Saturday, June 30, 2012

Liburan Bersama Keluarga di Taman Wisata Mekarsari



          Didaerah Cileungsi Bogor, terdapat sebuah tempat wisata alam untuk keluarga bernama Taman Wisata Mekarsari yang memiliki keanekaragaman tanaman buah. Ditempat ini tidak hanya melestarikan tanaman buah yang sudah berkembang di Indonesia, juga terdapat pengembangan beberapa jenis buah hasil rekayasa genetika baik tanaman buah dari luar negeri maupun buas asli Indonesia.
Taman yang dibangun oleh prakarsa Alm Ibu Tien Soeharto ini memiliki luas 264 hektar yang merupakan salah satu taman buah tropical terbesar di dunia. Ditaman buah ini terdapat sekitar 78 famili, 400 Spesies dan 1437 varietas dengan jumlah total tanaman 100.000 tanaman. Dengan koleksi tanaman buah yang cukup lengkap tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi tempat wisata khususnya untuk liburan keluarga bersama anak-anak tercinta.
Taman Wisata Mekarsari terbagi dalam enam zona yaitu Water Zone, Mediteran Exotic Zone, Central Park, Greenland Zone, Festival Point dan Family Zone. Untuk Water Zone terdapat beberapa spot menarik diantaranya Taman Lotus, Taman Rekreasi Kelapa, lakeside Camp Park, Danau Cipicung, Pulau Mekarsari, wisata perahu, serta beberapa permainan air seperti giant buble, aqua bike, canoing, floating donat, banana boat, water bike, fruit boat dan jet ski yang dapat dicoba di danau yang berada di tengah-tengah taman buah Mekarsari.

Selain itu di zona ini terdapat Sabut Kelapa Outbound yang cocok dilakukan untuk acara gathering atau team building untuk acara keluarga dan kantor anda. Sabut Kelapa Outbound merupakan tempat yang tepat untuk menguji nyali, kekompakan sebagai team sekaligus membangun kerja sama team yang baik.
Untuk zona Mediterian Exotic terdapat Taman Mediteran & Oasis, Kebun tanaman langka, serta rumah pohon Leo yang dapat disewa untuk menginap atau mendirikan kemah yang cocok digunakan untuk kemping bersama anak tercinta guna memberikan pengalaman hidup berdampingan langsung dengan alam.
Pada bagian Central Park terdapat Plaza Air mancur yang merupakan kantor pusat pengelola Taman Buah Mekarsari, sedangkan pada bagian Greenland Zone terdapat Kebun wisata melon, saung adem, taman konservasi rusa, kebun wisata salak, rumah kupu-kupu, taman ziarah, kebun wisata belimbing, rambutan, mangga dan berbagai jenis buah lainnya.
Tempat yang cocok untuk bermain bersama keluarga yaitu di Family Zone. Dibagian ini terdapat kebun keluarga, menara pandang, lembah bermain, country side, danau wiratama, wisata kanal serta toko buah dan cendera mata. Sedangkan bagi anda yang membutuhkan spot yang luas untuk suatu event seperti acara gathering perusahaan dapat menggunakan Festival point yang terdapat panggung pertunjukan, tempat bazar dan festival serta tempat untuk fun games dan atraksi.
Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menikmati keindahan Taman Wisata Mekarsari, diantaranya dengan menggunakan kereta sejenis trem gandeng, sepeda tandem maupun tuk-tuk. Untukk memanjakan setiap pengunjung yang datang kesini, pengelola menyediakan beberapa pilihan tour diantaranya yaitu :
  • ·         Smart Cultivation Tour : Dalam tour ini anda akan melakukan pertualangan untuk lebih mencintai tanaman, disini anda dapat memilih program budidaya diantaranya menanam, perbanyakan serta menanam dalam wadah kaca yang disebut dengan terrarium.
  • ·         Tropical Exotic Tour : Dalam tour ini anda mengenal keunikan tanaman markisa dan belajar membuat jus markisa kemudian dilanjutkan dengan bersepeda menyusuri kebun koleksi tanaman langka.
  • ·         Paddy Legend Tour : Dalam tour ini anda akan mencoba serunya menanam padi di sawah dan memandikan kerbau, kemudia dapat berkreasi dengan bamboo dan belajar tentang alat-alat pertanian zaman dulu.
  • ·         The Pongo Show : Pertunjukan ini merupakan salah satu unggulan Taman Wisata Mekarsari yang menceritakan tentang sosok orang utan dalam aksi layar tiga dimensi dan dapat menghibur dan berinteraksi langsung dengan pentonton.
  • ·         Green Land Tour : Untuk tour ini, anda akan diantar dengan kereta menuju zona Greenland untuk merasakan sensasi memetik buah langsung dari pohonnya, menemukan semua yang unik dari tanaman buah seperti kebun melon yang buahnya dibentuk menjadi berbagai macam serta melakukan konservasi budidaya tanaman hidroponik.
Dengan harga tiket dan tour yang terjangkau, tak heran jika setiap weekendnya Taman Wisata Mekarsari kerap ramai dikunjungi oleh keluarga baik wisatawan domestik maupun asing. Untuk menuju Taman buah Mekarsari dapat melalui gerbang tol cibubur menuju jalan Trans Yogie Cibubur, jaraknya kurang lebih 13 Km dari exit tol Cibubur arah Jonggol.
Pastikan Taman Wisata Mekarsari selalu dalam agenda wisata anda dan luangkan waktu diakhir pekan untuk mengajak keluarga bersama anak tercinta. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center Mekarsari di 021-8231822-24/ 8231811-13. Selamat berlibur sambil menikmati buah yang manis dan lezat bersama keluarga anda.

Follow me on twitter : @travelographers

 
 


 
 
 

No comments:

Post a Comment