Tuesday, April 12, 2016

Asuransi Perjalanan dan Plan B Di Itinerary Perjalanan, Perlukah?

Perjalanan Liburan ke Pulau Yang Indah (ilustrasi)

            “Hello Heri!
It’s Joe here, I am the English man that you, Ranys, Qiandra met in Ipoh next to the Birch Memorial Tower on Saturday 6t June. How Are you? I hope you are all keeping well.
I had told you that I would get in touch with you once I arrived in Kuala Lumpur. I have now finally arrived in Kuala Lumpur but I have recently had an accident which has landed me in hospital.
So instead of arriving in KL in bus and staying in a hostel as expected, I arrived in KL in an ambulance and I am staying in a hospital!
This centainly did not from part of  my travel plan. :)))”
Sebuah pesan panjang tersebut masuk dalam whatsapp ku yang ditandai dengan suara notifikasi dan lampu layar pada telepon genggamku berkedip. Setelah aku membaca kalimat tersebut akupun langsung teringat dengan Joe, seorang solo backpacker yang sedang menjelajah beberapa negara di Asia Tenggara.yang pertama kali kami temui di kota Ipoh, 174 kilometer dari ibu kota Kuala Lumpur Malaysia. Saat pertama kali bertemu di kota Ipoh kami sempat bertukar nomer telepon dan email agar bisa bertemu lagi di Kota Kuala Lumpur, kota dimana kami tinggal saat ini.
Birch Memorial Tower, Tempat Pertama Kami Bertemu Dengan Mr. Joe (Pria Berkaos Merah Dengan Tas Tansel Warna Hitam)

            “Hello Mr Joe, long time no see”.
“Im sorry to hear that, hope you get well soon” Balasku di whatsapp.
“I had a very unfortunate accident in Sungai Lembing which resulted in me injunring my knee”
“I had to have 2 different operations on my knee and I am now recovering in G**** Hospital.” Balasnya
“So how was your operations? Is is successful?
“What happen in Sungai Lembing?”
“As long as I know G*** Hospital is one of the most expensive hospital in KL” Balasku.
Aku sangat terkejut setelah membaca keseluruhan pesan yang disampaikan olehnya bahwa ia kini sedang di rawat di salah satu rumah sakit di Kuala Lumpur karena mengalami kecelakaan di tengah perjalanan panjangnya berkeliling beberapa negara di Asia Tenggara. 
“Yes G*** Hospital is a very expensive hospital. But I got travel insurance before I left the UK so my insurance company is paying for it, not me!!! :p” Balasnya.
“By the way would you tell me your room number and when are visiting hours? I would visit you in the hospital” Tanyaku.
Singkat kata kamipun datang ke rumah sakit untuk menjenguknya dan dan berbincang banyak tentang kecelakaan yang menimpa dirinya. Joe bercerita dia mengalami luka sobek pada lutut kaki kanannya saat trekking menuju air terjun di daerah Pahang Malaysia. Luka tersebut selain menyebabkan pendarahan dan infeksi yang cukup dalam. Karena luka tersebut mau tidak mau Joe harus di rawat di rumah sakit selama 6 minggu lamanya sampai lukanya membaik. Luka tersebut membuat dirinya tidak dapat berjalan dengan leluasa yang membuat rencana perjalananya pun harus dirubah. Rencananya mengunjungi beberapa negara lainnya pun kandas sudah karena kejadian ini. Diapun harus membuat rencana baru Plan B untuk perjalanan berikutnya yaitu apakah akan tetap melanjutkan sisa perjalananya mengunjungi ke negara yang sudah masuk daftar kunjungannya atau memilih pulang ke negara asalnya untuk proses penyembuhan.
Di dalam rumah sakit ia bercerita banyak tentang pengalaman perjalanan panjangnya khususnya perjalanan setelah kami berpisah di kota Ipoh Malaysia. Dia juga menceritakan tentang bagaimana terbantunya dia dengan adanya asuransi perjalanan yang telah ia beli di negeri asalnya UK sebelum Joe melakukan perjalanan panjang ini. Dengan adanya asuransi perjalanan ia tidak dipusingkan dengan kewajiban membayar semua biaya pengobatan dan rawat inap yang harus ditanggung. Bisa dibayangkan betapa besar biayanya jika dia harus menanggung sendiri rawat inap selama 6 minggu di rumah sakit berkelas internasional.
Jujur selama ini kami tidak pernah membeli asuransi perjalanan setiap kali kami melakukan perjalanan liburan atau traveling, namun setelah bertemu dengan Joe dan melihat sesuatu tidak terduga dapat terjadi kapan saja akupun mulai berpikir suatu saat apabila hendak melakukan perjalanan panjang seperti dirinya akan membeli asuransi perjalanan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi.
Lalu bagaimana cara belinya? Aku langsung berpikir rasanya cukup menghabiskan waktu apabila harus mengatur jadwal untuk bertemu agen asuransi, mendengarkan penawaran semua agen asuransi dan membandingkan satu persatu asuransi tersebut untuk memilih asuransi mana yang cocok untuk kebutuhan ku. Namun beruntung akhirnya aku menemukan portal asuransi pasar polis yang memiliki feature yang lengkap dan sesuai dengan harapan dimana aku bisa akses langsung di websitenya. Ya di era perkembangan digital seperti ini portal berbasis teknologi seperti inilah website pasar polis ini dapat memudahkan kita sebagai konsumen untuk membandingkan asuransi tanpa harus datang satu persatu ke kantor asuransi.
Beberapa Feature di Website Pasar Polis
 Pada awalnya saya berpikir untuk membeli asuransi perjalanan adalah hal yang rumit dan membingungkan. Namun setelah mencoba pasar polis ini membuat kita mudah untuk membeli dan membandingkan beberapa asuransi perjalanan yang dapat kita pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan. Setelah bertemu dengan Joe kini aku mulai menyadari betapa pentingnya asuransi perjalanan serta persiapan plan B untuk mengatasi hal-hal yang tidak terduga di tengah perjalanan. 
Salah satu feature di pasar polis yaitu membandingkan asuransi perjalanan
Bagaimana dengan kamu, pernah punya pengalaman tentang asuransi perjalanan? menurut kamu penting atau tidak? yuk saling berbagi informasi disini.

 Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

4 comments:

  1. Harus selalu punya plan B, meskipun gw benci itu kalo ngak berjalan sesuai rencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul cum, karena terkadang ada aja hal hal yang tidak terduga terjadi

      Delete
  2. kak,pilihannya ambil asuransi yang mana ya? kecelakaan diri? atau perjalanan? thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk traveling pilih asuransi perjalanan yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan mas.
      salam :)

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.