Friday, May 13, 2016

Butuh Liburan Tapi Lagi Tanggal Tua, Ini 15 Cara Menyiasatinya


Cerita Liburan Di Tanggal Tua Dengan Budget Terbatas
Life happens. Bad things or good things happens. Anytime, Anywhere.” Dalam hidup rasa jenuh dan bosan dapat datang kapan saja termasuk di tanggal tua. Ada masa dimana kita sedang butuh yang namanya liburan untuk sejenak menghilangkan rasa penat namun sialnya terkadang waktunya kurang tepat yaitu di tanggal tua. Hal itulah yang beberapa kali aku alami ketika di masa kuliah saat jenuh dengan semua tugas kuliah yang menumpuk hingga saat bekerja di kantor dengan deadline pekerjaan yang seperti tidak ada habisnya.
 Terkadang kita memang butuh waktu untuk sejenak refreshing untuk kembali menyegarkan pikiran karena nyatanya traveling/ liburan adalah salah satu obat paling mujarab untuk mencari inspirasi dan menghilangkan stress ketegangan sehari-hari. Dengan traveling kita bisa mengembalikan semangat baru untuk menghadapi setiap persoalan hidup dengan sudut pandang yang berbeda. Jika kamu memang butuh sekali liburan namun kondisi keuangan sedang di tanggal tua begini kisah liburan saya di tanggal tua dan 15 cara menyiasatinya.

1.      Jadi Turis di Kota Sendiri
Kalau budget sangat terbatas cobalah sesekali menjadi turis di kota sendiri. Di mulai dari mempelajari destinasi mana saja yang umumnya dikunjungi turis saat mengunjungi kota dimana kita tinggal. Yang mengejutkan setelah melihat daftar rekomendasi destinasi tersebut bisa saja masih ada banyak tempat yang belum kita kunjungi walaupun kita sudah lama tinggal di kota dimana kita dibesarkan. Atau ada hal yang belum pernah kita lakukan seperti halnya para turis atau pendatang yang berkunjung ke kota dimana kita tinggal.
Contohnya kisah liburan di tanggal tua ku aku mencoba mempelajari destinasi mana saja yang umumnya dikunjungi turis saat mengunjungi Jakarta kota dimana aku tinggal saat ini kemudian mencoba menjelajahinya seperti seorang turis. Aku memulainya dengan naik kereta Komuter sampai ke stasiun Jakarta Kota kemudian menjelajah kota tua nya yang bisa dicapai dengan berjalan kaki dari stasiun tersebut. Ternyata ada begitu banyak objek menarik untuk dijelajahi di sekitar kota tua ini mulai dari deretan bangunan tua yang bersejarah di sekitar museum Fatahiilah, museum wayang, toko merah, jembatan merah hingga ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyusuri petak pertokoan di kawasan pecinan Glodok untuk mengunjungi kuil serta kulineran disana.
Stasiun Jakarta Kota
Kota Tua Jakarta Dilihat Dari Museum Fatahillah
Setelah puas menjelajah kota tua kita bisa melanjutkan naik angkutan umum bus Transjakarta ke Monumen Nasional. Cobalah menikmatinya seperti para pendatang yang baru pertama kali ke tempat ini. Jika belum pernah naik sampai ke atas Monas tidak ada salahnya mencoba seperti turis dan menikmati perjalanan ini. Dengan naik angkutan umum yang murah serta mengunjungi banyak tempat wisata yang gratis ini adalah salah satu cara liburan hemat di tanggal tua sembari mengenal kota sendiri dengan sudut pandang yang berbeda. Di sisi lain pikiran pun bisa menjadi lebih segar dengan pengalaman liburan di kota sendiri.
Museum Wayang di Kota Tua Jakarta

Pertunjukan Kuda Lumping di Kota Tua Jakarta
Bermain Sepeda Ontel di Kota Tua. Kamu Dapat Menyewa Sepeda Ini Per Jam
Salah Satu Kuil di Kawasan Pecinan Glodok, Tidak Jauh Dari Kawasan Kota Tua Jakarta
Menikmati Car Free Day Pun Bisa Menjadi Hiburan Tersendiri
Menikmati Malam di Monas Seperti Turis
2.      Bepergian Bersama Teman
Salah satu cara untuk menekan biaya liburan di tanggal tua kita bisa mengajak beberapa teman atau sahabat untuk bepergian bersama. Dengan begitu kita bisa share cost atau patungan biaya liburan sehingga dapat meminimasi pengeluaran. Contoh kisah liburan tanggal tua ku saat masih kuliah yaitu disaat tanggal tua namun butuh liburan aku bersama teman-temanku berangkat ke Bandung dengan mobil dimana kita patungan biaya tol dan bensinnya. Begitu juga dengan penginapan cari yang paling murah namun memiliki kapasitas kamar yang cukup besar sehingga dapat ramai-ramai tidur di kamar yang sama.
Bepergian Bersama Teman Kuliah Ke Bandung
Menginap di Hotel Murah dan Meminta Ekstra Bed. Mengabiskan waktu malam untuk bermain PS :D
Salah Satu Tempat Wisata Yang Kami Kunjungi Di Bandung Dalam Perjalanan Kala Itu
 Dengan berlibur seperti ini tidak hanya mengakrabkan jalinan pertemanan dan persabahatan juga dapat sejenak menyegarkan pikiran dari tugas-tugas kuliah yang menumpuk. Sekembalinya dari liburan membuat kami memiliki inspirasi dan semangat baru untuk menghadapi dan menyelesaikan setiap tantangan dan permasalahan yang ada di kampus.
   
3.      Cari Destinasi Yang Dekat
Liburan tidak harus jauh dan mengeluarkan banyak biaya. Cobalah cari informasi mengenai destinasi menarik yang dekat dengan kota dimana kamu tinggal. Salah satu pengalamanku ketika hendak butuh liburan namun sedang tanggal tua akhirnya aku mencari destinasi yang dekat dengan kota dimana aku tinggal dalam hal ini contohnya destinasi yang dekat dengan Jakarta.
Salah satu kisah liburan di tanggal tua bersama 3 sahabatku yaitu mengunjungi kawasan Puncak Jawa Barat pulang pergi dari Jakarta dengan membawa mobil. Total pengeluaran yang dibutuhkan yaitu hanya biaya tol dan bensin yang kita bagi rata serta pengeluaran untuk makan di kedai pinggir jalan di daerah Puncak. 
Liburan Dadakan Ke Puncak Tengah Malam Bersama Sahabat
Menikmati Perkebunan Teh di Puncak
Makan di Pinggir Jalan Di Sesuaikan Dengan Budget Tanggal Tua
 Tanpa pernah direncanakan sebelumnya kami berangkat pada malam hari kemudian sampai di Puncak sekitar tengah malam dan menghabiskan waktu untuk mengobrol dan bercanda gurau bersama sahabat di tempat nongkrong yang berbeda. Tujuan kami cukup simpel yaitu sekedar menikmati nikmatnya jagung bakar yang hangat, kopi hitam yang masih mengepul serta makan indomie rebus pakai telor yang lezat yang dinikmati di tengah dinginnya udara Puncak. Terkadang perjalanan sesederhana seperti ini bisa membuat pikiran, hati dan jiwa kita menjadi lebih segar khususnya saat menikmati matahari terbit dengan suasana perkebunan teh yang diselimuti kabut. Menghadirkan suasana yang mistis dan mendamaikan hati.

4.      Cari Alternatif Termurah
Salah satu kisah liburan di tanggal tua paling nekat dengan budget mimim yang pernah aku lakukan bersama teman yaitu mengunjungi Pulau Seribu dari Tanjung Pasir yang dilakukan pulang pergi dalam sehari. Perjalanan dimulai pada subuh hari naik sepeda motor dari kota Jakarta hingga ke Tanjung Pasir melalui jalan dari Daan Mogot menuju Kamal kemudian menyelusuri jalan menuju Kampung Melayu dan Tanjung Pasir. Pernah juga aku membawa mobil melalui jalan raya Salembarang dari belakang Bandara Soekarno Hatta menuju Jalan raya Tanjung Pasir, Teluk Naga.
 Sesampainya di Tanjung Pasir telah disediakan tempat parkir untuk kendaraan yang letaknya tak jauh dari tempat perahu-perahu bersandar. Biaya retribusi yang dikeluarkan sekitar 10,000 rupiah untuk sepeda motor dan 25,000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Pulau terdekat dari Tanjung Pasir yang umumnya dikunjungi yaitu pulau Untung Jawa dan pulau Rambut dengan ongkos kurang lebih 30,000 rupiah pulang pergi dimana anda akan di drop di pulau dan akan dijemput ketika anda berencana untuk kembali. Untuk bersandar ke pulau Rambut perlu perizinan terlebih dahulu dikarenakan ini merupakan pulau yang dilindungi untuk pelestarian burung, sedangkan pulau Untung Jawa anda hanya dikenakan biaya retribusi kurang lebih 3000 rupiah per orang saat masuk ke pulau ini untuk mengunjungi hutan taman bakau. 
Menyebrang ke Pulau Seribu Dari Tanjung Pasir
Perahu Yang Digunakan Untuk Menyebrang ke Pulau Seribu
Pemandangan Dari Pulau Rambut
Suasana Pulau Untung Jawa di Jakarta

Beberapa Permainan Air Yang Dapat Kamu Coba di Pulau Untung Jawa
Menikmati Senja diatas Perahu Saat Perjalanan Pulang Kembali Ke Tanjung Pasir
Bagaimana terjangkau kan? Ini adalah salah satu contoh bagaimana kita bisa meminimalisir budget pengeluaran untuk liburan di tanggal tua. Jika kamu mengetahui alternatif cara murah ke sebuah destinasi maka liburan di tanggal tua kamupun dapat menyenangkan. Bahkan pengeluarannya bisa dibilang bisa lebih murah dibanding kamu nongkrong seharian di Mall.

5.      Usahakan Tidak Menginap Atau Lakukan Perjalanan Sehari
Salah satu komponen biaya tertinggi dari liburan yaitu biaya penginapan. Jika memang budgetnya di tanggal tua untuk liburan sangat terbatas usakahan melakukan perjalanan pulang pergi dalam satu hari saja dan tidak menginap. Kalaupun terpaksa menginap cobalah cari alternatif termurah misalnya tidur di dalam mobil saat berada di rest area atau di pom bensin yang menyediakan fasilitas mushola. Atau bisa juga membawa tenda atau alas tikar untuk tidur di destinasi yang kamu tuju, di pinggir pantai atau kaki gunung misalnya.

Tidur Beralaskan Tikar Beratap Langit Sembari Mendengar Deburan Ombak dan Menanti Matahari Pagi di Pantai Anyer
Lihatlah ekspresi kebahagiaan sahabat saya, terkadang liburan bukan masalah tempat namun dengan siapa kamu pergi
Kisah liburan di tanggal tua ku yaitu saat berkunjung ke Pantai Anyer aku bersama 3 sahabatku berangkat pada malam hari dari kota Jakarta. Lagi-lagi ini adalah liburan tanpa rencana yang tiba-tiba terbesit ingin pergi melihat pantai. Alasannya pantai adalah salah satu tempat terbaik untuk menyegarkan pikiran yang penat dan mendamaikan hati yang gundah namun tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mencapai kesana. Biaya liburan yang aku keluarkan hanya biaya tol dan bensin serta uang makan di warung pinggir pantai. Jika tips ini terlalu ekstrem maka kembali carilah destinasi yang dapat ditempuh dalam waktu satu hari tanpa perlu menginap.
Ini Warung Makan Indomie tempat kami menghabiskan malam di pantai Anyer

Menanti matahari terbit di Pantai Anyer
Suasana Pagi di Pantai Anyer
6.      Perjalanan Singkat Di Akhir Pekan Saja
Jika liburan satu hari dirasa kurang cukup rasanya bisa juga dianggarkan biaya untuk menginap semalam. Salah satu kisah liburan di tanggal tua ku yaitu ketika ingin sekali ke pulau dan snorkeling berhubung aku tinggal di Jakarta maka salah satu destinasi liburan yang bersahabat di tanggal tua yaitu Kepulauan Seribu. Untuk kamu yang tinggal di kota lain juga bisa mencari destinasi yang dekat dengan tempat dimana kamu tinggal misalnya apabila kamu tinggal di Surabaya rasanya bisa melakukan perjalanan singkat ke kota Malang, apabila kamu tinggal di Jogjakarta rasanya bisa berkunjung ke kota Solo dan contoh kota lainnya yang dapat ditempuh dalam waktu 2 hari saja. Sesampainya di tempat tujuan carilah penginapan yang murah seperti guest house atau hotel standar.  
Menuju Pulau Seribu Dengan Kapal Ekonomi Yang Murah
Share Cost Patungan Menyewa Kapal Untuk Keliling Pulau Dapat Menekan Budget Liburan di Tanggal Tua
Menikmati Liburan Di Tanggal Tua Dengan Perjalanan Singkat Di Akhir Pekan Saja
7.      Join Open Trip di Forum atau Komunitas Pejalan/ Backpacker
Ada banyak destinasi wisata apabila kita berkunjung secara ramai-ramai maka biaya liburan yang dikeluarkan pun bisa semakin murah. Untuk itu cobalah bergabung dengan komunitas atau forum pejalan yang kerap menawarkan liburan bersama dengan konsep open trip atau sharing trip dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan harus pergi dengan kelompok kecil.
Bergabung Dengan Komunitas Membuat Perjalanan Liburan Kita Semakin Terjangkau Karena Konsepnya Patungan Bagi Rata
Selalu Menyenangkan Bisa Liburan Bersama Komunitas, Selain Budget Bisa Diminimalisir juga Menambah Banyak Teman Baru
Bergabunglah dengan Komunitas Untuk Liburan Bersama
 Salah satu contohnya apabila hendak ke sebuah pulau untuk island hopping umumnya kita perlu menyewa perahu untuk berkeliling. Dengan bergabung dalam trip bersama seperti ini tentunya kita bisa patungan dengan pejalan lain sehingga dapat meminimalisir pengeluaran. Selain biaya liburan semakin terjangkau juga bisa mendapatkan banyak teman baru.

8.      Buatlah Perencanaan Yang Matang
Untuk berlibur saat tanggal tua terkadang butuh perencanaan yang lebih matang. Misalnya kamu harus sudah melakukan riset melalui internet atau buku panduan untuk mengetahui apa saja tempat-tempat yang perlu kamu kunjungi di destinasi wisata yang kamu incar sewrta aktifitas apa saja yang direkomendasikan untuk dilakukan. Kemudian perhitungkan semua kompenen biaya yang dibutuhkan mulai dari harga tiket masuk, budget untuk makan serta budget untuk penginapan. Setelah itu kalkulasikan estimasi pengeluaran yang dimungkinkan kemudian cocokan dengan kondisi keuangan yang tersedia. Jika tidak memungkinkan tandanya kamu harus mencari alternatif tempat lain atau menyesuaikan agenda perjalanan agar masuk dalam budget yang tersedia.
Buat Perencanaan Yang Matang Agar Kita Dapat Mengalokasikan Biaya Tidak Terduga Secara Proprorsional
9.      Carilah Tempat Wisata Yang Murah
Salah satu komponen biaya liburan yaitu anggaran untuk membeli tiket masuk ke sebuah tempat wisata. Jika ingin liburan di tanggal tua carilah tempat-tempat wisata dengan harga tiket masuk yang murah. Misalnya apabila kamu berdomisili di Jakarta rasanya tempat wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan dan Pantai Ancol adalah salah satu alternatif. Untuk kamu yang tinggal di kota lain cariah tempat wisata yang sejenis dengan harga tiket wisata yang terjangkau.

10.  Pergunakan Transportasi Umum
Biaya untuk transportasi di destinasi yang kita tuju juga memiliki proporsi yang cukup besar. Apabila tempat yang kamu tuju memungkinkan di jelajah dengan transportasi umum maka pilihlah angkutan umum dibanding sewa kendaraan atau taksi. Hal ini dapat kita lakukan untuk meminimalisir budget pengeluaran untuk transportasi.
Bus Tingkat Wisata Gratisan Yang Ada di Jakarta
Kereta Komuter di Kuala Lumpur Malaysia
Monorail Yang Ada di Kuala Lumpur, Malaysia


MRT Yang ada di Singapura
11.  Kontrol Pengeluaran Saat Liburan
Liburan di tanggal tua tentunya perlu perhitungan yang lebih cermat agar sesuai dengan alokasi dana yang tersedia. Pisahkan budget yang tersedia di dompet khusus atau catatlah setiap pengeluaran yang telah dikeluarkan. Hal ini perlu dilakukan agar kita tidak mengeluarkan biaya tak teduga yang dapat merakibat fatal yaitu kehabisan uang di saat liburan atau setelah liburan. Jangan sampai setelah liburan malah jadi harus puasa sampai hari gajian tiba.
Kontrol Pengeluaran Dengan Cara Mencatatat Atau Mengumpulkan Setiap Resi Pengeluaran
12.  Siapkan Uang Tunai, Hindari Kartu Kredit
Godaan menggunakan kartu kredit disaat tanggal tua tentunya menjadi salah satu cobaan yang perlu dihadapi. Jika memungkinkan persiapkan uang tunai atau dalam debit card untuk semua pengeluaran saat berlibur di tanggal tua dan hindari penggunaan kartu kredit agar pengeluaran yang terjadi dapat dikontrol. Ingat kartu kredit adalah hutang yang harus dibayar bukan tambahan uang tunai yang tersedia di bank. Pergunakan kartu kredit di waktu yang dibutuhkan saja misalnya untuk pembayaran reservasi penginapan atau tiket penerbangan yang umumnya menggunakan kartu kredit untuk alat pembayaran.
Sediakan Uang Tunai Agar Pengeluaran Lebih Terkontrol
13.  Belanja Secukupnya
Budget yang terbatas dengan kondisi keuangan yang semakin menipis membuat kita harus mempertimbangkan pengeluaran yang terjadi saat liburan di tanggal tua. Salah satu anggaran yang dapat dikurangi yaitu untuk belanja. Belilah barang yang sesuai dengan budget yang telah dianggarkan. Jika memungkinkan lakukan tawar menawar agar kamu dapat harga terbaik. Belilah barang sesuai kebutuhan bukan karena lapar mata.  Selalu ingat ini tanggal tua dan kamu masih perlu hidup untuk beli makan sampai hari gajian tiba. 
Jangan Kalap. Belanjanya Seperlunya Dan Sesuai Budget
14.  Makan Di Tempat Yang Sesuai Budget
Mencari tempat makan saat liburan di tanggal tua tentu harus disesuaikan dengan budget yang tersedia. Jika memang tidak ada budget makan di tempat ternama di sebuah destinasi yang kamu tuju maka jangan paksakan makan di tempat tersebut. Cari lah alternatif tempat makan lainnya yang menawarkan harga yang lebih terjangkau dan sesuai dengan budget. Pilihlah makanan lokal yang dijajakan di pinggir jalan atau di pasar tradisional sehingga kamu dapat menikmati sajian kuliner khas sebuah daerah sembari mengemat anggaran liburan untuk biaya makan.
Makan Di Pinggir Jalan Dengan Selera Lokal Dan Harga Yang Lebih Terjangkau
15.  Beli Oleh-Oleh Seperlunya.
Satu hal lagi selain belanja dan makan yaitu anggaran untuk oleh-oleh. Jika memang budget kamu sangat mepet maka budget untuk oleh-oleh adalah salah satu kompenen biaya yang dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Jika ada teman yang tahu dan meminta oleh-oleh katakan saja kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk itu. Jika memang ingin membeli oleh-oleh anggarkan untuk keluarga dan kerabat terdekat saja. 
Belanjalah Oleh-Oleh Atau Souvenir Seperlunya.
Jika ada teman yang ingin menitip membeli barang mintalah uang nya dimuka jangan setelah pulang dari liburan. Hal ini penting mengingat kondisi keuangan di tanggal tua sedang terbatas.
         15 tips diatas membuktikan bahwa kita masih memungkinkan untuk bisa liburan di tanggal tua asalkan dengan perencanaan yang baik khususnya dalam hal mengontrol pengeluaran yang terjadi. Semoga tips dan kisah liburan di tanggal tua ku diatas bermanfaat dan menginspirasi kamu. Untuk tipsnya sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu saat di tanggal tua ya. Selamat berlibur di tanggal tua.

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

40 comments:

  1. harus menabung dan menghemat untuk bisa liburan ditanggal tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas ali. tetap menabung untuk bisa merealisasikannya.

      Delete
  2. Replies
    1. iya sari yang penting ada niat dan giman sudut pandang kita bisa menikmatinya hehe

      Delete
  3. yang pasti sih kalau mau liburan ya berhemat dan menabung lahhh, siapin tabungan khusus buat jalan2
    hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. harus ada alokasi tabungan khusus supay abisa mewujudkan rencana jalan-jalan khususnya di tanggal tua.

      Delete
  4. waah tipsnya seru juga, wajib dicoba yaa :D | temui gue disini : fblogtwitinstagmailine @iamrazat

    ReplyDelete
  5. salam kenal ya, tetap seru dan tetap mbolang sepanjang masa : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga ayu. semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

      Delete
  6. sip dan mantap deh, bisa di buat referensi nih, makasih ya shu...

    ReplyDelete
  7. Mantap tips nya. Sangat bermanfat kalau saya lagi tanggal tua. hihihi buka kartu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya asal jangan kartu kredit atau kartu keluarga ya hehehe

      Delete
  8. Oke deh intinya jadilah seperti budi wkwkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw. bisa juga ini ibu budi. *lah jadi pelajaran bahasa indonesia :D

      Delete
  9. Waah.. kapan ya saya bisa ke Tangkuban Perhahu. Pingin banget kesana. Salam Traveller!

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam traveler, semoga terwujud ya mas rencananya. amiinnn *dibantuin doa*

      Delete
    2. Amiinnnnn.... MAakasih ya bantuan doanya :)

      Delete
  10. Klo sy yang pertama tuh, tapi lebih sering jln2 di Mall, biarpun cuma liat2 aja hehe..
    Oiya ngomong2 ikut saembara Matahari Mall yaa.. jangn2 agan pemenangnya yaa hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuci mata di mall ya, dan akhirnya kadang tergoda barang diskon hehe.. iya alhamdulillah dapet voucher belanja di matehari mall :D

      Delete
  11. yang pasti sih kalau mau liburan ya berhemat dan menabung lahhh, siapin tabungan khusus buat jalan2
    hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, harus rajin menabung pangkal jalan" hehehe

      Delete
  12. tipsnya bagus, bisa saya praktekkan nanti ..

    ReplyDelete
  13. Bener banget. Kalau saya, asalkan ada uang bensin dan makan, yang deket-deket kosan pun dijamah, yang penting bergerak dan "liburan" dari rutinitas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sama mas, terkadang hasrat ingin liburan bisa kapan saja hehe. jadi selama ada uang bensin dan makan bisa menjelajah ke daerah sekikat untuk refreshing sejenak.

      Delete
  14. Bisa di coba untuk wisata alam ke dieng mas. low budget banget mas.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. semoga laris manus ya tripnya, dan pariwisata di dieng semakin maju dan berkembang.

      Delete
  15. kalo saya kerja jadi kuli pabrik justru gajiannya di tanggal tua. hehe

    ReplyDelete
  16. Apapun tak masalah, yg penting happy !!
    Salam traveller !

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam traveller lombok wander. setuju yang penting happy, apalagi pikniknya bisa ke lombok pasti happy banget.

      Delete
  17. Replies
    1. siap klo ngga bisa pergi piknik ya download film aja nonton di rumah ya hehe

      Delete
  18. mau kemana aja, low budget atau mewah yang penting harus bahagia dan bersyukur :D/

    yuk lihat wisata jambi

    ReplyDelete
  19. Hati Senang Walau tak Punya Uang (Hari Tua):D

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.