Friday, June 7, 2013

Tips Mencari Penginapan Dengan Cara Go Show



Hostel yang saya tempati ketika singgah ke kota Guilin, China

       Ketika melakukan perjalanan tentunya salah satu hal yang harus kita lakukan adalah mencari penginapan ditempat yang kita kunjungi. Rasanya hampir sebagian besar orang akan melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan tempat bermalam dikota yang disinggahi itu.
        Hal ini seringnya berbanding terbalik denganku, kalau tidak untuk persyaratan Visa yang menjadi salah satu syaratnya melampirkan bukti pemesanan rasanya saya lebih suka mencari penginapan tanpa melakukan pemesanan sebelumnya alias go show. Karena hampir sebagian besar perjalanan yang saya lakukan yaitu mencari penginapan dikota yang saya singgahi tanpa melakukan reservasi sebelumnya.
       Alasan utamaku lebih suka mencari penginapan dengan cara go show yaitu karena lebih fleksibel mengingat rencana perjalananku yang sebagian besar tidak memiliki jadwal yang pasti. Semuanya bisa berubah ketika ditengah perjalanan. Ketika betah terhadap suatu tempat atau berubah pikiran untuk merubah itinerary dengan mudah dapat melakukannya mengingat tidak perlu memikirkan biaya pemesanan penginapan yang hangus karena pemesanan.


Untuk mencoba mencari penginapan tanpa reservasi terlebih dahulu, berikut beberapa tips sederhananya :
1.    Riset Internet
Buat persiapan yang matang, lakukan riset diinternet untuk mencari penginapan yang ada dikota yang ingin kita tuju. Dengan semakin lengkapnya informasi yang dapat kita peroleh diinternet rasanya tidak terlalu sulit untuk mencari penginapan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Kemudian catat alamat dan petunjuk arah yang disertai denah untuk mencapai lokasi penginapan.
Hal ini untuk memudahkan kita mencari lokasi penginapan ketika sudah sampai dikota tersebut. Selain itu nama penginapan dan alamat sering kali dibutuhkan untuk keperluan mencatat alamat rencana menginap ketika setiap kali mengisi form kedatangan yang diperoleh dari bagian imigrasi sebelum masuk kesuatu Negara.

Catat Nama, Alamat dan Petunjuk Arah Dari Riset Internet
 2.    Tentukan alternatif
Dari internet kita bisa mencatat beberapa alternatif alamat penginapan disekitar penginapan utama yang kita pilih. Hal ini untuk rencana alternatif apabila penginapan yang kita tuju sudah penuh atau tidak sesuai dengan harapan. Karena dari pengalamanku terkadang apa yang ditampilkan diwebsite seringnya tidak sesuai dengan yang terlihat pada kenyataannya.

Hostel yang memiliki jaringan seperti Youth Hostel yang saya singgahi di China
 3.   Hindari Peak Season
Hal yang perlu digaris bawahi ketika mencari penginapan tanpa reservasi akan lebih mudah dijalankan apabila sedang tidak peak season. Pernah pengalaman saya ketika berkunjung di Kinabalu, Malaysia disaat peak season yang merupakan salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi wisatawan, saya mengalami kesulitan mencari penginapan karena puluhan penginapan yang saya cari disepanjang jalan telah full booked. Tetapi selalu ada solusi disetiap permasalahan yaitu dengan pantang menyerah mendatangi ketempat-tempat lain yang telah kita daftar sebelumnya masih tersedia kamar yang murah untuk ditempati. 

Disisi lain memang akan ada kendala yang dihadapi ketika mencari penginapan tanpa reservasi, seperti harus meluangkan waktu lebih untuk mencari penginapan serta terdapat resiko penginapan yang kita tuju telah penuh. Tetapi dibalik semua itu tentunya ada kelebihan yang dapat kita peroleh ketika mencari penginapan dengan Go Show diantaranya:
1.    Lebih flexible
Dengan belum memiliki reservasi tentunya perjalanan kita akan lebih fleksibel. Dapat berkunjung dan berpindah-pindah dari satu tempat atau kota ke kota lain sesuai dengan selera. Jika disaat kita masih betah dan senang pada satu kota, dengan mudah kita dapat menambah waktu kunjungan tanpa memikirkan biaya penginapan yang hangus karena pembatalan.
2.    Pilih yang disuka
Jika kamu memiliki standar kenyamanan dalam memilih penginapan khususnya hostel, dengan go show kita dapat melihat kondisi dan suasana penginapannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menginap. Karena dari pengalamanku terkadang apa yang ditampilkan di website seringnya tidak sesuai dengan yang terlihat pada kenyataannya. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi  kamu yang memiliki standar kebersihan akan toilet yang disediakan hostel yang umumnya tidak semuanya bersih dan wangi. 

Kamar dormitory yang dilengkapi dengan kamar mandi didalam
Selain fasilitasnya maupun jarak lokasi yang mungkin lebih jauh dari yang dibayangkan. Ketika kita mencari penginapan tanpa reservasi, disaat sudah sampai dikota dan melihat penginapan yang cocok, dengan mudah kita bisa langsung menentukan untuk menginap ditempat itu. Hal ini mengingat tidak semua penginapan diportal untuk pemesanan penginapan terdaftar diinternet.

Diantara kamu ada juga yang punya pengalaman mencari penginapan tanpa melakukan resevasi sebelumnya? Bisa meninggalkan komen dan saling berbagi cerita mengenai kelebihan mencari penginapan dengan cara go show.

Follow me on Instagram & Twitter account : @travelographers


Baca artikel lain terkait mengenai hostel dan penginapan murah :
Tips Menekan Biaya Penginapan saat Backpackeran
Tips Mencari Penginapan Dengan Cara Go Show
Tips Menentukan Hostel Yang Tepat dan Murah
Kelebihan Menginap di Hostel dibanding Hotel

4 comments:

  1. Replies
    1. thank you velysia.. for visiting my blog :)
      #SharingisCaring

      Delete
  2. Aku malah belum pernah go show, Mas. Maklum karyawan, ndak punya banyak waktu buat nyari langsung, ehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ka ariev.. bisa disesuaikan dengan tujan trip dan keterbatasan yang ada.. hehe..

      Delete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.