Saturday, April 21, 2018

30 Tips dan Panduan Jalan-Jalan Liburan ke Suratthani, Koh Samui, Koh Phangan, Koh Tao di Thailand


View Point di Koh Tao, Thailand
Thailand tidak hanya populer oleh Krabi dan Phuket saja, masih di bagian Thailand selatan terdapat sebuah kota bernama Suratthani yang menjadi salah satu pintu masuk ke beberapa pulau yang indah di Thailand lainnya. Ada banyak alasan untuk para wisatawan baik domestik maupun internasional datang ke kota ini diantaranya mengunjungi Pulau Koh Phangan yang rutin mengadakan pesta bulan purnama (Full Moon Party), mengujungi pulau Koh Samui yang juga berada di kawasan Angthong Maritime National Park serta ke pulau Koh Tao yang memiliki hamparan pasir putih yang indah diantara 2 pulau kecil. Selain berkunjung ke Pulau tersebut di tengah kota Suratthaninya sendiri juga memiliki beberapa destinasi wisata dan tempat kuliner yang menarik untuk dikunjungi.
Jadi jika kamu juga memiliki rencana untuk berkunjung ke Suratthani Thailand berikut kami informasikan tips dan panduan Jalan Jalan Liburan ke Suratthani khususnya bagi kamu yang pergi tanpa travel agent atau tur dari Indonesia. Semoga tips dan panduan yang dapat saya berikan dapat membuat  liburan kamu di Suratthani Thailand menjadi lebih terencana dan berakhir menyenangkan.





1.      Cek Paspor Sebelum Merencanakan Liburan ke Thailand
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Thailand tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Thailand atau saat sebelum terbang di bandara.

2.      
Tentukan Tujuan Utama
Suratthani terletak di Thailand bagian selatan dan berdekatan dengan beberapa kota dan destinasi lainnya mulai Pulau Koh Phangan yang rutin mengadakan pesta bulan purnama (Full Moon Party), pulau Koh Samui yang juga berada di kawasan Angthong Maritime National Park serta ke pulau Koh Tao.
Full moom party (source: tripadvisor.com)
 Jadi sebelumnya tentukan tujuanmu ke Thailand apakah hanya untuk berkunjung ke Suratthani saja, atau mengunjungi beberapa kota lainnya juga misalnya ke Phuket dan Krabi yang juga sama-sama berada di Thailand Selatan, atau perjalanan jalur darat dengan bus atau kereta api ke atau dari Bangkok. Karena hal ini sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke destinasi tersebut baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya.

Gambaran lokasi dan jarak dari Suratthani ke Phuket dan Krabi serta beberapa pulau di sekitarnya. source: samuiidays.com
3.        Hunting Tiket Pesawat ke Suratthani

Apabila kamu berencana berkunjung ke Suratthani dan Pulau Koh Samui di satu rangkaian perjalanan maka untuk mengefesienkan waktu dan biaya saran kami jika kamu bisa mencari tiket penerbangan ke Suratthani atau penerbangan langsung ke pulau Koh Samui. Sebagai informasi dari Suartthani ke Koh Samui atau sebaliknya bisa ditempuh dengan naik bus kemudian menyambung naik ferry dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam.
Misalnya kamu hendak ke Suratthani naik pesawat maka kami rekomendasikan carilah tiket dari Jakarta atau kota besar di Indonesia dengan tujuan ke Kuala Lumpur untuk transit terlebih dahulu kemudian menyambung dengan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Suratthani. Namun apabila kamu hendak ke Bangkok juga dari kota Bangkok juga terdapat beberapa pilihan maskapai penerbangan yang melayani rute domestik ke kota Suratthani Thailand diantaranya Air Asia, Thai Airlines serta Bangkok Airlines. Apabila kamu hendak menjelajah beberapa kota sekaligus perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan agar tidak dikejar-kejar waktu dan dapat menikmati perjalanan saat di Thailand.
Keindahan Thailand Selatan dilihat dari atas jendela pesawat Airasia

    Berapa budget untuk tiket pesawat ke Suratthani atau Koh Samui Thailand? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal. Sebagai gambaran untuk penerbangan langsung ke Koh Samui dari Kuala Lumpur atau Bangkok umumnya menggunakan pesawat kecil dan harganya lebih mahal karena pilihannya lebih sedikit dibanding penerbangan ke Suratthani.
 Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Suratthani Thailand. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu. Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.
4.        Buat Itinerary ke Suratthani atau Koh Samui
Untuk mempersiapkan perjalananmu ke Suratthani Thailand ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dan waktu tempuh untuk menuju tempat wisata atau jarak dari 1 pulau ke pulau lain yang hendak kamu jelajahi. Point ini kami tulis karena kami sendiri memiliki pengalaman dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus melewati beberapa pulau yang awalnya hendak kami tuju dengan alasan waktu yang tidak cukup. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, ferry, speed boat atau kereta yang menghubungkan destinasi yang kita tuju. 
Peta Suratthani dan beberapa pulau di sekitarnya. source: ontheworldmap.com
Jika kamu berencana mengunjungi ke Suratthani beserta ke pulau Koh Samui maka minimal waktu yang perlu kamu luangkan yaitu minimal 4 hari dengan susunan itinerary 1 hari untuk mendarat di Suratthani kemudian perjalanan bus dan ferry sampai di Koh Samui, 2 hari untuk island hopping ke Koh Phangan dan Koh Tao dan 1 hari terakhir untuk menjelajah Koh Samui dan perjalanan pulang baik terbang langsung dari Koh Samui maupun naik ferry ke Suratthani. Jika punya waktu hanya 3 hari maka kamu hanya punya 1 hari penuh di Koh Samui yang dapat kamu manfaatkan untuk keliling pulau Koh Samui atau mengikuti open trip hopping island ke pulau-pulau dan spot snorkeling di sekitar Angthong Maritime National Park.


5.      
Mencari Penginapan di Suratthani
Jika kamu liburan ke Thailand dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Suratthani Thailand yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki.
Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Suratthani Thailand sebaiknya cari yang dekat kawasan tengah kota yang lebih dekat ke terminal bus atau stasiun kereta. Atau tergantung dari kebutuhan kamu ketika memutuskan untuk singgah di Suratthani. Saat kami di Suratthani kami menginap di hotel my Place @ Suratthani. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan pasar malam dan tidak terlalu jauh untuk berjalan kaki kearah terminal bus.
Untuk kamu yang hendak menginap di Koh Samui ada banyak penginapan mulai dari yang murah maupun yang resort yang menawarkan fasilitas yang mewah. Untuk penginapan di pulau ini kami tidak bisa memberikan rekomendasi karena balik lagi ke budget dan tujuan kamu ke Koh Samui untuk apa, jika memiliki budget lebih dan untuk mencari ketenangan maka resort yang dilengkapi dengan kolam renang atau infinity pool adalah tempat penginapan yang cocok untuk kamu. Namun apabila budget kamu terbatas bisa mencari penginapan yang tidak jauh dengan dermaga ferry agar lebih strategis untuk kembali ke Suratthani atau hopping island.
Rekomendasi penginapan di Suratthani, Thailand
Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Thailand, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher hingga sebesar 30 - 40 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini.
Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi/ tuk-tuk untuk mengantarkan kembali ke penginapan.

6.      Persiapkan Mata Uang Thailand Bath
Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli Thailand Bath di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah. Jika tidak ada Thailand Bath kamu juga dapat menukarkan terlebih dahulu ke dalam mata uang USD (Dollar Amerika) untuk ditukarkan di money changer ketika sampai di Thailand. Dan baiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Thailand karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan tidak semua money changer di luar negeri yang mau menerima Rupiah. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Thailand saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan.

7.      Tiba di Suratthani Thailand Lewat Jalur Udara (Suratthani International Airport)
Setibanya di Suratthani Thailand umumnya kamu harus melengkapi selembar formulir yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Thailand. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap mulai dari cara kedatangan, waktu kedatangan, keberangkatan maskapai yang dinaiki atau moda transportasi darat atau laut apa yang kamu gunakan. Ketika berhadapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan. Bila diajukan pertanyaan jawablah dengan sopan. Apabila kamu tidak bisa berbahasa Thailand gunakan saja bahasa inggris. Bila tidak bisa kedua bahasa itu tersenyumlah, karena senyum adalah bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua umat manusia.
Pesawat Mendarat di bandara Internasional Suratthani, Thailand
Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut. 
Bus umum yang melayani rute Bandara Internasional Suratthani ke Pusat Kota Suratthani
Tiket bus dari Bandara Internasional Suratthani ke Pusat Kota Suratthani
 Untuk transportasi dari bandara internasional Suratthani ke pusat kota Suratthani cara paling murah yaitu naik bisa naik bus umum. Alternatif lainnya bisa naik taksi. Untuk ongkos naik bus dari bandara ke tengah kota yaitu sebesar 100 Bath perorang, sedangkan naik taksi sekitar 500-1000 Thailand Bath. Lama perjalanan yaitu 1 jam perjalanan.
Bus antar kota dari Bandara Internasional Suratthani ke beberapa kota besar di Thailand

8.      Bisakah ke Suratthani dengan Moda Transportasi Kereta Api?
Suratthani adalah salah satu kota besar di Thailand yang memiliki stasiun kereta. Apabila kamu hendak naik kereta ke Suratthani kamu dapat naik dari Bangkok atau dari Hatyai semisal kamu sedang dalam rangkaian perjalanan darat dari Malaysia ke Thailand. Untuk tiketnya ada baiknya kamu melakukan pemesanan beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan agar dapat tiket sesuai dengan yang kamu inginkan. Di Thailand terdapat beberapa kelas tiket mulai dari sleeper train dimana terdapat kasur untuk tidur dan cocok untuk perjalanan panjang yang dilakukan pada malam hari, tiket kereta kelas 2 yaitu tempat duduk yang empuk serta tiket kereta kelas 3 yaitu seperti tiket ekonomi di Indonesia. 
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Salah Satu Stasiun di Thailand 
Untuk informasi buat kamu jalur kereta api favorit paling populer yaitu dari perbatasan Malaysia melalui kota Hatyai menuju Suratthani dan Bangkok, Jalur kereta dari Bangkok ke Ayyutaya, Jalur Kereta dari Bangkok ke kota Chiang Mai serta dari Bangkok menuju Aranyaprathet yaitu perbatasan dengan Cambodia.



9.      
Bus Antar Kota di Thailand Ke Suratthani
Berhubung Suratthani adalah salah satu destinasi favorit bisa kami katakan cukup mudah untuk mencari bus antar kota di Thailand dengan tujuan ke Suratthani. Kamu dapat naik bus dari Hatyai, Bangkok, Krabi atau Phuket. Sebagai informasi apabila kamu hendak naik bus waktu tempuh dari Hat Yai ke Suratthani sekitar 7-9 jam perjalanan. Untuk Perjalanan dari Phuket atau Krabi ke Suratthani itu sekitar 3-5 jam perjalanan. Sedangkan untuk perjalanan bus dari Bangkok ke Suratthani itu sekitar 5-7 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas.
Bus tujuan Suratthani ke Phuket
Untuk menghemat waktu apabila dibutuhkan perjalanan yang panjang pilihlah jadwal keberangkatan yang malam hari sehingga akan tiba pada pagi harinya. Selain hemat waktu kamu juga dapat menghemat biaya penginapan. Untuk pembelian tiket bus dapat kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Thailand yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya.

10.      Mini Van Antar Kota di Thailand menuju Suratthani
Di beberapa kota kecil Thailand terkadang jadwal bus tidak sebanyak jadwal keberangkatan minivan yang juga melayani rute antar kota. Jadi apabila kamu mengejar waktu ada baiknya juga mencari info mengenai keberadaan dan jadwal mini van yang dapat mengantarkan kamu ke kota Suratthani. Untuk ongkos umumnya naik mini van lebih mahal sedikit dibandingkan naik bus antar kota. Untuk pembelian tiket naik mini van antar kota  kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. 
Terminal minivan dari terminal Suratthani ke Beberapa Kota di Thailand
Untuk minivan ke Suratthani umumnya hanya ada dari kota yang jaraknya tidak terlalu jauh seperti dari Hat Yai, Trang, Phuket dan Krabi. Kalau kamu dari Bangkok mau jalur darat kami sarankan sebaiknya naik bus reclining seat/ sleeper atau kereta api saja yang lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

11.    Tiba di Terminal Bus Suratthani
Apabila Suratthani adalah salah satu destinasi yang kamu kunjungi dari rangkaian perjalananmu di Thailand, dan apabila kamu ke Suratthani naik bus dari kota lain di Thailand maka sudah dapat dipastikan kamu akan berhenti atau turun di terminal bus yang berada di pusat kota Suratthani. Sebagai informasi apabila kamu menginap di tengah kota maka kamu bisa mempertimbangkan untuk naik tuk-tuk atau taksi untuk ke penginapan, alternatifnya transportasi online seperti Grab agar lebih efesien dan hemat dibandingkan naik moda transportasi lainnya. Di Terminal ini juga merupakan tempat pemberhentian minivan dari kota-kota terdekat sekitar Suratthani seperti Phuket dan Krabi.
Salah satu bus antar kota di Terminal Bus Suratthani

12.     Mengikuti Open Trip di Suratthani
Salah satu kelebihan di Suratthani Thailand mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa kendaraan sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke sebuah destinasi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya.
Open trip yang dapat kamu coba ketika berada di Suratthani yaitu dari Suratthani ke Koh Samui, Dari Suratthani ke Koh Phangan dan Dari Suratthani ke Koh Tao. Selain open trip kamu juga bisa membeli tiket perjalanannya saja ke 3 pulau tersebut. Untuk detailnya akan kami jabarkan di poin-point berikutnya ya.
View Point di Koh Tao, Thailand (source: Southeastasiabackpacker.com)
Mekanisme untuk mengikuti open trip ini yaitu terlebih dahulu tentukan tujuan dan tanggal keberangkatan dari paket perjalanan yang hendak kamu belli. Kamu bisa membeli tiket atau paket perjalanan di agen perjalanan baik yang ada di pinggir jalan maupun dari penginapan kamu menginap. Pada saat membeli paket perjalanan tersebut pastikan kamu menerima bukti pembayaran dan nama serta biodata kamu dicatat dengan benar seperti nama, nomer telpon yang bisa dihubungi serta alamat tempat menginap untuk penjemputan saat tour berlangsung.
Nanti di hari H akan ada seseorang yang akan menjemput di hotel tempat kamu menginap sesuai dengan waktu perjanjian, maka pastikan kamu tidak telat ketika hendak dijemput agar perjalanan open trip berjalan lancar. Nanti di perjalanan open trip ini kamu akan bertemu dengan banyak orang dari bebagai negara yang tergabung dalam trip yang sama. Berbaurlah dan menjadi teman agar perjalanan open trip kamu bisa lebih menyenangkan.



13.  
Cara menuju Koh Samui, Koh Phangan dan Koh Tao dari Bandara Internasional Suratthani
Tidak lengkap bila ke Suratthani tanpa pergi ke salah satu pulau yang bisa diakses dari kota ini yaitu Koh Samui, Koh Phangan atau Koh Tao. Apabila kamu ke Suratthani dengan pesawat terbang maka akan mendarat di Bandara Internasional Suratthani. Setelah lewat imigrasi dan pengambilan bagasi sebelum pintu keluar kamu akan melihat sederetan agen perjalanan yang menjual tiket atau paket perjalanan ke destinasi wisata di sekitar Suratthani diantaranya tiket transport + ferry ke Koh Samui, tiket transport + ferry ke Koh Phangan dan tiket transport + ferry ke Koh Tao. Ini adalah cara paling efesien baiks ecara waktu maupun budget karena harga paketan yang dijual di bandara terbilang murah, tidak jauh berbeda dengan yang dijual online. Namun apabila kamu mau melakukan pemesanan sebelumnya kami rekomendasikan untuk memesan lewat website ferrysamui.com 
Salah satu agen perjalanan di Bandara Internasional Suratthani, Thailand

Dalam satu hari ada beberapa kali jadwal keberangkatan dari Bandara internasional Suratthani ke Koh Samui. Perjalanan dimulai dari naik bus atau minivan dari bandara ke Tapee Pier, Donsak Pier atau Nathon Per kurang lebih selama 30 menit - 1 jam kemudian dari dermaga akan dilanjutkan naik ferry selama kurang lebih 1 hingga 2 3 jam ke pulau Koh Samui. Lama perjalanan di bus menuju dermaga berbeda tergantung jadwal keberangkatannya lewat dermaga mana, begitu juga dengan lamanya perjalanan ferry ke Koh Samui pun berbeda tergantung tipe ferry atau speed boat. Jadi sebelum membeli tiket transfer ke Koh Samui ketahui dahulu kamu akan naik dari dermaga mana.
Sama dengan ke Koh Samui, dalam satu hari ada beberapa kali jadwal keberangkatan dari Bandara internasional Suratthani ke Koh Phangan. Perjalanan dimulai dari naik bus atau minivan dari bandara ke Tapee Pier kurang lebih selama 30 menit kemudian dari dermaga akan dilanjutkan naik ferry selama kurang lebih 2 jam 45 menit ke Tong Shala Pier di pulau Koh Phangan.
Untuk perjalanan dari Bandara internasional Suratthani ke Koh Tao. Perjalanan dimulai dari naik bus atau minivan dari bandara ke dermaga kurang lebih selama 1 hingga 2 jam menit kemudian dari dermaga akan dilanjutkan naik ferry selama kurang lebih 4 hingga 5 jam  ke Mae Haad Pier di pulau Koh Tao. Lama perjalanan di bus menuju dermaga berbeda tergantung jadwal keberangkatannya lewat dermaga mana, begitu juga dengan lamanya perjalanan ferry ke Koh Tao pun berbeda tergantung tipe ferry atau speed boat. Jadi sebelum membeli tiket transfer ke Koh Tao ketahui dahulu kamu akan naik dari dermaga mana.

14.      Cara menuju Koh Samui,Koh Phangan dan Koh Tao dari Pusat kota Suratthani
Apabila kamu hendak ke Koh Samui, Koh Pgangan atau Koh Tao dari pusat kota Suratthani maka cara paling mudah yaitu kamu dapat memesan tiket paketan transport ke dermaga dan ferry atau speedboat untuk menyebrang ke pulau dari penginapan tempat kamu menginap atau agen perjalanan yang ada di sekitar penginapan kamu. Bisa juga memesan online salah satunya di website samuiferry.com
Ferry, salah satu di moda transporatasi untuk menyebrang ke Koh Samui, Koh Phangan dan Koh Tao
Untuk keberangkatannya sendiri terdapat beberapa pilihan jadwal keberangkatan yang dapat kamu sesuaikan. Umumnya paket transfer ke pulau ini berangkat dari Sri Raja 1 Market, Talad Kaset, Talad Mai Road atau bisa langsung naik dari Tapee Pier. Sebelum kamu membeli tiketnya kamu bisa menanyakan apakah harga tiket tersebut sudah termasuk di jemput dari penginapan atau tidak, karena umumnya sih kamu akan dijemput di penginapan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jika tidak maka kamu harus ke salah satu tempat pertemuannya diantaranya Sri Raja 1 Market, Talad Kaset, Talad Mai Road, Tapee Pier yang sesuai dengan jadwal keberangkatan dan paket yang kamu pilih.

15.    Budget ke Koh Samui, Koh Phangan dan Koh Tao dari Bandara Internasional Suratthani
Untuk budget tiket kami sarankan belilah paketan transfer untuk pick up transport ke dermaga dan ferry untuk menyebrang ke pulau yang kamu tuju. Budget untuk tujuan Koh Samui dari Bandara internasional Suratthani yaitu mulai dari 330 hingga 700 Bath tergantung jam keberangkatan dan jenis transportnya yaitu naik ferry atau speedboat. Budget untuk tujuan Koh Phangan dari Bandara internasional Suratthani yaitu mulai dari 400 hingga 800 Bath tergantung jam keberangkatan dan jenis transportnya yaitu naik ferry atau speedboat. Sedangkan untuk budget untuk tujuan Koh Tao dari Bandara internasional Suratthani yaitu mulai dari 700 hingga 1000 Bath tergantung jam keberangkatan dan jenis transportnya yaitu naik ferry atau speedboat. 
Koh Samui, Thailand

16.    Budget ke  Koh Samui, Koh Phangan dan Koh Tao dari Pusat kota Suratthani
Untuk budget tiket kami sarankan belilah paketan transfer untuk pick up transport ke dermaga dan ferry untuk menyebrang ke pulau yang kamu tuju. Budget untuk tujuan Koh Samui dari Pusat kota Suratthani yaitu mulai dari 240 hingga 600 Bath tergantung jam keberangkatan dan jenis transportnya yaitu naik ferry atau speedboat. Budget untuk tujuan Koh Phangan dari Pusat kota Suratthani yaitu mulai dari 300 hingga 700 Bath tergantung jam keberangkatan dan jenis transportnya yaitu naik ferry atau speedboat. Sedangkan untuk budget untuk tujuan Koh Tao dari Pusat kota Suratthani yaitu mulai dari 600 hingga 900 Bath tergantung jam keberangkatan dan jenis transportnya yaitu naik ferry atau speedboat. Harga tiketnya bisa dibilang lebih murah dari pusat kota dibanding dari bandara. Namun kalau tujuan kamu ke pulau tentunya setibanya dari bandara untuk waktu yang lebih efesien kamis arankan agar langsung naik travelnya langsung dari bandaranya.
Ferry, salah satu di moda transporatasi untuk menyebrang ke Koh Samui, Koh Phangan dan Koh Tao





17.    
Jarak dari Suratthani ke Phuket/Krabi
Pengalaman kami perjalanan darat dari Surathani ke Phuket berhubung jadwal bus kurang bersahabat sehingga kami memilih naik minivan dari terminal pusat kota Suratthani. Hampir setiap jamnya ada jadwal keberangkatan ke Phuket. Alternatif lainnya kamu juga bisa langsung naik yang ke Krabi tergantung pilihan tujuannya. Pengalaman kami naik minivan dari Suratthani ke Phuket waktu tempuhnya sekitar 4,5 jam karena jalanan cukup padat khususnya menjelang sore hari. Tiket minivannya kami beli langsung di terminal minivan beberapa menit sebelum jadwal keberangkatan. 
Konfigurasi tempat duduk minivan yang kami tumpangi dari Suratthani ke Phuket

Dalam perjalanan dari Suratthani ke Phuket Minivan sempat sekali berhenti untuk istirahat sejenak
 Jika kamu liburan di peak season ada baiknya pesan tiket terlebih dahulu satu hari sebelumnya baik melalui penginapan, agen perjalanan atau beli langsung mampir ke terminal minivan/bus, mengingat kapasitas tempat duduk khususnya minivan sangat terbatas. Dengan begitu rencana perjalanan kamu bisa berjalan sesuai rencana tanpa harus menunggu lebih lama di terminal bus karena menunggu jadwal keberangkatan minivan yang tersedia karena ada kemungkinan kamu kehabisan tiket mengingat tidak hanya turis namun orang lokal pun banyak yang menggunakan moda transportasi ini.
Pemandangan yang tersaji di pertengahan jalan dari Suratthani ke Phuket

18.    Ada 4 terminal bus di Suratthani
Sebagai informasi untuk kamu di kota Suratthani secara total ada 4 terminal bus dengan tujuan yang beda-beda, jadi semisal kamu mau turun atau naik bus di Suratthani pastikan kamu berada atau menuju terminal bus yang benar. Untuk terminal bus pertama berlokasi di Soi 8 dan 10 di Jalan Taladmai. Terminal bus ini dikenal dengan nama Downtown transportation hub Talad Kaset 1. Kamu bisa ke terminal bus ini kalau mau ke stasiun kereta Suratthani atau dari stasiun kereta ke pusat kota Suratthani.
Pintu Masuk ke terminal bus di pusat kota Suratthani, Thailand
Untuk terminal bus kedua dikenal dengan nama Downtown Transportation Hub Talad Kaset 2 yang berlokasi di Soi 31 di Jalan Taladmai. Lokasinya berseberangan dengan Talad Kaset 1. Kamu bisa ke terminal ini jika tujuan kamu adalah ke Krabi, Trang atau Phuket. Untuk tiket busnya kamu dapat membeli langsung di loket/ agen perjalanan yang berada di terminal ini. Sebagai informasi jadwal bus dari Suratthano ke Krabi. Trang atau Phuket tidak terlalu banyak dalam satu harinya, alternatif lainnya seperti kami lebih memilih naik minivan.
Bus antar kota dari Terminal Bus Suratthani ke Beberapa Kota di Thailand
Terminal bus lainnya berada sedikit jauh dari pusat kota Suratthani. Umumnya terminal bus ini lebih ramai dikunjungi oleh orang lokal yang masih mengandalkan bus umum dalam kota untuk kesehariannya.

19.   Rekomendasi Destinasi di Sekitar Suratthani.
Untuk kamu yang memiliki rencana menjelajah kota Suratthani di kota ini ada beberapa lokasi favorit yang umumnya dikunjungi para wisatawan diantaranya Suratthani City Pillar Shrine, Hok Kian shrine, Wat Sai, Pra Cha Rat Floating Market, War Phithamawas, The Pirates Park dan berkunjung ke Khao Sok National Park. Di pusat kotanya terdapat beberapa kuil yang menjadi tempat untuk berdoa dan ritual keagamaan bagi penduduk Surat Thani yang beragama Buddha. Salah satu kuil yang patut untuk kamu kunjungi yaitu Surat Thani City Pillar Shire. Jika kamu memiliki budget lebih bisa mencoba naik longtail boat cruise di saat sunset untuk menikmati keindahan sungai di Suratthani. Tour ini berlangsung pada sore hari dan bisa kamu ikuti dari Ta Pi River. Selain menyusuri sungai kamujuga bisa ke Wat Thong dan kawasan bakau.  
Ta Pi River, Salah satu spot untuk menikmati matahari terbenam di kota Suratthani, Thailand
Salah satu kuil di kota Suratthani, Thailand
Sungai Ta pi di Suratthani, Thailand

Suratthani City Shrine, Salah satu kuil di Suratthani, Thailand

Salah satu kuil di Surathani, Thailand

20.    Rekomendasi Tempat Kulineran di Suratthani

Tidak lengkap rasanya jika traveling tanpa dilengkapi dengan wisata kuliner untuk mencicipi beragam jenis makanan maupun minuman yang khas yang berasal dari kota tersebut. Untuk di Suratthani sendiri ada beragam jenis makanan dan kudapan yang nikmat untuk kamu coba yang dapat ditemui di pasar malam Suratthani yang berada di pusat kota.  Untuk mencari makanan halal terdapat beberapa kedai di pasar malam yang menjual kue-kue atau buah. 
Pasar malam di Suratthani Thailand Yang Memiliki Beragam Kuliner Khas Thailand
Beragam kuliner di pasar malam Suratthani, Thailand
Wisata Kuliner di Pasar malam pusat kota Suratthani, Thailand
  Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya.
Salah satu sajian kuliner di pasar malam Suratthani, Thailand
Wisata Kuliner di Pasar malam pusat kota Suratthani, Thailand
Wisata Kuliner di Pasar malam pusat kota Suratthani, Thailand
Wisata Kuliner di Pasar malam pusat kota Suratthani, Thailand
Untuk makanan yang benar-benar halal ada sebuah warung yang menjual beberapa menu halal yang patut kamu kunjungi. Patokannya adalah pasar malam di Suratthani berada di jalan sepanjang 150 meter. Ketika kamu melihat Wat Sai (kuil Sai) atau melihat sebuah pertigaan pasar malam maka belok lah ke jalan tersebut sampai kamu menemukan sebuah kedai halal di sebelah kanan kamu.
Menu halal di salah satu warung di pasar malam Suratthani, Thailand
Menu halal di salah satu warung di pasar malam Suratthani, Thailand
Salah satu kedai Ayam Goreng Halal di Pusat Kota Suratthani, Thailand
Thailand terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. Untuk referensi makanan di Thailand bacalah artikel ini. 15 Kuliner Street food yang patut kamu coba saat traveling ke Thailand.

21.     Naik Taksi/ Taksi Online
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup terjangkau argonya, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan argo taksi di Indonesia. Saran kami kamu bisa menggunakan aplikasi Grab mengingat lebih aman dan murah karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi terlebih lagi tidak semua supir taksi bisa berbahasa Inggris. 
Taksi dan suasana kota Suratthani di Thailand

22.     
Angkutan umum Song Theaw
Di Thailand ada angkutan umum yang dikenal dengan nama Song Theaw. Bentuknya seperti angkot namun pintunya berada di belakang, bisa dibilang seperti mobil omprengan dengan kap penutup seperti yang ada di Indonesia. Untuk ongkosnya baru diberikan setelah kita mau turun dan akan dikenakan ongkos sesuai dengan seberapa jauh jaraknya. Setiap song theaw disini umumnya tertulis nomor angkutan atau tujuannya yang tertera di kaca bagian depan mobil song theaw.
Song Theaw di kota Suratthani, Thailand
 Ada baiknya googling dulu lebih detail tentang nomor dan jalur song theaw ini apabila kamu hendak mencoba naik angkutan umum ini agar tidak tersesat kecuali kalau niat kamu memang untuk berkeliling tanpa tujuan yang pasti hitung-hitung mencari pengalaman hidup.  Untuk Songtheaw di Phuket sendiri paling banyak melayani rute di tengah kota Suratthani
    
23.      Angkutan umum Tuk-Tuk di Suratthani
Salah satu transportasi umum paling populer di Thailand yaitu tuk-tuk, sebuah kendaraan roda tiga seperti bajaj namun dengan tempat duduk untuk penumpang yang terbuka. Bagian tertutupnya hanya pada atap untuk melindungi penumpang dari hujan dan panas. Sebelum naik pastikan dulu kamu sudah sepakat dengan ongkosnya, jangan ragu untuk menawar jika harganya terlalu mahal.  Yang kami amati Tuk-tuk di Suratthani bisa ditemukan di pusat kota yang dapat disewa untuk mengantarkan penumpang ke penginapan atau kui-kuil di sekitar pusat kota Suratthani.
Tuk-tuk service di Suratthani, Thailand
    
24.      Bahasa Sehari-hari di Thailand
Umumnya tulisan yang banyak kamu lihat saat berada di Thailand tentu saja aksara Thailand yang menyerupai tulisan jawa kuno honocoroko yang sulit dimengerti. Namun untungnya di kota-kota besar dan tempat pariwisata umumnya telah dilengkapi dengan bahasa inggris yang dapat kita baca dan mengerti. Untuk bahasa percakapan umumnya menggunakan bahasa Thailand dan English.
haadyai, hatyai, thailand, south thailand, songtheaw, temple, backpacking thailand, kota hatyai, hatyai railway station, stasiun hatyai
Aksara Thailand yang umumnya akan kita lihat di sebagian besar fasilitas publik
Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris atau orang yang kamu temui tidak bisa bahasa Inggris maka pergunakanlah bahasa tubuh yang dilengkapi dengan tulisan agar bisa menjalin komunikasi yang baik. Dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.   
25.      Etika Berpakaian
Ketika kamu berkunjung ke Phuket Thailand di hari dimana kamu berencana ke Suratthani City Pillar Shrine, Hok Kian shrine atau Wat Sai sebaiknya kenakan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat Buddha yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
Salah satu kuil yang ada di Pusat kota Suratthani, Thailand
Sedangkan jika kamu berkunjung ke tempat seperti pantai disini kamu bebas menggunakan pakaian apa saja. Mau yang tertutup atau terbuka bebas tidak akan ada orang yang melarang.
  


26.     
Cuaca di Suratthani
Di Suratthani Thailand memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Dari pengalaman kami bulan agustus hingga oktober peluang hujan lebih tinggi dibanding bulan lain. Ketika kamu berkunjung pertama kali bulan Desember cuaca sangat bagus dan cerah, namun di kedatangan kedua kami pada bulan Agustus dalam satu hari kondisinya hujan dan berawan. Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai.

27.     Sewa motor di Suratthani

Menyewa sepeda motor di Suratthani selain murah juga merupakan salah satu cara paling menyenangkan untuk menjelajah Suratthani  khususnya bagi kamu yang bisa naik motor. Dengan motor kamu bisa keliling kota Suratthani untuk melihat kehidupan masyarakat lokal lebih dekat hingga menjelajah dari sederetan pantai yang ada di sekitar Suratthani. 
Motor di Surattani, Thailand
Pengalaman kami sewa motor di Suratthani Thailand cukup mudah kamu hanya menyerahkan paspor atau ID card sebagai jaminan dan uang sewa motor yang berkisar mulai dari 200-300 bath tergantung dari tipe sepeda motor yang kamu sewa. Umumnya sewa motor tidak termasuk bensin jadi kamu perlu mengisi bensin sendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan. Kalau kamu traveling dalam kelompok besar bisa diperimbangkan untuk menyewa mobil untuk berkeliling Suratthani.

28.      Paket Internet dan Nomer Lokal Thailand
Ketika pertama kali saya ke Thailand saya hanya memanfaatkan free wifi yang diperoleh di penginapan atau fasilitas umum dan tidak membeli paket internet disana dengan alasan ingin menikmati menjelajah Thailand dibanding sibuk bermain gadget (baca: padahal budget terbatas hehe). Namun pada saat kedua kalinya ke Phuket Thailand akhirnya saya membeli kartu sim card lokal untuk keperluan agar bisa dihubungi ketika mengikuti open trip. Sim Card lokal dapat di beli di minimarket seperti 711 atau di kedai seluler yang ada di pinggir jalan. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjaga toko/ minimarket itu untuk mengaktifkan data kamu. Pengalaman kami di Suratthani pakai Dtac yang paket untuk turis sudah lebih dari cukup untuk berinternetan di Thailand. kami membelinya di sebuah kedai
  
29.     Scam/Penipuan di Suratthani.
Sebagai turis umumnya keberadaan kita sangat mudah dideteksi oleh beberapa orang yang berminat untuk menipu kita. Umumnya scam yang ada di Suratthani ketika kamu hendak naik tuk-tuk umumnya akan diberikan ongkos yang lebih mahal padahal jaraknya begitu dekat. Inilah yang kami alami ketika hendak mencoba naik tuk-tuk dari terminal bus ke penginapan. Mereka meminta ongkos yang besar hingga ratusan bath padahal jaraknya begitu dekat. Karena kami tahu jaraknya tidak terlalu jauh akhirnya kami memutuskan untuk mencari kedai penjual nomer lokal Thailand agar bisa internetan kemudian bisa mengaktifkan google maps untuk panduan kamu berjalan kaki ke penginapan. Dan ternyata jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 10 menit jalan kaki.
Percobaan scam lain yaitu ketika kamu tiba di terminal bus akan ada beberapa orang yang menawarkan paket dan tiket perjalanan ke Koh Phangan, Koh Samui atau koh Tao. Usahakan hindari membeli tiket dari para calo tersebut namun belilah di agen perjalanan yang terpercaya. Cara kami sih beli di tempat menginap kami dengan harga yang lebih murah dan pastinya terjamin aman.
Sebelum membeli tiket atau paket perjalanan open trip pastikan kamu telah searching dulu di internet atau melakukan perbandingan harga ke beberapa agen perjalanan agar harga yang kita beli adalah sesuai dengan harga pasar dan tidak dimahalin.


30.    
Wisata Belanja & Oleh-Oleh di Suratthani
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di negeri Thailand dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh di Suratthani saya sarankan belilah di pasar malam yang ada di dekat pusat kota. Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Sebelum membeli oleh-oleh atau barang yang kamu incar ada baiknya persiapkan kalkulator kecil di handphone atau kertas dan pulpen yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk tawar menawar mengingat masih ada sebagian penjual di Thailand yang tidak bisa berbahasa Inggris.
Salah satu pasar tradisional di kota Suratthani, Thailand

Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang hendak ke Suratthani Thailand bermanfaat.  Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang destinasi wisata di Suratthani Thailand yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.


Baca Artikel Tentang Thailand lainnya disini
           #Cross Border : Dari Kuala Lumpur Malaysia ke Hatyai Thailand Selatan

Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)

Apabila bermanfaat dan menginspirasi, mohon di-bookmarks dan di-share ya
Salam Pejalan.


No comments:

Post a Comment

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.