Sunday, November 27, 2016

25 Tips & Panduan Jalan-Jalan Liburan Pertama Kali ke Vietnam


Keajaiban Dunia Halong Bay, Salah Satu Destinasi Wisata Terpopuler di Vietnam
            Untuk orang Indonesia negara Vietnam lebih dikenal karena Vietkong dan sejarah perangnya. Hal itu dikarenakan banyak diantara kita awal kenal negara ini melalui film Hollywood yang bersetting tentang perang Vietnam salah satunya film John Rambo dalam First Blood nya. Apakah kamu juga salah satunya?. Selain itu Vietnam juga dikenal sebagai sebuah negara yang menganut sistem tunggal dengan Republik Sosialis Vietnam sebagai partai tunggal negara dan menganut ideology komunis dengan faham Marxisme- Leninisme serta ajaran Ho Chi Minh, tokoh yang paling di hormati di negara Vietnam.
            Namun terlepas hal itu tahukah kamu Vietnam memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi? Vietnam memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya mulai dari Teluk Ha Long yang masuk dalam salah satu keajaiban dunia kategori alam yang baru, beragam budaya dan suku minirotas yang menarik untuk dijumpai, kota tua dan tempat-tempat bersejarah yang mempesona, pantai yang indah, menyelami peninggalan bangsa Prancis di negeri Vietnam hingga mengunjungi tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu perang Vietnam yang menarik untuk dijelajahi. Semua itu bisa kamu dapatkan di negeri ini, salah satu negara favorit kami di Asean untuk dikunjungi. Untuk kamu yang memiliki rencana liburan ke Vietnam berikut tips dan panduan liburan pertama kali ke Vietnam yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

1.      Buatlah Paspor
Untuk kamu yang belum pernah keluar negeri dan belum memiliki paspor tentu saja harus membuat paspor terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat passport dengan pengajuan secara prosedur normal atau dengan prosedur pengajuan online. Apa saja cara persyaratannya? Untuk detailnya kamu dapat click dan membaca tautan berikut ini.
Untuk kamu yang sudah memiliki paspor pastikan masa berlaku paspor kamu saat tanggal keberangkatan ke Vietnam tidak kurang dari 6 bulan dari masa akhir berlakunya paspor kamu. Jika kurang dari 6 bulan segeralah lakukan perpanjangan paspor agar perjalananmu berjalan sesuai rencana dan tidak di deportasi oleh imigrasi saat mendarat di Vietnam atau saat sebelum terbang di bandara.



2.      Tentukan Tujuan
Vietnam memiliki beberapa kota besar yang populer mulai dari Saigon atau yang dikenal dengan Ho Chi Minh City, Danang serta Ha Noi. Objek wisata yang paling banyak menarik wisatawan untuk datang yaitu untuk di ibu kota Vietnam Ho Chi Minh City memiliki destinasi wisata seperti menyusuri Sungai Mekong, Terowongan Cu Chi Tunnel sisa perang Vietnam, Bangunan keagamaan Cao Dai, Ben Thant Market serta mengunjungi destinasi wisata lain sekitar kota Ho Chi Minh City mulai dari Pantai Mui Ne, Padang Pasir Mui Ne, Pantai Na Trang dan Vung Tau. 
Peta Wisata di Negara Vietnam. source
Suasana Kota Hanoi di Kala Musim Semi
Salah Satu Landmark kota Hanoi Tempat Dimana Jenazah Ho Chi Minh Disemayamkan

Suasana Magis di Musim Semi Saat Menuju Perfume Pagoda, Hanoi
Untuk destinasi wisata di sekitar Danang ada pantai yang indah serta kota tua Hue yang mempesona serta caving di goa terbesar dan terindah di Vietnam yaitu Hang Son Dong yang menyajikan misteri keajaiban dunia di bawah tanah yang menakjubkan. Untuk destinasi wisata di sekitar Hanoi yaitu danau Hoan Kiem lake dan tentu saja berkunjung ke New 7 Wonders Halong Bay yang menjadi keajaiban dunia. Ada satu lagi destinasi populer di perbatasan China yaitu kota kecil Lao Cai yang menjadi akses terdekat ke kota Sa Pa dan Bac Ha yang menawarkan panorama pegunungan yang indah serta berjumpa dengan suku minoritas pedalaman yang tinggal di kawasan tersebut.

Apabila Hendak Melihat Keberagaman Suku Pedalaman Pergilah ke Lao Cai, Sa Pa dan Bac Ha dari Ha Noi

Chi Ci Channel, Saksi Bisu Perang Vietnam Yang Dapat Diakses Dari Ho Chi Minh City
Pantai Mui Ne dan Padang Pasir Mui Ne Dapat Diakses Dari Kota Ho Chi Minh City
Ha Long Bay, Untuk Mencapai Tempat Ini Kota Terdekat Yaitu Penerbangan Ke Ha Noi



 
Destinasi mana yang akan kamu inginkan sangat berpengaruh dengan tiket pesawat tujuan mana yang sebaiknya kamu beli. Karena jika salah beli tujuan tentunya akan menyulitkan kita untuk menuju ke destinasi tersebut baik karena keterbatasan waktu maupun budget yang ada. Ingatlah bahwa jarak dari kota Ho Chi Minh / Saigon ke Ha Noi Halong Bay tidaklah dekat. Detailnya akan kami sampaikan di point berikutnya ya.


3.      Hunting Tiket Pesawat
Apabila kamu sudah menentukan tujuan/ kota mana yang dikehendaki hal yang harus kamu lakukan tentu saja mencari tiket ke Vietnam. Umumnya penerbangan internasional yang tidak ada yang langsung dari Indonesia. Pengalaman kami naik Garuda Indonesia pun transit dulu di Singapura sebentar sebelum melanjutkan perjalanan ke kota Ho Chi Minh. Untuk maskapai penerbangan dengan penerbangan lanjutan yang dapat kamu pilih diantaranya Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines. Untuk penerbangan transit berbudget rendah yang dapat kamu pilih yaitu Jet Star dan Tiger Airways yang transit terlebih dahulu di Singapura atau Air Asia yang transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur.
 Misalnya kamu hendak ke Saigon maka kami rekomendasikan carilah tiket dari Jakarta atau kota besar di Indonesia dengan tujuan ke Kuala Lumpur atau Singapura untuk transit terlebih dahulu kemudian menyambung dengan penerbangan dengan tujuan ke Ho Chi Minh City. Begitu juga halnya dengan destinasi lainnya seperti Danang dan Ha Noi. Apabila kamu hendak menjelajah beberapa kota sekaligus perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan agar tidak dikejar-kejar waktu dan dapat menikmati perjalanan saat di Vietnam.
Gereja Katedral, Salah Satu Landmark di Kota Ho Chi Min, Vietnam
Berapa budget untuk tiket pesawat ke Vietnam? Semua tergantung dari kota mana yang hendak kamu tuju dan apakah harga tiket yang kamu peroleh adalah harga promo atau normal. Sebagai gambaran jika promo kamu dapat memperoleh tiket ke Vietnam dengan harga tiket kisaran 900 ribuan untuk pulang pergi perorang, namun untuk harga normalnya kurang lebih 1 sampai 3 juta tergantung maskapai dan tujuannya.  

 
Untuk kamu yang memiliki budget terbatas rasanya ikut hunting tiket promo adalah salah satu jalan menuju ke Vietnam. Tiket promo dapat kamu dapatkan baik promosi yang diadakan online di website maskapai penerbangan maupun di event-event atau travel fair tertentu.  Apabila kamu memiliki waktu lebih rasanya dapat mempertimbangkan Air Asia, salah satu maskapai berbudget rendah favorit kami yang kerap memberikan tiket promo. Untuk pilihan moda transportasi lainnya secara detailnya akan kami jabarkan di point berikutnya ya.

4.      Buat Itinerary
Untuk mempersiapkan perjalananmu menjelajah negeri Veitnam ada baiknya mempersiapkan itinerary perjalanan minimal secara gambaran umumnya agar kamu sudah tahu kemana saja destinasi yang dapat kamu tuju. Hal ini juga untuk membuat perhitungan jarak dari 1 kota ke kota lain yang hendak kamu tuju dan jelajahi. Point ini kami tulis karena kami sendiri memiliki pengalaman dimana karena salah memperhitungkan waktu sehingga dengan terpaksa harus melewati sebuah tempat yang awalnya hendak kami tuju dengan alasan waktu yang tidak cukup. Sesungguhnya peta memang terlihat dekat namun waktu tempuh nya juga kita harus pertimbangkan seperti jadwal bus, speed boat atau kereta yang menghubungkan destinasi yang kita tuju. 
"Selingan iklan"
Telah Terbit Buku Karya Saya Yang Berjudul Overland, Dari Negeri Singa ke Daratan Cina.
Telah terbit buku karya saya yang berjudul Overland. Penasaran bagaimana Trilogy buku ini? Baca Sinopsis lengkapnya disini : Buku Trilogy Overland - Dari Negeri Singa ke Daratan Cina. Sebuah memoar perjalanan jalur darat melintasi perbatasan 13 negara Asia Tenggara dan Daratan Cina.
Untuk teman-teman yang mau order atau tanya informasi detailnya boleh direct whatsapp ya +6287887874709. Bisa juga DM Instagram @travelographers,  beli di website Leutikaprio atau di link marketplace ini ya.
* Tokopedia
* Shopee
* Bukalapak



5.      Mencari Penginapan
Jika kamu backpackeran ke Vietnam dengan jadwal yang fleksibel rasanya untuk mencari penginapan secara on the spot/ go show masih sangat mungkin, hal inilah yang dua kali kami lakukan saat traveling ke Vietnam yang baru mencari penginapan saat tiba di kota yang kamu singgahi. Namun jika tujuan kamu adalah berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan dengan jadwal perjalanan yang pasti tentunya melakukan pemesanan penginapan dari jauh-jauh hari adalah hal yang bijak sehingga dapat memastikan kamu memperoleh penginapan yang sesuai dengan selera kamu serta sesuai dengan budget yang kamu miliki. 



Rekomendasi saya untuk mencari penginapan di Vietnam baiknya carilah yang dekat dengan akses ke transportasi umum seperti kereta, bus atau tempat wisata. Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya kami sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Vietnam, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher sebesar 35 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini. Untuk rekomendasi penginapan per kota di Vietnam nanti akan kami sharing pada point atau artikel selanjutnya yang disesuaikan dengan kota yang hendak kamu tuju. 
 
Salah Satu Penginapan Yang Kami Singgahi di Vietnam
6.      Persiapkan Mata Uang USD
Beberapa hari sebelum keberangkatan ada baiknya kamu telah menukarkan uang rupiah dan membeli USD (Dollar Amerika) di money changer yang ada di dekat kota kamu. Hindari menukarkan uang di bandara Indonesia karena umumnya nilai tukarnya sangat rendah dan sebaiknya jangan menukar langsung ke Vietnam Dong karena nilai tukar di Indonesia sangatlah rendah. Namun apabila kamu mau menukar ke dalam Vietnam Dong tukarlah dalam mata uang kecil saja secukupnya untuk biaya makan atau transportasi menuju penginapan. Nanti sesampainya di Vietnam baru tukarlah mata uang USD kamu menjadi Vietnam Dong di money changer.
Sebaiknya jangan pernah berpikir juga untuk menukarkan uang Rupiah saat kamu tiba di Vietnam karena nilai tukar Rupiah itu kurang bagus bahkan sebagian besar money changer di Vietnam sangat jarang yang mau menerima mata uang Rupiah. Pastikan juga kamu menukarkan uang dengan jumlah yang cukup karena tidak semua tempat menerima kartu kredit. Gunakan kartu atm atau kratu kredit di Vietnam saat darurat saja karena umumnya nilai tukarnya kurang bagus atau terkena biaya adminsitrasi tambahan.

7.      Bagaimana Dengan Visa?
Sesama anggota Asean negara Vietnam memberlakukan bebas visa terhadap warga negara Indonesia yang hendak berkunjung untuk berwisata. Bebas visa yang berlaku untuk orang Indonesia apabila kamu masuk melalui jalur udara maka kamu akan mendapatkan izin tinggal dengan batas maksimum 30 hari namun jika kamu masuk melalui jalur darat mendapatkan izin tinggal yang lebih pendek yaitu dengan batas maksimum 15 hari saja.

8.      Mendarat di Ho Chi Minh?
Sebagian besar orang yang baru pertama kali ke Vietnam umumnya mendarat di kota Ho Chi Minh/ Saigon yang menjadi pintu masuk utama dari banyak maskapai penerbangan. Untuk maskapai penerbangan yang full service dan penerbangan langsung pilihannya adalah Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines sedangkan maskapai berbudget rendah seperti Air Asia, Jetstar dan Tiger Airways adalah penerbangan transit. Untuk Air Asia kamu harus transit dan pindah pesawat terlebih dahulu di bandara KLIA2 Kuala Lumpur Malaysia sedangkan Tiger Airways dan Jetstar kamu harus transit di Singapura dulu. Semua penerbangan internasional yang ke Ho Chi Minh City akan mendarat di Bandara International Tan Son Nath. Untuk menuju ke pusat kota Ho Chi Minh kamu dapat menggunakan bus bandara atau taksi. Hal yang harus kamu perhatikan apabila naik taksi di Vietnam pilihlah Vinasun atau Mailinh dan selalu pastikan supirnya menggunakan argo/meter. 
Salah Satu Transportasi Umum Dari Bandara Vietnam ke Tengah Kota.

9.      Tiba di Vietnam Lewat Jalur Udara atau Jalur Darat
Apabila kamu pergi ke Vietnam dengan pesawat terbang satu hal yang sebaiknya kamu lakukan yaitu dalam 1 atau 2 hari sebelum hari keberangkatan periksa kembali jadwal penerbangan apakah ada informasi penundaan atau pembatalan penerbangan untuk memastikan perjalanan kamu berjalan lancar. Pada saat berada di loket imigrasi umumnya akan dilakukan verifikasi dan pendataan bagi semua pendatang yang tiba di Vietnam. Hal ini dilakukan untuk mencegahan masuknya kegiatan terorisme, identitas palsu atau perdagangan manusia di dalam negara Vietnam. Ketika berharapan dengan petugas imigrasi berlakulah yang sopan dan mudah diajak bekerja sama tanpa perlu panik atau takut yang berlebihan.
Ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut.

10.  Ambil Brosur & Peta Wisata
Jika kamu masuk Vietnam melalui jalur udara carilah Vietnam Tourism Information Center atau rak-rak yang menyediakan peta dan brosur tentang wisata dan transportasi umum di Vietnam yang dapat kamu ambil secara gratis. Hal ini sangat penting selain untuk mendapatkan gambaran umum peta transportasi juga terdapat informasi tentang semua tempat wisata populer yang patut kamu kunjungi selama berlibur di Vietnam.
Namun yang harus kamu ketahui tidak seperti di Singapura brosur dan peta wisata yang ada sangat terbatas bahkan bisa jadi kamu tidak menemukan atau memperolehnya. Jadi ada baiknya ambil kemungkinan terburuk yaitu anggap saja tidak ada brosur atau peta wisata di Vietnam jadi siapkanlah sebelum berangkat ke Vietnam. Peta dan brosur tentang wisata Vietnam dapat kamu googling dan print ke kertas untuk jadi acuan kamu dalam menjelajah Vietnam.



11.  Naik Taksi
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup terjangkau argonya, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan argo taksi di Indonesia. Yang bisa kami rekomendasikan naiklah taksi Vinasun atau Mailinh karena 2 taksi inilah yang memiliki pelayanan yang baik di Vietnam. Untuk scam atau penipuan taksi tanpa argo bisa terjadi kapan saja terantung ada peluang maka pada saat naik pastikan kamu telah deal dengan pengemudi taksi bahwa taksi yang kamu tumpangi menggunakan argo/ meter kalaupun tidak menggunakan argo baiknya sudah sepakat di ongkos yang dikenakan. Jika kamu menggunakan aplikasi Uber rasanya bisa jadi pilihan lain mengingat lebih aman karena kamu tidak perlu menawar harga ongkos taksi terlebih lagi tidak semua supir taksi bisa berbahasa Inggris.
Taksi di Vietnam, Pilihlah Mailinh atau Vinasun
12.  Kereta Api Antar Kota di Vietnam
Salah satu transpotasi umum yang dapat kamu gunakan untuk bepergian antar kota di Vietnam yaitu dengan kereta Api. Untuk tiketnya ada baiknya kamu melakukan pemesanan beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan agar dapat tiket sesuai dengan yang kamu inginkan. Di Vietnam terdapat beberapa kelas tiket mulai dari sleeper train dimana terdapat kasur untuk tidur dan cocok untuk perjalanan panjang yang dilakukan pada malam hari, tiket kereta kelas 2 yaitu tempat duduk yang empuk serta tiket kereta kelas 3 yaitu seperti tiket ekonomi di Indonesia. 

  



Loket Penjualan Tiket di Stasiun Kereta Vietnam
Salah Satu Kereta Api di Vietnam
Ini Gambaran Umum Kereta Api Kelas Ekonomi di Vietnam
Ini Gambaran Umum Kereta Api Kelas Sleeper di Vietnam
Ini Gambaran Umum Kereta Api Untuk Gerbong Kelas Sleeper Eksekutif di Vietnam
Jalur kereta api favorit paling populer yaitu Reunification Express dari kota Ho Chi Minh melewati beberapa kota populer seperti Na Trang, Da Nang, Hue, Vinh sampai ke Hanoi. Jalur populer lainnya yaitu kereta dari kota Ha Noi menuju ke Lao Cai tempat dimana perbatasan antara China dan Vietnam berada. Ada juga kereta antar negara dari Ha Noi yang melewati perbatasan menuju ke Nanning China melalui Dang Dong Vietnam. Untuk detail tips naik kereta api beserta jalur-jalurnya akan kami tulis dalam artikel terpisah ya.

13.  Bus Antar Kota di Vietnam
Untuk bepergian antar kota di Vietnam kamu dapat menggunakan transportasi bus antar kota dengan ongkos yang relatif murah dibanding naik pesawat. Untuk menghemat waktu apabila dibutuhkan perjalanan yang panjang pilihlah jadwal keberangkatan yang malam hari sehingga akan tiba pada pagi harinya. Selain hemat waktu kamu juga dapat menghemat biaya penginapan. Untuk pembelian tiket bus dapat kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Vietnam yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya. 
Bus Antar Kota Jarak Jauh Dan Jarak Dekat di Vietnam
Ada beberapa jenis tiket yang dijual untuk bus antar kota khususnya perjalanan jauh yaitu dengan kursi reclining seat yang bisa diatur untuk memberikan kenyamanan serta ada juga jenis bus yang memiliki kelas sleeper untuk tidur yang cocok untuk perjalanan panjang dan dilakukan pada malam hari. Jangan kamu bayangkan tempat tidur yang ada di bus cukup nyaman untuk tidur karena umumnya tempatnya cukup sempit dan jarak antar satu kursi sleeper dengan kursi sleeper penumpang lainnya berdekatan. Namun setidaknya untuk postur tubuh orang Asia kelas sleeper ini cukup nyaman berbeda dengan postur orang bule yang besar-besar yang umumnya akan mengelur karena terlalu sempit untuk mereka.

14.  Mini Van Antar Kota di Vietnam
Di beberapa kota kecil Vietnam terkadang jadwal bus tidak sebanyak jadwal keberangkatan minivan yang juga melayani rute antar kota. Jadi apabila kamu mengejar waktu ada baiknya juga mencari info mengenai keberadaan dan jadwal mini van yang dapat mengantarkan kamu ke kota tujuan. Untuk ongkos umumnya naik mini van lebih mahal sedikit dibandingkan naik bus antar kota. Untuk pembelian tiket naik mini van antar kota  kamu lakukan langsung di terminal bus nya atau membeli pada agen perjalanan resmi, hostel atau tempat penginapan kamu menginap. Itulah kelebihan penginapan di Vietnam yang umumnya memiliki fasilitas untuk membantu pemesanan tiket baik bus, kereta maupun moda transportasi lainnya.
Mini Van Antar Kota di Vietnam
15.  Bus Umum Dalam Kota di Vietnam
Di Vietnam terdapat bus umum yang melayani rute dalam kota. Umumnya kondisi bus umum di Vietnam tidak jauh berbeda dengan di Indonesia yaitu terdapat supir dan kondekturnya yang menarik ongkos saat di dalam bus umum. Jika tidak tertera berapa ongkosnya dan jika kondekturnya tidak dapat berbahasa inggris persiapkan ongkos dengan pecahan mata uang Vietnam Dong yang cukup besar agar dia bisa langsung memberikan kembaliannya sehingga kamu tidak perlu kawatir ongkos yang kamu berikan tidak kurang. Untuk bisa sampai ke tujuan atau tempat pemberhentian yang kamu inginkan beritahukan kondekturnya bisa melalui ucapan atau tulisan di kertas agar dia bisa memberi tahukan kepada kamu kapan kamu harus turun.
 Bus Dalam Kota di Vietnam, Kondektur Akan Menagih Ongkos Maka Persiapkan Uang Tunai



16.  Minuman & Makanan halal
Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard” atau kamu dapat menanyakan langsung kepada penjualnya apabila tidak ada tulisan tersebut. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya.

Salah Satu Alternatif Makanan Halal di Vietnam Umumnya Makanan India atau Arab.
Vietnam terkenal dengan aneka kulinernya jadi luangkan waktumu untuk mencoba aneka masakan yang makanan yang ada baik yang kamu temukan di kedai restoran ternama atau di pinggir jalan yang ada di pasar malam dan tempat-tempat pariwisata. 



Namun untuk mencari makanan yang benar-benar halal umumnya kedai makan masakan India lah yang terdapat label halalnya atau kedai makanan yang dekat dengan masjid, untuk franchise seperti KFC, MCD dan lainnya umumnya tidak ada label halalnya. Namun jika sedang kondisi terpaksa rasanya bisa dipertimbangkan untuk makan di warabala tersebut. 

Salah Satu Makanan Khas Vietnam, Spring Roll. Pilih Yang Sayuran Apabila Hendak Mencoba Yang Halal
17.  Bahasa
Umumnya tulisan yang banyak kamu lihat saat berada di Vietnam tentu saja aksara Vietnam yang sulit dimengerti namun masih tetap bisa kita baca karena masih terlihat alfabetnya. Namun untungnya di kota-kota besar dan tempat pariwisata umumnya telah dilengkapi dengan bahasa inggris yang dapat kita baca dan mengerti. Untuk bahasa percakapan umumnya menggunakan bahasa Vietnam dan English. Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris atau orang yang kamu temui tidak bisa bahasa Inggris maka pergunakanlah bahasa tubuh yang dilengkapi dengan tulisan agar bisa menjalin komunikasi yang baik. Dan selalu ingat tersenyum yang merupakan bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.

18.  Pakaian
Ketika kamu berkunjung ke Vietnam ke kota manapun yang hendak kamu tuju umumnya ada daftar tempat ibadah atau kuil yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Jadi baiknya persiapkan pakaian yang sopan saat mengunjungi kuil tesebut sebagai bentuk menghormati dan menghargai umat yang sedang beribadah di tempat itu. Untuk beberapa kuil sebelum masuk umumnya tanggalkan alas kaki untuk menjaga kebersihan dan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah yang kita singgahi.
Cao Dai, Salah Satu Kuil Di Vietnam Yang Terkenal Yang Dapat Diakses Dari Ho Chi Minh City
Sedangkan jika kamu berkunjung ke tempat seperti pantai disini kamu bebas menggunakan pakaian apa saja. Mau yang tertutup atau terbuka bebas tidak akan ada orang yang melarang.

19.  Cuaca
Di Vietnam memiliki cuaca yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia yaitu ada musim hujan dan musim kemarau. Namun untuk Vietnam bagian utara terdapat juga musim dingin dengan udara yang sejuk namun tidak bersalju khususnya Ha Noi, Sa Pa dan Bac Ha. Jadi carilah informasi mengenai prakiraan cuaca di tanggal keberangkatan kamu serta kota tujuan kamu agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai.
Musim Semi di Kota Hanoi Vietnam Yang Berkabut
20.  Open Trip
Salah satu kelebihan Vietnam mereka mengemas sebuah paket tur dengan sangat baik yaitu dengan banyaknya paket perjalanan open trip. Open trip disini yaitu paket perjalanan dengan jadwal regular ke sebuah destinasi populer dengan konsep biaya sharing cost sehingga umumnya harga paketnya lebih terjangkau. Jadi kita tidak perlu menyewa kendaraan sendiri atau pemandu untuk membawa kita ke sebuah destinasi melainkan kita akan bergabung dengan peserta trip lain dari berbagai negara. Selain harganya lebih murah juga kita bisa berkenalan dan menambah teman baru dari berbagai negara. Untuk memesan open trip ke sebuah destinasi kami rekomendasikan belilah di hostel, penginapan kamu atau agen perjalanan terpercaya. 
Belilah Paket Tur di Tempat Terpercaya Salah Satunya di Hostel atau Tempat Penginapan.
Ini Salah Satu Bus Yang Mengantar Kami Saat Open Trip di Vietnam

21.  Sewa Motor
Salah satu cara untuk menghemat biaya saat menjelajah negara Vietnam yaitu dengan menyewa motor karena tidak semua destinasi wisata ada open tripnya. Dan terkadang biaya open tripnya juga terbilang mahal untuk destinasi tertentu. Pengalaman kami sewa motor di Vietnam cukup mudah kamu hanya menyerahkan paspor atau ID card sebagai jaminan dan uang sewa motor yang berkisar mulai dari 5-15 Dollar (USD) tergantung dari tipe sepeda motor yang kamu sewa. Umumnya sewa motor tidak termasuk bensin jadi kamu perlu mengisi bensin sendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sewa motor cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan berani nyasar karena ketika menjelajah ke sebuah tempat atau destinasi kamu hanya mengandalkan peta dan insting pejalan.
Suasana Jalanan di Kota Besar Vietnam Umumnya di Dominasi Sepeda Motor
Apabila kamu hendak menyewa sepeda motor atau kendaraan pastikan kamu mengenakan perlengkapan berkendara yang lengkap yaitu menggunakan helm, surat kendaraan bermotor dan surat izin mengemudi. Jika kamu tidak memiliki sim internasional bawalah sim Indonesia untuk menunjukan kalau kamu dapat mengendari kendaraan dengan baik. Karena sering kami temui ada razia yang dilakukan polisi Vietnam yang berbaju coklat yang kerap melakukan inspeksi bahkan di jalan kecil dan pegunungan sekalipun!. Apabila melewati dan diberhentikan saat terjadi razia usahakan tetap tenang dan dapat menunjukan surat-surat tersebut. Apabila pak polisi tidak bisa berbahasa Inggris gunakan bahasa tubuh dan senyum sebagai bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua bangsa.



22.  Colokan Listrik
Di Vietnam umumnya menggunakan colokan listrik kaki 2 sama seperti halnya dengan di negara kita Indonesia. Namun ada baiknya bawalah converter / universal converter jadi bisa digunakan ke berbagai negara, untuk memastikan agar charger atau gadget kamu seperti camera, handphone, dll bisa di charge disini.
Converter Listrik
23.  Kartu Nama Penginapan
Saat di penginapan baiknya kamu meminta kartu nama yang tertulis alamat penginapan dengan jelas. Hal ini dapat kamu gunakan just in case kamu tersesat sehingga dapat memudahkan kamu pada saat bertanya kepada orang lain di jalan atau dengan supir taksi untuk mengantarkan kembali ke penginapan.

24.  Internet
Beberapa kali saya ke Vietnam saya hanya memanfaatkan free wifi yang diperoleh di penginapan atau fasilitas umum dan tidak membeli paket internet disana dengan alasan ingin menikmati menjelajah negerinya dibanding sibuk bermain gadget (baca: padahal budget terbatas hehe). Namun saya pernah juga saat traveling ke Vietnam akhirnya saya membeli kartu sim card lokal yang dapat di beli di minimarket. Belilah paket data sesuai kebutuhan dan minta tolonglah penjaga minimarket itu untuk mengaktifkan data kamu. 
Belilah Paket Tur di Tempat Terpercaya Salah Satunya di Hostel atau Tempat Penginapan.

25.  Wisata Belanja & Oleh-Oleh
Salah satu budaya orang Indonesia kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja di negeri Vietnam dan membawa oleh-oleh ketika pulang. Untuk mencari oleh-oleh saya sarankan belilah di pasar malam, kedai-kedai atau kios di pasar tradisional atau di dekat kuil-kuil yang menjadi tempat wisata karena umumnya harganya lebih murah dibandingkan oleh-oleh yang ditawarkan di mal-mal dan pusat perbelanjaan ternama.
Belanja di Pasar Malam Atau Pasar Tradisonal Adalah Pilihan Yang Bijak, Hemat dan Merakyat.
Salah Satu Pasar Tradisonal Yang Menjual Berbagai Souvenir di Vietnam

Apabila kamu membeli di pasar malam jangan ragu untuk menawar dan membandingkan terlebih dahulu dengan penjual lainnya agar mendapatkan gambaran harga pasarnya sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik. Sebelum membeli oleh-oleh atau barang yang kamu incar ada baiknya persiapkan kalkulator kecil atau kertas dan pulpen yang dapat kamu gunakan sebagai media untuk tawar menawar mengingat banyak penjual di Vietnam yang tidak bisa berbahasa Inggris. 
Salah satu rekomendasi oleh-oleh dari Vietnam yaitu belilah kopi Vietnam seperti Trung Nguyen atau Highlands Coffee. Sempatkan juga mencobanya langsung disana ya seperti pada video kami berikut ini.



Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Vietnam bermanfaat. Untuk tips dan panduan detail perkotanya akan kami tulis di artikel terpisah ya.  Jika kamu hendak berbagi tips lainnya atau bertanya-tanya lebih detail tentang Vietnam yuk saling berbagi di kolom comment pada artikel ini. Salam Pejalan.



Follow my instagram @travelographers , Youtube account shu travelographer 
twitter account @travelographers  and google plus account +shuTravelographer
and if you found the post useful or interesting please do share! :)


50 comments:

  1. wiihhh..bagus banget..lengkap perjlanannya,,sampai kulinernya yg menggoda,,manntaaap ke luar negeri,,
    kita masih bisa di dalam negeri aja deh,,,tabungan blm memadai..he..he..
    mkasi kaq buat infonya,,,
    insyaalah besok ada nasib bisa keluar negeri,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sukses terus ya bisnis travelnya, jadi kangen lombok nih. :)

      Delete
  2. wow asik nih kayaknya muterin ASEAN. ah tapi kalau saya Indonesia aja belum kelar. Tapi enaknya bikin pasport udah enggak lama kayak dulu lagi yah sekarang.
    oh iya gan di atas tuh ada typo "masuk melalui jalur darat batas tinggal maksimum 30 hari....sedangkan masuk melalui jalur darat batas tinggal 15 hari."
    oh iya gan foto-fotonya bagus, kebetulan saya lagi ngerintis blog fotografi.
    kalau kebetulan cari tips fotografi (mungkin udah khatam juga nih fotografinya) mampir juga dong ke blog saya di
    gariswarnafoto[dot]com
    yukk mariii, trims buat artikel travelnya, bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar mas jack seven, negeri kita yang kaya ini pun sangat luas dan begitu banyak destinasi menarik ya. oh my bad, terima kasih untuk koreksinya.

      siap, terus berbagi inspirasi tentang forografo dan perjalanan, nanti kami mampir ya. Salam.

      Delete
  3. makasih banget gan ini sangat membantu, buat panduan saya jika mau ke Vietnam

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih harahap soleh, semoga bermanfaat dan menginspirasi ya. Salam

      Delete
  4. Mantap...
    tapi yg no 1-5 berlaku umum juga kayaknya, bukan ke vietnam aja.. hehehe...
    tapi sangat membantu infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar mas normas andi, kami tulis kembali karena terkadang masih ada saja yang tanya apakah dibutuhkan paspor untuk pergi ke destinasi ini? jadi point 1-5 tetap kami masukan agar para pembaca khususnya yang pemula bisa memahami. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya. Salam

      Delete
  5. Gw waktu ke vietnam, begitu mendarat langsung cari brosur meskipun ngak kepake juga tapi buat jaga2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas cum, just in case tersesat khususnya kalo ngga punya paket internet untuk searching" dikala darurat.

      Delete
  6. Hi saya Maria,

    1. Saya akan pergi ke Vietnam sendiri (solo traveler) bulan juni 2017 - 6 hari. Rencana pengen ke Hoi an, cuma setelah saya check untuk ke sana harus naik kereta via Danang atau naik Bus.
    Harga kereta sangat mahal, sedangkan kalau naik Bus saya masih belum menemukan web atau bloger yang pernah secara details menulis hal ini.

    2. Rencana memang pengen muter ho chi minh dengan motor. tetapi kalau peminjaman tanpa menyerahkan passport apakah di mungkinkan?

    3. barangkali bisa memberikan rekomendasi tempat tinggal yang aman dan murah.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Maria.
      iya kalo mau ke kota tua Hoi An paling dekat diakses dari Danang. Dari Danang bisa naik bus atau sewa motor (klo mau berpetualang dan hemat budget). Untuk kereta reunification umumnya orang naik dari ho chi minh kemudian turun di Danang kemudian explore Danag dan Hoi An sebelum melanjutkan perjalanan menuju Hanoi. Untuk kereta dan bus sebenarnya harganya hampir sama tinggal pilih yang kelas sesuai budget saja jangan kereta gerbing wisata yang mahal.

      2. sebagian besar tempat penyewaaan pasti membutuuhkan paspor sebagai penjamin, namun apabila kamu menyewa di hostel/penginapan yang memiliki tempat penyewaan motor selama kamu meninginap di tempat itu rasanya bisa dinegosiasi tanpa harus memberikan paspor sebagai jaminan.

      3.untuk rekomendasi penginapan rasanya review dari agoda.com, booking.com bisa jadi referensi mengenai baik atau tidaknya pengipanan. karena kami tidak tau referensi penginapan maria seperti apa jadi harus disesuaikan dengan budget yang dipunya, standard kenyamanan serta fasilitas yang dikehendaki. saran kami carilah penginapan yang dekat dengan transportasi umum agar memudahkan saat hendak bepergian dan menjelajah vietnam.

      Delete
  7. Replies
    1. terima kasih, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

      Delete
    2. Terimakasih untuk sarannya.

      Rencana awal saya akan tinggal di Da Nang & Hoi an selama 3 hari dan HCMN/ Saigon 2 hari.
      Tetapi setelah check sana sini, rasanya terlalu lama kalau tinggal di HCMN 2 hari dan saya berencana untuk ke HUE 1 hari.
      Yang saya tanyakan apakah saya sebaiknya menginap di Da Nang atau Hue, sebelum pindah ke Hoi an.

      Oh ya... saya di Vietnam hanya 5 hari.

      Thanks.
      Maria

      Delete
    3. halo maria.
      berarti 5 hari itu rute di vietnamnya hanya ho chi minh, danang dan hue kan ya tidak termasuk ha noi? klo boleh tahu keluar dari vietnamnya dari mana? apakah dari danang atau dari ho chi minh?

      sebenarnya ho chi minh itu cukup besar untuk dijelajahi, bsia dikatakan 1 hari bisa cukup juga bisa dikatakan 2 hari tidak cukup tergantung lokasi mana saja yang mau dikunjungi.
      untuk pertanyaan lebih baik menginap di danang atau hoi an tergantung preferensinya. klo mau merasakan bermalam dengan suasana kota tua hue maka luangkan semalam di hue, klo waktu terbatas menginap di danang bisa jadi pilihan karena kota besar dan banyak transportasi umum. jarak dari danang ke hue pun hanya sektiar 30 kilometer yang bisa diakses pulang pergi dihari yang sama dari danang.

      Delete
  8. semoga tahun depan bisa traveling ke luar negri :D

    ReplyDelete
  9. Tips Ada tinggal kumpulin dana buat berlibur ke ASEAN :D

    ReplyDelete
  10. Terima kasih tipsnya, kebetulan sekali saya ada rencana liburan ke vietnam,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat ya frutablend. semoga menginspirasi

      Delete
  11. Sangat bermanfaat sekali. kalau saya lebih suka jalan2 di Internet
    Modal, Listrik, gadget, Internet Kopi. Assikkk
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo NPL jakarta, ya kamipun sama suka jalan" di internet krn bisa nambah banyak ilmu dan pengetahuan. salam kenal ya,

      Delete
  12. Replies
    1. terima kasih, semoga bermanfaat dan menginspirasi ya lombok wander

      Delete
  13. Hallo mas, kebetulan minggu depan saya mau ke vietnam selama 7 hari. Rencana mau 5 hari full explore HCMN dan Halong bay (2d1n cruise).
    Sebaiknya dimana saya menginap atau rute mana dl ya supaya tripnya gak bulak balik. Adakah kontak tour travel yg bisa arrange semuanya supaya gak naik kendaraan umum. Kami berangkat 8 orang dan Pulang pergi sdh beli tiket dr Hanoi. Trims atas infonya.

    Salam, Silvi

    ReplyDelete
  14. hi, sy leni. kami akan ke vietnam bln juni ini. berhubung peak season, rencana beli tiket bus antar kota dr jkt. boleh minta info travel yg jual tiket bus antar kota selain the sinhtourist?
    Thanks.

    ReplyDelete
  15. waaahh makasih masukannya, semoga kalao main2 k vietnam ga nyasar dan kebingungan :D

    ReplyDelete
  16. You need not to worry about the locations of the Vietnam Embassies or their refund policies in case your application is declined for some reason. For more Information visit here. greenvisa.io website

    ReplyDelete
  17. Bawa uang 5jt cukup gk bang, saya denger2 uang rupiah nilai tukarnya tinggi VND 1 = Rp0,6

    ReplyDelete
  18. Thanks infonya , semoga menginspirasi

    ReplyDelete
  19. Hallo. Bagi teman2 yang mau tour ( jalan2) di ho chi minh city serta belanja barang2 bagus dan agak lebih murah dari indonesia. Silahakan hubungi saya ya.
    Kita melayani tour dan shipping utk kamu yang mau post barang ke Indonesia.
    WA: +841267673624
    Terimakasih.
    Sampai bertemu di Ho chi minh city

    ReplyDelete
  20. Apakah kita perlu beli tiket pp ke vietnam atau tiket sekali jalan? Mengingat kita blom tau mau keluar vietnam nya dr mana. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman kami sih ngga harus, bisa sekali jalan. asalkan ada tiket dari negara lain yang menunjukan klo kamu bakal keluar dari vietnam. krn secara random di bagian imigrasi suka ditanya sampai kapan, tapi selama kamu bisa menejlaskan aman kok. dulu saya tiket masuknya ke hanoi keluarnya (tiket pulangnya) dari china ngga masalah

      Delete
  21. Kurang info nya mas,kira2 harga sewa hotel,makanan,oleh2 kisaran berapa ya ? Utk 6hr di vietnam kira2 budget berapa ?tks before

    ReplyDelete
  22. hi, mohon maaf baru terbalas karena terlewatkan komennya,utk kedepannya bisa contact akun medsos kami agar dpt fast response. namun disini kami tetap membalas krn ingin menjawab pertanyaan tersebut agar pembaca yang mencari informasi yang sama bisa membaca informasinya disini. dan terima kaish utk masukannya, nanti akan kami tambahkan informasi lebih detail mengenai budgetnya. karena rencananya akan kami jabarkan budgetnya di tips per kota di vietnamnya. salam

    ReplyDelete
  23. makasih banyak buat info jalan jalannya

    ReplyDelete
  24. Kudu kumpulin dana neh dari sekarang buat jalan-jalan ke ASEAN, seru kyknya.

    ReplyDelete
  25. saat ini agak sulit untuk traveling di masa pandemi seperti ini , semoga cepat berlalu

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.