Sunday, June 3, 2012

Wisata Kuliner Di tengah Kota Kembang, Bandung


Kuliner di Kota Kembang, Bandung


     Kota Bandung tak hanya dikenal sebagai surganya belanja khususnya mode, selain itu kota ini dikenal sebagai gudangnya kuliner yang lezat dengan suasana yang asik untuk nongkrong. Banyak tempat makan mulai dari restoran mewah, kafe yang unik sampai pedagang kaki lima menjajakan hidangan yang lezat dan nikmat.
    Tempat makan di kota Bandung yang bagus tak hanya didominasi yang berlokasi di daerah pegunungan atau daerah atas perbukitan saja, di tengah kota nya pun tersebar banyak tempat makan yang memiliki ciri khas masing-masing dengan konsep dan menu andalan yang beragam.
      Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan dengan konsep yang menarik di tengah kota Bandung :


1. Atmosphere Restaurant
Atmosphere Restaurant yang terletak di Jl. Lengkong Besar ini memiliki konsep tempat makan yang penataan ruang yang romantis. Ada ruang makan besar dalam ruangan untuk kelompok yang umumnya dipergunakan untuk acara kantor atau ulang tahun lengkap dengan band pengiring. Di lantai 1 nya terdapat juga gazebo yang cocok untuk ruang makan keluarga untuk bersantai menikmati hidangan yang lezat.
Bagi yang ingin merasakan suasana yang tenang dapat memilih makan di luar ruangan yang terdiri dari saung dan lesehan disekeliling taman dan kolam, dimana dalam kolam tersebut terdapat beberapa jenis ikan diantaranya ikan mas, koi dan ikan besar arapaima yang merupakan salah satu ikan yang berasal dari sungai Amazone.



2. Kring Kring
Ada sebuah tempat tongkrongan baru yang terletak di jalan CIliwung dengan konsep Eat, Drink, Chat, Movie. Dengan konsep tersebut tempat ini selain memiliki tempat makan yang asik untuk bercanda gurau bersama teman-teman, terdapat juga toko yang menjual DVD film dengan koleksi yang cukup lengkap. Menu yang ada disini didominasi makanan lokasl nusantara seperi nasi bambu, pempek, soto dan makanan lainnya.  


 
3. Origin Restaurant
Restoran yang tereletak di jalan Sumatera ini merupakan salah satu tempat makan yang memiliki konsep yang unik yaitu organik and healthy living. Beberapa bagian didominasi warna hijau dengan tumbuh-tumbuhan dan bunga yang ditata dengan rapih. Beberapa atap dibuat dengan kaca transparan seperti desian rumah kaca sehingga sinar matahari dapat masuk menerangi ruangan. 
Keunggulan dari makanan yang disajikan yaitu sesuai dengan konsep Origin itu sendiri yaitu sehat dan berasal dari organik. Bagi anda yang ingin membeli bahan makanan organik, pada bagian depan restoran ini terdapat minimarket kecil yang menjual bahan-bahan tersebut. 




4. Tokyo Connection
Dikawasan Jalan Progo bandung terdapat beberapa tempat makan dengan konsep yang unik, salah satunya yaitu Tokyo Connection yang mengusung konsep bergaya jepang dan klasik. Begitu juga halnya dengan menu andalan tempat ini tentu saja masakan jepang seperti udon maupun teriyaki. Dengan desain tempat yang menarik dan unik tak jarang tempat ini dijadikan tempat untuk pemotretan baik untuk modeling professional maupun prewedding dengan biaya 1 juta rupiah untuk satu sesinya. Selain menyajikan menu yang lezat, terdapat juga toko cindera mata/ pernak-pernik unik dan lucu yang umumnya berbau jepang. 


 5. Giggle Box
Masih dalam kawasan jalan Progo, tak jauh dari Tokyo Connection terdapat Giggle Box Café & Resto. Giggle Box ini berhubungan dengan JONAS Foto yang kosepnya seperti studio mini dengan dominasi warna putih yang bagus untuk berphoto. Kini selain di jalan Progo telah dibuka cabang baru Giggle Box yang berlokasi di Cihampelas Walk (Ciwalk) yang merupakan salah satu tempat nongkrong anak Bandung.


6. RM Bancakan
Rumah makan ini menyajikan sajian khas sunda dengan gaya tempo dulu, terlihat dari alas piring maupun gelas yang digunakan bergaya klasik terbuat dari seng dengan motif bunga yang begitu khas digunakan orang di kampung. Makanan yang disajikan dengan gaya prasmanan yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Ada juga beberapa jenis minuman dingin tradisional yang enak dan menyegarkan yang dapat dicoba untuk menemani saat menyantap hidangan tersebut. Lokasi rumah makan ini tak jauh dari kawasan dago dan gasibu yaitu terletak dijalan Trunojoyo tak jauh dari gedung sate yang menjadi salah satu ikon kota Bandung.



7. Sajian Sunda Sambara
Masih dalam kawasan yang sama di Jalan Trunojoyo Bandung, persis di sebelah RM Bancakan terdapat rumah makan Sajian Sambara yang menyajikan makanan khas sunda dengan konsep prasmanan. Suasana yang dihadirkan ditempat ini yaitu tradisional sunda dengan sentuhan modern pada bagian interiornya.  

8. Bebek Garang
Segar dan merangsang, itu adalah tagline dari Tempat makan Bebek Garang yang kalimat tersebut diadopsi dari kepanjangan kata garang. Menu yang ditawarkan yaitu menu olahan daging bebek dengan berbagai rasa sesuai dengan selera masyakarat. Dagingnya yang empuk dan bumbunya yang memiliki cita rasa yang khas serta sambalnya terasa begitu pedas dan segar menjadi alasan setiap konsumen yang berkunjung ke tempat ini. Ada beberapa menu bebek yang disajikan diantaranya Bebek Debus, Bebek Grinpis, Bebek ameRICA, dan Bebek 70 serta menu lainnya. Untuk menuju tempat ini terdapat pilihan cabang yang telah dibuka dibeberapa sudut kota Bandung diantaranya di Jalan Braga Bandung, Jalan Riau Bandung, Jalan Sulanjana Bandung, Straits Kitchen BSM dan Jalan Raya Cibabat Cimahi 



9. Cabe Rawit
Tak jauh dari kawasan Dago dan rumah sakit Boromeus terdapat tempat makan bernama café Cabe Rawit. Café ini berlokasi di jalan Teuku Umar yang merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda Bandung dan mahasiswa sekitar kampus Unpad. Dengan konsep tempat yang alami dengan suasana yang nyaman tak heran tempat ini selalu ramai dikunjungi baik untuk sekedar menikmati makanan yang enak serta untuk nongkrong, terlebih lagi tempat ini menyediakan fasilitas Wi Fi gratis untuk setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.
 


10. Imam Bonjol
Masih dikawasan tempat makan disekitar kampus Unpad dan ITB, terdapat tempat makan yang murah meriah sesuai dengan kocek mahasiswa yang terkenal dengan nama Lomie dan Bakmie Imam Bonjol di jalan Jl. Imam Bonjol. Selain Lomie terdapat juga beragam makanan lain seperti pempek, batagor, ayam taliwang, lotek, es oyen dan makanan lainnya.

11. Kafe halaman
Dipojok jalan Taman sari terdapat sebuah tempat makan dengan konsep yang menarik dengan menu tradisional dan western food dengan harga yang terjangkau. Desain tata ruangnya yang nyaman membuat setiap orang yang makan disini akan betah untuk berlama-lama sambil nongkrong bersama teman dan kerabat. Lokasinya yang strategis dekat dengan Sabuga ITB dan Dago membuat tempat ini selalu ramai tiap harinya, bahkan terkadang untuk bisa dapat tempat anda perlu memesan tempat terlebih dahulu khususnya bagi anda yang ingin datang secara berkelompok.

12. Madtari
Ada yang mengatakan tak lengkap jika ke Bandung tetapi belum mencoba menu makanan di Madtari. Tempatnya yang buka 24 jam dengan harga yang murah menjadikan tempat ini selalu ramai khususnya untuk golongan mahasiswa yang sering nongkrong ditempat ini. Menu yang disajikan umumnya menggunakan keju yang banyak yang kini menjadi ciri khas Madtari, diantaranya yaitu mie telor kornet keju serta pisang dan roti bakar keju. Ada beberapa lokasi Madtari diantaranya di jalan Rangga gading dekat taman Flexi Dago, di daerah Jatinangor, serta di jalan Cikutra baru dekat dengan kampus Widyatama.


Follow me on twitter : @travelographers

5 comments:

  1. terimakasih banyak atas infonya gan jadi pingin nyoba.

    ReplyDelete
  2. gimana caranya kalau mau rekomendasiin tempat ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau share tempat kulineran atau tempat oleh-oleh dibandung bisa langsung di share di colomn comment ini saja mba andini.. tapi kalau mau ada penawaran kerjasama untuk di review tempat kulineran di bandung boleh contact kami melalui email di shutravelographer@gmail.com
      terima kasih

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.