Thursday, May 24, 2018

Asia Overland. Menyelami Kedamaian Danau Hoan Kiem di Ha Noi Vietnam



Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi pada saat musim semi, Vietnam
Setelah selesai menjelajah kawasan Ho Chi Minh Mausoleum dengan naik ojek aku pergi ke Hoan Kiem Lake. Ketika berjalan menyusuri kawasan ini untuk mencari makan, perhatianku tertuju pada sebuah frenchise ayam goreng ternama milik kakek tua berambut putih yang membuka gerai di kota ini yang letaknya berseberangan dengan Highlands Coffee salah satu tempat nongkong favorit orang lokal dan pendatang. Setidaknya ayam goreng dan nasi ini dapat memuaskan rasa lapar yang menderaku seharian.
Setelah energiku telah terisi kembali, aku mulai berjalan mengelilingi Hoan Kiem Lake untuk menikmati tiap sudutnya yang mempesona. Danau ini adalah satu dari empat danau besar di tengah Ha Noi. Keunikan danau ini adalah keberadaan sebuah pagoda kecil di tengah danau, Tortoise Pagoda atau Pagoda Kura-kura dan terdapat sebuah Monument of National Hero Le Loi di bagian lainnya. Danau ini berkaitan dengan legenda Kaisar Le Loi, kaisar pertama dari abad ke-15 yang berhasil mengusir penjajah China dari dataran Vietnam. Konon, Kaisar Le Loi memiliki senjata pusaka berupa pedang sakti yang diberikan para dewa melalui kura-kura emas. 





Suatu ketika ketika Vietnam telah meraih kemerdekaan, Kaisar Le Loi berperahu di danau. Saat itulah kemudian muncul seekor kura-kura mengambil kembali pusaka tersebut dan membawanya ke dasar danau. Kemudian, danau ini diberi nama Ho Hoan Kiem, Lake of the Returned Sword. Hingga kini danau tersebut masih dihuni oleh kura-kura raksasa yang dipercaya siapa saja yang melihat kura-kura raksasa itu, orang tersebut akan memperoleh keberuntungan. 
Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi pada saat musim semi, Vietnam
Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi pada saat musim semi, Vietnam



Untuk bernostalgia dengan Vietnam, aku memasuki sebuah café tepat di pinggir danau ini. Kucari tempat duduk yang menghadap ke danau Hoan Kiem agar aku bisa melihat suasana jalanan. Aku memesan sebuah kopi klasik Vietnam Drip yang kerap ku nikmati ketika berada di kota Ho Chi Minh beberapa tahun silam. Ketika pesananku datang, aku mengamati secangkir kecil kopi yang disajikan dengan metode dripping kopinya menetes secara perlahan-lahan yang merupakan metode yang dipakai penduduk Vietnam sehari-hari. Semerbak aroma kopi yang harum menambah kenikmatan setiap kali menyeruput kopi tanpa ampas ini. Ah, ketika mencium aromanya, seakan-akan seduhan kopi sudah menyentuh kerongkonganku. Sluurp! 
Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi pada saat musim semi, Vietnam

Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi pada saat musim semi, Vietnam
Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi pada saat musim semi, Vietnam


Sore itu kabut mulai turun dan menyelimuti danau, dimasa transisi antara musim dingin dan semi ini kelembapan udara begitu tinggi di kota ini. Rintik-rintik hujan mulai membasahi kota ini, keputusan yang tepat untuk berteduh dan menghangatkan diri dengan secangkir kopi Vietnam yang hangat dengan aroma biji kopi yang nikmat di Café di pinggir Danau ini. Merasakan suasana sekeliling danau Hoan Kiem dari tempat ini begitu menyenangkan. Sebuah suasana yang membuatku merasa santai dan tenang, sebuah tempat yang cocok untuk mencari kedamaian dan relaksasi. Tak terasa malampun datang, bersama dengan rintik hujan yang turun di musim semi. 


Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi Vietnam pada malam hari
Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi Vietnam pada malam hari

Refleksi. Jika hidup diibaratkan sebuah cermin, maka akan terbentuk pantulan diri dalam sebuah refleksi. JIka kita menampilkan kebaikan dan keindahan, maka hal yang dipantulkan pun akan serupa, begitu juga dengan sebaliknya. Hal inilah yang dapat kuperlajari ketika melihat keindahan jembatan kayu pada danau Hoan Kiem di kota Ha Noi Vietnam. Makna sebuah perjalanan dapat kita petik ketika kita memperhatikan detil yang dihadirkan alam semesta yang terkadang luput di hadapan mata kita. Bersambung.

Suasana Danan Hoan Kiem dan jembatan merah di Ha Noi Vietnam pada malam hari

Suasana Danan Hoan Kiem di Ha Noi Vietnam pada malam hari

Ps: Untuk membaca versi lengkapnya bisa dibaca di buku Overland yang akan kami terbitkan ya.



"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


6 comments:

  1. Jadi kangen ama Ho Chi Minh. Kopi di sana enak-enak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setuju. kopi vietnam memang nikmat banget dan ngangenin.

      Delete
  2. Yang aku suka dari Hanoi ini atmosfernya lebih ke arah Tionghoa daripada kota-kota Asia Tenggara lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar atmospheenya berasa banget ada akulturasi dari tionghoa mengingat hanoi itu sangat dekat dengan perbatasan china selatan.

      Delete
  3. Kopi vietnam ini memang juara ya mas. Menu wajib kalau kembali ke negara ini.

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.