Saturday, May 19, 2018

25 Tips dan Panduan Lengkap Jalan-Jalan Liburan ke Gardens By The Bay di Singapura



Gardens by The Bay dan Marina Bay Sands di Singapura
    Jika kamu berlibur ke Singapura selain berfoto dengan background patung merlion Singapura dan gedung Marina Bay Sands tentunya juga wajib berfoto di area Gardens By The Bay, sebuah taman di Singapura dengan desain arsitektur yang menawan dan futuristik yang sangat instagramable untuk berfoto. Selain bagus untuk berfoto tempat ini juga sangat cocok dikunjungi untuk wisata keluarga dan wisata edukasi untuk anak dan keluarga. Ada beberapa bangunan dan tempat ikonik yang ada di Gardens By The Bay yang patut kamu kunjungi diantaranya Supertree Grove setinggi 25 meter yang diselimuti berbagai jenis tumbuhan dan tanaman, jembatan gantung OCBC skyway untuk berkeliling taman dan menikmati panorama keindahan Marina Bay, berkunjung ke Cloud forest yang merupakan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia serta ribuan koleksi tanaman dan bunga di Flower Dome yang patut untuk kamu lihat disini.

    Apabila kamu memang sudah merencanakan untuk liburan keluarga ke Gardens by The Bay Singapura khususnya tanpa travel agent atau mengikuti paket wisata dari Indonesia, mengingat area disini cukup luas dan terdapat beberapa bangunan maka baca dan pelajari terlebih dahulu tips dan panduan kami berikut ini agar liburan kamu ke Gardens by The Bay Singapura lebih terencana dan menyenangkan.





1.      Tentukan tujuan

Taman yang memperoleh banyak penghargaan dan memecahkan beberapa rekor dunia Guiness Book of Record ini secara garis besar terdiri dari 3 kawasan yaitu Bay South, Bay East dan Bay Central. Area terbesar di Gardens By The Bay yaitu Bay South yang di dalamnya terdapat beberapa Skytree yang ikonik. Di area Bay South ini jugalah Flower dome dan cloud forest berada. Untuk kawasan Bay East adalah area terbesar kedua setelah Bay South. Disini terdapat arena taman terbuka yang luas yang ditumbuhi beragam jenis tamanan dan bunga. Untuk kawasan ketiga yaitu Bay Central yang menghubungkan Bay South dan Bay East. 
Gardens by the Bay Maps
 Apabila dilihat dari kategorinya maka Gardens By The Bay dapat dikategorikan menjadi 2 bagian yaitu Indoor garden (Flower Dome, Cooled conservatories, cloud forest) yang berada di dalam ruangan yang dilengkapi dengan penyejuk udara serta satu lagi yaitu Outdoor Garden yang berada di luar ruangan di area terbuka.
Flower Dome di Gardens By The Bay Singapura
Cloud Forest di Gardens By The Bay, Singapura
Flower Dome di Gardens By The Bay, Singapura



2.      Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah Gardens By The Bay

Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya area Gardens By The Bay ini sangatlah luas. Ada area yang gratis ada juga area yang berbayar. Jadi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajah Gardens By The Bay kembali lagi ke tujuan kamu datang ke taman ini. Jika kamu datang hanya untuk ke area outdoor yang gratisan saja rasanya kurang dari setengah hari cukup, namun kalau kamu hendak menjelajah semuanya baik Indoor Flower Dome nya, naik ke atas OCBC skywalk nya serta menjelajah Outdoor Gardennya hingga bermain ke  Far East Organization Childerns Garden nya dari pengalaman kami idealnya 1 hari penuh khususnya apabila kamu ingin menikmatinya dengan santai. 
Cloud Forest di Gardens By The Bay, Singapura
Megahnya Skytree di area outdoor Gardens By The Bay
Festival bunga di Flower Dome, Gardens by The Bay Singapura


3.      Rekomendasi area yang harus di jelajahi di Gardens By The Bay

Jika kamu memiliki budget lebih tentunya selain berkeliling ke area Outdoor Gardennya yang gratis tentunya kami sangat sarankan untuk membeli tiket masuk ke Flower Dome nya juga. Di area dalam ruangan ini kamu dapat berkunjung ke Cloud forest yang merupakan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia serta menikmati ribuan koleksi tanaman dan bunga yang patut untuk kamu lihat disini. Bunga dan tanaman yang ada di dalam flower dom ini umumnya mengikuti musim atau festival/ event yang sedang berlangsung di Gardens By The Bay diantarnya festival tulip (tulipmania), festival anggrek (orchid extravaganza) dan blossom beats. Kunjungi website resminya untuk mengetahui festival yang sedang berlangsung di hari rencana kedatanganmu kesini.
Tulipmania di Gardens By The Bay, Singapura
Beragam Bunga Bisa Ditemukan di Gardens By The Bay Singapura ini
Cloud Forest di Gardens By The Bay, Singapura
Salah satu bagian di Cloud Forest di Gardens By The Bay, Singapura


Beragam bunga di Gardens By The Bay, Singapura
Beragam bunga di Gardens By The Bay, Singapura



4.      Harga Tiket Masuk ke Gardens By The Bay

Untuk area Outdoornya kamu bisa masuk ke taman ini dan berfoto dengan Skytree yang menjadi ikon Gardens By The Bay secara gratis. Namun apabila kamu hendak masuk ke bagian Indoor Garden (Flower Dome, Cooled conservatories, cloud forest) berikut harga tiketnya yang dapat kamu pesan secara online.

a. Tiket standard untuk masuk ke Flower dome dan Cloud forest untuk dewasa : 28 SGD

b. Tiket standard untuk masuk ke Flower dome dan Cloud forest untuk anak-anak 3-12 tahun : 15 SGD

c. Apabila kamu membawa serta anak-anak dibawah 3 tahun, anak dibawah 3 tahun gratis masuk ke area Indoor Garden diantaranya flower dome dan cloud forest.

          Tiket masuk ke kedua tempat tersebut berlaku untuk hari yang sama ya.
Pameran bunga di Flower Dome di Gardens By The Bay, Singapura



5.      Harga Tiket Naik ke OCBC Skywalk Gardens By The Bay

Salah satu fasilitas di Gardens By The Bay yang patut kamu kunjungi yaitu naik OCBC Skywalk untuk menikmati keindahan Skytree lebih dekat sembari menikmari panorama lansekap Singapura dan Flower Dome dari atas skywalk. Apabila kamu hendak naik ke OCBC Skywalk Gardens By The Bay ini untuk dewasa yaitu 8 SGD sedangkan untuk anak-anak usia 3-12 tahun yaitu sebesar 5 SGD. Tiket ini dijual terpisah tidak termasuk dari Indoor Flower Dome dan Cloud Forest. Tiket OCBC Skywalk Gardens By The Bay dapat di beli di pintu masuk OCBC Skywalk.
Skywalk di Gardens By The Bay, Singapura



6.      Cara Beli tiket masuk Gardens By The Bay Lebih Murah dan Hemat

Dari pengalaman kami usahakan belilah atau lakukanlah pemesanan tiket masuk Gardens By The Bay lebih awal. Cara paling mudahnya belilah secara online di website resmi Gardens By The Bay. Namun setelah kami membandingkan beberapa website agen perjalanan atau aplikasi pemesanan online ternama terkadang menawarkan harga tiket lebih murah dibandingkan website resminya loh. Yang terpenting belilah tiket di website atau agen terpercaya, karena apabila tidak resmi bisa saja tiket tersebut sudah tidak valid atau palsu sehingga kamu nanti tidak bisa masuk ke dalam Indoor Gardens By The Bay atau harus beli tiket masuk lagi.

Cara lainnya umumnya di hotel atau hostel tempat kamu menginap ada yang juga menjual tiket-tiket masuk ke tempat wisata di Singapura dengan harga yang lebih murah dan terjamin keasliannya. Setidaknya dua cara tersebut bisa menghemat budget liburan kamu dibanding beli langsung on the spot di pintu masuknya. Kelebihan lain kamu tidak perlu ikut mengantre lama ketika membeli tiket sehingga tentunya bisa hemat waktu juga.
Flower dome di Gardens by the bay, Singapura




7.      Bawalah identitas diri atau paspor khususnya anak di bawah 3 tahun.

Bawalah paspor sebagai identitas diri khususnya apabila kamu membawa anak dibawah 3 tahun. Hal ini penting untuk verifikasi oleh petugas penjaga loket untuk menunjukan kebenaran bahwa anak kecil yang kita bawa benar berusia dibawah 3 tahun sehingga gratis atau tidak dikenakan biaya masuk. Jangan sampai terjadi karena kamu tidak membawa identitas diri untuk anak dibawah 3 tahun sehingga kamu diharuskan untuk membayar harga tiket masuk untuk anak diatas 3 tahun. Karena hal ini juga janganlah coba-coba untuk mengakali umur anak ya agar bisa gratis.
Beragam bunga di Flower dome Gardens By The Bay, Singapura


8.      Waktu terbaik untuk berkunjung

Dari pengalaman kami bisa dikatakan Gardens By The Bay ini cocok untuk dikunjungi kapan saja atau sepanjang hari. Semua itu disesuaikan dengan tujuan awal kamu datang ke tempat ini untuk apa. Dari pengalaman kami jika tujuan kamu adalah wisata edukasi di dalam flower dome dan cloud forest maka datanglah pagi ketika suasananya belum terlalu ramai. Karena area Indoor Garden ini umumnya ramai dari siang sampai menjelang malam khususnya di akhir pekan. Atau bisa juga dikondisikan misalnya karena pagi cuaca belum terlalu panas maka dapat kamu manfaatkan untuk menjelajah area Outdoornya terlebih dahulu kemudian disaat sudah siang atau cuaca sedang terik barulahkamu manfaatkan untuk masuk ke Indoor Garden Flower dome dan Cloud Forest agar liburan bersama keluarga lebih nyaman dan menyenangkan.
Cloud Forest di dalam Gardens By The Bay, Singapura

Apabila tujuan kamu untuk hunting foto atau foto prewed disini baiknya hindari akhir pekan agar hasil fotonya lebih maksimal dan tidak bocor karena banyak orang. Waktu terbaik untuk hunting foto di Gardens by The Bay yaitu sore ke malam. Ketika senja dan blue hour langit akan menambah suasana Gardens By The Bay lebih cantik. Ketika malam tiba lampu-lampu berwarna-warni akan menghiasi skytree dan beberapa lokasi di area Gardens By The Bay ini. Apabila kamu hendak foto malam jangan lupa bawa tripod agar disaat kamu hendak foto long exposure atau night mode hasilnya sesuai harapan.



9.      Area di Gardens By The Bay

Secara garis besar Gardens by The Bay memiliki beberapa area diantaranya Indoor Garden/ Cooled convervatories yaitu taman dalam ruangan, Outdoor Garden yaitu taman terbuka di luar ruangan, serta area bermain anak di Far East Organization Childern Garden.
Area taman di Gardens By The Bay, Singapura



10.  Gratis keliling Outdoor Garden di Gardens By The Bay

Apabila kamu memiliki budget terbatas maka jangan khawatir karena Outdoor Garden di Gardens By The Bay ini gratis bebas untuk dikunjungi. Outdoor Garden juga cocok untuk kamu kunjungi jika waktu kamu terbatas. Di area Outdoor ini kamu dapat berfoto dengan latar Supertree Grove setinggi 25 meter yang diselimuti berbagai jenis tumbuhan dan tanaman, jembatan gantung OCBC skyway serta hotel Marina Bay Sands.

Di kawasan outdoor ini kamu dapat menunjungi Sun Pavilliion, Heritage Garden, World of platns serta Dragonfly and Kingfisher lake. Yang gratisan seperti ini tentunya cocok bagi kamu yang ke Singapura dengan cara backpackeran atau liburan dengan budget terbatas.
Childern Garden ini bisa dinikmati gratis!





11.  Alamat Gardens By The Bay dan waktu operasi

Taman ini beralamat di 18 Marina Gardens Drive, Singapore 018953. Untuk bagian Indoor Garden (Flower Dom, Cooled conservatories, cloud forest) buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Sedangkan untuk Outdoor gardennya dibuka dari jam 5 pagi hingga jam 2 tengah malam. 



12.  Cara menuju Gardens By The Bay dengan Transportasi Umum

Taman ini sangat mudah untuk diakses dengan transportasi umum yaitu dengan MRT. Naiklah MRT dengan tujuan ke Bayfront mRT (CE1/DT16) kemudian carilah pintu keluar Exit B kemudian berjalanlah mengikuti petunjuk ke arah Gardens By The Bay dengan cara mengikuti lorong bawah tanah. Ketika sudah sampai dipintu keluar kemudian berjalanlah ke arah Dragonfly Bridge atau Meadow Bridge kearah Gardens By The Bay. Ikuti saja keramaian karena sudah dipastikan sebagian orang pasti tujuannya sama ke taman ini. 
Gardens By The Bay di Singapura

Apabila kamu naik bus carilah rute bus nomer 400 kemudian turun di halte nomer 03371 di jalan Marina Garden Drive.

       

13.  Cara menuju Gardens By The Bay dari Marina Bay Sands Hotel

Apabila kamu dari dalam Marina Bay Sands Hotel atau di kawasan sekitar Marina Bay Sands Hotel, untuk menuju ke Gardens By The Bay kamu bisa lewat jembatan Lion bridge yang dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam. Alternatifnya bisa mengikuti penunjuk arah dari dalam mall ke jalan bawah tanah lewat stasiun MRT Bayfront.
Pemandangan Gardens by The Bay Dari Jembatan Yang Menghubungkan Marina Bay Sands dan Gardens By The Bay

   

14.  Ambil Brosur dan denah lokasi Gardens By The Bay

Setibanya di bandara Changi kamu bisa menghampiri rak-rak atau pusat informasi untuk meminta brosur dan peta Singapura. Umumnya di beberapa peta telah dilengkapi juga dengan denah tempat wisata seperti pusat kota, pulau sentosa hingga Garden By The Bay. Jika di bandara kamu tidak mendapatkannya cobalah tanya dan minta resepsionis penginapan dimana kamu tinggal jika ada. Atau peta dan brosur juga bisa didapatkan ketika kamu keluar dari stasiun MRT Bayfront atau pada saat membeli tiket masuk Indoor garden di dalam  Gardens By The Bay. Jika tidak ada juga bisa download peta digitalnya untuk jadi panduan kamu. Kami rekomendasikan ambilah peta tersebut sebagai referensi untuk menjelajah Gardens By The Bay. 
Flower Dome di Gardens By The Bay, Singapura




15.   Pelayanan Shuttle di area Gardens By The Bay

Sebagai informasi Gardens by The Bay ini memiliki sangat luas dan besar. Untuk kamu yang lelah berjalan atau liburan bersama anak atau orang tua/lansia bisa memanfaatkan layanan shuttle bernama Garden Cruiser Services yang melayani rute dari pintu keluar MRT Bayfront ke dalam kawasan Gardens By The Bay. Shuttle services ini beroperasi mulai dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Untuk biayanya yaitu 3 SGD perorang dan tiket berlaku selama sehari penuh. Apabila kamu liburan bersama seseorang yang menggunakan kursi roda juga bisa menggunakan layanan shuttle ini secara gratis. Untuk Interval waktunya pun terbilang sering yaitu setiap 10 menit sekali.



16.   Mengikuti tur keliling Outdoor Gardens By The Bay

Jika tujuan kamu kesini adalah untuk wisata edukasi ada sebuah tur yang dapat kamu ikuti yaitu Outdoor Garden Audio Tour. Dengan sebuah mobil shuttle kamu akan diajak berkeliling taman dilengkapi dengan penjelasan yang informatif tentang taman ini melalui speaker di setiap titik yang dikunjungi. Dengan mengikuti tur ini tentunya kamu tidak hanya melihat melainkan juga dapat belajar hal baru untuk menambah wawasan. Untuk mengikuti tur ini kamu bisa membeli tiketnya seharga 8 SGD untuk dewasa dan 3 SGD untuk anak-anak usia 3 sampai 12 tahun. Jadwal tur dapat dipilih sesuai keinginan dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 5:30 sore.
Ada shuttle yang juga dilengkapi audio tour di Gardens by The Bay, Singaoura



17.   Mau mencoba auto rider?

Tidak hanya Skytree dan Flower dome nya yang futuristik, taman ini juga dilengkapi sebuah kendaraan futuristik bernana auto rider yang akan membawamu keliling Gardens By The Bay. Kendaraan ini beroperasi secara otomatis dilengkapi juga dengan audio tour yang akan menjelaskan secara informatif setiap bagian Gardens By The Bay yang dilewati. Untuk bisa mencoba auto rider ini kamu dapat membeli tiketnya di Bayfront Plaza seharga 5 SGD. Waktu beroperasinya yaitu dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Jam 12 siang sampai jam 2 siang tutup untuk istirahat.





18.   Bermain air di Far East Organization Childerns Garden.

Di area terbuka di Gardens By The Bay ada sebuah kawasan bernama Far East Organization Childerns Garden yang terdapat sebuah arena bermain untuk anak. Di area ini sangat cocok untuk tempat bermain bersama anak karena selain ada taman juga terdapat zona bermain di Toodler Play Zone anak serta Water Play tempat untuk bermain air untuk basah-basahan. Jika kamu rencana mengajak anak anda kesini maka persiapkan pakaian ganti ya.

Childerns Garden di Gardens By The Bay, Singapura
Bermain air di Childerns Garden, Singapura
Ada arena playground juga di Childerns Garden, Garden By The Bay Singapura

Far East Organization Childerns Garden, Singapura
Waterplay di Gardens By The Bay, Singapura
 


19.   Stroller di area The Gardens by The Bay

Apabila kamu berwisata bersama keluarga dan membawa anak kecil sebaiknya bawa stroller sendiri sehingga anak bisa beristirahat ketika lelah. Kondisi jalan disini ramah untuk stroller. Namun apabila kamu hendak naik shullet service (kendaraan keliling Gardens By The Bay) jangan lupa untuk di lipat terlebih dahulu untuk kenyamanan penumpang tram lainnya.



20.   Pakaian

Karena lokasinya adalah di area terbuka maka kenakan pakaian yang nyaman karena seharian kita akan banyak berjalan. Jika datang di cuaca yang panas dan terik maka persiapkan pakaian yang dapat menyerap keringat. Jika datang di musim hujan persiapkan membawa payung atau jas hujan. 
Kenakan pakaian yang nyaman saat ke Gardens By The Bay, Singapura
Sedangkan untuk area Indoor Gardennya yang dilengkapi dengan pendingin udara rata-rata suhu dalam indoor garden berksiar 23 hingga 25 derajat namun bisa terasa lebih dingin apabila kamu datang di saat pengunjungnya tidak terlalu ramai. Apabila kamu membawa serta anak kecil khususnya balita saran kami persiapkanlah jaket atau sweater untuk menghangatkan agar anak anda tidak kedinginan.



21.  Taati peraturan

  Negara Singapura dikenal dengan negara yang patuh dan tertib terhadap hukum. Maka ketika kamu berkunjung ke negara Singapura maka taatilah peraturan tersebut diantaranya jangan merokok sembrangan di Gardens By The Bay, jangan membuang sampah sembarangan, jangan memetik bunga atau daun sembarangan dan peraturan lainnya yang dapat kamu baca di petunjuk dan peraturan yang ada.





22.   Rekomendasi tempat penginapan

Apabila kamu berencana untuk ke Gardens By The Bay Singapura, berhubung taman ini mudah diakses transportasi umum seperti MRT maka kami sarankan carilah penginapan yang berada di tengah kota dan dekat dengan akses transportasi umum seperti bus atau MRT. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Singapura, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral kami di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. 
Salah satu penginapan Airbnb yang pernah kami singgahi di Singapura
Salah satu penginapan Airbnb yang pernah kami singgahi di Singapura
Salah satu penginapan Airbnb yang pernah kami singgahi di Singapura

Secara lokasi dan budget untuk menginap di apartemen lewat airbnb ini sangat cocok apabila kamu liburan bersama keluarga dan membawa serta anak-anak atau orang tua yang sudah lansia. Karena ukuran apartemennya lebih besar jadi satu unit bisa menampung semua anggota keluarga jadinya kalau dihitung-hitung biaya menginapnya per keluarga jadi terbilang terjangkau. Untuk bisa lebih hemat lagi kamu bisa daftar airbnb dan pakai kode referral kami ya untuk mendapatkan voucher diskon hingga 40 USD!



23.   Membawa Makanan dan Minuman dari luar dan Tempat makan/ Restoran di dalam The Gardens By The Bay

Hampir semua tempat wisata pasti harga makanan di dalam umumnya lebih mahal dibanding beli di luar. Namun berbeda dengan wahana rekreasi lainnya disini pengunjung di bebaskan membawa makanan dari luar. Kalau kami sendiri berhubung liburan bersama keluarga yang membawa 3 anak kecil dan lansia tentunya untuk menghemat pengeluaran kami membawa bekal air putih/mineral dan beberapa cemilan khususnya untuk anak.
Di Sebelah kiri terdapat sebuah tempat makan/ cafe di Gardens By The Bay, Singapura

Jika mau bawa makanan berat baiknya bawalah makanan yang tahan lama, tidak cepat basi dan kering. Cara ini cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas dan ingin berhemat, mengingat harga makanan dan minuman dalam taman Gardens By The Bay ini lebih mahal. Namun jangan khawatir untungnya di sini ada beragam pilihan tempat makan dari yang restoran hingga level food court yang dapat kamu pilih sesuai budget. Pilihan tempat makan disini diantaranya Pollen, Majestic Bay Seafood, Bakerzin, Cafe Crema, Supertree Dining, Satay By The Bay, Childerns gardenn cafe dan conservatory cafe. Salah satu tempat yang ada sertifikasi halalnya yaitu kamu bisa membeli Menu Mc Donald disini.





24.   Loker Penyimpanan Barang/ Tas

Apabila kebetulan jadwal kedatangan kamu kesini sedang membawa barang bawaan seperti koper, ransel atau barang bawaan lainnya dan kamu malas untuk membawanya berkeliling taman Gardens by The Bay yang luas ini maka kamu dapat memanfaatkan fasiltias loker yang ada di area taman ini. Biayanya sekitar 4 SGD dan tergantung dari ukuran loker yang hendak disewa. alternatifnya bisa simpan tas/koper di loker yang ada di dalam Marina Bay Sands yang lokasinya ada di dekat kasino.



25.   Membeli Souvenir

Sebagai kenang-kenangan selain mengabadikan dalam gambar dan video kamu juga bisa membeli souvenir atau cenderamata yang dijual disini. Untuk budgetnya kisaran 5 SGD hingga ratusan SGD tergantung jenis souvenir dan jumlah yang hendak kamu beli. Saran kami belilah souvenir yang otentik yang bertemakan Gardens By The Bay Singapura yang tentunya hanya dapat ditemukan disini diantaranya video edukasi tentang taman, tanaman atau bibit bunga atau merchandise pada umumnya seperti tshirt, topi, tas, gelas, gantungan kunci atau magnet kulkas.



Semoga tips jalan-jalan liburan keluarga di Gardens By The Bay di Singapura bermanfaat. Untuk tips dan panduan liburan di tempat-tempat wisata di Singapura akan kami sharing di artikel terpisah ya agar lebih rinci dan lengkap. Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Gardens By The Bay yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. 

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.