Thursday, January 25, 2018

Merencanakan Liburan ke Dataran Tinggi Dieng Dengan Paket Pesawat + Hotel Dari Traveloka



Matahari Terbit dari Puncak Sikunir di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

         Di bulan Januari ini kota Jakarta diberkahi hujan yang membuat udara terasa dingin, setidaknya untuk beberapa hari terakhir. Dari balik jendela aku mengamati hujan yang turun dari langit membahasi bumi, dan entah mengapa cuaca seperti ini senantiasa bisa membuat kenangan masa lalu kembali hadir dalam ingatan. Memori perjalananku saat backpacking menjelajah Pulau Jawa hingga ke Pulau Bali lewat jalur darat sekelabat hadir, menghadirkan rasa rindu dan perasaan melankolis.
Dari beberapa kota yang dulu sempat ku singgahi ada sebuah destinasi yang begitu kurindukan keindahan alamnya dan cuacanya yang dingin yaitu Dataran Tinggi Dieng, dataran tinggi tertinggi kedua dunia setelah Nepal. Tempat ini memiliki ketinggian 2093 meter di atas permukaan laut atau mencapai ketinggian 6000 kaki. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di Dieng Plateau sejuk mendekati dingin yang berkisar 15 sampai 20°C di siang hari dan 10°C di malam hari.
Ada dua alasan umum yang membuatku merindukan tempat ini yaitu alasan pertama adalah menjelajah wisata sejarahnya dimana di Dataran Tinggi Dieng terdapat banyak peninggalan sejarah yang menyimpan sejarah masa lalu dimana terdapat beberapa komplek candi hindu tertua di pulau Jawa yang diperkirakan dibangun sekitar abad ke tujuh.
Kawasan Candi Arjuna yang bersejarah di Dataran Tinggi Dieng
Alasan kedua tentu saja menikmati lansekap keindahan Dataran Tinggi Dieng dimana kita bisa menikmati pemandangan keindahan telaga-telaga disana diantaranya Telaga Warna, Telaga Merdada dan Telaga Pengilon, mengunjungi Kawah Sikidang dan Kawah Sileri, menikmati matahari terbit di bukit Sikunir serta ditambah lagi keindahan terasiring lahan perkebunan yang tertata begitu indahnya memanjakan setiap mata yang memandang ketika perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng ini.
Terasiring perkebunan di Dataran Tinggi Dieng
Sedangkan alasan personalku yaitu dulu perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng ini adalah salah satu perjalanan yang merubah hidupku  dimana aku mendapatkan sebuah pengalaman hidup yang besar yang tidak dapat dibeli dengan uang dan mendapatkan ilmu serta wawasan yang tidak dapat dipelajari di bangku pendidikan manapun melainkan hanya dapat kita timba dari sebuah perjalanan. Mencoba menjelajah Dataran Tinggi Dieng dengan mengatur perjalanan sendiri menempa keberanianku untuk tidak takut menjelajah tanah asing. 
Dulu pertama kali aku ke Dataran Tinggi Dieng dengan cara backpacking statusku masih single jadi tidak masalah untuk ngeteng naik bus sampai ke Dataran Tinggi Dieng hingga mencari penginapan on the spot ketika sampai disana. Namun kini ketika aku mulai merencanakan untuk kembali kesana mengajak keluargaku rasanya aku harus mencari alternatif yang lebih nyaman dan pasti, karena bagamanapun juga perjalanan kembali ke Dataran Tinggi Dieng bukan lagi perjalanan personal, melainkan perjalanan untuk kebahagiaan bersama keluarga. Sebagai kepala rumah tangga yang baik tentu saja yang ada di dalam pikiranku untuk merencakanan perjalanan ini dengan baik dan terencana.
Salah satu pesona keindahan Dataran Tinggi Dieng
Setelah berdiskusi dengan keluargaku mengenai rencana ke Dataran Tinggi Dieng ini kamipun sepakat untuk naik pesawat ke kota terdekat dengan pertimbangan kenyamanan dan dapat menghemat waktu perjalanan. Untuk menuju Dataran Tingg Dieng ada 2 alternatif yang bisa kami pilih yaitu mencari penerbangan ke Yogyakarta atau ke Solo, namun menurut rekomendasi banyak orang kota terdekat yaitu Yogyakarta. Kemudian kami langsung mencari tahu tiket penerbangan ke Yogyakarta, mencari yang termurah dan mencari jadwal perjalanan yang cocok mengingat kami hanya berencana untuk weekend gateway memanfaatkan akhir pekan saja. Selain tiket pesawat tentu saja akupun harus mencari penginapan yang sesuai bujet dan standar kenyamanan keluarga kami.
Mencoba mencari tiket pesawat dari satu website ke website lain untuk mendapatkan tiket penerbangan yang sesuai tanpa sadar cukup lama waktu yang sudah terbuang begitu saja, padahal aku juga masih ada pekerjaan lain yaitu mencari penginapan  disana. Belum lagi disaat yang bersamaan aku juga harus bersaing dengan orang lain yang mungkin juga sedang mencari penerbangan dan penginapan di tanggal yang sama. Mengingat hal ini waktu menjadi sangat berharga.

Sampai akhirnya aku tertarik untuk mencoba sebuah fitur layanan paket pesawat hotel  traveloka dimana aku dapat memesan tiket pesawat dan kamar hotel sekaligus untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan tentu saja lebih praktis serta efesien karena bisa merencanakan liburan hemat kami di satu website yang sama. Keluargaku pun mendukung untuk segera mencoba fitur ini menggingat dalam website traveloka disebutkan Pemesanan sekaligus = lebih bagus karena lebih hemat dan lebih praktis. Jika melakukan pemesanan secara bersamaan bisa lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% secara otomatis tanpa perlu kode promo apapun.


 Dalam fitur layanan paket pesawat + hotel kami segera memasukan tanggal rencana keberangkatan, tujuan kami yaitu ke Yogyakarta serta jumlah penumpang. Selanjutnya untuk penginapan kami bisa langsung memasukan destinasi Dieng serta tanggal rencana kami menginap. Setelah lengkap kami klik tombol cari paket untuk melhat penawaran yang akan diberikan traveloka. Pada tampilan layar berikutnya beberapa pilihan yang ditawarkan traveloka untuk paket pesawat + hotel ini cukup bervariasi dimana kami bisa langsung menentukan pilihan penerbangan yang bisa disesuakan dengan bujet kami dan secara otomatis traveloka akan menghitung berapa biaya yang perlu kita bayar per penumpang serta totalnya. 
 


Selanjutnya yaitu adanya fitur untuk ubah kamar memudahkan kami untuk melihat alternatif kamar yang dapat kami pesan di penginapan yang telah kami incar. Secara otomatis dalam website traveloka pun terlihat perhitungan biaya menginap yang diperlukan jika hendak mengubah jenis kamar yang dikehendaki. Dan dari layarpun terlihat nominal rupiah yang bisa kita hemat ketika memesan tket pesawat sekaligus dengan penginapan di traveloka.
 
  
Pada tahap berikutnya setelah mendapatkan rincian pemesanan baik untuk tiket pesawat dan penginapan dan memasukan nama penumpang kami lanjutkan dengan melakukan pembayaran. Yang membuat pemesanan dengan traveloka lebih nyaman yaitu pilihan metode pembayaran yang bervariasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan mulai dari pembayaran dengan internet banking direct debit diantaranya BCA Klikpay, CIMB Click, Mandiri Clickpay serta Mandiri Debit. Pilihan pembayaran lainnya yaitu membayar di minimarket yang telah kerjasama dengan traveloka diantaranya indomaret dan alfamaret. Selain itu bisa juga membayar langsung lewat ATM dan tentu saja ada juga pilihan membayar dengan kartu kredit baik yang nantinya akan dibayar langsung maupun dengan cicilan 0 % dengan pilihan masa cicilan 3 hingga 6 bulan.

Tidak hanya itu keunggulan apabila jadi member di traveloka selain ada potongan diskon, aku juga bisa mendapatkan point yang dapat dikumpulkan untuk tambahan potongan harga/ diskon di pemesanan selanjutnya. Hal ini dapat aku ketahui di halaman terakhir sebelum pembayaran. Dengan pemesanan paket pesawat dan hotel di traveloka tentunya bisa menghemat biaya liburan kami. Rasanya potongan diskon yang kami terima dari traveloka bisa kami alokasikan untuk menambah bujet untuk membeli oleh-oleh khas Dieng seperti manisan carica dari pepaya khas dataran tinggi Dieng atau untuk kulineran makan mie ongklok yang terbuat dari dari mie, kola atau kubis, cabe, daun kucai dan kuah bumbu kental pedas yang merupakan mie khas Wonosobo.  Mie tersebut disajikan panas dimana pada beberapa warung ada yang ditambah tahu bacem atau tempe kemul atau sate.
Setelah tiket pesawat dan penginapan sudah ditangan tentunya hal selanjutnya yaitu membuat itinerary / rencana perjalanan mengenai tempat mana saja yang akan dikunjungi ketika berada di Dataran Tinggi Dieng. Hal ini penting untuk aku lakukan agar perjalanan bersama keluarga ini bisa berjalan lancar dan menyenangkan sesuai rencana. Dari pengalamanku sebelumnya di kawasan wisata Dieng ada beberapa destinasi yang menarik untuk dikunjungi diantaranya  
1.   Menikmati matahari terbit di Bukit Sikunir.
Matahari terbit dari puncak Sikunir, Dataran Tinggi Dieng
 2.   Mengunjungi kawasan candi Arjuna yang terdiri dari beberapa candi diantaranya yang masih berdiri kokoh yaitu candi Arjuna, candi Semar, candi Srikandi, candi Puntadewa dan candi Sembaura. 
Kawasan Candi Arjuna
3. Mengunjungi Musium Dieng Kailasa yang memiliki banyak benda benda bersejarah diantaranya patung patung dari reruntuhan candi yang ditemukan penduduk setempat. Dikawasan ini juga terdapat candi Gatot Kaca dan terlihat dari kejauhan telaga Balekambang.
Museum Kaliasa Dieng
4.  Mengunjungi Dieng Plateau Theater untuk menyaksikan sejarah mengenai Dieng, kondisi alam serta kehidupan penduduk di dataran tinggi Dieng. Banyak hal dan pengetahuan yang dapat diambil dari film dengan durasi kurang lebih 25 menit tersebut. 
Dieng Plateu Theater
5.   Mengunjungi Telaga warna, sesuai dengan namanya telaga ini jika diperhatikan airnya terlihat gradasi warna dari hijau, biru bahkan jika di siang hari terlihat pantulan sinar matahari yang membuat telaga warna menjadi lebih indah. 
Telaga Warna di Dataran Tinggi Dieng
 6.  Mengunjungi  Telaga Pengilon dan beberapa gua yang diantaranya gua Jaran dan gua Semar yang digunakan untuk tempat bertapa orang-orang yang memiliki kepercayaan tertentu.
Telaga di Dataran Tinggi Dieng
7.  Mengunjungi Batu Tulis Gajah Mada dimana lokasi ini dijadikan tempat upacara potong rambut yaitu upacara untuk dipercaya untuk membuang hal buruk dari anak penduduk sekitar Dieng yang memiliki rambut gembel. 
Kawah di Dataran Tinggi Dieng
8.  Mengunjungi Kawah Sikidang dan candi Bima yang letaknya tidak terlalu jauh dari Dieng Plateau Theater.
Warisan budaya Candi Bima
 9.  Mengunjungi Kawah Sileri, Sumur Jalatunda, serta Telaga Merdada. 
Kawah Sileri di Dataran Tinggi Dieng
Sumur di Dataran Tinggi Dieng

Kini merencanakan liburan bersama keluarga menjadi lebih praktis dan hemat dengan fitur paket pesawat + penginapan dari traveloka. Kami sudah coba, bagaimana dengan kamu?

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.

2 comments:

  1. Apakah ada tarif highseason untuk pemesanan dengan traveloka untuk semua jenis wisata selain wisata dieng diatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Hayfa, iya ada. supaya hemat saran kami rencanakan jauh-jauh hari agar harga tiket pesawatnya bisa dapat lebih murah dan pilihan akomodasi penginapannya lebih banyak pilihan.
      dan di traveloka tidak hanya destinasi dieng, bisa untuk banyak destinasi wisata baik dalam negeri maupun ke luar negeri.

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.