Monday, January 6, 2014

Temukan pengalaman unik dan berkesan dalam perjalananmu bersama WithLocals


Pengalaman Unik Menyantap & Menikmati Menu Khas Bersama di Rumah Penduduk Lokal
 Perjalanan itu sifatnya universal dan umumnya disukai oleh semua kalangan, tidak memandang jenis kelamin laki-laki atau perempuan, usia tua atau muda serta tidak memandang hobi dan kegiatan keseharian yang berbeda-beda. Tentunya ada berbagai alasan dan tujuan yang berbeda-beda dari setiap orang yang melakukan perjalanan tergantung dari individu masing-masing baik untuk sekedar berlibur maupun melakukan petualangan.
Namun apapun tujuannya pada hakikatnya sebuah perjalanan tentunya akan memberikan pengalaman baru bagi setiap individu yang melakukannya. Setiap orang akan menyerap kesan yang berbeda-beda walaupun berkunjung ketempat yang sama sekalipun, dalam hal ini semua tergantung bagaimana individu tersebut memandang sesuatu yang baru, merekam kedalam memory dan menjadi sebuah kenangan yang akan menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan.
Untuk sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan saran pada saat ketika kita sedang melakukan perjalanan ke suatu tempat baru dengan berperilaku seperti khalayaknya orang lokal. Dengan berperilaku seperti orang lokal maka kita dapat merasakan atmosfer yang berbeda dan menyelami lebih dalam kehidupan sehari-hari pada masyarakat setempat. Namun terkadang berperilaku seperti orang lokal menjadi sesuatu hal yang lebih mudah diucapkan dari pada melakukannya apabila kita kurang mengenal tempat yang sedang disinggahi. Tetapi dengan kita telah cukup mengenal daerah yang dituju tentunya akan membuat kita tahu apa yang direkomendasikan untuk dilakukan disuatu destinasi.

Dari pengalamanku  dengan berinteraksi dan membaur bersama penduduk lokal akan memudahkan kita untuk lebih mengenal dan merasakan kehidupan sebagai orang lokal. Pernah suatu ketika disaat aku melakukan perjalanan ke Ketep Pass tempat dimana kita bisa menikmati panorama atraktif 5 Gunung dari 1 tempat yaitu pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Selamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing, untuk mencapai tempat tersebut aku berada dikondisi yang mau tidak mau harus menumpang sebuah mobil bak terbuka yang mayoritas ditumpangi penduduk. Kondisi saat itu hari sudah mulai gelap, dan kendaraan umum sudah tidak beroperasi. Keadaan seperti itu membuatku menjadi lebih terbuka terhadap lingkungan sekitar dan membaur dengan masyarakat lokal.

Menggunakan Transportasi Orang Lokal di Ketep, Magelang
 Aku berbaur dan berinteraksi dengan mereka para kaum ibu dan nenek yang membawa semacam bakul sebagai wadah bagi mereka untuk membawa dan menjual hasil panen perkebunan atau pertanian dipasar. Dengan keramahan mereka, sepanjang jalan aku bergabung untuk berbincang-bincang dalam bahasa Jawa yang akan membuatku tersenyum dan tertawa bersama diatas mobil bak itu. Mengalami hal seperti ini tentu saja menjadi suatu pengalaman yang sangat jarang dialami di kehidupan kota besar.
Dari sini semuanya berlanjut, ketika hari sudah mulai gelap dan aku belum memiliki tempat bermalam di sekitar tempat ini, kemudian aku ditawarkan oleh salah satu penjual sayur disana untuk menginap dirumahnya yang berada di dusun Dadapan. Dengan merasakan tidur dirumah penduduk lokal aku dapat merasakan bagaimana hidup yang sederhana dan bersahaja ditempat ini. Bersama pemilik nya aku dapat kembali menyantap sarapan yang dimasak dengan cara tradisional yaitu menggunakan kayu bakar. Dengan menginap ditempat ini aku dapat merasakan kehidupan layaknya penduduk setempat yang tinggal ditempat ini.
Pengalamanku tinggal dan hidup bersama penduduk lokal lainnya yaitu ketika melakukan perjalanan ke pedalaman suku Baduy yang tinggal dikaki gunung Halimun Salak. Bersama pemandu penduduk lokal aku dapat tinggal dirumahnya dan merasakan secara langsung hidup secara tradisional dan harmonis bersama lingkungan sekitar. Kelompok masyarakat adat ini masih mempertahankan adat leluhurnya ditengah kehidupan dengan pembangunan dan gaya hidup yang modern. 
 
Tinggal di Rumah Tradisional di Perkampungan Baduy
Tinggal disini aku mempelajari akan arti keharmonisan dengan alam yang dapat kurasakan dari kehidupan keseharian masyarakat suku baduy yang tidak menggunakan bahan kimia. Hal ini terlihat mulai dari membersihkan diri atau mandi yang mereka lakukan di sungai yang mengalir disekitar tempat tinggal suku Baduy. Dengan kearifan menjaga alam dengan baik, sungai ini tampak bersih dengan air yang jernih mengalir sepanjang sungai yang tentunya digunakan juga untuk keperluan sehari-hari.
Begitu juga dengan makanan yang aku santap, hampir seluruh bahan makanannya menggunakan hasil bumi yang dipanen dari alam sesuai kebutuhan, tidak kurang tidak lebih. Semuanya menggunakan asas keseimbangan agar dapat selaras dan harmonis bersama alam.  Pengalaman ku bisa tinggal bersama penduduk lokal dan makan bersama mereka menjadi pengalaman yang begitu berkesan. Dari pengalamanku ini sempat terbesit dipikiranku adakah suatu website perjalanan yang memberikan pengalaman seperti ini?.
Disaat aku sedang iseng melakukan eksplorasi dengan mesin pencari untuk menemukan perjalanan dengan konsep yang berbeda yang aku temukan hampir semua didominasi perjalanan wisata yang menawarkan ketempat-tempat yang populer saja. Semuanya berpromosi hal yang sama antara satu dengan yang lainnya. Menawarkan ke tempat-tempat yang ”must visit” atau mencoba menu-menu lezat di restoran yang ”must recommended”.
Namun belum lama ini aku menemukan tentang konsep baru didunia industri pariwisata, sesuatu yang berbeda yang ditawarkan dari sebuah perjalanan itu sendiri. Namanya WithLocals, disini kita sebagai sesama traveler dari berbagai penjuru dunia dihubungkan pada sebuah website yang menghadirkan kenikmatan perjalanan dengan cara unik dengan kesan dan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan.

Kamu bisa mendaftarkan baik sebagai host maupun tamu
 Kamu dapat mendaftarkan disini baik sebagai host yang menawarkan pengalaman sebagai penduduk lokal atau mendaftarkan diri sebagai traveller yang mencari perjalanan dengan cara unik bersama penduduk lokal. Ada beberapa program yang dapat kami pilih diantaranya Eat Withlocals yaitu pengalaman untuk menikmati cita rasa masakan yang dimasak sendiri dan dinikmati dirumah penduduk lokal. Ada juga Tours Withlocals yang memberikan kamu melakukan perjalanan yang dipandu langsung oleh orang lokal dengan jalur yang mungkin tidak biasa dan berbeda dari biro perjalanan pada umumnya. Atau bisa juga menjadi bagian dalam aktifitas sehari-hari yang dilakukan oleh penduduk lokal pada program Activities Withlocals.

Memasak Thai Food dan Makan Bersama Penduduk Lokal di Rumahnya

Belajar Membatik Langsung Bersama Orang Lokal



Berkebun dan Panen Hasil Bumi Di Perkebunan Vietnam.

Menjelajah Kota Penang dengan Sepeda Bersama Orang Lokal
  Nah Seru kan?. Website ini sudah diperkenalkan untuk kawasan South East Asia diantaranya kita dapat melakukan perjalanan dengan konsep dan pengalaman baru bersama orang lokal  di Thailand, Malaysia, Singapore, Nepal, Vietnam, Sri Lanka serta negara kita Indonesia yang sudah mencakup destinasi seperti Bali . Untuk di Asia Tenggara beberapa contoh aktivitas seru dengan orang lokal yang bisa kamu coba diantaranya mencoba parkour di Singapore, Belajar memasak menu Thailand bersama orang Thailand, Berkebun dan memanen seperti halnya penduduk lokal di Vietnam, Bersepeda keliling kawasan kota tua di Penang serta aktivitas seru lainnya yang bisa kamu temukan di website Withlocals 

Mencoba Parkour Bersama Penduduk Lokal Singapore
 
Memetik Teh Sendiri di Perkebunan Teh Srilangka
Dengan memberdayakan orang lokal dalam kegiatan pariwisata tentunya kita turut serta dalam menggerakan roda perekonomian khususnya sektor mikro. Dampaknya dapat diterima langsung kepada penduduk lokal tempat dimana kita berkunjung. Begitu juga dengan Withlocals yang menawarkan konsep sharing economy baik anda mendaftarkan sebagai host maupun sebagai traveller yang mengikuti program bersama orang lokal tersebut. Yuk segera daftarkan diri anda disini untuk menemukan pengalaman unik dan berkesan dalam perjalananmu bersama penduduk lokal.

Find the ultimate experience, 
Connecting travelers with locals through food and experiences
Follow me on twitter & Instagram account @travelographers


9 comments:

  1. Lagi happening banget nich travelling trus di host in sama penduduk lokal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul banget.. waktunya traveling seperti halnya orang lokal.

      Delete
  2. Replies
    1. iya bisa dicoba jadi hostnya atau travelernya..

      Delete
  3. Wah keren banget ya didunia luar wisatanya. Diindonesiapun yg saya baca ada tempat wisata teruniknya yg tidak kalah seru seperti dsini. http://www.pulautidungbahari.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Indonesia juga tidak kalah bagusnya. contohnya wisata di kepulauan seribu yang terus berkembang..

      Delete
  4. Thanks to my father who shared with me on the topic of this web site, this blog is truly remarkable.


    My blog; I need a job

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.