Sunday, August 26, 2012

Mencicipi Semangkok Soto Ledokan Yang Segar di Kartasura



Jika anda melakukan perjalanan darat dari kota Yogyakarta menuju kota Solo umumnya melewati sebuah daerah bernama Kartasura yang merupakan salah satu bagian dari kota satelit bagi kota Solo atau Surakarta. Dipinggir jalan utama tepatnya di Jalan Ahmad Yani diseberang Laris Swalayan terdapat sebuah warung Soto yang kerap ramai dikunjungi baik yang memang berniat untuk makan atau berwisata kuliner yang bernama Soto Ledokan Kartasura.
Warung ini menawarkan menu spesial yaitu soto spesial daging sapi, tetapi bagi anda yang tidak menyediakan soto ayam untuk dipesan. Selain Soto terdapat beberapa menu pelengkap seperti perkedel, tempe dan tahu goreng, sate, kerupuk serta mentho atau sebagian mengatakan namanya jipeng. Untuk minuman yang disediakan terdapat teh panas, es teh manis, jeruk hangat, es jeruk serta beberapa minuman lain.
Menyantap Soto yang segar begitu nikmat sembari menikmati alunan lagu tradisional yang disuguhkan oleh 5 orang musisi jalanan yang memang menetap disana untuk menghibur setiap pengunjung yang datang ke warung ini. Tak seperti pengamen jalanan yang kerap menganggu bahkan sebagian ada yang memaksa di tempat ini mereka sangat sopan. 

        Mereka menghibur dan mendendangkan lagu yang asyik didengar. Mereka juga bersedia membawakan lagu sesuai dengan request dari pengunjung yang datang. Bagi pengunjung yang hendak memberikan apresiasi kepada mereka, cukup meletakan sumbangan ke wadah yang diletakan didepan mereka saat melakukan aksinya dan itu anda lakukan secara sukarela.


Segarnya kuah soto ledokan ditambah racikan bumbu yang khas dengan potongan daging yang empuk membuat lidah ini tak berhenti untuk mengecap menikmati kelezatan rasanya. Tak heran orang-orang besar seperti mantan Presiden Republik Indonesia (alm) Gusdur pernah mencicipi lezatnya Soto Ledokan. Sama halnya dengan ahli kuliner pak Bondan Winarno yang dikenal dengan kata makyuuss nya juga pernah makan di tempat ini.


Masih banyak tokoh-tokoh masyarakat dan selebriti yang pernah menikmati soto ini yang terpampang jelas dalam sebuah foto yang dipajang di dinding di bagian atas warung. Dan ratusan orang yang lalu lalang mampir ketempat ini rasanya sebagai bukti bahwa lidah banyak orang tak salah memilih bahwa soto ledokan memang begitu segar dan lezat untuk dinikmati.

Follow me on twitter : @travelographers

2 comments:

  1. hmmm ternyata soto ada dimana-mana... tadi siang wisata kuliner soto padang yang ada dimedan & kebetulan mau di review di blog juga...
    pernah juga dari solo ke jogja jalur darat tapi ga merhatiin ada yg jual soto ledokan. next time kl ke solo atau jogka pasti mampir nih buat wisata kuliner soto ledokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Indonesia punya banyak jenis soto yg berbeda"tergantung daerah. masing" daerah punya keunikan dan citarasa tersendiri.. Indonesia memang surganya untuk kuliner.. yummyy..

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.