Tuesday, August 28, 2012

Plesiran ke Pantai Selatan Di Kebumen



      Di Sepanjang jalur lintas selatan pulau Jawa, banyak dijumpai kota-kota yang hidup diantara perbukitan dan pesisir pantai laut selatan. Mata pencaharian penduduk setempat umumnya bertani, berkebun serta nelayan yang menggantungkan hidupnya dengan alam.  Salah satu kota yang berada di lintas selatan yaitu Kabupaten Kebumen yang daerahnya terdiri dari daratan rendah dan perbukitan rangkaian pegunungan kapur.
       Dengan berada di pesisir pantai selatan Kebumen tak hanya memiliki pantai yang bagus untuk dikunjungi, tetapi didaerah ini terdapat sejumlah goa dengan stalagtit dan stalagmite diantaranya Goa Petruk dan Goa Jatijajar yang kerap ramai dikunjungi khususnya saat liburan sekolah tiba dan liburan hari raya lebaran baik idul fitri maupun idul adha.

Ada beberapa pantai yang ramai dikunjungi di Kebumen diantaranya :

1. Pantai Bocor  
 

Pantai ini memiliki daya tarik memiliki pantai yang panjang dan landai dengan pasir hitam yang membentang luas. Untuk diwaktu tertentu semisal libur lebaran terdapat ratusan kios yang menjajakan makanan yang khas. Keunggulan pantai ini yaitu disukai oleh keluarga dikarenakan memiliki arena bermain di kolam renang kecil yang dibuat dari terpal untuk menampung air yang didalamnya dilengkapi dengan beberapa permainan seperti prosotan atau seluncur serta penyewaan balon apung untuk bermain buah hati anda.
Sepanjang jalan menuju pantai ini terdapat hamparan perkebunan pepaya dan semangka, sehingga tak heran dipantai banyak yang menjual buah tersebut dengan harga yang murah. Tentu saja potongan buah yang segar tersebut sangat nikmat untuk menemani berlibur anda di pantai ini. Biaya masuk ke pantai ini sangat murah, hanya dikenakan biaya parkir saja sekitar 2000 rupiah.

     2. Pantai Suwuk 
Pantai ini berdekatan dengan aliran sungai suwuk yang bermuara menuju laut pantai selatan yang lengsung menghadap ke Samudera Indonesia. Sama halnya dengan Pantai bocor, pantai suwuk ini ramai dikunjungi khususnya ketika liburan lebaran. Terdapat ratusan pedagang yang menjajakan menu kuliner serta pakaian. Dipantai ini terdapat penyewaan kuda yang dapat anda tunggangi untuk menelusuri pantai sambil menikmati panorama.
Daya tarik di pantai ini yaitu terdapat perahu boat untuk menikmati pemandangan pada muara sungai suwuk dengan panorama pegunungan dan pantai karang bolong yang tampak terlihat dari kejauhan. Dalam waktu tertentu biasanya juga terdapat pasar malam yang memiliki beberapa arena permainan yang seru dinikmati bersama keluarga atau kerabat.

         3. Pantai Karang Bolong

 Dikarenakan terdapat sebuah tebing karang yang bolong pada salah satu  perbukitan dekat pesisir pantai membuat tempat ini dikenal dengan nama pantai Karang Bolong. Pantai ini letaknya berdampingan dengan pantai suwuk hanya dipisahkan oleh kali suwuk yang bermuara ke pantai selatan ini.
Secara letak geografis yang berdekatan membuat karakteristik pantai karang bolong tak jauh berbeda dengan pantai suwuk. Bedanya anda dapat menelusuri keindahan alami saat masuk kedalam karang bolong tersebut menuju bibir pantai tempat perahu dari nelayan setempat berlabuh. Perahu boat yang disewa tersebut dapat mengantarkan anda ke pantai suwuk menyebrangi sungai suwuk. Jika melalui jalur darat maka perlu mengambil jalan yang agak memutar mengikuti jalur pegunungan.

Selain pantai-pantai diatas, masih banyak pantai lain di Kebumen yang memiliki karakteritik pantai yang sama dengan ombak yang khas pantai selatan diantaranya pantai Petanahan, pantai tanjung bata dan meganti, pantai ayah serta pantai pasir.
Jika anda sedang melakukan perjalanan darat di pulau Jawa melalui jalur selatan, ratentunya dapat anda rencanakan untuk mampir sejenak ke pantai-pantai dan objek wisata yang ada di kabupaten Kebumen ini.
Follow me on twitter : @travelographers

4 comments:

  1. Ah Pantai Karang Bolong dan Gua Jatijajar...waktu kecil sering banget ke sana karena dekat dari Purwokerto. Memang unik banget ya "gua" di Karang Bolong...btw bener nggak ya mitos nggak boleh pakai baju hijau di sana? Hehe...
    Oya sayang ya patung-patung di dalam Goa Jatijajar agak kurang terawat :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih. kan masih pantai selatan, masih kekuasaannnya nyi roro kidul pengausa pantai selatan.. hehe.. iya betul, banyak yg ga terawat dan sampah dimana-mana :(

      Delete
  2. Udah lama bngt nggk ke swuk,pasti udah bnyak perubahanya

    Di tunggu kunbalnya gan :)

    ReplyDelete
  3. Udah lama bngt nggk ke swuk,pasti udah bnyak perubahanya

    Di tunggu kunbalnya gan :)

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.