Saturday, October 13, 2012

Bersantap di Tengah Suasana Alam Persawahan Sapu Lidi




Bosan dengan suasana makan ditengah perkotaan baik secara suasana maupun bangunannya, dalam benakku terbesit untuk merasakan suasana lain yaitu makan ditengah hamparan sawah yang menghijau disekelilingku. Memanjakan mata dengan pemandangan alam yang masih asri serta dengan atmosphere kebudayaan tradisi masyarakat Indonesia yang bersahaja. Adalah Sapu Lidi yang menarik perhatianku untuk dikunjungi dikarenakan memiliki konsep yang cukup berbeda yaitu makan di sawah.
Mendapat beberapa referensi dari internet, akupun mengajak pasanganku untuk makan disawah yang kebetulan belum pernah datang ke Sapu Lidi yang lokasinya di Cihideung. Bruum.. Bruumm.. kendaraan kami melaju kearah Setiabudi untuk menuju jalan Sersan Bajuri, tepatnya di Komplek Graha Puspa Cihideung Lembang. Apabila anda ingin makan ditengah sawah disinilah tempatnya, karena Resto Sapu Lidi sendiri memiliki dua lokasi yang berbeda. Satu berada di area perkotaan tepatnya di jalan Cihampelas sedangkan yang memiliki konsep makan disawah berada di daerah perbukitan Cihideung Lembang.
Untuk menuju tempat ini, sepanjang jalan anda dapat mengikuti petunjuk yang banyak terdapat disepanjang jalan sampai anda melihat papan nama Sapu Lidi yang besar pada sebuah gerbang komplek perumahan di Graha Puspa. Dari pintu gerbang utama kira-kira masih membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk dapat mencapai tempat ini. Posisi Sapu Lidi terdapat di belakang komplek, anda akan melewati penjagaan di pos pengamanan untuk dimintai retribusi untuk perbaikan jalan yang memang tampak jalanan untuk menuju ke tempat ini sebagian rusak.

Memasuki Area Resto Sapu Lidi kami pun langsung tertarik untuk menjelajahi beberapa bagian utama dari tempat ini. Sungguh Menarik, Gumamku dalam hati. Sapu Lidi tentunya menjadi salah satu pilihan tempat makan yang memiliki suasana alam perdesaan khas Sunda dengan udara yang sejuk dan alami. Tempat makannya berupa saung dengan ayaman babu beratap jerami yang dikelilingi area persawahan serta danau yang disekitarnya ditumbuhi pepohonan yang hijau dan rindang.

 

Ditempat ini terdapat cottage yang juga disewakan untuk pengunjung yang akan menginap ditempat ini. Suasananya yang tenang dan benar-benar dikelilingi alam membuat kondisinya begitu nyaman untuk beristirahat dan merasakan menyatu dengan alam. Staffnya dengan ramah melayani dan menjelaskan kepada kami mengenai fasilitas yang terdapat didalam area Sapu Lidi. Ada empat type kamar yang disewakan untuk menginap diantaranya Junior Suite Room, Suite Room, Executive Room dan President Room.  Tarif menginapnya dimulai dari harga 900,000 rupiah permalamnya untuk weekday serta 1,200,000 rupiah untuk weekend.

  
Untuk Junior Suite Room nya terdapat 10 kamar dengan type Rorompok Room dan Euis Room. Untuk type Suite Room terdapat 11 kamar dengan type Sagala Anakan Room dan Kacapi Room.  Type lainnya yaitu Executive Room yang hanya terdapat 1 kamar, pada type ini terdiri dari kamar yang besar dengan pemandangan danau yang dilengkapi dengan double bath room. Untuk type ini merupakan pilihan terbaik bagi anda yang ingin melakukan honeymoon dengan pasangan baru anda.
Type terbaik yang dimiliki Sapu Lidi Cottage yaitu President Room yang hanya memiliki 1 kamar. Untuk type ini merupakan private villa yang didalamnya menawarkan kemewahan ditengah suasana alam yang begitu tenang. Terdapat private pool dengan teras yang langsung menghadap ke danau. Lokasi kamar untuk type President Room ini pulau yang letaknya di tengah danau yang hanya dapat diakses dengan menggunakan perahu sampan, hal ini tentunya menjadi privasi anda dengan pasangan atau keluarga begitu terjaga dan merasakan kenyamanan.
Untuk Restonya anda akan dimanjakan dengan pelayanan yang ramah bergaya adat sunda atau Jawa Barat dengan berbagai pilihan menu masakan Sunda. Untuk pilihan menu yang disajikan pada Sapu Lidi Restonya terdapat beberapa rekomenasi menu yang ditawarkan. Untuk menu utamanya diantaranya Ayam Kahaseupan, Ayam Bakar Daun, Bebek Kahaseupan, Nila Bakar Bala, Sop Ikan Ooyagan, Sop Ikan Panyairan, Ikan Hiber Ka Bulan, Ikan Penghuni Sapu Lidi, Pepes Ikan, Gepuk, Iga Bakar, Soto Bandung, Jambal Roti, Cumi Dag Dig Dug, Tongseng, Karedok, Pete Telor, Rendang Jengkol, Oseng Genjer serta puluhan menu dan sambal spesial lainnya. 




Rasa sambalnya begitu nikmat untuk disantap dengan hidangan yang disajikan. Untuk menu daging yang disajikan tekstur dagingnya empuk dan terasa nikmat dengan bumbu yang menyerap dengan sempurna menyusup kedalam daging. Dengan penyajian yang dimasak dengan matang dan diolah dengan bumbu yang pas membuat rasanya begitu menggugah selera untuk menyantap setiap masakan yang disajikan.


 

Untuk menu ringan yang patut anda coba diantaranya Ketan Bakar yang disajikan hangat diatas wajan mini beralaskan daun pisang dengan sambal oncom dan serondeng yang nikmat.. Yummy!, kemudian ada Surabi dengan beraneka rasa dengan tekstur serabi yang lembut ditaburi coklat, keju, mesisi atau susu kental manis tergantung dari rasa yang anda pilih. Menu ringan lainnya yaitu Siomay Goreng, Tahu Gejrot, Batagor, Lumpia, serta berbagai pilihan menu lainnya. Untuk menu minumannya dengan suasana dan udara yang dingin di perbukitan Lembang, tentunya sangat cocok untuk menikmati hangatnya minuman khas seperti Bandrek, Bajigur, Sekoteng serta Wedang Ronde. Untuk minuman segarnya terdapat beberapa pilihan menu jus yang dapat anda pilih dari buah segar.

 Udaranya yang segar dengan persawahan menghijau disekeliling tempat makan pada sebuah saung tradisional tentunya akan membawa anda kedalam sebuah suasana alam perdesaan yang tentunya akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Atau anda dapat juga memilih suasana makan dipinggir danau yang cantik dengan pemandangan pepohonan yang rindang yang tumbuh disekeliling area Sapu Lidi yang tentunya akan memberikan sensasi tersendiri. Datang dan rasakan sendiri suasana yang berbeda yang hanya dapat anda temui di Sapu Lidi Resort & Resto, Bandung.. Have a Nice Weekend 
Sapu Lidi Sawah
Jl. Sersan Bajuri
Kompleks Graha Puspa, Cihideung , Lembang Bandung
+62 22 2786461, +62 22 70002944, +62 22 2787499 (fax)
Follow my twitter : @travelographers

No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.