Wednesday, July 11, 2012

Mutiara Indah di Laut Jawa, Kepulauan Karimun Jawa



Keindahan Kepulauan Karimun Jawa selalu memberikan kesan bagi setiap orang yang mengunjunginya, birunya langit, jernihnya air laut, putihnya pasir, serta ribuan ikan yang beraneka ragam dan warna menghiasai disebagian besar terumbu karang yang cantik dan masih relatif terjaga kelestariannya dengan baik.
Kawasan ini telah ditetapkan sebagai Taman nasional yang dilindungi dengan luas daratan sekitar 7120 Hektar dengan pulau berjumlah 27 dengan pulau utama dengan penduduk terbesar yaitu Karimun Jawa. Ada beberapa pulau lain yang berpenghuni diantaranya Pulau Parang, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk dan Pulau Genting
Ada dua gerbang utama untuk menuju pulau ini yaitu melalui kota Semarang dan kota Jepara. Dari kota Semarang untuk mencapai kepulauan Karimun Jawa dapat menuju dermaga dengan menggunakan kapal motor cepat Kartini dengan harga tiket kisaran 110,000 rupiah untuk kelas bisnis dan 135,000 rupiah untuk kelas Eksekutif. Sedangkan untuk yang memiliki budget terbatas, dapat menggunakan kapal ferry KM Muria dengan kelas ekonomi dari dermaga Jepara dengan harga tiket kisaran 30,500 untuk kelas ekonomi dan  60,500 rupiah untuk kelas eksekutif. 


Dari perbedaan harga yang cukup signifikan ini tentunya ada perbedaan pelayanan dan waktu tempuh yang dibutuhkan, dengan kapal cepat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai karimun jawa kurang lebih 3 jam sedangkan menggunakan kapal ferry sekitar 6 jam dalam kondisi cuaca sedang baik.
Bagi yang memiliki budget yang luar biasa, bisa mencapai kepulauan Karimun Jawa menggunakan charter pesawat kecil dari kura kura resort untuk kapasitas 3 seats dengan harga kisaran 412.5 US$/jam sedangkan untuk yang kapasitas 6 seats biayanya kisaran 1.155 US$/jam.
Apabila anda merencanakan menggunakan kapal ferry, ada baiknya datang lebih awal sehingga dapat mencari tempat duduk dengan posisi yang baik dikarenakan apabila kondisi sedang penuh, maka umumnya akan sulit untuk mendapatkan tempat duduk atau lesehan. Mengingat jarak tempuh yang jauh, alangkah baiknya untuk membawa amunisi persediaan makanan dan minuman untuk disantap ketika merasa lapar atau haus, walaupun didalam kapal ferry ini ada satu warung yang menyediakan, terkadang sulit untuk mencapai warung ini diakrenakan begitu penuh sesak dijejali penumpang yang berada diatas kapal.
Dengan bertambahnya kebutuhan moda transprotasi ini, kini jadwal penyebrangan kapal menuju Karimun Jawa telah beroperasi setiap hari yang sebelumnya hanya memiliki jadwal keberangkatan dan kepulangan hanya 3 kali dalam seminggu. Selain itu dari dermaga jepara yang sebelumnya hanya melayani dengan kapal ferry KM Muria, kini telah dibuka layanan baru dengan kapal cepat.
Untuk tempat penginapan di Karimun Jawa terdapat banyak hotel yang ada dikepulauan ini yang dapat dipilih berdasarkan budget yang dimiliki, untuk yang memiliki budget rendah tentunya rumah warga atau homestay tentunya menjadi pilihan terbaik yang dapat dipilih dengan harga mulai dari 60,000 rupiah perkamar permalam yang tanpa pendingin udara.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan di pulau ini yaitu menyelami kehidupan tradisi nelayan Bugis dan Madura dengan rumah khas panggungnya, mengunjungi hutan bakau serta berziarah dimakam Sunan Nyamplungan dan tentu saja bersnorkeling dan bermandikan matahari diatas pasir putih yang lembut dengan pemandangan yang menakjubkan. Penasaran dengan keindahan Karimun Jawa? Segera rencanakan liburan anda kesini, dijamin akan meninggalkan kesan yang indah dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Follow me on twitter : @travelographers



 

 

2 comments:

  1. Yacalam foto2mu di karimun jawa.. :')

    ReplyDelete
  2. ayo chid, main" ke karimun jawa. dijamin berkesan, karena pantainya bener" keren, apalagi berenang sama hiunya :)

    ReplyDelete

Ready To Explore? Let's go see and travel the world

Please do kindly subscribe to my travel blog, the place where i would share any of my travel enthusiasm there such as travel stories, travel articles and travel photos.