Sunday, May 20, 2018

30 Tips dan Panduan Jalan-Jalan Liburan ke Kota Penang Malaysia



Mural Kakak Beradik Yang Sedang Bermain Sepeda Roda Dua
Di semenanjung Malaysia atau Malaysia bagian barat memiliki beberapa kota yang kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan asing baik untuk berlibur maupun untuk keperluan lain salah satunya untuk berobat. Kota tersebut diantaranya adalah Kuala Lumpur yang menjadi ibu kota negara Malaysia, kota Johor Bahru yang berbatasan langsung dengan negara Singapura serta Pulau Pinang atau Penang yang juga menjadi salah satu pintu masuk para wisatawan ke negara Malaysia.
Untuk artikel kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai destinasi pulau pinang atau Penang. Ada banyak alasan lain bagi orang Indonesia untuk berkunjung ke Penang diantaranya untuk berwisata sejarah di kota tua serta kuil-kuilnya, memanjakan lidah dengan wisata kulinernya, menjelajah sudut kota untuk berfoto di mural-mural cantiknya serta ada juga yang datang ke pulau ini karena untuk berobat dimana Penang memiliki beberapa rumah sakit dan banyak dokter spesialis yang terkenal.




Apabila kamu termasuk orang yang hendak pertama kali mau berlibur ke Penang Malaysia khususnya yang pergi tanpa travel agent berikut beberapa informasi penting beserta tips yang dapat kami berikan agar liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana mulai dari mendarat di negeri Malaysia hingga hendak terbang keluar dari negeri Malaysia.

1.      Cek Masa Berlaku Paspor
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Malaysia tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Thailand atau saat sebelum terbang di bandara.

2.   Tentukan Tujuan
Mengingat Malaysia memiliki beberapa kota besar yang populer mulai dari ibu kota Kuala Lumpur, Johor Bahru dan Penang maka langkah kedua yang perlu kamu putuskan yaitu melalui kota mana kamu hendak ke Penang, apakah lewat darat yaitu setelah mengunjungi kota di negara Malaysia, ataukah lewat jalur laut baik dari Thailand maupun dari Pelabuhan Klang atau langsung naik pesawat dan mendarat di Penang. 
Suasana Kota Tua di George Town, Penang
Destinasi mana yang akan kamu inginkan sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke destinasi tersebut baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Ingatlah bahwa jarak dari ibu kota Kuala Lumpur ke Penang tidaklah dekat. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya ya.
Peta Peninsular Malaysia (source: pinterest)

3.   Buat Itinerary Rencana Perjalanan
Untuk mempersiapkan perjalananmu ke Penang ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dari 1 destinasi wisata di Penang ke destinasi wisata lain yang hendak kamu tuju dan jelajahi. 
Kota tua di Penang Malaysia
Point ini kami tulis karena kami sendiri memiliki pengalaman dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus melewati sebuah tempat yang awalnya hendak kami tuju dengan alasan waktu yang tidak cukup. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, waktu yang diperlukan untuk menunggu taksi atau transportasi online serta kondisi lalu lintas ke destinasi yang kita tuju. 
Street Arts Di Salah Satu Sudut kota George Town di Penang, Malaysia



4.  Hunting Tiket Pesawat
Apabila kamu sudah membuat rencana perjalanan dan telah menentukan tujuan/ kota mana yang dikehendaki hal yang harus kamu lakukan tentu saja mencari tiket pesawat. Ada beberapa alternatif penerbangan dari Indonesia ke Penang pilihan pertama yaitu pesawat penerbangan internasional yang terbang langsung dari Indonesia. Sejauh ini ada penerbangan langsung Air Asia dari Jakarta, Surabaya dan Medan dengan tujuan ke Penang. Untuk kota lain di Indonesia atau untuk kamu yang hendak transit ke Kuala Lumpur bisa meneruskan perjalanan dengan naik pesawat kembali dari Kuala Lumpur ke Penang atau melalui jalur darat yaitu naik bus, kereta atau sewa kendaraan.
Firefly di bandara Internasional Penang Malaysia
Apabila kamu hendak menyambung naik pesawat dari Kuala Lumpur yang harus kamu perhatikan yaitu di penerbangan ke Penang dari Kuala Lumpur yaitu bisa melalui 3 bandara diantaranya KLIA, KLIA2 dan satu lagi bandara yang dekat dengan pusat kota yaitu bandara Sultan Abdul Aziz Shah. Sebagai gambaran Bandara KLIA dan KLIA1 itu ibarat bandara Soekarno hatta yang berada diluar kota Jakarta, sedangkan bandara Sultan Abdul Aziz Shah itu seperti bandara Halim Perdana Kusuma yang letaknya dekat dengan pusat kota.
Untuk bandara Sultan Abdul Aziz Shah sebagaian besar didominasi penerbangan domestik atau penerbangan jarak dekat ke Thailand dengan maskapai penerbangan seperti Malindo, Malaysia Airlines dan Firefly. Sedangkan maskapai penerbangan yang melayani rute ke KLIA2 ke Penang yaitu Air Asia dan Malaysia Airlines. Jadi apabila kamu hendak ke Penang dengan pesawat yang transit di Kuala Lumpur pastikan bandaranya benar sehingga kamu tidak ketinggalan pesawat karena salah bandara.
Bandara Sultan Abdul Aziz Shah di Kuala Lumpur Malaysia

Bandara Internasional Penang, Malaysia
 Berapa budget untuk tiket pesawat ke Penang? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal.  Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Penang Malaysia. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.

5.  Mencari Penginapan
Jika kamu backpackeran ke Penang dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Malaysia yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki.
Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Penang baiknya carilah yang dekat dengan pusat kota, tempat wisata atau akses ke transportasi umum seperti bus Rapid Penang. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Penang, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan.

6.  Rekomendasi Penginapan di Penang
Menyambung point sebelumnya mengenai rekomendasi penginapan di Penang yaitu carilah lokasi penginapan sesuai dengan tujuan kedatangan kamu. Misalnya tujuan kamu adalah untuk berobat maka carilah apartemen atau hotel yang dekat dengan rumah sakit. Apabila tujuan kamu untuk wisata sejarah dan menjelajah mural seninya maka carilah penginapan yang dekat dengan kota tua atau dermaga pelabuhannya. Apabila tujuan kamu untuk berlibur ke pantai di Penang salah satunya Batu Feringghi maka carilah penginapan di sekitar pantai tersebut dengan pertimbangan agar akses transportasinya lebih mudah mengingat jarak dari kota tua atau rumah sakit ke daerah pantai itu cukup jauh.
 Untuk pengalaman kami sendiri Selama di Penang kami menginap di Tune Hotel downtown Penang. Alasannya saat itu karena penginapan di pusat kota yang sesuai budge kami sudah full booked semua mengingat kedatangan kami pada saat itu disaat perayaan imlek. Jadi saran kami apabila kamu pergi di saat liburan atau ada festival maka pesanlah penginapan lebih awal.
 Kembali lagi ke penginapan kami selama di Penang yaitu Tune Hotel Downwotn Penang, kalo kamu mencari penginapan dengan budget minim namun memiliki kamar yang nyaman (kamar mandi dalam dll) bisa mempertimbangkan menginap disini. Karena hostel/guesthouse di Penang dengan budget yg sama (khususnya di kawasan George Town) umumnya kamar mandinya di luar atau sharing bersama-sama. Untuk lokasi bisa dibilang cukup strategis karena lokasinya tidak terlalu jauh dari terminal bus di pusat kota yang terletak di Komtar, gedung tertinggi yang ikonik di Penang. Untuk ke halte umum biasa juga sekitar 250 meteran jalan kaki tempat dimana kita bisa naik bus CAT free shuttle untuk keliling kota tua George Town Penang.
Tune Hotel di Penang, Malaysia
Hotel ini kurang cocok untuk kamu yang mencari penginapan yang dekat sekali (bisa jalan kaki) ke kota tua George Town tempat bangunan-bangunan bersejarah, museum dan Mural street art Penang yang populer itu. Tune Hotel Penang cocok untuk kamu yang suka jalan kaki dan menjelajahnya dengan naik bus Rapid Penang. Kalo punya budget lebih lain bisa naik taksi, transportasi online seperti grab atau ikut tur untuk keliling kota Penang.




7.   Persiapkan mata uang MYR (Ringgit Malaysia)
Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli MYR (Ringgit Malaysia) di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara Indonesia karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Sebaiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Malaysia karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Penang Malaysia saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan. Kartu ATM dari Bank Indonesia yang umumnya bisa dipakai yaitu CIMB Niaga dan Maybank.

8.    Bagaimana dengan Visa?
Sesama anggota Asean untuk mengunjungi Penang Malaysia adalah bebas visa terhadap warga negara Indonesia yang hendak berkunjung untuk berwisata atau berobat. Bebas visa yang berlaku untuk orang Indonesia apabila kamu masuk melalui jalur darat maka kamu akan mendapatkan izin tinggal dengan batas maksimum 30 hari namun jika kamu masuk melalui jalur darat mendapatkan izin tinggal yang lebih pendek yaitu dengan batas maksimum 15 hari saja.

9.  Mendarat / Transit di Bandara Kuala Lumpur?
Sebagian besar orang yang baru pertama kali ke Malaysia umumnya mendarat di kota Kuala Lumpur yang menjadi pintu masuk utama dari banyak maskapai penerbangan. Seperti yang telah dijelaskan pada point sebelumnya yang harus kemu perhatikan Kuala Lumpur memiliki 3 bandara diantaranya KLIA, KLIA2 dan satu lagi bandara yang dekat dengan pusat kota yaitu bandara Sultan Abdul Aziz Shah. Sebagai gambaran Bandara KLIA dan KLIA1 itu ibarat bandara Soekarno hatta yang berada diluar kota Jakarta, sedangkan bandara Sultan Abdul Aziz Shah itu seperti bandara Halim Perdana Kusuma yang letaknya dekat dengan pusat kota. 
Bandara Abdul Aziz Shah Di Kuala Lumpur Malaysia
Untuk bandara Sultan Abdul Aziz Shah sebagaian besar didominasi penerbangan domestik atau penerbangan jarak dekat ke Thailand dengan maskapai penerbangan seperti Malindo, Malaysia Airlines dan Firefly. Sedangkan maskapai penerbangan yang melayani rute ke KLIA2 ke Penang yaitu Air Asia dan Malaysia Airlines. Jadi apabila kamu hendak ke Penang dengan pesawat yang transit di Kuala Lumpur pastikan bandaranya benar sehingga kamu tidak ketinggalan pesawat karena salah bandara.
Apabila kamu hendak menyambung naik bus dari bandara Kuala Lumpur, sebagai informasi bus tujuan ke Penang hanya ada di bandara KLIA dan KLIA2. Kamu bisa membeli tiketnya di loket penjualan yang ada di lantai bawah tidak jauh dengan tempat pemberhentian bus di bandara. 
tips liburan ke kuala lumpur, malaysia, menara kembar petronas
Loket Pembelian Tiket Bus Antar Kota di Bandara KLIA 2



10.  Naik bus dari Kota Kuala Lumpur?
Apabila kamu pergi ke Penang dengan naik bus umum dari pusat kota Kuala Lumpur maka kamu dapat naik dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) di Bandar Tasik Selatan. Kamu bisa memesan tiket busnya secara online maupun beli langsung di loket penjualan dengan catatan kamu bisa beli langsung apabila jadwal perjalanan kamu dengan bus ke Penang bukan di hari liburan panjang seperti tahun baru imlek, libur natal dan tahun baru atau libur lebaran. Lama perjalanan melalui jalur darat dari Kuala Lumpur ke Penang dengan bus itu sekitar 4-7 jam, tergantung kondisi jalan tol dan operator bus yang kami tumpangi apakah banyak transit atau langsung ke Penang.
Suasana Terminal Bersepadu Selatan di Kuala Lumpur

11. Naik kereta dari Kota Kuala Lumpur?
Apabila kamu hendak pergi ke Penang dengan naik kereta dari pusat kota Kuala Lumpur maka kamu dapat naik dari kereta regular salah satunya kereta Senandung Langkawi yang berangkat pada malam hari atau kereta semi cepat ETS (Electric Train Services) dengan tujuan dari stasiun Kuala Lumpur Sentral atau Kuala Lumpur ke stasiun Butterworth. Nanti dari stasiun Butterworth untuk ke Penang harus berjalan kaki dulu ke dermaga yang lokasinya dekat dengan stasiun Butterworth kemudian menyambung naik ferry ke pulau Pinang.
Stasiun Kereta Butterworth Yang Terintergarasi Dengan Terminal Bus Butterworth
ETS Platinum Train, KTM Butterworth, Train, KTM, Kereta Api, Malaysia, Penang, Kuala Lumpur, Butterworth
Penampakan Kereta Cepat ETS Platinum di Malaysia
ETS Platinum Train, KTM Butterworth, Train, KTM, Kereta Api, Malaysia, Penang, Kuala Lumpur, Butterworth
Kereta ETS Platinum di Peron 1
Fasilitas di Dalam Kereta ETS Platinum yaitu LED TV dan Rak Bagasi

12.  Naik ferry dari Butterworth ke Pulau Pinang (Penang)
Untuk kamu yang ke Penang melalui Butterworth, baik yang tiba di terminal busnya maupun dari stasiun keretanya maka kamu harus jalan ke dermaga untuk menyebrang ke Pulau Pinang (Penang) dengan ferry. Ongkosnya sekitar 2 Ringgit perorang bagi kamu yang tidak membawa kendaraan. Bus yang berhenti di terminal butterwith umumnya yang dari dan ke perbatasan Thailand dari Padang Besar dan Hatyai.
Pemandangan Kota George Town Dari Atas Ferry
Suasana Di Atas Ferry
Pemandangan Jembatan Penang Dari Atas Ferry
Menikmati Pemandangan Dari Jendela Ferry


13. Transportasi umum dari terminal bus di Penang (Terminal Bus Sungai Nibong) ke Pusat kota.
Untuk kamu yang ke Penang naik bus dan turunnya terminal bus Sungai Nibong maka untuk ke pusat kotanya yaitu George Town atau Komtar maka kamu harus menyambung dengan bus Rapid Penang nomer 102 dengan tujuan Teluk Bahang dan turunnya di terminal bus pertukaran Komtar. Kamu bisa menunggu di halte bus yang dekat dengan terminal bus Sungai Nibong. Namun mengingat interval menunggu jadwal bus yang cukup lama kami merekomendasikan naiklah transportasi online seperti grab atau uber dibanding naik taksi biasa yang umumnya tidak pakai argo dan terbilang mahal.
Menanti bus dalam kota di Terminal Bus Sungai Nimbong, Penang



14. Transportasi dari Bandara Internasional Penang ke Pusat kota
Untuk kamu yang ke Penang naik pesawat dan turunnya di bandara internasional Penang maka untuk ke pusat kotanya yaitu George Town atau Komtar maka kamu harus menyambung dengan bus Rapid nomer 306 dengan tujuan ke Penang General Hospital atau bus Rapid Penang nomer 102 dengan tujuan Teluk Bahang dan turunnya di terminal bus pertukaran Komtar. Kamu bisa menunggu di halte bus yang dekat dengan lobby kedatangan di bandara internasional Penang. Namun mengingat interval menunggu jadwal bus yang cukup lama kami merekomendasikan naiklah transportasi online seperti grab atau uber dibanding naik taksi biasa yang umumnya tidak pakai argo dan terbilang mahal.
Rapid penang yang mengangkut penumpang di bandara internasional Penang
Terminal bus umum Rapid Penang di Jetty

15. Ambil Brosur dan peta wisata
Jika kamu ke Penang melalui jalur udara carilah Tourism Information Center atau rak-rak yang menyediakan peta dan brosur tentang wisata dan transportasi umum di Penang yang dapat kamu ambil secara gratis. Hal ini sangat penting selain untuk mendapatkan gambaran umum peta transportasi juga terdapat informasi tentang semua tempat wisata populer yang patut kamu kunjungi selama berlibur di Penang
Jika kamu ke Penang naik bus atau kereta maka kamu dapat mengambil brosur atau peta wisata di hotel dimana kamu menginap karena sebagian besar penginapan di Penang akan menyediakan brosur dan peta wisata secara gratis untuk wisawatan yang datang ke pulau ini.

16.  Taksi di Penang
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup terjangkau argonya, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan argo taksi di Indonesia. Untuk scam atau penipuan taksi tanpa argo bisa terjadi kapan saja terantung ada peluang maka pada saat naik pastikan kamu telah deal dengan pengemudi taksi bahwa taksi yang kamu tumpangi menggunakan argo/ meter kalaupun tidak menggunakan argo baiknya sudah sepakat di ongkos yang dikenakan. Jika kamu menggunakan aplikasi Grab/ Uber rasanya bisa jadi pilihan lain mengingat lebih aman karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi.
Naik taksi di penang umumnya tidak menggunakan argo



17. Bus Antar Kota dari Penang
Yang harus kaku ketahui di Penang yaitu ada 2 terminal bus terdekat yaitu  terminal bus Sungai Nibong yang ada di pulau Pinang serta terminal bus Butterworth yang letaknya di seberang pulau. Untuk bus antar kota di Penang dari terminal bus Sungai Nimbong umumnya tujuan antar kota Malaysia, sedangkan dari terminal bus butterworth selain antar kota di Malaysia kamu juga bisa naik bus antar negara ke Thailand melalui pintu perbatasan Padang Besar dan Hatyai.
Terminal bus antar kota di Sungai Nimbong, Penang


18. Bus Umum di Penang
Apabila kamu hendak menjejalah tempat-tempat wisata di Penang dengan bus umum maka kamu dapat mengandalkan bus Rapid Penang yang melayani ke segala penjuru di Pulau Pinang. Keunggulan Rapid Penang yaitu murah namun kekurangannya di jam-jam sibuk busnya bisa sangat padat dan waktu tunggunya bisa cukup lama. Untuk pembayaran naik bus Rapid Penang kamu bisa menggunakan kartu Touch N Go atau membayar secara tunai.
Komtar adalah Terminal Bus Dalam Kota Terbesar di Penang, Malaysia
Komtar adalah Terminal Bus Dalam Kota Terbesar di Penang, Malaysia
 
19. Manfaatkan bus Rapid Penang CAT dan PTL
Tips untuk kamu yang hendak menjelajah kota tua George Town Penang bisa memanfaatkan fasilitas shuttle bus rapid penang CAT dan PTL secara gratis. Bus Rapid Penang CAT melewati hampir ke berbagai tempat populer di sekitar George Town, tempat dimana gedung-gedung tua bersejarah dan mural-mural painting Penang Street Art berada. Oh iya untuk baik bus ini kamu harus menunggu di halte-halte pemberhentian resminya ya karena ini bukan metromini yang bisa naik dan turun dimana saja.
Suasana Terminal Bus di Jetty George Town, Pulau Pinang
 


20. Berkeliling Penang dengan Bus Hop on Hop Off
Penang memiliki begitu banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Apabila kamu memiliki keterbatasan waktu, tidak ada kendaraan, kurang tahu spot mana saja yang bisa di-explore rasanya mencoba bus tingkat wisata Penang Hop On Hop Off adalah pilihan yang bijak mengingat Penang cukup besar khususnya bagi kamu yang hendak menjelajah ke semua tempat baik di tengah kota maupun ke daerah pantai-pantainya. Bus wisata ini worth it banget untuk dicoba apabila kamu traveling bersama keluarga atau traveling ke Penang di saat peak season musim liburan karena di saat itu apabila mau naik bus umum biasa pastinya sangat sesak khususnya di jam-jam sibuk.
Hop On Hop Off di Penang Jalur City Route
 Untuk bus Hop On Hop Off di Penang terdapat dua rute dengan titik pertemuan di Gurney Drive. Rute tersebut adalah City Route yang berkeliling dari pusat kota tua George Town dan destinasi wisata di sekitar pusat kota Penang. Satu lagi yaitu Beach Route yang berkeliling dari Gurney Drive ke beberapa pantai terkenal di Penang salah satunya adalah Batu Feringghi. Bus ini beroperasi setiap 20 sampai 30 menit sekali mulai dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam. Untuk tiketnya dibedakan antara penduduk lokal dengan wisatawan asing. Untuk Wisatawan asing harga tiket dewasanya yaitu 45 Ringgit untuk 24 jam, 79 Ringgit untuk tiket bus 48 jam serta untuk anak-anak mulai dari 5-12 tahun untuk tiket 24 jam dikenakan biaya sebesar 19 Ringgit.
Hop on Hop Off di Gurney Drive, Penang
Hop On Hop Off di Penang Jalur Beach Rout

21. Minuman dan Makanan Halal
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya.
Salah satu kedai makanan halal di Penang, Malaysia
Penang terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. Namun karena mayoritas penduduk di Penang adalah Tionghoa maka tidak semua makanan di Penang itu halal ya. Untuk minimannya tentu saja cobalah Cendol Penang yang begitu populer di kota ini. Untuk makanan yang pasti halal di Penang coba carilah kedai Nasi Kandar yang merupakan salah satu kuliner wajib ketika kamu berada di Penang.
Ada beberapa nasi Kandar yang terkenal di Penang diantaranya Nasi Kandar Line Clear, Nasi Kandar Deen Maju, Nasi Kandar di Kampung Melayu Ayir Hitam, Nasi Kandar di Balik Pulau serta yang paling ramai yaitu Nasi Kandar beratur yang dekat dengan masjid Kapitan Keling. 
Nasi kandar berartur di Penang, Malaysia
Nasi kandar berartur di Penang, Malaysia

Nasi kandar berartur di Penang, Malaysia
Nasi kandar beratur di Penang, Malaysia
Pengalaman kami makan di nasi kandar Beratur yang di masjid Kapitan keling ini sesuai namanya untuk bisa makan disini kami harus beratur (mengantre) panjang dulu. Yang kamu lihat difoto dibawah ini bukan antre sembako gratis, antre prasmanan kambing guling pas kondangan apalagi ngantre tiket konser justin bibir, tapi ngantre nunggu giliran dilayanin untuk bisa milih menu nasi kandar dan lauk yang dimau. Jadi kalo kamu berada di Penang sempatkan singgah ke warung makan ini yang berlokasi di jalan masjid Kapitan keling George Town. Tertarik untuk ikutan ngantre dan makan tengah malam disini? Mengapa makan tengah malam, karena tempat makan ini baru buka jam 10 malam.

22. Kuil di Penang dan Pakaian
Ketika kamu berkunjung ke Penang khususnya apabila ada daftar tempat ibadah atau kuil yang direkomendasikan untuk dikunjungi seperti Kek Lo Si, Khoo Kongsi dan kuil-kuil lainnya maka sebaiknya persiapkan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
Salah Satu Kuil Tua di Pusat Kota George Town, Penang
Sedangkan jika kamu berkunjung ke tempat seperti pantai disini kamu bebas menggunakan pakaian apa saja. Mau yang tertutup atau terbuka bebas tidak akan ada orang yang melarang.
Kuil di Kota Penang, Malaysia



23. Cuaca di Penang
Di Penang Malaysia memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai dan persiapan payung atau jas hujan jika berkunjung di musim hujan. 
Pemandangan dari atas bukit bendera, Penang hills malaysia

24. Sewa sepeda roda dua atau roda empat di George Town Penang.
    Selain berjalan kaki salah satu cara paling menyenangkan untuk berkeliling kota tua George Town dan menjelajah setiap mural-mural street artnya yang menarik untuk jadikan latar untuk berfoto yaitu dengan naik sepeda roda dua atau sepeda yang sudah dimodifikasi menjadi roda empat dengan kapasitas 4 hingga 8 orang yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Biaya sewanya mulai dari 10 Ringgit tergantung jenis sepeda dan berapa lama waktu pemakaiannya.
Seorang Turis di Atas Sepeda Roda Empat Dengan Latar Penang Street Arts.
Berkeliling Kota Tua George Town Dengan Sepeda
Salah Satu Tempat Penyewaan Sepeda di George Town, Penang
Seorang Kakek Penarik Becak Yang Sedang Menunggu Pelanggan di Kota George Town, Penang


25. Mural Street Art
    Tidak lengkap perjalananmu di Penang apabila belum berfoto dengan mural street art nya yang begitu kreatif dan menarik. Secara garis besar ada 2 lokasi mural yang dapat kamu jumpai di Penang yaitu di kawasan Goerge Town tuanya serta di Nagore Square Penang. Untuk mencari satu persatu gambar mural yang memiliki cita rasa seni yang lokasinya tersebar di berbagai penjuru kota Penang saran kami gunakan paduan peta gratis yang bisa kita dapatkan di kantor informasi/ tourism information center atau rak-rak lobi hotel memudahkan kita untuk menjelajah kota tua secara independen. Setiap orang bisa menentukan sendiri jalur perjalannnya dan bagian mana yang hendak dijelajahi.
Salah Satu Mural di Nagore Square, Penang - Malaysia
Suasana Malam di Nagore Square, Penang
Berdiri Di antara Mural di Nagore Square
Salah satunya mural yang menarik perhatianku yaitu mural anak kecil yang bermain ayunan ini yang begitu kreatif memadukan gambar dan ayunan sehingga menghasilkan karya seni yang berkelas. Ada juga mural anak kecil yang sedang naik motor yang dipadukan dengan sebuah sepeda motor tua sungguhan. Perpaduan karya seni ini menjadi salah satu highlight wisata mural di kota tua George Town, hal ini diamini oleh kedatangan wisatawan yang tidak ada habis-habisnya untuk berfoto di mural ini. Jika kamu datang di waktu sibuk atau long weekend maka bersiap-siaplah antre menunggu giliran untuk bisa berfoto di mural ini.
Mural Dua Orang Anak Yang Sedang Bermain Ayunan
Mural Kakak Beradik Yang Sedang Bermain Sepeda Roda Dua
Klik Untuk Diperbesar, Peta Referensi Lokasi Mural dan Street Arts di Penang, Malaysia

Ada juga mural anak kecil yang sedang naik motor yang dipadukan dengan sebuah sepeda motor tua sungguhan. Perpaduan karya seni ini menjadi salah satu highlight wisata mural di kota tua George Town, hal ini diamini oleh kedatangan wisatawan yang tidak ada habis-habisnya untuk berfoto di mural ini. Jika kamu datang di waktu sibuk atau long weekend maka bersiap-siaplah antre menunggu giliran untuk bisa berfoto di mural ini.
Salah Satu Mural Terfavorit di George Town Penang
Seorang Turis Yang Sedang Berpose Di Depan Mural Minion



26.  Sewa motor untuk keliling Penang
Salah satu cara untuk menghemat biaya saat menjelajah Penang yaitu dengan menyewa motor dengan persyaratan yang cukup mudah yaitu hanya menyerahkan paspor atau ID card sebagai jaminan dan uang sewa motor yang berkisar mulai dari 30 Ringgit Malaysia tergantung dari tipe sepeda motor yang kamu sewa. Umumnya sewa motor tidak termasuk bensin jadi kamu perlu mengisi bensin sendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan.
Sewa Motor Untuk Keliling Penang, Malaysia
Apabila kamu hendak menyewa sepeda motor atau kendaraan pastikan kamu mengenakan perlengkapan berkendara yang lengkap yaitu menggunakan helm, surat kendaraan bermotor dan surat izin mengemudi. Jika kamu tidak memiliki sim internasional bawalah sim Indonesia untuk menunjukan kalau kamu dapat mengendari kendaraan dengan baik. Apabila melewati dan diberhentikan saat terjadi razia usahakan tetap tenang dan dapat menunjukan surat-surat tersebut. 
Street Arts Di Salah Satu Sudut kota George Town di Penang, Malaysia

27. Colokan Listrik
Di Malaysia umumnya menggunakan colokan listrik kaki 3 yaitu berbeda halnya dengan di negara kita Indonesia yang colokan listriknya kaki 2. Jadi sebaiknya bawalah converter / universal converter jadi bisa digunakan ke berbagai negara, untuk memastikan agar charger atau gadget kamu seperti camera, handphone, dll bisa di charge disini.

28. Rekomendasi tempat yang patut di kunjungi di Penang
    Salah satu tempat yang wajib kamu masukan dalam daftar yaitu Penang Hills, bukit tertinggi di Pulau Pinang. Keseruan untuk mencapai bukit ini kamu bisa naik trem seperti halnya di The Peak Hongkong. Tram funicular ini yang mengantarkan setiap pengunjung dari terminal bawah untuk bisa sampai bukit bendera (Penang Hills). Untuk mencapai Penang Hill dari tengah kota George Town, Jetty atau Komtar (gedung tertinggi di Penang) bisa naik bus Rapidpenang nomer 204. Kalo kamu beli tiket bus wisata Penang Hop On Hop Off juga bisa berhenti di tempat ini. Kalo kamu berkunjung di saat peak season umumnya akan ramai dan mengantre cukup panjang. Namun berhubung kapasitas trem funicular ini cukup besar barisan antrean yang mengular akan cepat berangsur maju.
Mengantre untuk beli tiket dan naik tram ke Bukit Bendera (Penang Hill), Malaysia
Di dalam tram naik ke bukit bendara Penang Malaysia
Pemandangan dari atas bukit bendera, Penang hills malaysia
Pemandangan dari atas bukit bendera, Penang hills malaysia
Bukit cinta di Penang Hills, Malaysia
Pemandangan dari atas bukit bendera, Penang hills malaysia
Tram untuk naik ke Bukit Bendera, Penang Malaysia
Tiket naik ke Penang Hill, Malaysia
     Remomendasi lainnya yaitu tentu saja kamu bisa mengunjungi kuil Kek Lo Si, Khoo Kongsi, Penang National Park, Penang Botanical garden, Penang bridge, pantai Batu Feringghi dan pantai-pantai di sekitarnya.
Wisata Pantai di Penang, Malaysia




29. Kuliner malam di Gurney Drive, Penang
Salah satu alasan orang datang ke Penang selain untuk berkunjung ke kota tua dan muralnya tentu saja untuk berwisata kuliner. Salah satu tempat terbaik untuk wiskul kamu dapat berkunjung ke daerah pinggir pantai yang dikenal dengan nama Gurney Drive. Makanan yang direkomendasikan untuk dicoba disini Pasambur, rojak dan cucur udang. Ada juga sate ayam dan kambing dengan bumbu kacang, kwetiauw goreng, laksa kari (halal) serta sajian chinese food yang tidak halal ada semua disini.
Kuliner malam di Gurney Drive, Penang Malaysia

Kuliner malam di Gurney Drive, Penang Malaysia
Kuliner malam di Gurney Drive, Penang Malaysia

30. Wisata Belanja dan Oleh-oleh
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di Penang dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh saya sarankan belilah di pasar malam, kedai-kedai atau kios di pasar tradisional atau di dekat kuil-kuil yang menjadi tempat wisata karena umumnya harganya lebih murah dibandingkan oleh-oleh yang ditawarkan di mal-mal dan pusat perbelanjaan ternama. Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Salah satu pasar malam yang populer yaitu di dekat Pantai Batu Feringghi dan sekitar George Town.
Pasar malam di Batu Feringgi, Penang Malaysia
Pasar malam di Batu Feringgi, Penang Malaysia
 
Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Penang Malaysia bermanfaat. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Penang di Malaysia yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. 


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.



No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.