan Crane Dance di Pulau Sentosa
Salah satu pertunjukan yang spektakuler yang bisa kamu nikmati secara gartis di Pulau sentosa yaitu Crane Dance yaitu pertunjukan yang mengkolaborasikan crane dengan pertunjukan laser dan lampu-lampu. Waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah Crane Dance yaitu minimal 2 jam. Pertunjukan ini berlangsung mulai dari jam 8 malam. Datanglah lebih awal untuk mendapatkan posisi yang kamu inginkan.

14. Patung Merlion di Pulau Sentosa
Patung merlion tidak hanya ada di Marina Bay, di Pulau Sentosa juga ada dan ukurannya juga cukup besar. Perbedaannya patung Merlion yang ada di Pulau Sentosa ini tidak menyeburkan air seperti di Marina Bay. Untuk bisa kesini kamu bisa berjalan kaki atau naik monorail Sentosa Express.
Patung Merlion di Pulau Sentosa Singapura

15. Pantai di Pulau Sentosa
Ada tiga pantai yang paling populer untuk dikunjungi di Pulau Sentosa ini yaitu Pantai Siloso, Pantai Palawan dan Pantai Tanjong. Untuk bisa ke pantai ini kamu dapat naik sentosa express, naik shuttle services atau berjalan kaki sembari menikmati keindahan pulau Sentosa.
Stasiun monorel Beach Station di Pulau Sentosa
Pantai Siloso di Pulau Sentosa, Singapura

Semoga tips dan panduan jalan-jalan liburan keluarga di Sentosa Island dan Resort World Sentosa di Singapura bermanfaat. Untuk tips dan panduan liburan di tempat-tempat wisata di Singapura akan kami sharing di artikel terpisah ya agar lebih rinci dan lengkap. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang  Sentosa Island dan Resort World Sentosa di Singapura yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. 


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.