Tuesday, April 12, 2016

8 Cara Berhemat & Mengatur Keuangan Supaya Bisa Menabung Untuk Budget Traveling/ Liburan

Liburan Memang Menyenangkan

            “Hidup lo enak banget sih jalan-jalan traveling terus?”
            “Lah sudah tau enak, kenapa lo ngga ikutan jalan-jalan traveling juga?”
            “Pengen sih bro, tapi…”
            “Tapi apa bro?, Nggak ada uang? Ngga ada waktu?”
Entah dimana dan dari siapa sepenggal percakapan itu pernah dengar dari seseorang yang suka traveling dengan temannya yang bisa dibilang kurang piknik. Dari perkataan itu sempat membuatku sejenak berpikir Hmm sebenernya bener juga ya yang dikatakan pejalan itu, kalau traveling terlihat sebagai salah satu hal yang menyenangkan mengapa kita tidak melakukannya? Tapi aku sadar setiap orang memiliki keterbatasannya dan prioritas hidupnya masing-masing, tidak ada yang salah dan paling benar dalam hal tersebut karena setiap orang bebas menentukan jalan hidupnya.
Ada golongan orang yang memiliki cukup uang namun tidak memiliki waktu yang banyak karena kesibukan rutinitas pekerjaan atau keluarga, ada yang memiliki waktu yang fleksibel namun tidak memiliki uang yang cukup untuk traveling ada juga golongan yang ngenes sudah ngga punya uang juga tidak punya waktu. Satu lagi golongan yang tidak perlu dibahas ya kaum jetset dimana dia punya banyak uang juga punya banyak waktu untuk traveling yang populasinya 1 berbanding 1 milyard penduduk di dunia ini.


Pembahasan di artikel ini aku khususkan lebih kepada bagaimana yang punya keterbasan uang serta cara berhemat yang bijak supaya bisa menabung untuk budget traveling sehingga kamu bisa membuat rencana perjalanan ke destinasi impian kamu. Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menabung tentukan dulu kemana destinasi impian yang hendak kamu tuju dengan begitu alam bawah sadar kamu akan memotivasimu untuk lebih semangat menabung. Seperti halnya ucapan yang dikatakan oleh Paulo Coelho dalam bukunya The Alchemist “When you want something all the universe conspires in helping you to achive it”. Jadi bermimpilah, rencanakan dan wujudkan impian traveling dan rencana perjalanan mu.

Rencanakan Perjalananmu di Mulai dari Mimpi dan Menabung
Pasangan Yang Terlihat di Bandara Yang Hendak Pergi Liburan
Jadi setelah bermimpi inilah cara kami berhemat dalam kehidupan sehari-hari agar bisa mewujudkan impian traveling. Tentunya dibalik kesenangan traveling ada perjuangan dan pengorbanan yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk realitanya dapat kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan dan keterbatasan masing-masing ya.

1.        Cari Tiket Promo
Setelah menentukan kemana destinasi impian carilah informasi menenai tiket promo yang dapat kamu buru khususnya bagi kamu yang memiliki destinasi yang jauh dan harus ditempuh dengan pesawat terbang. Informasi promo dapat kamu temukan di media sosial, email atau media masa. Follow lah akun-akun resmi mulai dari twitter, facebook, Instagram maskapai penerbangan hingga mendaftar newsletter di email agar setiap kali ada tiket promo kamu dapat mendapatkan notifikasi tersebut. Bisa juga carilah tiket promo di acara pameran perjalanan yang terdekat di kota kamu. Bisa dikatakan biaya transportasi untuk traveling adalah salah satu komponen terbesar dari biaya perjalanan dengan begitu kamu sudah menghemat banyak biaya liburan kamu. 
Mengatur Keuangan Untuk Budget Liburan
Cari Tiket Promo
Percayalah tahapan nomer 1 ini sangat krusial untuk memastikan impian kamu dapat berjalan atau tidak, setelah tiket ditangan umumnya motivasi untuk traveling akan lebih besar dan membuat kita lebih bersemangat untuk menabung agar rencana perjalanan tersebut dapat berjalan sesuai rencana. Kembali lagi ke quotes nya Paulo Coelho dalam bukunya The Alchemist “When you want something all the universe conspires in helping you to achive it”.

2.        Gunakan Moda Transportasi Yang Murah & Efesien
Dalam keseharian kamu baik yang masih kuliah maupun sudah bekerja salah satu anggaran yang dapat dihemat yaitu dari hal transportasi. Jika memungkinkan pilihlah moda transportasi paling murah yang dapat kamu gunakan yang tentunya sesuai dengan standar kenyamanan kamu, karena kenyamanan setiap orang berbeda ya. Contoh pengorbanan kami yaitu setiap hari kerja menuju ke kantor kami selalu memilih menggunakan transportasi umum kereta, bus umum atau sepeda motor dibanding bawa mobil sendiri.
Bagaimana bila rumah kamu tidak bersahabat dengan jalur angkutan umum? Misalnya kamu tinggal di pelosok atau di cluster komplek mewah yang jarang atau bahkan tidak ada angkutan umumnya. Aku yang mengalami hal itu umumnya akan memilih naik motor terlebih dahulu kemudian parkir di tempat penitipan motor dengan stasiun atau terminal bus agar biaya perjalanan bisa lebih hemat. Jika memungkinkan naik motor sampai tujuan itu lebih baik.
           Begitu juga halnya untuk kamu yang hanya bisa naik mobil dari rumah tidak ada salahnya mencari tempat penitipan mobil kemudian menyambung dengan transporasi umum seperti kereta atau bus, disesuaikan dengan kondisi atau destinasi kampus atau kantor kamu. Bagaimana jika destinasi kampus atau kantor yang dituju jauh dari angkutan umum seperti bus atau kereta? Misalnya kamu bekerja di sebuah kawasan pabrik / industri yang memang tidak ada angkutan umum seperti kereta, angkot atau bus yang lewat disana. Salah satu solusi yang pernah kami lakukan yaitu mencari teman barengan yang sejalan agar biayanya lebih hemat. Atau transportasi ojek online seperti gojek dan grab bike pun bisa jadi alternative pilihan.
Untuk kamu yang memiliki standar kenyamanan menggunakan mobil cobalah beralih menggunakan Uber jika salah satu moda transportasi ini sudah ada di kota tempat tinggalmu. Pengalaman kami mengobrol dengan supir Uber tidak sedikit orang kantoran yang beralih menggunakan Uber untuk pulang pergi ke kantor selain biaya lebih murah serta tidak perlu terlalu lelah karena tidak mengendarai kendaraan sendiri berjuang menghadapi kemacetan.
Komponen biaya yang bisa dihemat salah satunya dari sisi parkir yang kalo kita hitung perbulannya terbilang cukup fantastis khususnya bagi yang kantornya di tengah kota. Belum lagi budget untuk service kendaraan yang logikanya semakin sering dipakai maka akan semakin cepat jadwal untuk di servicenya mengikuti jadwal service rutin per kilometernya. Dengan menghemat dari pengeluaran tersebut kita bisa mengalokasikan ke tabungan untuk traveling. Ya, beberapa kasus diatas adalah salah satu contoh pengorbanan kami dalam rangka menghemat pengeluaran agar bisa memiliki budget traveling.



3.        Kredit Sesuai Kemampuan
Sebagian besar orang umumnya memiliki kredit pinjaman kepada bank baik untuk kepemilikan kendaraan bermotor maupun KPR rumah. Sebenarnya persyaratan bank yang harus dipenuhi adalah cicilan kreditor sebaiknya tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan bulanan dengan pertimbangan  jadi jangan dipaksakan memiliki cicilan lebih besar dari itu agar kebutuhan sehari-hari bisa tetap tercukupi dengan baik. Misalnya kamu hendak memiliki kendaraan sendiri atau membeli rumah tinggal seperti rumah / apartement maka sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki bukan keinginan semata.
Apabila pos/ proporsi cicilan untuk kredit bank terlalu besar maka peluang gaji keluar masuk numpang lewat di awal bulan akan menjadi hal yang rutin kita alami. Dengan memiliki cicilan yang proporsional maka kita dapat mengalokasikan kebutuhan hidup sehari-hari mulai dari biaya hidup, biaya pendidikan, investasi, asuransi, tabungan untuk liburan serta biaya tidak terduga.

4.        Kurangi Makan di Café dan Restoran Mahal
Untuk makan siang atau makan malam saat di kantor maupun di kampus kurangilah makan di café atau restoran mahal namun beralihlah ke cafetaria, food court atau warung makan yang menyajikan makanan dengan harga murah namun tetap terjamin kelezatan dan kebersihan makanannya. Jika mau lebih berhemat lagi bisa diselingi dengan membawa bekal sendiri dari rumah, jika memungkinkan. Kalaupun terpaksa makan di café atau restoran mahal karena alasan tertentu misalnya ajakan teman kantor, client atau kerabat umumnya kami akan memilih menu yang paling terjangkau harganya. Setiap kali makan di tempat yang mahal selalu ingat rencana traveling/ rencana perjalanan liburan agar lebih termotivasi untuk menabung lebih banyak dan tidak tergoda untuk memesan makanan atau minuman dengan harga yang mahal banget.

5.        Nongkrong Seperlunya
Salah satu pengeluaran yang bisa kita hemat yaitu dari biaya sosialita untuk nongkrong baik di kedai kopi ternama, café yang seru untuk hangout serta franchise dari kaum kapitalis yang kerap mengurasi isi dompet kita secara perlahan namun pasti. Jujur kami sangat membatasi untuk nongkrong di kedai kopi yang mahal karena mind set kami selalu mengatakan bahwa kami juga bisa membuat kopi dengan rasa yang tidak kalah nikmatinya dengan suasana tempat nongkrong yang nyaman di rumah sendiri. Kalaupun terpaksa karena kebutuhan baik ajakan teman untuk bertemu atau client maka itupun dibatasi perbulannya. Lain ceritanya untuk kamu yang sering meeting dengan client ya, karena tentunya hal itu menjadi sesuatu yang lumrah untuk dilakukan.



6.        Ubah Rencana Akhir Pekan
Diakhir pekan cobalah menghabiskan waktu di tempat lain selain mall misalnya di taman, perpustakaan, rumah teman atau rumah sendiri. Karena umumnya sekalinya kita ke mall maka ada saja pengeluaran yang tidak terduga karena lapar mata. Belum lagi biaya untuk membeli makanan yang lebih mahal harganya serta biaya lain seperti biaya parkir selama berjam-jam, nongkrong di café, membeli cemilan atau makanan ringan yang menggoda lidah serta pengeluaran lainnya. 
Berakhir Pekan di Taman
Pengorbanan kami untuk bisa menabung buat budget traveling setiap akhir pekannya kami membatasi untuk berkunjung ke mall, kalaupun ke mall tentunya sekalian ada keperluan misalnya belanja mingguan di supermarket atau membeli kebutuhan lainnya. Kalaupun harus ke mall kami selalu memilih makan di foodcourt dengan pilihan harga makanan yang lebih murah dibandingkan restoran atau franchise ternama. Ya, ini adalah salah satu contoh pengorbanan kami dalam rangka menghemat pengeluaran agar bisa memiliki budget traveling.

7.        Kurangi Belanja Yang Tidak Penting
Setiap kali belanja mingguan atau bulanan belanjalah barang sesuai dengan kebutuhan. Buatlah daftar barang apa saja yang hendak dibeli sehingga selain dapat mengingatkan kita juga dapat mengontrol diri untuk berbelanja sesuai budget. Setiap kali hendak membeli barang cobalah untuk berpikir sejenak apakah ini kebutuhan atau keinginan semata. Apakah barang ini sesuai budget atau tidak. Dan selalu ingat rencana perjalanan yang telah diimpikan agar senantiasa termotivasi untuk mengurangi pengeluaran sehingga bisa mengalokasikan dana untuk menabung buat budget traveling/ liburan.
Contoh dalam kehidupan sehari-hari yaitu misalnya dibanding membeli sepatu kerja yang mahal diatas 500,000an saya lebih memilih sepatu kerja dengan harga yang lebih terjangkau misalnya 100-200 ribuan yang dibeli saat diskon. Dibanding selalu mengupgrade gadget kamu setiap kali ada model terbaru lebih baik uangnya ditabung untuk kebutuhan lainnya. Jika memang kamu bisa membeli pakaian dengan harga yang murah namun cocok dengan style kamu rasanya tidak perlu membeli pakaian dengan brand ternama yang mahal harganya. yang memotivasi kami adalah barang bisa hilang atau lekas rusak namun apabila traveling/ liburan kenangannya akan abadi.



8.        Belanja Bulanan Seperlunya
Memang membeli barang dalam jumlah besar umumnya bisa lebih hemat namun tidak jarang malah membuat kita semakin boros. Jadi untuk belanja bulanan belilah barang-barang sesuai jumlah yang dibutuhkan. Kalau pengalaman kami setiap minggunya kami berbelanja untuk kebutuhan bahan makanan di pasar tradisional selain lebih murah kualitasnya terkadang lebih baik dan segar. Kami sengaja membeli perminggu agar bahan makanan tetap segar sehingga tidak mubazir terbuang karena layu atau kadaluarsa. Untuk barang-barang yang di beli di supermarket umumnya kami membeli dalam ukuran yang cukup dan tidak berlebih sehingga sesuai dengan budget.

Itulah 8 tips dari kami untuk cara berhemat dan mengatur keuangan supaya bisa menabung untuk budget traveling/ liburan. Sekali lagi untuk realitanya dapat kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan, pendapatan dan keterbatasan masing-masing ya. Untuk kamu yang memiliki cara atau tips lain bisa juga saling berbagi pengalaman di kolom komentar ya. Indahnya berbagi inspirasi.
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak


Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

10 comments:

  1. Kurangi nongkrong ini aku yg ngak bisa, seminggu ngak kemall 3x aja rasa nya badan sakit semua hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cum kalo nongkrongnya buat ketemu client atau ketemu relasi biar dapet kerjaan ya harus hehehe.. atau ke mall nya utk cari wifi buat nge blog ya berarti bagian kerjaan hehehehehe

      Delete
  2. caranya bermanfaat sekali, terimakasih..

    ReplyDelete
  3. iya sih selama ini gw kalap banget belanja yang gak penting ujung2 gak kepake trus dikasi2 orang , klo gini terus kapan jelong2 nya , makasih tips nya gan

    ReplyDelete
  4. bermanfaat banget tipsnyaa.
    tengkiuu kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama desy, semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

      Delete

  5. Excellent weblog here! Additionally your website quite a bit up fast! What host are you the usage of? Can I get your affiliate link to your host? I wish my website loaded up as fast as yours lol outlook email login

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.